Jurusan Bisnis: Info Kuliah, Kurikulum, dan Prospek Kerjanya

 

Jurusan bisnis merupakan salah satu program studi yang paling populer dan diminati oleh calon mahasiswa di seluruh dunia. Hal ini dikarenakan prospek kerja yang ditawarkan sangat luas dan keterampilan yang diperoleh dari jurusan ini relevan di berbagai industri. 

Tertarik dengan jurusan bisnis dan ingin berkuliah di luar negeri? Yuk kenali jurusan bisnis bersama program Alta World College dari Schoters, simak artikel ini sampai akhir ya Hunters!

 

Pengertian dan Ruang Lingkup Jurusan Bisnis

Jurusan bisnis merupakan bidang studi yang berfokus pada pemasaran produk, perencanaan strategi, kelola keuangan, dan aspek-aspek lain yang berkaitan dengan kegiatan bisnis. Pada program studi ini, Hunters akan mendalami berbagai topik, mulai dari manajemen, pemasaran, keuangan, akuntansi, hingga analisis data bisnis.

Ruang lingkup jurusan ini sangat luas, mencakup tiap aspek penting dalam pengelolaan sebuah perusahaan atau organisasi. Jurusan bisnis tidak hanya berfokus pada penerapan teori ekonomi dan bisnis, tetapi juga menuntut mahasiswa untuk memahami kebutuhan pelanggan lalu mengubahnya menjadi peluang bisnis.

 

Jurusan bisnis adalah pilihan yang tepat jika Hunters ingin memperluas karir hingga ke  global. Mengambil jurusan ini di universitas ternama di luar negeri akan memberikan keunggulan dan pengalaman internasional yang berharga. 

Ingat, untuk membantu kamu mempersiapkan studi bisnis di luar negeri, kamu bisa memanfaatkan layanan Alta World College dari Schoters loh! Alta World College menawarkan Foundation atau Pre-College bagi kamu ingin memulai masa perkuliahan di universitas luar negeri satu tahun lebih awal. Jurusan Bisnis merupakan salah satu program studi yang ditawarkan program ini. Simak penjelasan lebih lengkap mengenai Alta World College di sini.

 

Kurikulum dan Materi Pembelajaran Jurusan Bisnis di Alta World College

Kurikulum dalam program ini dirancang dengan standar pendidikan yang kompetitif secara global untuk menciptakan siswa terbaik di bidangnya. Selain itu, kurikulum yang digunakan telah diakui oleh lebih dari 100+ universitas terbaik di dunia. 

Dengan pengajar berkualifikasi tinggi, akan menciptakan pengalaman belajar yang lebih maksimal. Selain itu, proses pembelajarannya dibuat lebih mudah tanpa adanya ujian, karena penilaian diberikan berdasarkan tugas yang diberikan. Sertifikasi yang diperoleh juga telah diakui oleh berbagai kampus top dunia, sehingga membuka peluang besar untuk melanjutkan studi di universitas-universitas terbaik dan mendukung untuk meraih masa depan akademik yang cemerlang.

 

Cakupan materi pembelajaran pada jurusan bisnis Alta World College:

Term 1

Term 2

Term 3

Term 4

Exploring Business (90) Principles of Management (60) Business Decision Making (120) Managing an Event (90)
Research & Plan a marketing campaign (90) Business Finance (90) Business Ethics (60) Financial Statement for Public Limited Companies (60)
Cost and Management Accounting (60) International Business (60) Recording Financial Transaction (60) Effective Project Management (60)
Digital Marketing (60) Branding (60) Human Resources (60)

 

Pengetahuan dan Keahlian yang Diperoleh

Kenali apa itu Jurusan Bisnis, universitas favorit, prospek kerja dari Jurusan Bisnis, hingga kurikulum pembelajarannya pada artikel berikut ini!

Mahasiswa jurusan bisnis akan mendapat berbagai pengetahuan dan keterampilan di berbagai bidang. Beberapa keahlian yang akan diperoleh antara lain:

 

1. Keterampilan Manajerial

Dalam keterampilan manajerial mahasiswa akan mempelajari bagaimana cara mengelola, mengatur, serta memimpin orang-orang yang bekerja di bawah kepemimpinannya untuk mencapai tujuan organisasi atau perusahaan. Jadi, pada dasarnya keterampilan manajerial melatih skill kepemimpinan, memotivasi dan mengarahkan karyawan, mengelola proses produksi dan keuangan, serta menjadwalkan dan mengatur alur kerja. Dengan kemampuan ini perusahaan akan lebih berkembang dan dapat membentuk kekompakkan dalam anggota tim.

 

2. Kemampuan analitis

Kemampuan analitis digunakan untuk mengambil keputusan yang tepat dengan mempertimbangkan bukti-bukti dan data yang ada. Skill ini melibatkan cara seseorang memecahkan masalah dan analisis mendalam terhadap suatu permasalahan. Mahasiswa diharapkan dapat mengurangi pengambilan keputusan impulsif dan membuat pilihan yang tepat berdasarkan fakta. Kemampuan analitis penting untuk mengidentifikasi tren pasar dan memahami pola perilaku konsumen yang dapat dijadikan peluang bisnis.

 

3. Negosiasi dan Kepemimpinan

Soft skill lain yang dilatih adalah negosiasi dan kepemimpinan yang saling berkaitan erat. Negosiasi adalah pembuatan kesepakatan yang saling menguntungkan bagi tiap pihak. Keterampilan komunikasi dibutuhkan untuk menyampaikan argumen yang jelas dan memahami kebutuhan berbagai pihak. Sedangkan kepemimpinan adalah kemampuan seseorang untuk mempengaruhi dan memotivasi orang lain untuk mencapai tujuan bersama. Kedua skill ini akan menghasilkan kesepakatan yang adil dan bermanfaat dalam berbagai situasi binis yang penuh tantangan.

 

Baca juga: Apa itu Foundation Program?

 

4. Kemampuan Beradaptasi

Dunia bisnis akan selalu mengalami perubahan, mulai dari perkembangan teknologi, perubahan pasar, kebijakan ekonomi, dan preferensi konsumen. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi mahasiswa. Oleh karena itu, dengan kemampuan adaptasi yang baik, mahasiswa akan lebih siap menghadapi tantangan, sehingga memungkinkan pertumbuhan dan keberlanjutan dalam jangka panjang.

 

Kenapa Harus Memilih Jurusan ini?

Memilih jurusan bisnis dapat menjadi keputusan tepat bagi masa depan karir Hunters. Berikut adalah beberapa alasan mengapa jurusan ini perlu dipertimbangkan:

 

1. Peluang Karir yang Luas: Dengan latar belakang bisnis, banyak peluang karir yang ditawarkan, mulai dari manajemen, keuangan, pemasaran, hingga wirausaha.

2. Ilmu yang Diajarkan Fleksibel: Keterampilan yang diperoleh dari jurusan bisnis dapat diterapkan di berbagai industri, membuat kamu lebih fleksibel dalam memilih jalur karir.

3. Permintaan Tinggi: Lulusan bisnis selalu dibutuhkan di berbagai perusahaan, mulai dari startup hingga perusahaan multinasional.

4. Potensi Penghasilan: Banyak posisi di dunia bisnis yang menawarkan gaji yang bersaing, terutama bagi yang berhasil mencapai posisi manajerial atau eksekutif.

5. Kesempatan Luas dalam Kewirausahaan: Jika Hunters memiliki impian untuk memulai bisnis sendiri, jurusan ini memberikan pengetahuan yang kuat dalam hal pengelolaan, strategi, dan inovasi bisnis.

 

 

Tertarik mendaftar di jurusan bisnis dan ingin bergabung dengan program Alta World College?

Yuk konsultasi dengan  Schoters untuk bantu kamu memilih jurusan di Universitas pilihanmu, beasiswa, dan persyaratan dokumen kuliah-mu!

Klik tombol di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apapun 👇

Jurusan Bisnis: Info Kuliah, Kurikulum, dan Prospek Kerjanya

 

 

Universitas yang Membuka Jurusan Bisnis

Banyak universitas di luar negeri yang menawarkan program studi bisnis. Beberapa universitas ternama yang memiliki reputasi kuat dalam bidang ini di antaranya:

 

1. King’s College London

Kenali apa itu Jurusan Bisnis, universitas favorit, prospek kerja dari Jurusan Bisnis, hingga kurikulum pembelajarannya pada artikel berikut ini!

King’s College London memiliki reputasi baik dengan menempati urutan 40 di QS Top University Rankings. Didirikan pada tahun 1829, universitas ini merupakan salah satu perguruan tinggi paling prestisius di dunia yang menjanjikan pendidikan berkualitas dengan fasilitas-fasilitas terbaik, seperti laboratorium pelatihan medis, perpustakaan, hingga ruang studio kontemporer. 

Selain itu, United Kingdom merupakan salah satu dari tiga negara yang memiliki kualitas pendidikan yang baik dengan latar belakang masyarakat yang multikultural. King’s College London memberikan kontribusi signifikan dalam bidang pendidikan dengan menciptakan berbagai penelitian inovatif.

 

2. University of LeedsKenali apa itu Jurusan Bisnis, universitas favorit, prospek kerja dari Jurusan Bisnis, hingga kurikulum pembelajarannya pada artikel berikut ini!

Berada di urutan 82 dari 100 universitas terbaik di dunia berdasarkan QS World University Rankings. University of Leeds merupakan salah satu universitas terbesar di Inggris, dengan lebih dari 38.000 mahasiswa dari lebih dari 170 negara berbeda. 

Menurut Times Higher Education tahun 2020, University of Leeds termasuk dalam 35 universitas paling internasional di dunia karena telah menerima mahasiswa internasional lebih dari 100 tahun. Berdasarkan survei yang dilakukan tahun 2018 universitas ini menempati peringkat kedua untuk fasilitas-fasilitas kampus yang disediakan, salah satunya fasilitas olahraganya yang dinilai berkelas di dunia.

 

3. Pennsylvania State UniversityKenali apa itu Jurusan Bisnis, universitas favorit, prospek kerja dari Jurusan Bisnis, hingga kurikulum pembelajarannya pada artikel berikut ini!

Berdasarkan QS World Rank Universities, Pennsylvania State University menduduki peringkat ke-89. Terletak di Amerika Serikat, Pennsylvania State University menawarkan berbagai pilihan jurusan dan fakultas. Di bidang bisnis terdapat fakultas Smeal College of Business yang menawarkan jurusan unggulan, yaitu Accounting dan Finance, Kampus ini menyediakan online campus (Penn State World Campus) yang meraih peringkat pertama U.S. News & World Report Best Online Program rankings 2024 untuk program sarjana psikologi.

 

Prospek Karir dan Gaji Lulusan

Peluang karirjurusan manajemen sangat beragam di berbagai bidang. Beberapa posisi yang umum diisi oleh lulusan bisnis, antara lain:

 

  • Konsultan Bisnis

Seorang konsultan bisnis bertugas untuk memberikan saran, ide, atau rekomendasi permasalahan terkait pengembangan bisnis. Jasa yang diberikan akan bermanfaat untuk meningkatkan efisiensi operasi perusahaan dalam jangka panjang maupun pendek.

Skill yang dibutuhkan untuk mengisi posisi ini adalah kemampuan komunikasi yang baik, kemampuan analitis, dan kemampuan berpikir kreatif. Secara umum, gaji konsultan bisnis berkisar antara 6 juta – 10 juta, tergantung pengalaman kerja yang dimiliki.

 

  • Manajer Pemasaran

Manager pemasaran merupakan seorang pemimpin yang mengatur tim dalam membuat strategi pemasaran dan penjualan produk atau jasa. Seorang manajer pemasaran dituntut untuk menganalisis peluang pasar baik di masa ini dan masa depan. 

Memiliki tanggung jawab besar dalam merancang strategi harga untuk memaksimalkan keuntungan yang didapat, sekaligus menjaga kepuasan pelanggan. Dengan peran yang sangat penting dalam perusahan, gaji yang diberikan untuk posisi ini cenderung tinggi, berkisar antara 10 juta – 12 juta perbulan.

 

  • Pengusaha

Bagi kamu yang tertarik untuk memulai bisnis sendiri, jurusan bisnis merupakan pilihan yang tepat karena menyediakan berbagai keterampilan dan pengetahuan penting dalam dunia bisnis. Gaji yang ditawarkan beragam tergantung besarnya usaha yang dikembangkan.

Jurusan ini membekali mahasiswa dengan kemampuan menyusun rencana bisnis, menganalisis pasar, dan mengembangkan strategi yang efektif untuk pertumbuhan bisnis. Dengan keterampilan ini, lulusan bisnis memiliki dasar yang kuat untuk mendirikan dan mengelola usaha sendiri.

 

  • Finance Staff

Seorang finance staff bertanggung jawab dalam mengelola dan mengawasi jalur keuangan di perusahaan. Posisi ini membantu merancang model keuangan yang sehat dan mampu mencapai tujuan keuangannya. Besaran gaji yang diberikan pada sektor ini beragam, untuk seorang entry-level mulai dari 4jt – 8jt perbulan, sementara posisi senior dapat mencapai 20jt atau lebih perbulan.

 

Baca juga: Apa itu Alta World College (AWC)?

 

Dunia Perkuliahan di Jurusan Bisnis Alta World College

Alta World College memberikan banyak pilihan universitas top luar negeri dengan dukungan pembelajaran yang optimal. Hunters dapat memilih universitas yang dituju dengan mempertimbangkan kurikulum,  sistem pembelajaran, dan budaya lingkungan yang akan mendukung kegiatan pembelajaran. 

Durasi pembelajaran program Alta World College berjalan selama 1 tahun atau 4 trimester yang mencakup pembelajaran konsep fundamental dalam dunia bisnis. Setelahnya Hunters dapat melanjutkan studi (umumnya selama 3 tahun) secara langsung di universitas tujuan. 

Program Alta World College memberikan kesempatan pada peserta untuk bertemu dengan expert di bidang bisnis, peningkatan kompetensi bahasa inggris, dan kesempatan untuk beradaptasi dalam dunia perkuliahan. Potensi jurusan kuliah di program studi bisnis antara lain, accounting, business management, marketing, economics, finance, human resource, entrepreneurship dan masih banyak lagi. 

Menempuh pendidikan di jurusan bisnis merupakan pilihan yang tepat mengingat keuntungan dan prospek karir yang ditawarkan cukup menjanjikan. Bagi Hunters yang ingin mengambil jurusan ini persiapkan diri dengan baik ya! Kamu bisa memanfaatkan layanan Schoters untuk membantu persiapan kuliah.

 

Tertarik dengan program tersebut? Yuk ikut konsultasi Program Akselerasi Alta World College! Kamu akan dibantu dengan konsultan expert agar persiapan pendaftaran mu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan daftar beasiswa ke luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Apa itu Alta World College (AWC)? Alta World College (AWC), program Foundation/Pre-College untuk perkenalan dan persiapan masa perkuliahan satu tahun lebih awal di kampus top dunia.