10 Website Belajar Bahasa Jepang Gratis dan Mudah Diakses

Saat ini, belajar bahasa Jepang bisa dilakukan dengan mudah secara online tanpa harus menghabiskan waktu dan tenaga mendatangi tempat kursus. Sebab, kini, ada banyak website belejar bahasa Jepang yang bisa digunakan. Beberapa website belajar bahasa Jepang tersebut juga bahkan menawarkan bahan belajar bahasa Jepang secara cuma-cuma. Penasaran? Simak berbagai rekomendasi website belajar bahasa Jepang yang bisa dicoba di bawah ini!

Rekomendasi website belajar bahasa Jepang gratis

1. Erin

Erin adalah website belajar bahasa Jepang yang menawarkan berbagai materi belajar bahasa Jepang dalam bentuk video percakapan sehari-sehari dalam bahasa Jepang. Di dalam video tersebut, kita dapat melihat keseharian Erin, mahasiswa pertukaran pelajar yang baru saja tiba di Jepang, belajar menggunakan bahasa Jepang dalam berbagai situasi mulai dari perkenalan pertama di kelas, menanyakan lokasi, meminta tolong dan lain sebagainya. Selain video percakapan, website ini juga menyediakan bahan belajar lainnya seperti penjelasan tentang tata bahasa, contoh kalimat, quiz dan masih banyak lagi.

2. NHK World

Rekomendasi website selanjutnya adalah NHK World yang menyediakan berbagai materi pelajaran bahasa Jepang dalam bentuk audio dan teks yang dapat diakses setiap saat secara cuma-cuma. Materi bahasa Jepang yang ada di dalam website yang dikembangkan oleh badan penyiaran umum Jepang, NHK World Radio Japan ini, disusun berdasarkan tingkatan kemampuan bahasa sehingga materinya dapat dipahami dengan mudah oleh pemula sekali pun.

 

Baca juga: Tips Belajar Bahasa Jepang untuk Pemula

3. Marugoto Online

Marugoto Online adalah website belajar bahasa Jepang yang dirancang khususnya untuk adult learners atau orang dewasa yang berminat untuk belajar bahasa Jepang namun tidak punya cukup waktu karena kesibukan. Materi bahasa Jepang di website ini dirancang berdasarkan CEFR (Common European Framework of Reference for Languages), yang menjadi dasar utama studi bahasa di Eropa. Untuk memastikan level kemampuan berbahasa Jepang yang dimiliki saat ini, Marugoto Online juga menyediakan tes online yang bisa dicoba secara gratis.

4. Goethe Verlag

Rekomendasi website belajar bahasa Jepang selanjutnya adalah Goethe Verlag. Webiste yang satu ini menyediakan bahan belajar bahasa Jepang dalam bentuk audio. Seluruh dialog dan kalimat dalam audio yang tersedia di website ini diucapkan oleh penutur asli sehingga kemampuan mendengarkan dalam bahasa Jepang dapat terasah dengan cepat.

5. WKWKJapan

Rekomendasi website belajar bahasa Jepang berikutnya yang bisa Hunters coba adalah WKWKJapan. Website belajar bahasa Jepang ini menawarkan bahan belajar lengkap dari huruf Jepang, kata sifat, kata kerja, kata benda hingga kosakata dan tata bahasa Jepang lengkap setara dengan JLPT Level N5-N4. Menariknya lagi, WKWKJapan juga menyediakan kesempatan untuk belajar online langsung secara gratis bersama pengajar dari Jepang.

6. Japanese-Online.com

Rekomendasi website selanjutnya, Japanese-Online.com menyediakan akses ke berbagai artikel dan materi belajar bahasa Jepang yang dikemas secara ringan dan menyenangkan. Melalui website ini, kita juga bisa mendapatkan berbagai panduan bahasa Jepang praktis yang bisa digunakan saat berwisata di Jepang.

Mau lebih lancar berbahasa Jepang? Atau mau belajar bahasa Jepang dari nol? Schoters punya kelas intensif bahasa Jepang yang bisa membantu kamu lancar membaca, menulis, hingga berbicara bahasa Jepang dengan materi yang sudah disesuaikan dengan JLPT (Japanese Language Proficiency Test).

Silakan klik tombol “Konsultasi Kelas Bahasa Jepang” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apa pun. 👇

 

website belajar bahasa jepang

7. Loecsen

Website selanjutnya, Loecsen, menyediakan berbagai materi berupa kata, kalimat serta berbagai ungkapan praktis lainnya dalam bahasa Jepang yang umumnya digunakan dalam berbagai situasi di kehidupan sehari-hari. Materi yang disediakan dalam website ini membantu pelajar di semua tingkat, bahkan pemula sekalipun, untuk terbiasa membaca, mendengar dan mengucapkan bahasa Jepang sesuai konteks yang ada.

8. Quizlet

Melalui Quizlet, belajar bahasa Jepang menjadi lebih menyenangkan dengan menggunakan berbagai online flashcards yang tersedia.

9. HiNative

HiNative adalah sebuah platform belajar yang berfungsi sebagai komunitas belajar global, dimana kita dapat mengajukan pertanyaan tentang bahasa dan budaya kepada native speakers dari berbagai bahasa asing, termasuk bahasa Jepang.

Melalui HiNative, kita bisa mendapatkan feedback dari native speakers tentang pengucapan saat berbicara yang lebih tepat, penggunaan kata dan kalimat yang sesuai konteks serta berbagai informasi tentang kebudayaan negara asal bahasa.

 

Baca juga: Rekomendasi Website Belajar Bahasa Inggris

 

10. JStudy Magazine

Rekomendasi website selanjutnya adalah JStudy Magazine yang menawarkan bahan belajar bahasa Jepang dengan lengkap, mulai dari kamus, tata bahasa, kosakata, huruf Jepang sampai materi bahasa Jepang yang biasa digunakan dalam lingkungan pekerjaan.

Selain itu, website ini juga menyediakan berbagai contoh soal ujian yang biasa digunakan untuk tes JLPT dari level N5-N1 sehingga website ini juga cocok dipakai untuk orang-orang yang sedang mempersiapkan diri mengikuti JLPT, baik untuk keperluan studi maupun bekerja.

Rekomendasi Kursus Bahasa Jepang Terpercaya

Nah, itu tadi beberapa website menarik untuk belajar bahasa Jepang. Buat Hunters yang ingin belajar bahasa Jepang, yuk klik link berikut ya! Belajar bahasa Jepang bersama Schoters 

Selain kursus bahasa Jepang, Schoters juga melayani kursus bahasa Inggris dan bahasa asing lainnya, klik link berikut untuk tahu lebih lanjut! Konsultasi bersama mentor Schoters 

website belajar bahasa Jepang