Bedah Kampus University of Sheffield: Ranking, Jurusan & Beasiswa

United Kingdom (Inggris) dikenal sebagai salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Jika Hunters mencari perguruan tinggi yang maju di bidang penelitian, University of Sheffield dapat menjadi pilihan. Dalam artikel ini, Schoters akan membedah kampus University of Sheffield secara lengkap, mulai dari profil universitas, ranking, lokasi dan jenjang pendidikan yang ditawarkan, fakultas, persyaratan, hingga beasiswa yang tersedia untuk bisa kuliah disana.

 

Tentang University of Sheffield

University of Sheffield merupakan perguruan tinggi yang menjadi anggota dari Russel Group, sebuah kelompok yang terdiri dari 24 universitas riset terkemuka di Inggris. University of Sheffield berkomitmen dalam memberi dukungan bagi mahasiswa terlihat dari layanan dan fasilitas yang ditawarkan, mulai dari bimbingan akademis hingga sumber daya kesehatan mental, memastikan lingkungan belajar yang mendukung, serta memiliki beragam klub, acara, dan kegiatan sukarelawan untuk memperkaya pengalaman mahasiswa.

 

Ranking University of Sheffield

Berdasarkan QS World University Rankings 2024, University of Sheffield berhasil menempatkan diri di jajaran universitas terbaik dunia. Dimana berdasarkan QS World University Rankings, University of Sheffield menempati posisi ke-104 sebagai universitas terbaik di dunia.

 

Lokasi dan jenjang pendidikan

​​University of Sheffield berada di kota yang dikenal sebagai salah satu kota teraman di inggris, yaitu Kota Sheffield, Yorkshire selatan, Inggris. Banyak public places di lahan terbuka di Kota Sheffield, dikelilingi oleh pohon-pohon rindang dan taman-taman yang tersebar di seluruh kota sehingga kota asri ini dapat memberikan kenyamanan dan ketenangan bagi mahasiswa yang menjalankan studi di kota ini. Universitas ini menawarkan program lengkap pada berbagai jenjang studi, yaitu Sarjana, Master, dan juga Doktor.

 

Tertarik kuliah ke luar negeri dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih universitas, beasiswa, persyaratan dokumen hingga interview.

Silahkan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apapun 👇

University of Sheffield

 

Fakultas di University of Sheffield

Universitas Sheffield menawarkan berbagai jurusan dalam fakultas-fakultas yang ditawarkan. Adapun fakultas yang ditawarkan oleh universitas ini adalah:

  1. Fakultas Seni dan Humaniora
  2. Fakultas Teknik
  3. Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi dan Kesehatan
  4. Fakultas Sains
  5. Fakultas Ilmu Sosial
  6. Fakultas Internasional

 

Persyaratan pendaftaran

Persyaratan untuk masuk program S1 di Universitas Sheffield adalah sebagai berikut:

  1. IB Diploma minimal 34 (tergantung dari jurusan yang akan diambil)
  2. A-Level minimal AAB (tergantung dari jurusan yang akan diambil)
  3. Sertifikat IELTS dengan skor 6.0

Persyaratan untuk masuk program S2 di Universitas Sheffield adalah sebagai berikut:

  1. Ijazah dan Transkrip Nilai S1 dengan GPA minimal 2,8 – 3,7 (tergantung jurusan yang diambil)
  2. Sertifikat IELTS dengan skor 6.0
  3. Curriculum Vitae (CV)
  4. Personal Statement
  5. Recommendation Letters

 

Beasiswa yang dapat dicoba

1. Beasiswa LPDP: Beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Indonesia untuk para pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi, baik di dalam negeri maupun luar negeri.

2. Chevening Scholarship: Program beasiswa yang dibiayai oleh pemerintah Inggris yang dikhususkan pada program pendidikan magister selama satu tahun di seluruh kampus UK pilihan pelamar. 

3. The Sheffield MBA Scholarship Scheme: Beasiswa yang diberikan oleh Universitas Sheffield untuk mahasiswa program MBA di Universitas Sheffield.

 

Baca juga : Mengenal Lebih Dalam Kampus University of Liverpool!

 

Rekomendasi bimbingan persiapan masuk University of Sheffield

Ingin lolos ke University of Sheffield? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan daftar beasiswa ke luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

University of Sheffield

Sumber:

QS World University Rankings 2024: Top global universities. https://www.topuniversities.com/world-university-rankings?countries=my

University of Sheffield. https://www.sheffield.ac.uk/