Panduan Lengkap Beasiswa SINGA Scholarship: Persyaratan, Tahapan, & Tipsnya

 

Singapura merupakan negara Asia Pasifik yang sangat maju di sektor pendidikan. Banyak pelajar luar negeri yang memiliki keinginan untuk melanjutkan studi di negara ini karena menawarkan universitas-universitas terbaik di dunia.

Tapi tahukah Hunters, terdapat beasiswa SINGA Scholarship yang menawarkan pengalaman studi di Singapura dengan beragam keuntungan-keuntungan yang diberikan. Yuk pelajari lebih lanjut melalui artikel ini!

 

Apa Itu Beasiswa SINGA Scholarship

 

Beasiswa SINGA Scholarship (Singapore International Graduate Award)  diperuntukkan bagi siswa yang ingin menempuh studi PhD atau EngD (S3) di Singapura. Uniknya, beasiswa SINGA Scholarship dapat membantu mahasiswa undergraduate (S1) mengambil jenjang PhD (S3)  tanpa perlu melewati jenjang master (S2) terlebih dahulu. 

Program beasiswa ini bertujuan untuk menarik talenta-talenta Internasional dengan memberikan pendanaan beasiswa fully funded selama empat tahun masa perkuliahan. Bagi siswa Indonesia, berkuliah di Singapura dapat menjadi pilihan yang tepat mengingat letaknya yang tidak terlalu jauh dan merupakan negara yang satu rumpun dengan Indonesia. 

Standar pendidikan global yang diterapkan juga merupakan salah satu keuntungan bagi Hunters yang ingin memperkuat ilmu di negeri singa ini.  Jadi, bagi Hunters yang tertarik melanjutkan studi di Singapura kamu dapat mencoba beasiswa ini!

 

Baca juga: Beasiswa S1 Singapura: 5 Opsi Terbaik, Syarat & Cakupannya!

 

Kampus dan Jurusan Beasiswa

Beasiswa ini merupakan hasil kerja sama dengan beberapa universitas di Singapura, diantaranya:

1. Nanyang Technological University (NTU)

 

Berikut panduan lengkap mulai dari syarat, tahapan, keuntungan, dan jadwal Beasiswa SINGA Scholarship.

Nanyang Technological University menempati posisi 15 pada QS World University Ranking serta merupakan salah satu universitas teknologi dunia yang berada pada top 20. Dengan lebih dari 35.000 siswa, 8.000 diantaranya merupakan mahasiswa Internasional. Hal ini membuktikan bahwa NTU merupakan universitas populer di kalangan Internasional.

Fasilitas pendukung seperti asrama disediakan oleh pihak universitas, diketahui 60% mahasiswa kampus ini menempati asrama yang telah disediakan. Di dalam lingkungan kampus seluas 200 hektar ini tersedia fasilitas-fasilitas seperti pusat pembelajaran, pusat olahraga, ruang terbuka untuk rekreasi, dan pusat medis yang modern. 

Bagi Hunters yang tertarik untuk mendaftar ke Nanyang Technological University berikut lima jurusan yang terdapat di NTU:

  1. Computer Science and Engineering
  2. Business
  3. Chemistry
  4. Chemical and Biomedical Engineering
  5. Civil and Environmental Engineering

 

2. National University of Singapore (NUS)

 

Berikut panduan lengkap mulai dari syarat, tahapan, keuntungan, dan jadwal Beasiswa SINGA Scholarship.

Universitas NUS merupakan perguruan tinggi yang menempati peringkat tertinggi di Asia dibuktikan dengan perolehan peringkat 8 di QS World University Rankings 2025. NUS memiliki 17 fakultas yang tersebar di tiga bangunan kampus modern. Terdapat juga pelayanan dan fasilitas di NUS yang dapat dimanfaatkan siswa seperti sport centre, student hub, perpustakaan, dan meeting area.

Tak hanya itu, universitas ini terkenal dengan internasionalisasi dalam lingkungan dan pembelajarannya. Dari 33.000 siswa terdapat 12.000 siswa internasional yang berasal dari 100 negara dengan latar belakang budaya yang berbeda. Hunters juga dapat mengikuti aktivitas luar kelas lain untuk mempererat hubungan antar siswa seperti hiking, badminton, dan diskusi santai.

Jurusan PhD pada National University of Singapore diantaranya:

  1. Architecture
  2. English Literature
  3. Data Science
  4. Pharmacy
  5. Law

 

3. Singapore Management University (SMU)

 

Berikut panduan lengkap mulai dari syarat, tahapan, keuntungan, dan jadwal Beasiswa SINGA Scholarship.

Singapore Management University merupakan perguruan tinggi yang fokus pada bidang bisnis. Berdiri pada tahun 2000, universitas ini dipercayai sebagai penyedia pendidikan bisnis terkemuka dengan lebih dari 10.000 siswa. Sistem pendidikan yang diterapkan yaitu project-based approach to learning yang menuntut siswa untuk berkolaborasi dan interaktif. 

Meskipun baru berdiri selama dua dekade, SMU telah diakui keunggulannya dengan meraih bintang lima di keunggulan keseluruhan, fasilitas, internasionalisasi, kesiapan kerja, dan spesialisasi dalam bidang Ilmu Sosial dan Manajemen oleh QS Asian University Rankings tahun 2021. Universitas ini menawarkan 7 fakultas yang menyediakan pengalaman kelas dunia dan pembelajaran yang terdepan.

Pada program PhD program studi yang ditawarkan adalah:

  1. Business Administration
  2. Accounting
  3. Computer Science
  4. Information Systems
  5. Economics

 

4. Singapore University of Technology and Design (SUTD)

 

Berikut panduan lengkap mulai dari syarat, tahapan, keuntungan, dan jadwal Beasiswa SINGA Scholarship.

Singapore University of Technology and Design merupakan perguruan tinggi yang didirikan melalui kerja sama dengan MIT untuk memajukan pengetahuan. Tujuan universitas ini adalah menjadi inovator yang berlandaskan teknologi dengan memfokuskan pembelajaran pada Desain.

Program studi yang ditawarkan beragam mulai dari Arsitektur dan Desain berkelanjutan sampai Teknologi Sistem Informasi dan Desain. Jurusan yang dapat Hunters ambil di Singapore University of Technology and Design antara lain:

  1. Arsitektur dan pembangunan
  2. Seni kreatif dan desain
  3. Bisnis dan manajemen
  4. Ilmu teknik dan teknologi
  5. Ilmu komputer dan teknologi informasi

 

Benefit dan Fasilitas yg Didapatkan

Beasiswa SINGA Scholarship menyediakan bantuan keuangan selama 4 tahun masa studi PhD, termasuk:

  1. Tunjangan biaya kuliah
  2. Tunjangan bulanan sebesar $2,700 yang akan bertambah sebesar $3,200 setelah melewati ujian kualifikasi.
  3. Tunjangan tiket pesawat sekali jalan hingga $1.500
  4. Biaya kedatangan sebesar $1.000

 

 

Tertarik dengan beasiswa SINGA Scholarship dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih universitas, beasiswa, persyaratan dokumen hingga interview.

Silakan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apapun. 

Panduan Lengkap Beasiswa SINGA Scholarship: Persyaratan, Tahapan, & Tipsnya

 

Persyaratan dan Berkas yg Perlu Disiapkan

Syarat untuk mendaftar beasiswa SINGA Scholarship:

  1. Pendaftaran dibuka untuk seluruh siswa internasional yang sudah lulus kecuali warga negara Singapura, siswa yang sudah pernah menjalankan studi di Singapura, dan perguruan Singapura yang tidak memenuhi syarat.
  2. Siswa internasional yang berprestasi secara akademik
  3. Memiliki kemampuan menulis dan berbicara bahasa Inggris yang baik

 

Berkas untuk mendaftar beasiswa SINGA Scholarship:

  1. Paspor yang masih berlaku
  2. Pas foto terbaru ukuran paspor (dalam format JPEG atau PNG)
  3. Transkrip akademik S1 atau S2 yang sudah diterjemahkan dalam bahasa Inggris
  4. Ijazah atau surat keterangan lulus S1 atau S2 yang sudah diterjemahkan dalam bahasa Inggris
  5. Dua surat rekomendasi
  6. Skor GRE/ILETS/TOEFL/SAT I&II/GATE
  7. Proposal penelitian

 

Tahap Seleksi

Seluruh proses aplikasi beasiswa SINGA Scholarship dilakukan secara online melalui website resmi. Berikut detail tahap seleksi yang akan dilewati:

  1. Mengisi formulir pendaftaran melalui website resmi SINGA. Ketelitian diperlukan pada tahap ini, pastikan Hunters mencantumkan informasi yang akurat ya.
  2. Pilih universitas dan program studi sesuai minat pelamar
  3. Mengumpulkan berkas-berkas dokumen pendukung, tahap ini merupakan tahap krusial yang membutuhkan ketelitian. Hunters perlu memperhatikan detail-detail kecil seperti keabsahan dokumen-dokumen yang dicantumkan.
  4. Evaluasi aplikasi akan dilakukan setelah seluruh berkas dikirimkan. Proses ini akan dilakukan oleh panel seleksi dari universitas yang terlibat.
  5. Pengumuman hasil, pelamar yang diterima akan menerima informasi lebih lanjut mengenai langkah berikutnya, termasuk persiapan keberangkatan ke Singapura.

 

Baca juga: Beasiswa S2 Singapura dan 5 Alasan Kuliah di Negeri Singa!

 

Jadwal Seleksi

Berdasarkan jadwal resmi terupdate di website resmi, beasiswa SINGA Scholarship membuka dua kali proses seleksi dalam setahun. Untuk universitas dengan Intake Januari, pembukaan pendaftaran dimulai pada bulan Desember dan ditutup pada bulan Juni. Sedangkan untuk universitas dengan Intake Agustus pendaftaran dibuka pada Juni dan ditutup Desember.

Jadwal ini dapat berubah setiap waktunya, jadi pastikan Hunter selalu mengecek update terbaru melalui website resmi ya. Disarankan untuk mulai mempersiapkan proses pendaftaran lebih awal agar Hunters memiliki banyak waktu untuk menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan dan mengajukan permintaan surat rekomendasi.

 

Rekomendasi bimbingan beasiswa SINGA Scholarship di Schoters

Program Study Abroad di Schoters cocok bagi kamu yang ingin mempersiapkan melanjutkan studi di universitas luar negeri. Keuntungan yang diberikan mulai dari bimbingan tes dan persiapan yang dibutuhkan. Hunters akan dibimbing oleh konsultan handal untuk menghadapi kesulitan-kesulitan saat proses pendaftaran. 

 

Tertarik dengan program beasiswa SINGA Scholarship? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan beasiswamu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan kuliah di universitas terbaik di Asia Tenggara? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Panduan Lengkap Beasiswa SINGA Scholarship: Persyaratan, Tahapan, & Tipsnya