Visa Kerja: Pengertian, Syarat, hingga Biaya Pembuatannya

Visa kerja merupakan salah satu dokumen yang wajib Hunters penuhi jika kamu ingin kerja di luar negeri. Namun, sebenarnya, apa, sih, yang dimaksud dengan visa kerja? Apa perbedaannya dengan jenis visa lainnya, seperti visa turis, visa pelajar, dan visa bisnis?

Dilansir laman Visa Guide, visa kerja merupakan dokumen yang dikeluarkan oleh pemerintah suatu negara untuk mengizinkan orang asing agar bisa bekerja secara sah di negara yang berada di luar kewarganegaraannya. Visa ini hanya bisa dibuat oleh orang yang telah berusia lebih dari atau sama dengan 18 tahun.

Lebih lanjut, visa kerja merupakan jenis visa non-imigran yang bersifat sementara. Oleh karena itu, pemegang visa harus mengajukan perpanjangan visa agar mereka bisa tetap menetap di negara tempat mereka bekerja.

Pemegang visa kerja bisa mengubah visanya menjadi permanen. Dengan catatan, pemegang visa harus tinggal selama beberapa tahun di negara tempat dia bekerja. Setelah itu, barulah pemegang visa bisa mengajukan visa kerja yang permanen. 

Perbedaan Visa Kerja, Visa Turis, Visa Pelajar, dan Visa Bisnis 

Perlu diketahui, visa kerja tentu berbeda dengan jenis-jenis visa lainnya, seperti visa turis, visa pelajar, dan visa bisnis. Visa turis merupakan jenis visa yang diperlukan jika seseorang ingin berwisata di negara yang berada di luar kewarganegaraannya. 

Visa pelajar merupakan jenis visa yang diperlukan bagi seseorang yang ingin melanjutkan studi di negara yang berada di luar kewarganegaraannya. Sementara itu, visa bisnis merupakan jenis visa yang diperlukan bagi seseorang yang ingin melakukan urusan bisnis di negara yang berada di luar kewarganegaraannya.

 

Baca juga: Cara Mendapatkan Visa Pelajar

 

Perbedaan Visa Kerja dan Izin Kerja 

Visa kerja juga berbeda dengan izin kerja. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, visa kerja merupakan suatu dokumen yang dikeluarkan oleh suatu negara untuk mengizinkan pekerja asing bekerja di negara yang berada di luar kewarganegaraannya. Sementara itu, izin kerja merupakan surat izin bekerja yang diterbitkan oleh suatu perusahaan kepada pekerja yang ada di perusahaan tersebut.

Syarat Pembuatan

Jika Hunters ingin membuat visa kerja, ada beberapa persyaratan yang tentu harus kamu penuhi. Untuk rinciannya adalah sebagai berikut:

  1. Formulir permohonan; 
  2. Paspor dengan masa berlaku 6 bulan; 
  3. Foto identitas;
  4. Bukti kemampuan finansial; 
  5. Asuransi kesehatan bagi pekerja asing;
  6. Bukti kontrak kerja; 
  7. CV; 
  8. Surat rekomendasi dari perusahaan yang bersangkutan; 
  9. Surat nikah (jika melamar dengan pasangan);
  10. Akta kelahiran anak (bila melamar bersama anak);
  11. Dokumen pendukung lainnya seperti yang diminta oleh kantor visa. 

 

Baca juga: Syarat Membuat Visa Pelajar Korea Selatan

 

Prosedur Pembuatan

Jika semua persyaratan telah dipenuhi, ada prosedur yang masih harus Hunters lakukan untuk membuat visa kerja. Adapun prosedurnya adalah sebagai berikut:

  1. Membuat janji dengan petugas kedutaan, konsulat, atau petugas kantor imigrasi dari negara yang bersangkutan.
  2. Mengunjungi kantor kedutaan, konsulat, atau kantor imigrasi dari negara yang bersangkutan.
  3. Menyerahkan dokumen yang telah disyaratkan kepada petugas kedutaan, konsulat, atau kantor imigrasi.
  4. Menunggu proses verifikasi dokumen selesai. Biasanya, proses verifikasi dokumen membutuhkan waktu sekitar 10 menit.
  5. Setelah proses verifikasi dokumen selesai, petugas akan memasukkan data pribadi Hunters ke sistem online mereka. Proses ini biasanya membutuhkan waktu 10 hingga 15 menit. Kemudian, Hunters akan mendapatkan salinan cetak pengajuan visa kerja.
  6. Setelah proses pengajuan selesai, Hunters akan diminta untuk melakukan pemindaian sidik jari digital. Proses ini biasanya membutuhkan waktu 7 hingga 8 menit.

 

Waktu dan Biaya Pembuatan 

Umumnya, waktu yang Hunters perlukan untuk membuat visa kerja adalah 3 sampai 6 bulan. Sementara itu, biaya pembuatannya dapat berbeda-beda. Itu tergantung dari instansi mana yang membuat dan menerbitkannya.

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Kerja di Luar Negeri

Ingin kerja di luar negeri? Yuk, konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan kerja di luar negerimu makin terarah.

Butuh program lain untuk persiapan kerja di luar negeri? Cek program Work Abroad Academy dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.