Apa itu Foundation Program?

 

Melanjutkan studi di luar negeri banyak dijadikan impian oleh para pelajar di Indonesia. Saat memikirkan beberapa pilihan untuk studi di luar negeri, sebagian orang memikirkan hanya ada satu cara yaitu melalui pendaftaran program sarjana dan pascasarjana. 

Tapi tahukah kamu jika terdapat beberapa cara untuk mempersiapkan studi di luar negeri lebih awal? Kenali Foundation Program, sebuah program akselerasi masa studi
1-2 tahun lebih awal sejak SMA, dengan sertifikasi setelah lulus diakui di berbagai universitas top dunia dan hemat biaya kuliah dibandingkan jalur konvensional.

Melalui artikel ini, schoters akan membantu kamu mengenali lebih jauh tentang Foundation Program. Baca sampai habis ya Hunters!

 

Apa itu Foundation Program?

Foundation Program adalah program  bimbingan akselerasi masa studi 1-2 tahun lebih awal sejak SMA yang dirancang untuk mempersiapkan calon mahasiswa yang ingin mengambil studi di universitas luar negeri. Program ini bertujuan untuk mengembangkan skill dan pengetahuan yang dibutuhkan sesuai bidang studi yang dipilih. Selain itu kamu akan dibantu dalam meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dan mendapat pengenalan awal bidang studi tersebut.

Foundation Program banyak terdapat di universitas UK, tetapi juga tersedia di USA, Australia, Eropa, dan New Zealand. Berbeda dengan pre-sessional program yang hanya membutuhkan waktu 6 bulan, Foundation Program biasanya memiliki minimal durasi 12 bulan. Setelah menyelesaikan Foundation Program mahasiswa dapat langsung diterima untuk melanjutkan perkuliahan sarjana di universitas yang bersangkutan.

 

Siapa yang Perlu Mengambil Foundation Program?

Foundation Program merupakan pilihan yang tepat bagi siswa yang ingin mempersiapkan diri secara akademis dan meraih gelar sarjana lebih cepat 1 sampai 2 tahun di kampus luar negeri.

Foundation Program umumnya cocok diikuti oleh siswa yang tidak mencapai hasil yang diharapkan pada tingkat A-Level atau International Baccalaureate. Jalur ini cocok ditempuh mereka untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan akademis untuk mendaftar kuliah di luar negeri.

Program ini juga ditujukan bagi para profesional yang tidak memiliki kesempatan untuk menempuh pendidikan akademis sebelumnya, tetapi memiliki kemampuan yang diperlukan. Melalui program ini mereka dapat mengejar pendidikan program meskipun memiliki pengalaman akademis yang terbatas.

 

Contoh Foundation Program di Universitas Luar Negeri

Berikut beberapa kampus yang menawarkan Foundation Program:

Program International Foundation di University of Manchester memiliki 2 jalur khusus, yaitu International Foundation in Business and Humanities dan International Foundation in Science and Engineering. 

International Foundation in Business and Humanities ditujukan bagi siswa yang ingin melanjutkan kuliah S1 di bidang Accounting, Economics, Management, Finance, Humanities, Social Sciences, dan Law Sedangkan International Foundation in Science and Engineering diperuntukkan bagi murid yang ingin melanjutkan studi S1 di bidang, Biomedical Science, Engineering, Science, Mathematic, dan Computing.

 

Foundation Program UWA menawarkan program persiapan yang fleksibel dalam waktu 10 minggu tiap term. Selama durasi program siswa diminta untuk membuat program yang sesuai dengan jalur universitas dan karirnya. Di akhir program ini siswa akan menerima dua nilai yaitu nilai bahasa Inggris dan skor rata-rata dari 10 unit terbaik.

Foundation Program UWA juga menyediakan persiapan jurusan kuliah sebagai perkenalan sebelum memasuki dunia perkuliahan. Jurusan yang ditawarkan seperti Architecture & Design, Business & Commerce, Data & Computer Science, Education, Engineering, Health & Biomedical Sciences, Humanities & Social Sciences, Law, Music & Fine Arts, Natural & Physical Sciences, dan Psychology

 

 

Program London Foundation Campus merupakan program satu tahun yang memungkinkan siswa mempercepat perkuliahan di salah satu dari empat universitas mitra University of London. Program ini sangat cocok bagi kamu yang telah menyelesaikan pendidikan menengah dan ingin melanjutkan studi di University of London. 

Beberapa jalur studi yang ditawarkan meliputi: Business, Economics, Finance & Management, Law, Humanities and Social Sciences, Engineering & Sciences, serta Life Sciences.

 

Yuk konsultasi dengan  Schoters untuk bantu kamu mulai dari memilih jurusan di Universitas pilihanmu, beasiswa, dan persyaratan dokumen kuliah-mu!

Klik tombol di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apapun 👇

Persiapkan Tes Masuk Kuliah Luar Negeri-mu dengan Alta World College

 

Universitas yang Menawarkan Kursus Foundation

Selain universitas-universitas yang telah disebutkan di atas, berikut adalah beberapa universitas lainnya yang menawarkan Foundation Program:

1. King’s College London (UK)

King’s College London, adalah salah satu institusi pendidikan tertua dan terletak di jantung kota London. Didirikan pada tahun 1829, universitas ini terkenal dengan tradisi akademiknya yang kuat, penelitian inovatif, dan kontribusinya yang signifikan dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan.

King’s College London menawarkan berbagai program studi dari beragam disiplin ilmu. Universitas ini terkenal dengan program kesehatan seperti kedokteran, farmasi, keperawatan, dan psikologi klinis, serta Fakultas Kedokteran Giginya yang diakui internasional.

Bagi peminat ilmu sosial dan humaniora, tersedia jurusan hukum, bisnis, ekonomi, sastra, sejarah, dan hubungan internasional. Sementara itu, di bidang sains dan teknologi, King’s menawarkan ilmu komputer, teknik, biologi, kimia, dan fisika, dengan fokus pada inovasi dan riset terbaru.

Saat ini King’s College London menempati posisi peringkat 40 sebagai salah satu universitas terbaik didunia dengan perolehan 80,2 berdasarkan QS World Rank Universities. Meskipun begitu, universitas ini tetap terus berupaya untuk meningkatkan kualitasnya agar mampu bersaing dengan institusi pendidikan terbaik lainnya di seluruh dunia.

 

2. University of Massachusetts Amherst (US)

University of Massachusetts Amherst terletak di Amherst, Massachusetts, Amerika Serikat. Universitas ini didirikan pada tahun 1863 dan merupakan salah satu universitas penelitian terkemuka dengan kampusnya yang mencakup area seluas 1.450 hektar, menjadikannya salah satu kampus terbesar di New England.

Sebagai universitas penelitian, University of Massachusetts Amherst memiliki fokus yang kuat pada penelitian dan penemuan ilmiah. Universitas ini memiliki sejumlah pusat penelitian yang terkemuka di berbagai bidang, termasuk ilmu kehidupan, teknologi, sains lingkungan, kesehatan masyarakat, dan sains sosial.

Universitas Massachusetts Amherst memiliki reputasi yang sangat baik di kalangan perguruan tinggi di Amerika Serikat. Universitas ini dikenal sebagai salah satu universitas riset terkemuka dengan kurikulum yang beragam dan fasilitas yang canggih. Menurut QS World University Rankings, universitas ini menempati peringkat ke-275 secara global.

 

3. Lancaster University (UK)

Lancaster University dikenal secara internasional karena keunggulannya dalam pengajaran dan penelitian serta menjadi salah satu universitas Top 10 di Inggris (Complete University Guide 2025) dan berada di peringkat Top 141 dunia menurut QS World Rankings 2025. Universitas ini dikenal akan keunggulannya dalam berbagai bidang, termasuk ilmu sosial, bisnis, ilmu alam, teknik, dan humaniora.

Lancaster University dinobatkan sebagai salah satu dari 30 universitas yang paling diminati oleh para pemberi kerja lulusan terkemuka di Inggris menurut the Graduate Market in 2024 report (High Fliers).

Salah satu pilar utama Lancaster University adalah komitmen terhadap keberlanjutan dengan menyatakan keadaan darurat iklim pada tahun 2020 dan bertujuan untuk menjadi karbon netral pada tahun 2035. Universitas hijau ini juga telah dianugerahi peringkat Emas untuk Dampak Lingkungan sebagai bagian dari QS World University Rankings 2023. Selain kebijakan keberlanjutan, Lancaster University juga memiliki fasilitas seperti pembangkit listrik tenaga angin dan kemitraan Green Lancaster.

 

4. Queen’s University Belfast (UK)

Queen’s University Belfast, didirikan pada 1845 di Irlandia Utara, dikenal atas keunggulan pendidikan dan penelitiannya. Universitas ini menawarkan berbagai program studi, termasuk ilmu sosial, ilmu alam, bisnis, kedokteran, dan humaniora, dengan fasilitas modern di tengah kota Belfast.

Sebagai salah satu universitas terkemuka, Queen’s memiliki reputasi kuat dalam penelitian, terutama di bidang sains, teknologi, dan kedokteran. Mahasiswa menikmati akses ke laboratorium canggih serta berkesempatan berkolaborasi dengan institusi internasional, memberikan pengalaman akademik global yang berharga.

 

5. Newcastle University (UK)

Newcastle University, berlokasi di Newcastle upon Tyne, Inggris, didirikan pada 1834 sebagai Sekolah Kedokteran dan Bedah. Kini, universitas ini dikenal karena pendidikan berkualitas, penelitian inovatif, dan komitmen terhadap pengalaman mahasiswa, menjadikannya pilihan populer bagi mereka yang mencari pendidikan tinggi berkualitas.

Newcastle University mempertahankan posisinya sebagai salah satu universitas terkemuka di dunia dalam peringkat QS World Rank Universities dengan menempati peringkat ke-129 secara global. Selain itu, Newcastle University juga menawarkan berbagai jenjang pendidikan, mulai dari 155 program sarjana hingga 307 program pascasarjana di berbagai bidang.

 

6. University Of Exeter (UK)

University of Exeter didirikan pada tahun 1955 dan telah berkembang menjadi lembaga pendidikan tinggi yang sangat dihormati. Kualitas pengajaran dan penelitian di universitas ini dikenal di seluruh dunia. Dengan visi untuk memberikan pengalaman belajar terbaik kepada para mahasiswa, University of Exeter menawarkan suasana akademik yang dinamis dan inspiratif. Kampus utama universitas ini terletak di Exeter, Devon, dengan lokasi tambahan di Cornwall. Terdapat lebih dari 25.000 mahasiswa internasional yang mendaftar setiap tahunnya, mencerminkan reputasi global yang dimiliki oleh universitas ini.

University of Exeter terus mempertahankan posisinya di antara universitas terbaik di dunia. Menurut QS World University Rankings, universitas ini menempati peringkat ke-169 secara global. Posisi ini adalah bukti keunggulan universitas dalam bidang pendidikan dan penelitian. Reputasi yang tinggi ini juga tercermin dalam peringkat universitas dalam berbagai disiplin ilmu, seperti ilmu sosial dan manajemen, ilmu alam, ilmu kehidupan, serta ilmu humaniora.

 

7. The University of Western Australia (Australia)

University of Western Australia adalah universitas yang paling utama di Negara Bagian Western Australia. UWA yang didirikan pada tahun 1911 ini mempunyai reputasi internasional karena kesempurnaannya dalam hal pengajaran dan riset. Sebagai anggota dari ‘Group of Eight‘ (Kelompok Delapan) yang berprestise itu, ia dianggap sebagai salah satu dari lembaga – lembaga riset teratas di Australia dan menarik para peneliti berkelas dunia dalam berbagai disiplin ilmu yang ditawarkannya.

University of Western Australia mempertahankan posisinya sebagai salah satu universitas terkemuka di dunia dalam peringkat QS World Rank Universities dengan menempati peringkat ke-77 secara global. University of Western Australia menawarkan berbagai program studi dari beragam disiplin ilmu seperti, arsitektur dan desain lingkungan, seni dan sastra seperti musik, komunikasi, kerja sosial, pendidikan, dan hukum. Ilmu hayat meliputi biologi molekuler, bioteknologi, genetika, dan nanoteknologi, sementara ilmu komputer, ekonomi, dan teknik seperti perminyakan serta mikroelektronika juga tersedia. Selain itu, terdapat program kedokteran, kedokteran gigi, ilmu kesehatan, psikologi, serta ilmu alam dan pertanian, termasuk biologi konservasi dan ekonomi pertanian.

 

8. Oregon State University (US)

Oregon State University (OSU) memberikan gelar yang sangat bernilai di Pantai Barat. Mahasiswa, dosen, dan alumni OSU berfokus pada ekosistem berkelanjutan, kesehatan dan kesejahteraan, kemakmuran ekonomi, serta kemajuan sosial. Mereka juga unggul dalam inovasi teknologi, seperti kecerdasan buatan, robotika, dan sistem bangunan tahan gempa. Mahasiswa di OSU berkontribusi secara signifikan, baik di kampus maupun di dunia.

Dengan lebih dari 30.000 mahasiswa, termasuk sekitar 3.000 mahasiswa internasional dari 95 negara, OSU menawarkan banyak kesempatan di luar kelas melalui ratusan klub dan organisasi. Selain itu, OSU menyediakan lebih dari 200 program sarjana dan 80 program pascasarjana yang diajarkan melalui 11 fakultas, Sekolah Pascasarjana, dan Honors College, dengan fokus pada pembelajaran praktikal. OSU tidak hanya menjadi tempat belajar, tetapi juga awal dari karier yang menjanjikan.

 

9. DREW University (US)

Drew University, didirikan pada 1867, adalah universitas swasta di Madison, New Jersey, dengan 1.549 mahasiswa sarjana (2022) dan kampus seluas 186 hektar. Berada di dekat New York City, universitas ini menawarkan program seperti Wall Street Semester dan United Nations Semester. Mahasiswa sarjana dijamin tempat tinggal selama empat tahun, dan ada lebih dari 50 klub serta tim olahraga yang berkompetisi di NCAA Division III Landmark Conference.

Untuk pascasarjana, Drew University menyediakan program di ilmu sosial, humaniora, serta Sekolah Teologi dengan gelar seperti Doctor of Ministry dan Master of Divinity. Alumni terkenal termasuk Soon-Yi Previn dan Clint Bolick.

 

10. The University of Arizona (US)

The University of Arizona terkenal dengan penelitian dan inovasi di berbagai bidang. The University of Arizona menjadi pusat penelitian yang penting dalam ilmu lingkungan, ilmu luar angkasa, ilmu material, ilmu kesehatan masyarakat, ilmu sosial, dan banyak lagi. The University of Arizona juga memiliki banyak fasilitas penelitian dan laboratorium yang canggih.

Selain itu, The University of Arizona juga memiliki kegiatan ekstrakurikuler yang beragam untuk mahasiswa, termasuk klub dan organisasi, olahraga, seni, dan kegiatan sosial. Kehidupan kampus di The University of Arizona sangat dinamis dan menyediakan berbagai bidang studi seperti ilmu sosial, ilmu alam, seni, bisnis, teknik, dan ilmu kesehatan. Selain itu, The University of Arizona juga menyediakan program magister yang komprehensif dalam berbagai bidang studi. Bagi mereka yang tertarik dengan penelitian lanjutan, The University of Arizona menawarkan program doktoral yang terkenal di bidang-bidang seperti ilmu alam, teknik, kedokteran, dan humaniora. Dengan berbagai pilihan jenjang pendidikan, The University of Arizona memastikan ada sesuatu yang sesuai dengan minat dan tujuan karir setiap calon mahasiswa.

The University of Arizona menduduki peringkat QS World University Rankings dalam beberapa kategori yaitu urutan ke-293, memperkuat reputasinya sebagai salah satu universitas terkemuka di dunia. Dalam peringkat tersebut, UA menonjol dalam bidang penelitian dan inovasi, serta kualitas pengajaran. Keberhasilan ini mencerminkan dedikasi UA dalam memberikan pendidikan yang berkualitas dan relevan bagi para mahasiswanya.

 

Baca juga: Apa itu Alta World College (AWC)?

 

Syarat Mengambil Foundation Program

Syarat untuk mengambil Foundation Program di universitas luar negeri dapat bervariasi tergantung pada universitas dan negara tujuan. Namun, secara umum, berikut adalah beberapa persyaratan utama yang biasanya diperlukan:

 

1. Ijazah Pendidikan Menengah

Siswa harus sudah menyelesaikan pendidikan menengah (setara dengan SMA atau A-Level). Beberapa universitas mungkin memiliki persyaratan nilai minimum untuk mata pelajaran tertentu, terutama yang berkaitan dengan jalur studi yang dipilih.

 

2. Kemampuan Bahasa Inggris

Kebanyakan universitas mewajibkan peserta untuk melampirkan bukti kemampuan bahasa Inggris. Sertifikasi bahasa yang umumnya diterima meliputi:

 

3. Persyaratan Akademik

Selain ijazah pendidikan menengah, beberapa universitas juga mensyaratkan nilai minimum di mata pelajaran yang relevan dengan jalur studi yang akan diambil, terutama jika Foundation Program berfokus pada bidang tertentu seperti sains atau bisnis.

 

4. Personal Statement

Sebagian universitas meminta siswa untuk menulis personal statement atau esai pribadi yang menjelaskan alasan mengapa kamu ingin mengambil Foundation Program dan mengapa tertarik pada jalur studi yang dipilih.

 

5. Visa Pelajar

Jika Foundation Program dilakukan di luar negeri, siswa harus memenuhi persyaratan visa pelajar yang ditetapkan oleh negara tersebut. Ini sering melibatkan bukti kemampuan keuangan untuk mendukung biaya hidup selama program.

 

Kelebihan Foundation Program

Program ini memiliki banyak kelebihan, terutama bagi siswa yang membutuhkan bimbingan ekstra sebelum mulai memasuki program sarjana di universitas luar negeri.

  • Membantu memenuhi persyaratan kuliah di kampus top luar negeri

Bagi siswa yang belum memenuhi syarat akademis atau bahasa untuk masuk ke universitas, kamu bisa memanfaatkan Foundation Program sebagai langkah awal. Selain mengejar nilai, hunters akan diajari berbagai keahlian yang dibutuhkan saat masa kuliah. Jika kamu memenuhi kriteria yang ditetapkan, biasanya akan diberikan jaminan masuk ke universitas tujuan. 

 

  • Peningkatan kemampuan bahasa Inggris

Untuk kamu yang memiliki kemampuan bahasa Inggris terbatas, Foundation Program memberikan kesempatan untuk meningkatkan kemampuan bahasa kamu mulai dari writing, speaking, listening, dan reading. Tingkat kelancaran bahasa Inggris yang baik akan berguna untuk menjalin komunikasi yang baik, memahami materi yang disampaikan, serta hal-hal penting lain yang mendukung pembelajaran.

 

  • Melatih adaptasi terhadap sistem pendidikan baru

Setiap negara memiliki sistem, metode, dan lingkungan akademis yang berbeda-beda. Melalui Foundation Program, siswa internasional dapat beradaptasi dengan sistem pendidikan di negara tujuan. Oleh karena itu, dengan mengikuti Foundation Program, kamu akan mengenal standar pendidikan negara tersebut sehingga tidak akan merasa kesulitan saat melanjutkan ke tingkat universitas luar negeri.

 

Durasi dan Harga Program Studi Foundation

Foundation Program biasanya berlangsung selama satu tahun akademik. Ini sering dibagi menjadi dua semester atau tiga trimester, tergantung pada struktur akademik universitas. Beberapa universitas menawarkan opsi Foundation Program yang lebih singkat atau intensif, yang mungkin berlangsung sekitar 6 hingga 9 bulan.

 

Biaya untuk mengikuti Foundation Program bervariasi tergantung pada institusi dan negara. Berikut adalah perbandingan rata-rata biaya Foundation Program di berbagai lokasi:

Negara Tujuan Rata-rata Biaya
Australia AUD 15,000 – 30,000 per tahun
Inggris Raya £10,000 – 20,000 per tahun
Kanada CAD 12,000 – 25,000 per tahun
Amerika Serikat USD 10,000 – 25,000 per tahun

Foundation Program merupakan langkah tepat bagi kamu yang ingin mempersiapkan diri untuk studi di universitas luar negeri. Dengan durasi satu tahun, program ini tidak hanya meningkatkan pengetahuan akademik, tetapi juga meningkatkan kemampuan bahasa Inggris.

 

Tertarik dengan program tersebut? Yuk ikut konsultasi Foundation Program dari Alta World College! Kamu akan dibantu dengan konsultan expert agar persiapan pendaftaran mu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan daftar beasiswa ke luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Apa itu Foundation Program? Foundation Program atau Pre-College, memulai perkuliahan 1-2 tahun lebih awal dengan pilihan mendaftar ke 100+ kampus di UK, US, AUS, dan Singapura.