Bedah Kampus University of Liverpool: Ranking, Jurusan & Beasiswa

University of Liverpool adalah salah satu universitas terbaik di Inggris. Tentunya, kuliah di Inggris menjadi impian bagi banyak para pelajar internasional. Dalam artikel ini, Schoters akan membedah kampus University of Liverpool secara lengkap, mulai dari profil universitas, ranking, lokasi dan jenjang pendidikan yang ditawarkan, jurusan, persyaratan, hingga beasiswa yang tersedia untuk bisa kuliah disana.

 

Tentang University of Liverpool

Didirikan pada tahun 1881, University of Liverpool adalah anggota Russell Group dan merupakan salah satu perguruan tinggi terkemuka yang fokus pada penelitian intensif di Inggris. Dari sana, universitas ini terkenal sebagai universitas negeri berbasis riset dan memperoleh Royal Charter pada tahun 1903 dengan kemampuan untuk memberikan gelar. Selain itu, universitas ini juga dikenal sebagai salah satu dari enam universitas publik ‘red brick‘ yang asli.

 

Ranking University of Liverpool

Pada tahun 2024, berdasarkan QS World University Rankings, University of Liverpool berhasil menempatkan diri di jajaran 200 universitas terbaik dunia. Dimana berdasarkan QS World University Rankings, University of Liverpool menempati posisi ke-176 universitas terbaik di dunia.

 

Lokasi dan jenjang pendidikan

Universitas Liverpool berlokasi di kota Liverpool, Merseyside, Inggris. Kampus utama universitas ini terletak di kota Liverpool yang dinamis. Berdiri di atas lahan seluas 100 hektar, kampus Liverpool terdiri dari 192 gedung. Kampus University of Liverpool dilengkapi dengan laboratorium berteknologi tinggi, studio seni, perpustakaan, dan pusat komputer. Dari segi jenjang pendidikan, universitas ini menawarkan berbagai jenjang pendidikan mulai dari program Sarjana, Magister, hingga Doktoral program.

 

Tertarik kuliah ke luar negeri dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih universitas, beasiswa, persyaratan dokumen hingga interview.

Silahkan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apapun 👇

University of Liverpool

 

Jurusan di University of Liverpool

Sejak tahun 2009, terdapat 3 fakultas yang terbagi dalam 35 departemen dan sekolah, yaitu Sains dan Teknik, Ilmu Kesehatan dan Kehidupan, serta Ilmu Humaniora dan Ilmu Sosial. Setiap fakultas dipimpin oleh seorang Wakil Rektor Eksekutif, yang bertanggung jawab atas setiap program di fakultas. Dari jumlah departemen tersebut, hal ini menunjukkan bahwa Universitas Liverpool menawarkan berbagai jurusan. Namun, jurusan unggulannya adalah Computer Sciences dan Chemistry karena meraih peringkat 1 di Inggris dengan lebih dari 95% hasil risetnya dinilai memberi pengaruh besar bagi dunia. Beberapa jurusan unggulan lainnya adalah: Archaeology, Architecture, General Engineering, Nursing, Occupational Therapy, Optometry, Ophthalmology and Veterinary Science, and Clinical Medicine yang menempati peringkat top 10 di Inggris.

 

Persyaratan pendaftaran

Pendaftar untuk program S2 jalur pembelajaran biasanya diharuskan memiliki gelar yang setara dengan gelar S1 di Inggris. Demikian pula, untuk program MPhil dan PhD, pendaftar internasional harus memiliki kualifikasi S2, gelar yang setara dengan gelar S1 dengan nilai bagus, di samping sejumlah pengalaman penelitian dan penulisan tesis. Pendaftar internasional juga harus menunjukkan kemampuan berbahasa Inggris. Diperlukan minimal CEFR B2 di setiap komponen (berbicara, menulis, mendengarkan dan membaca) dan juga diperlukan untuk mendapatkan visa belajar untuk masuk ke Inggris.

 

Beasiswa yang dapat dicoba

1. Chevening Scholarship: Program beasiswa pemerintah Inggris untuk pelajar internasional yang ingin melanjutkan studi pascasarjana.

2. University of Liverpool Undergraduate Global Advancement Scholarship: Beasiswa ini dibuka dalam rangka memberikan penghargaan kepada mahasiswa internasional berprestasi yang memulai program sarjana di Universitas Liverpool pada bulan September 2024.

3. University of Liverpool International College (UoLIC) Excellence Scholarship: University of Liverpool akan memberikan penghargaan kepada lima mahasiswa University of Liverpool International College, yang mencapai keunggulan akademik tertinggi (minimal 75%) dalam program Pra-Master UoLIC mereka, beasiswa UoLIC Excellence yang bergengsi.

 

Baca Juga : Ketahui Top 8 Kampus Ivy League di Amerika Serikat!

 

Rekomendasi bimbingan persiapan masuk University of Liverpool

Ingin lolos ke Universitas Liverpool? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan daftar beasiswa ke luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

University of Liverpool

Sumber:

QS World University Rankings 2024: Top global universities. https://www.topuniversities.com/world-university-rankings?countries=my
University of Liverpool . https://www.liverpool.ac.uk/