Visa Pelajar Jerman: Info Yang Wajib Diketahui Untuk Pelajar Internasional

Jika Hunters telah diterima di salah satu universitas di Jerman, tentunya kamu harus memiliki visa pelajar Jerman. Sebagian besar pelajar internasional mungkin perlu mendapatkan visa pelajar Jerman di Konsulat Jerman di negara masing-masing sebelum dapat datang ke Jerman. Tergantung dari negara asal, kamu mungkin dibebaskan dari persyaratan visa pelajar Jerman. Namun, kamu tetap harus mendapatkan izin tinggal untuk studi yang berlangsung selama lebih dari 90 hari, setelah kedatangan kamu di Jerman.

Jenis Visa Pelajar Jerman

1. Visa Pemohon Pelajar (Visum zur Studienbewerbung)

Jika Hunters belum menerima tawaran dari universitas di Jerman, tetapi ingin mengunjungi negara tersebut untuk melakukan proses aplikasi, menghadiri open day, dan lainnya, maka visa ini adalah visa yang harus kamu apply. Visa ini memberikan masa tinggal tiga bulan dengan kemungkinan memperpanjangnya hingga maksimal enam bulan. Jika kamu diterima di sebuah institusi selama periode ini, kamu dapat mengajukan permohonan visa pelajar saat masih di negara tersebut.

2. Visa Pelajar (Studentenvisum)

Jika Hunters telah diterima di salah satu universitas di Jerman, maka kamu perlu mengajukan permohonan visa pelajar. Ini juga berlaku selama tiga bulan, namun jika masa studi melebihi waktu tersebut, maka Hunters dapat memperpanjang visa di Foreigners Registration Office di Jerman.

Cara Mendaftar Visa Pelajar Jerman

Hunters akan menyerahkan aplikasi visa dan melakukan wawancara visa di Kedutaan Besar Jerman di Indonesia. Setelah aplikasi dan menyerahkan dokumen yang relevan, maka akan dikirim ke Kantor Imigrasi universitas pilihan kamu untuk disetujui dan kemudian dikembalikan. Proses ini dapat memakan waktu hingga 25 hari. Jadi, penting bagi Hunters untuk menyisakan banyak waktu untuk meminimalkan stres.

Baca Juga: Masih Bingung Cara Dapat Visa Pelajar Jerman ? Simak Cara Jitunya!

Dokumen yang Diperlukan Visa Pelajar Jerman

Kedutaan Besar Jerman di Indonesia akan memberitahu kamu tentang dokumen apa yang perlu ditunjukkan di samping aplikasi Hunters, namun kemungkinan akan mencakup beberapa atau semua hal berikut:

  1. Transkrip sertifikat dari diploma atau kualifikasi sebelumnya
  2. Bukti bahwa kamu memiliki sumber keuangan yang memadai untuk mendukung diri sendiri selama studi yang dianggap oleh pemerintah Jerman minimal 720 EUR per bulan
  3. Bukti kemahiran berbahasa Jerman, ini dapat berupa sertifikat A1 dari Goethe Institute, sertifikat KCSE dari KNEC, atau TestDAF dan tidak boleh lebih dari 4 tahun
  4. Jika gagal, buktikan bahwa kamu berniat mengikuti kursus bahasa begitu tiba di Jerman
  5. Dokumen yang mengonfirmasi bahwa Hunters telah membeli atau memiliki asuransi kesehatan di Jerman
  6. Untuk visa pemohon pelajar, kualifikasi masuk universitas yang diakui di Jerman
  7. Untuk visa pelajar, pemberitahuan penerimaan untuk institusi studi pilihan kamu
  8. Paspor yang masih berlaku, dua foto ukuran paspor, dan formulir aplikasi yang sudah diisi
  9. Kamu juga harus membayar biaya sebesar 60 EUR

 

Izin Tinggal di Jerman Dengan Visa Pelajar Jerman

Tidak seperti negara-negara Eropa lainnya di mana visa memerlukan izin tinggal, Jerman mengharuskan siswa non-UE untuk mengajukan permohonan ini secara terpisah. Jika aplikasi Hunters disetujui, kamu akan menerima izin tinggal selama dua tahun. Ini dapat diperpanjang untuk jangka waktu maksimum tiga tahun untuk mencari pekerjaan (kamu harus mengajukan permohonan untuk perpanjangan ini sebelum izin berakhir). Kamu harus mendapatkan izin tinggal dalam tiga bulan pertama setelah tiba di Jerman dan dapat melakukannya di Foreigners Registration Office setempat. Dokumen yang diperlukan untuk izin tinggal meliputi:

  1. Konfirmasi pendaftaran dari Kantor Pendaftaran Penduduk
  2. Konfirmasi bahwa kamu memiliki asuransi kesehatan
  3. ID siswa dari universitas Jerman
  4. Paspor yang masih berlaku dan visa pelajar
  5. Kamu juga mungkin diminta untuk menunjukkan sertifikat kesehatan dan/atau perjanjian sewa, jika berlaku
  6. Juga akan ada biaya izin tinggal

 

Baca Juga: Yuk Kuliah di Jerman dengan Beasiswa DAAD! Simak Info Lengkapnya disini

 

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Kuliah di Luar Negeri

Butuh persiapan dokumen untuk berkuliah di Jerman? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan study abroad-mu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan kuliah di Jerman? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Visa Pelajar Jerman: Info Yang Wajib Diketahui Untuk Pelajar Internasional