13 Rekomendasi Website Belajar Bahasa Inggris Yang Menarik Untuk Dicoba

Tips & Trik, 21 Des 2022

Ingin meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris tapi tidak punya cukup waktu untuk pergi dan belajar di tempat kursus?

Tidak perlu khawatir karena saat ini, Hunters bisa menemukan banyak sekali website belajar bahasa Inggris secara online yang dapat membantu kamu belajar bahasa Inggris secara mandiri dengan cepat, mudah dan menyenangkan dengan berbagai metode belajar yang juga dapat dipilih sesuai dengan keinginan. Simak berbagai rekomendasi website belajar bahasa Inggris yang menarik dalam artikel di bawah ini.  

1. Duolingo

Kalau kamu masih pemula dalam belajar bahasa Inggris, kamu bisa mulai mencoba belajar bahasa Inggris dengan berbagai permainan interaktif yang membuat sesi belajar menjadi lebih menyenangkan di Duolingo. Di Duolingo, kamu bisa mengasah kemampuan berbahasa Inggris di semua aspek, mulai dari listening, reading, writing sampai speaking. Menariknya lagi, Duolingo juga tersedia dalam bentuk aplikasi yang bisa kamu download di gadget yang kamu pegang setiap harinya.

2. ManyThings

Selain Duolingo, website lain yang menawarkan berbagai permainan dan aktivitas menarik untuk belajar bahasa Inggris dengan mudah adalah ManyThings. Di sini ini, kamu bisa menemukan banyak quiz, word games dan aktivitas lainnya yang membantu kamu belajar bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan.

3. Cambridge Assessment English

Rekomendasi website berikutnya adalah Cambridge Assessment English, yang namanya sudah tidak asing lagi di dunia pendidikan. Website ini menawarkan berbagai bahan belajar bahasa Inggris yang dapat dipilih sesuai dengan level dan preferensi.

4. British Council Learn English

Sama seperti Cambridge Assessment English, British Council juga adalah salah satu nama yang cukup familiar di dunia pendidikan. Melalui website ini, British Council menawarkan berbagai bahan belajar bahasa Inggris yang bisa diakses secara gratis untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dengan menggunakan beragam lesson, kuis dan berbagai permainan untuk membantu kamu mempelajari grammar dan vocabulary baru. Kamu juga bisa memastikan tingkat kemampuan berbahasa Inggris kamu dengan mencoba tes bahasa Inggris gratis di website ini.  

5. BBC Learning English

The British Broadcasting Corporation (BBC), lembaga penyiaran publik di Britania Raya, juga menyediakan website yang menarik untuk belajar bahasa Inggris. Melalui website ini, BBC menyediakan berbagai bahan belajar bahasa Inggris yang dirancang dengan menggunakan cerita dan berita dari BBC World Service sehingga kamu bisa memahami penggunaan bahasa Inggris dalam konteks kehidupan sehari-hari.  

6. Exam English

Exam English adalah website belajar bahasa Inggris yang direkomendasikan untuk kamu yang sedang mempersiapkan diri mengikuti berbagai ujian bahasa Inggris seperti CEFR, Cambridge, IELTS, PTE atau TOEFL. Melalui website ini, kamu bisa menemukan dan mencoba berbagai contoh soal ujian serta berlatih menggunakan berbagai grammar dan vocabulary yang sering keluar saat ujian.  

          Baca juga: Yuk Ikuti Tips Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula!

7. Lyrics Training

Ini merupakan website yang cocok untuk kamu yang suka mendengarkan musik karena melalui website ini, kamu bisa belajar bahasa Inggris sambil mendengarkan berbagai lagu kesukaan dan mengisi lirik lagu. Dengan cara ini, kamu bisa meningkatkan kemampuan listening dan menambah vocabulary dengan cara yang tidak membosankan.

8. Grammarly

Grammarly adalah website yang tepat untuk membantu meningkatkan kemampuan menulis dalam bahasa Inggris. Selain sebagai berfungsi sebagai software yang membantu memeriksa kesalahan saat menulis, Grammarly juga menyediakan berbagai penjelasan untuk membantu kamu memahami grammar secara lebih detail mulai dari aturan, gaya sampai teknik penulisan.

9. Daily Grammar

Masih bingung menggunakan grammar dalam kalimat? Website ini bisa membantu kamu memahami grammar lebih cepat dengan berbagai lesson dan quiz yang mencakup seluruh grammar yang dipakai dalam bahasa Inggris. Selain itu, Daily Grammar juga menyediakan glossary yang membantu untuk mencari tahu definisi dari berbagai istilah yang digunakan dalam grammar.

10. News In Level

Untuk membantu kamu meningkatkan kemampuan membaca dalam bahasa Inggris, website ini menawarkan berbagai potongan berita dalam 3 (tiga) level yang berbeda: beginner, intermediate dan advanced. Melalui website ini, kamu bisa mengasah kemampuan dalam memahami tulisan dalam bahasa Inggris.

11. Dictations Online

Mirip dengan Exam English sebelumnya, Dictations Online adalah salah satu website yang tepat untuk digunakan bagi siapa pun yang sedang mempersiapkan diri mengikuti tes atau ujian kemampuan berbahasa Inggris. Website yang didesain oleh Victoria University of Wellington ini menawarkan berbagai bahan belajar dan contoh ujian dalam berbagai topik dan level.

          Baca juga: Yuk Kenali Apa Saja Manfaat Belajar Bahasa Inggris! 

12. Fluent U

Website Fluent U membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris melalui berbagai video interaktif seperti trailers film, video musik, potongan berita dan lain sebagainya. Melalui video interaktif, Fluent U menyediakan berbagai penjelasan dan contoh penggunaan dalam kalimat untuk semua kata yang muncul dalam video.

13. Italki

Rekomendasi terakhir dalam daftar ini adalah Italki, sebuah platform yang membantu siswa untuk bertemu dengan native speakers dari berbagai penjuru dunia, bahasa, dialek dan budaya yang diminati. Selain itu, melalui Italki, kamu juga bisa bergabung dengan berbagai komunitas pelajar bahasa asing untuk belajar bersama dan berbagi pengalaman belajar secara langsung.

Yuk Belajar Bahasa Inggris bersama Schoters

Hunters, jika kamu ingin kursus bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu, yuk persiapkan kemampuan bahasa Inggrismu bersama Schoters!

website belajar bahasa inggris-1