Serba-Serbi Wawancara Beasiswa YTB

Beasiswa Turkiye Burslari (YTB) adalah beasiswa fully-funded untuk program S1, S2, S3, penelitian, dan program bahasa Turki untuk mahasiswa internasional. Pada artikel ini, akan dibahas berbagai jenis program hingga wawancara beasiswa YTB. Yuk simak artikel ini hingga selesai!

 

2 Program Beasiswa YTB (Turkiye Burslari)

Berikut ini adalah 2 jenis program beasiswa YTB:

1. Full-time program

Program ini mencakup beasiswa penuh waktu untuk program S1, S2, dan S3, yang terbagi atas tiga program, yaitu:

a. Undergraduate program

Undergraduate Scholarship Program adalah beasiswa yang diberikan untuk calon mahasiswa sarjana dari berbagai negara, salah satunya Indonesia. Program beasiswa ini memberi kesempatan kepada calon mahasiswa untuk menempuh pendidikan di semua program sarjana di Turki.

b. Graduate program

Graduate Scholarship Program adalah beasiswa yang diberikan untuk level master dan doktor. Program yang ditawarkan sangat luas, mulai dari Social Science, Humanities, Natural Sciences dan Engineering, tidak tersedia untuk program spesialis di bidang kedokteran.

c. Art program

Art Scholarship Program memberikan kesempatan beasiswa di tingkat sarjana, master, dan doktor untuk mahasiswa internasional di bidang ilmu musik, seni pertunjukan dan seni rupa di Ankara University of Music and Fine Arts.

 

2.    Short-term program

Program ini mengacu pada beasiswa jangka pendek untuk beberapa area dan kelompok sasaran tertentu, terbagi atas tiga bagian:

a. Success Scholarship Program (1 tahun)

Diberikan untuk mahasiswa yang telah menempuh pendidikan di Turki dengan biaya mandiri dan memiliki prestasi akademik yang baik dan tersedia untuk jenjang S1, S2, maupun S3. Fasilitas yang ditawarkan program ini hanya mencakup uang saku per bulan.

b. Research Scholarship Program (3-12 bulan)

Program ini dirancang untuk mendorong para peneliti dan akademisi internasional untuk melakukan riset kolaborasi dengan akademisi Turki di universitas paling bergengsi di Turki. Program ini hanya tersedia untuk mahasiswa doktoral yang berada di tahap penyusunan disertasi dan hanya menyediakan fasilitas uang saku per bulan.

c. Turkish Language Programme for Public Officials and Academicians (KATIP)

Program ini dirancang untuk pejabat publik asing, diplomat, akademisi, dan peneliti yang ingin belajar bahasa Turki dan mengenal Turki lebih dalam selama 8-10 bulan. Fasilitas yang diberikan mencakup uang saku bulanan dan akomodasi.

 

Baca Juga: Yuk Pahami Lebih Dalam Seputar Beasiswa Turkiye Burslari!

 

Wawancara Beasiswa YTB

Setiap tahun, pihak beasiswa YTB Turki menyeleksi pendaftarnya melalui dua tahapan, yaitu pendaftaran online dan wawancara. 

Bahasa yang digunakan saat wawancara beasiswa YTB

Wawancara beasiswa YTB akan dilaksanakan secara langsung dengan menggunakan Bahasa Inggris, Bahasa Turki, dan Bahasa Arab. Jadi, pastikan semua jawaban yang kamu sampaikan menggunakan salah satu dari ketiga bahasa tersebut.

Durasi wawancara

Bagi Hunters yang mendaftar untuk beasiswa program S1, pada hari yang sama dengan interview kamu juga akan melakukan ujian/tes yang diadakan oleh pihak YTB. Terkait durasinya wawancaranya sendiri, umumnya antara 15 – 45 menit, akan berbeda pada setiap kandidatnya. Jangan lupa untuk membawa seluruh berkas/dokumen yang diminta pihak YTB. 

Pertanyaan wawancara beasiswa YTB

Adapun beberapa pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan, sebagai berikut:

1. Tell about yourself

2. Why do you want to study abroad?

3. Why do you want to come to Turkey?

4. Why did you choose this course/field/division?

5. What will be the contribution of that specific field for your country in terms of development?

6. What are your short and longterm goals?

7. Any final words?

Interview YTB banyak memberikan follow-up questions. Misalnya, apabila kamu melanjutkan jenjang S2/S3 dan sudah menikah biasanya pihak admission akan mempertanyakan beberapa pertanyaan seperti “apakah tidak masalah untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri?”, dan lainnya. Jangan lupa untuk mempelajari academic study kamu terlebih dahulu, sebelum memulai proses wawancara, agar kamu lebih siap dan matang dengan pertanyaan yang diberikan.

 

Baca Juga: Simak Tips Menghadapi Tes Wawancara Beasiswa

 

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Lolos Beasiswa YTB

Ingin sukses menghadapi wawancara beasiswa Turkiye Burslari? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah. 

Butuh program lain untuk persiapan masuk universitas selain tes wawancara kuliah? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

wawancara beasiswa ytb