10 Universitas Terbaik di Dunia Paling Bergengsi 2023

Melanjutkan kuliah di luar negeri mungkin merupakan impian semua orang. Salah satu alasannya karena sistem pendidikan di luar negeri dinilai lebih berkualitas sehingga dapat memberikan proses pembelajaran yang lebih memadai. Sebagai referensi dalam menentukkan kampus yang bisa menunjang studi kamu, Schoters akan mengulas 10 universitas terbaik di dunia versi QS World University Ranking 2023. Pantau list-nya sampai akhir ya!

1. Massachusetts Institute of Technology

Peringkat universitas terbaik di dunia yang pertama diraih oleh Massachusetts Institute of Technology (MIT). Terletak di Cambridge, Amerika Serikat, MIT memiliki 6 sekolah utama, yaitu School of Architecture and Planning, School of Engineering, School of Humanities, Arts, and Social Sciences, School of Management, School of Science, dan MIT Schwarzman College of Computing.

Kampus teknologi ini unggul dalam penelitian di bidang kecerdasan buatan, adaptasi iklim, HIV, kanker, dan pengentasan kemiskinan. Beberapa tokoh ternama lulusan MIT antara lain Paul Krugman, James Woods, dan William Clay Ford Jr.

 

Baca Juga: Kenal Lebih Dekat Dengan MIT, Universitas Terbaik di Dunia

 

2. University of Cambridge

Universitas terbaik di dunia kedua ditempati oleh University of Cambridge. Berdiri tahun 1209, University of Cambridge merupakan universitas tertua keempat dunia yang berlokasi di Cambridge, Inggris. Terdapat 31 colleges, 6 sekolah, serta lebih dari 150 fakultas dan departemen di universitas ini.

Klaster Engineering and Technology, Art and Humanities dan Natural Science di University of Cambridge adalah salah satu yang terbaik di dunia. Kampus ini telah menghasilkan banyak tokoh yang berpengaruh di dunia, seperti Isaac Newton, Charles Darwin, dan Stephen Hawking.

3. Stanford University

Universitas terbaik di dunia selanjutnya ada Stanford University. Terletak di San Francisco, Amerika Serikat, kampus Stanford University dikelilingi oleh perusahaan-perusahaan Sillicon Valley, seperti Apple, Google, Facebook, dan Netflix. Beberapa perusahaan teknologi di sana bahkan didirikan atau dipimpin oleh alumni Stanford. Sebut saja Brian Acton (pendiri WhatsApp), Jawed Karim (pendiri YouTube), dan Reed Hastings (CEO Netflix).

Dengan kesuksesan para lulusannya, Stanford University pun kerap dijuluki sebagai pabrik miliader. Jurusan-jurusan favorit di universitas ini antara lain Akuntansi dan Keuangan, Seni, Ilmu Komputer, Teknik, Matematika, dan Psikologi.

4. University of Oxford

Sesuai namanya, University of Oxford terletak di Oxford, Inggris. Sebagai universitas terbaik di dunia, terdapat empat divisi utama yang membawahi departemen-departemen di kampus ini. Divisi-divisi tersebut adalah Humanities Division, Mathematical, Physical, and Life Sciences Division, Medical Sciences Division, dan Social Sciences Division.

Berdasarkan data QS WUR by subject, University of Oxford secara berturut-turut menempati peringkat 1, 3, 2, dan 2 untuk bidang-bidang tersebut. Tokoh-tokoh penting dunia yang merupakan alumni universitas ini antara lain Adam Smith, Bill Clinton, dan Indira Gandhi.

5. Harvard University

Universitas terbaik di dunia selanjutnya ada Harvard University. Kampus ini merupakan universitas tertua di Amerika Serikat yang terletak di Kota Cambridge. Bukan hanya yang tertua, Harvard University juga menjadi kampus yang paling banyak melahirkan presiden Amerika Serikat.

Mereka adalah John Adams, John Quincy Adams, Theodore Roosevelt, Franklin Roosevelt, John F. Kennedy, George W. Bush, Rutherford Hayes, dan Barack Obama. Harvard University memiliki 15 sekolah dengan keunggulan di bidang Economics, Management, Education, Law, Medical Sciences, Biological Sciences, Political Sciences, dan Psychology.

 

Baca Juga: Simak 10 Fakta Tentang Universitas Harvard

 

tips essay beasiswa chevening

6. California Institute of Technology

California Institute of Technology (Caltech) adalah salah satu pionir untuk kampus di bidang Sains dan Teknologi. Caltech bahkan menempati peringkat 1 tebaik di dunia untuk bidang Space Science dan Geosciences menurut U.S News Education.

Terdapat 6 divisi keilmuan di universitas yang terletak di Chicago, Amerika Serikat ini, yaitu Biology & Biological Engineering, Chemistry & Chemical Engineering, Engineering & Applied Science, Geologival & Planetary Science, Humanities & Social Sciences, dan Physics, Mathematics, & Astronomy. Beberapa tokoh ternama alumni University of Chicago adalah Howard Hughes, Frank Capra, dan Charlie Munger.

7. Imperial College London

Universitas yang berada di pusat Kota London ini memiliki 4 fakultas, yaitu Faculty of Engineering, Faculty of Medicine, Faculty of Natural Sciences, dan Imperial College Business School. Secara spesifik, Imperial College London unggul untuk bidang Kesehatan, Bisnis, dan Pemasaran.

Banyak tokoh-tokoh penting di Inggris yang merupakan lulusan Imperial College London. Contohnya Frederick W. Lanchester, insinyur yang menjadi pelopor produksi mobil dan motor di Inggris. Ada pula Simon Singh, seorang fisikawan yang telah menulis berbagai buku populer salah satunya Big Bang (Teori Ledakan Alam Semesta).

8. University College London

Memiliki kampus yang berlokasi di ibu kota Inggris, University College London (UCL) telah bekerja sama dengan berbagai stakeholder dan banyak berkontribusi untuk masyarakat London. Dengan total 11 fakultas, beberapa program studi unggulan UCL berhasil masuk dalam TOP 10 secara global.

Antara lain Education, Architecture & Built Environment, Archaeology, Anthropology, Geography, Life Sciences and Medicine, Pharmacy, dan Psychology. UCL memiliki beberapa alumni yang menjadi tokoh berpengaruh di dunia seperti Alexander Graham Bell, Mahatma Gandhi, dan Chris Martin.

9. ETH Zurich

Terletak di Zurich, kota terbesar di Swiss. Berdasarkan QS WUR by subject, ETH Zurich menempati peringkat 6 masing-masing untuk bidang Engineering and Technology dan Natural Sciences. Dengan keunggulan di bidang tersebut, tidak heran banyak ilmuwan besar yang berasal dari ETH Zurich.

Salah satunya Albert Einstein. Secara keseluruhan terdapat 5 fakultas di kampus ini, yaitu Architecture & Civil Engineering, Engineering Sciences, Natural Sciences & Mathematics, System-Oriented Natural Scences, dan Management & Social Sciences.

10. University of Chicago

Universitas terbaik di dunia terakhir yang masuk ke dalam daftar ini adalah University of Chicago. Universitas yang terletak di Chicago, Amerika Serikat, ini memiliki 4 divisi keilmuan dan 7 sekolah professional untuk pascasarjana.

Beberapa program studi favorit di University of Chicago adalah Economics, Mathematics, Biology, Computer Science, Statistics, Political and Sciences Government, Psychology, dan Philosophy. Tokoh-tokoh ternama lulusan University of Chicago antara lain Barack Obama, Bernie Sanders, dan Anna Chlumsky.

Kuliah gratis di universitas-universitas terbaik di dunia

Kamu bisa, lho, kuliah gratis di universitas terbaik di dunia dengan beasiswa!

Mau tahu cara daftar dan tips-tips persiapannya? Temukan jawabannya dengan konsultasi bersama mentor Schoters

Coba juga program-program lain dari Schoters untuk memudahkan persiapan study abroad kamu!

universitas terbaik di dunia