fbpx

5 Universitas Top dan Unggulan di Rumania!

Kampus Luar Negeri

Jika Amerika Serikat memiliki Ivy League, Cinamemiliki Liga C9, dan Inggris memiliki Grup Russell, maka Rumania punya Konsorsium Universitaria! Yaps, Konsorsium Universitaria merupakan sebutan untuk perkumpulan 5 universitas elit di Rumania. Terdiri dari universitas apa saja ya Konsorsium Universitaria? Nah, Hunters ini dia daftarnya!

1. Babes Bolyai University

Didirikan pada tahun 1581 menjadikan Universitas Babes Bolyai sebagai perguruan tinggi tertua di Rumania. Tidak hanya itu, saat ini Universitas Babes Bolyai juga merupakan universitas nomor satu di Rumania menurut QS Global World Ranking tahun 2022 lho.

Universitas Babes Bolyai terletak di Cluj Napoca, Transylvania yang mana merupakan wilayah pertemuan antara budaya Timur dan budaya Barat. Berada di lingkungan dengan kelompok etnis, agama, dan bahasa yang beragam membuat kehidupan kampus di universitas ini cukup unik. Universitas Babes Bolyai juga menawarkan beberapa program dalam 6 bahasa yang berbeda yaitu bahasa Rumania, Inggris, Hungaria, Jerman, Prancis, dan Italia.

Walaupun termasuk ke dalam lingkup Uni Eropa, tetapi biaya yang dibutuhkan untuk menempuh studi di Universitas Babes Bolyai relatif terjangkau. Rata-rata biaya pendidikan selama 10 bulan adalah sebesar €2880 – €3060. Sementara rata-rata biaya hidup per tahunnya berkisar antara €2570 sampai €6240 mencakup semua kebutuhan. Selain itu, Universitas Babes Bolyai juga menyediakan 15 asrama dengan kualitas pelayanan tinggi yang dapat menampung hingga 5000 orang.

2. West University of Timisoara

Universitatea de Vest din Timișoara (UVT) atau West University of Timisoara dalam bahasa Inggris adalah universitas komprehensif terbesar di wilayah barat Rumania. Timisoara, kota di mana UVT berlokasi bukan hanya sebuah kota kosmopolitan yang terhubung ke berbagai wilayah Eropa tetapi juga kota dengan jaringan internet tercepat di dunia. UVT terletak di pusat Kota Timisoara yang menawarkan banyak atraksi menarik. Untuk tempat tinggal bagi para mahasiswa, UVT menyediakan 8 asrama dengan daya tampung mencapai 3005 orang. Terdapat dua kategori mahasiswa yang berhak memperoleh fasilitas ini yakni berdasarkan kriteria sosial dan nilai.

Universitas terbaik kedua di Rumania versi QS Global World Ranking tahun 2022 ini memiliki 11 fakultas yang diperinci ke dalam 75 program sarjana, 90 program magister, dan beberapa program doktoral. UVT juga menawarkan 20 pilihan program studi yang menggunakan pengantar bahasa asing meliputi bahasa Inggris, Jerman, dan Prancis. Selain itu, UVT membekali mahasiswa tingkat sarjananya dengan kelas bahasa internasional selama empat semester dan memberikan kesempatan bagi mereka untuk memilih tiga mata kuliah minor atau pelengkap di luar program studi yang diambil.

3. University of Bucharest

Universitas Bukares merupakan universitas Rumania pertama yang berhasil mencapai peringkat 600 besar dunia. Saat ini, Universitas Bukares menempati peringkat ke-3 sebagai universitas terbaik di Rumania menurut QS Global World Ranking tahun 2022. Universitas Bukares total menawarkan 97 program studi sarjana, 215 program master, dan 22 program doktor. Secara khusus, universitas ini unggul dalam program master TIFFIN EMBA.

Universitas Bukares adalah salah satu pusat penelitian penting di Rumania. Memiliki 50 lembaga penelitian yang sebagian besar berkolaborasi dengan pusat penelitian serupa di luar negeri. Lebih lanjut, universitas ini telah menandatangani 300 perjanjian kolaborasi bilateral dengan berbagai universitas dari 52 negara. Universitas Bukares menyediakan 18 asrama mahasiswa dengan daya tampung mencapai 5300 orang atau sebanyak 80% dari jumlah kuartal yang dibutuhkan.

Baca Juga : Beasiswa Pemerintah Rumania, Tidak Pakai TOEFL loh!

universitas rumania

4. Alexandru Loan Cuza University

Universitas Alexandru Loan Cuza didirikan pada tahun 1860 di Kota Iasi. Iasi merupakan kota dengan biaya hidup yang relatif rendah dibandingkan kota-kota di Rumania lainnya. Dalam hal pendidikan, Universitas Alexandru Loan Cuza merupakan universitas Rumania pertama yang memberikan sistem mata kuliah mayor dan minor bagi mahasiswa. Melalui sistem tersebut, mahasiswa diharapakan bisa memilih kombinasi bidang studi yang sesuai dengan tujuan karir mereka.

Menempati peringkat ke-4 sebagai universitas terbaik di Rumania versi QS Global World Ranking tahun 2022, Universitas Alexandru Loan Cuza memiliki 15 fakultas dengan beberapa program studi yang tersedia dalam bahasa asing. Untuk jenjang S-1, terdapat 5 program berbahasa Inggris dan 2 program berbahasa Prancis. Sementara untuk jenjang S-2, terdapat 19 program berbahasa inggris, 3 program berbahasa Prancis, dan masing-masing 1 program berbahasa Italia, Spanyol, dan Rusia.

Baca Juga : Beasiswa Erasmus+ untuk Kuliah S2 dan S3 di Berbagai Negara Uni Eropa

5. Bucharest University of Economic Studies

Akademi Studi Ekonomi (ASE) Bukares adalah lembaga pendidikan tinggi di bidang Ekonomi dan Administrasi Publik unggulan di Rumania dan Eropa Tenggara. Didirikan pada tahun 1913, ASE berlokasi di tengah Kota Bukares. Hanya butuh waktu 30 menit dengan berjalan kaki untuk sampai di pusat hiburan Old Town.

ASE merupakan satu-satunya universitas Rumania yang memperoleh penghargaan World’s Universities with Real Impact (WURI) Ranking 2021. ASE menerima penghargaan tersebut untuk tiga kategori yaitu entrepreneurial spirit, industrial application, dan crisis management. ASE juga masuk ke dalam daftar Times Higher Education Impat Ranking 2021 karena kontribusinya untuk United Nation’s Sustainable Development Goals (SDGs).

Dalam hal pendidikan, ASE menyediakan kelas bahasa Rumania bagi mahasiswa internasional selama satu tahun. Selain bahasa, kelas tersebut diharapkan juga dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap budaya dan kehidupan sosial Rumania.

Jadi, bagaimana Hunters? Tertarik untuk kuliah di universitas-universitas top Rumania?. Jika tertarik, kamu bisa mencoba daftar Romanian Government Scholarship! Beasiswa ini fully funded dan tanpa syarat skor TOEFL loh. Beasiswa ke Rumania lainnya yang bisa kamu coba adalah Erasmus+ untuk jenjang S-2 dan S-3. Cek Kalender Beasiswa Schoters untuk dapatkan informasi beasiswa secara lengkap ya!

 

Yuk persiapkan rencana kuliah ke Rumania dan dapatkan beasiswa dengan konsultasi bersama mentor expert Schoters! Klik banner di bawah ini untuk informasi lebih lanjut. Goodluck Hunters!

INGIN KAMI BANTU KULIAH KE LUAR NEGERI ?

Konsultasikan Rencana Beasiswa & Kuliah Keluar Negeri-mu bersama Konsultan Expert Kami. 100% Free! Tanpa Bayar.

Pin It on Pinterest

Share This