Mengenal Berbagai Universitas Jurusan Arsitektur Terbaik di Dunia

Kalau kamu merasa memiliki minat khusus untuk mengamati desain bangunan, menganalisis interaksi manusia dengan bangunan sekitarnya serta gemar menganalisis lingkungan dan ruang yang ada di sekeliling kamu, kamu barangkali memiliki bakat di bidang arsitektur. 

Arsitektur adalah salah satu disiplin ilmu yang mempelajari tentang seni dan ilmu merancang dan merekayasa bangunan dan gedung yang dapat dimanfaatkan oleh manusia secara efektif dan fungsional. Karena mempertimbangkan unsur manusia di dalam merancang dan merekayasa bangunan, arsitektur juga banyak mempelajari aspek keamanan dan reliabilitas bangunan. Mahasiswa yang lulus dari jurusan arsitektur umumnya berminat menjadi arsitektur atau bekerja di bidang yang terkait arsitektur, dengan tanggung jawab pekerjaan utama mencakup beberapa hal seperti perencanaan, budgeting, mengelola anggaran keuangan, negosiasi dengan kontraktor dan memastikan kepatuhan dengan aturan kesehatan dan keselamatan.

Belajar arsitektur bisa dilakukan di universitas dalam maupun luar negeri. Meskipun demikian, mempelajari arsitektur di luar negeri memberikan keuntungan khusus dimana kamu punya kesempatan untuk melihat dan mendapatkan inspirasi langsung dari berbagai arsitektur bersejarah yang masih terus bertahan di sebuah negara sekaligus melihat arsitektur modern lainnya yang bermunculan saat ini. Selain itu, kamu juga bisa mempelajari berbagai aspek pembangunan lainnya seperti estetika yang diminati, keamanan serta fungsionalitas bangunan.

Kalau kamu berminat melanjutkan pendidikan arsitektur di universitas luar negeri, kamu perlu tahu tentang beberapa universitas jurusan arsitektur terbaik di dunia yang menawarkan pendidikan arsitektur dengan kualitas dunia. Simak ulasan lengkap tentang beberapa universitas luar negeri dengan jurusan arsitektur terbaik di dunia di bawah ini.

 

Delft University of Technology

Salah satu universitas luar negeri dengan jurusan arsitektur terbaik di dunia adalah Delft University of Technology (TU Delft), yang berlokasi di Delft Belanda. TU Delft sendiri adalah universitas teknis terbesar dan tertua di Belanda. Sebagai universitas teknis, Delft memiliki reputasi kuat di berbagai bidang studi yang termasuk dalam kategori Science, Technology, Engineering and Math (STEM) termasuk di antaranya :

  1. Civil and structural engineering

  2. Mechanical Engineering

  3. Environmental Studies

  4. Engineering and Technology

  5. Arsitektur

Untuk jurusan arsitektur, TU Delft secara konsisten terus menempati peringkat terbaik baik di Eropa maupun di dunia. Berdasarkan daftar yang dirilis oleh QS pada tahun 2022, jurusan arsitektur TU Delft masih menempati peringkat pertama jurusan arsitektur terbaik d regional Eropa dan peringkat kedua jurusan arsitektur terbaik di dunia. Melalui jurusan arsitektur di TU Delft, mahasiswa tidak hanya memiliki kesempatan untuk belajar tentang seni rancang bangun namun juga berbagai disiplin yang terkait seperti landscape architecture, perumahan, building physics, climate design dan sustainability. 

Saat ini, TU Delft membuka jurusan arsitektur di berbagai jenjang pendidikan, termasuk di antaranya jenjang Sarjana, Master dan Doktoral.

Jurusan arsitektur di jenjang sarjana

Untuk jenjang sarjana (undergraduate), TU Delft menawarkan program studi yang diberi nama Bachelor of Architecture, Urbanism and Building Sciences yang memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar lebih lanjut tentang interaksi antara teknologi, masyarakat dan lingkungan yang dibangun di sekitar masyarakat. 

Selain itu, mahasiswa juga akan menggali lebih dalam aspek-aspek professional yang relevan untuk perancang spasial, planners, engineers dan managers. Bahasa pengantar utama yang digunakan untuk program studi ini adalah bahasa Belanda.

Jurusan arsitektur di jenjang pasca sarjana

Setelah menyelesaikan pendidikan di bidang arsitektur di jenjang Sarjana, mahasiswa juga dapat langsung melanjutkan pendidikan di jenjang Master untuk membangun skills lebih lanjut di bidang arsitektur. 

Berbeda dengan jenjang sarjana sebelumnya, bahasa pengantar utama yang digunakan saat belajar di jurusan Master di TU Delft adalah bahasa Inggris. 

Program studi Master yang dibuka untuk bidang studi arsitektur antara lain :

  1. Program studi Master in Architecture, Urbanism and Building sciences. Program ini dibagi lagi menjadi 5 (lima) spesialisasi yang berbeda antara lain architecture, building technology, landscape architecture, management in the built environment dan urbanism

  2. Program studi Master in Geomatics

  3. Program studi Master in Metropolitan Analysis, Design and Engineering (MADE)

  4. Program studi Master in Geographical Information Management and Application

  5. Program studi Master in Science, Education and Communication (Specialisation Research and Designing)

Yang menarik dari jurusan arsitektur yang ditawarkan di TU Delft, berdasarkan hasil National Alumni Survey yang dilaksanakan tahun 2019, 90% lulusan TU Delft menemukan pekerjaan dalam waktu 18 tahun setelah mendapatkan gelar Master dari TU Delft.

Selain program Master, TU Delft juga menawarkan program studi Doktoral di bidang arsitektur yang biasanya dapat diselesaikan dalam kurun waktu 4 tahun.

 

Baca Juga: Kenali MIT Salah Satu Kampus Terbaik di Dunia, Ada Jurusan Arsitektur!

 

University College London

Universitas luar negeri dengan jurusan arsitektur terbaik di dunia berikutnya adalah University College London (UCL) yang berlokasi di ibukota Inggris, London. Universitas yang sudah berdiri sejak tahun 1826 ini secara konsisten terus menjadi universitas terbaik di Inggris dan dunia, termasuk dengan menduduki peringkat 8 dalam daftar perguruan tinggi terbaik dunia yang dirilis oleh QS Tahun 2023 dan peringkat nomor 2 terbaik di Inggris untuk pelaksanaan riset dalam daftar Research Excellence Framework yang dirilis tahun 2021. UCL juga memiliki 30 orang pemenang Nobel yang merupakan alumni atau pengajar di UCL.

UCL membuka jurusan arsitektur di bawah The Bartlett School of Architecture yang sudah berdiri sejak tahun 1841. UCL merupakan universitas pertama di Inggris yang membentuk program studi di bidang arsitektur. Beberapa tenaga pengajar jurusan arsitektur di UCL yang terkenal mancakup arsitektur legendari Inggris Reyner Banham dan pendiri Archigram, Sir Peter Cook. Saat ini, UCL membuka jurusan arsitektur untuk seluruh jenjang pendidikan, baik sarjana maupun pasca sarjana.

Jurusan arsitektur di jenjang sarjana

Untuk jenjang sarjana (undergraduate), UCL membuka beberapa program sebagai berikut :

  1. BSc in Architecture, sebuah program S1 jurusan arsitektur dengan durasi selama 3 tahun, yang terakreditasi oleh Royal Institute of British Architects/Architects Registration Board (RIBA/ARB) Part 1
  2. MSci in Architecture, sebuah program studi jenjang S1 yang langsung terintegrasi dengan program Master jurusan Arsitektur dan berdurasi selama 5 tahun. Program ini diakreditasi oleh ARB Part 1 dan 2.
  3. BSc in Architectural and Interdisiplinary Studies, sebuah program studi yang mengkombinasikan jurusan arsitektur dengan jurusan lainnya di UCL
  4. MEng in Engineering and Architectural, Design, sebuah program studi berdurasi 4 tahun yang dibuka bagi mahasiswa yang berminat menggali ilmu di bidang arsitektur, environmental, desain struktur dan teknik pembangunan gedung.   

Jurusan arsitektur di jenjang pasca sarjana

Untuk jenjang pasca sarjana, UCL membuka beberapa jurusan arsitektur di jenjang Master yang biasanya berdurasi selama 1-2 tahun dan Doktoral yang berdurasi kurang lebih 5 tahun.  Program studi tersebut antara lain:

  1. MArch in Architecture

  2. MSc/MRes in Architectural Computation

  3. MArch in Architectural Design.

  4. MA in Architectural History

  5. MRes in Architecture and Digital Theory

  6. MA in Architecture and Historic Urban Environments

  7. MArch/MSc in Bio Integrated Design

  8. MArch in Cinematic and Videogame Architecture

  9. MArch in Design for Manufacture

  10. MArch in Design for Performance and Interaction

  11. MA/MLA in Landscape Architecture

  12. MA in Situated Practice

  13. MSc/MRes in Space Syntax : Architecture and Cities

  14. MArch in Urban Design

  15. PG Cert in Advanced Architectural Research

  16. MPhil dan PhD in Architectural Design

  17. MPhil dan PhD in Architectural and Urban History and Theory

  18. MPhil dan PhD in Architectural Space and Computation

  19. MPhil dan PhD in Architecture and Digital Theory

  20. MPhil dan PhD in Architectural Practice

Tertarik melanjutkan studi di universitas jurusan arsitektur terbaik di dunia dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih universitas, beasiswa, persyaratan dokumen hingga interview. Silahkan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apa pun.

 

ETH Zurich (Swiss Federal Institute of Technology

Universitas berikutnya dalam universitas luar negeri dengan jurusan arsitektur terbaik di dunia adalah ETH Zurich (Swiss Federal Institute of Technology), yang berlokasi di salah satu kota di Swiss yang bernama Zurich. Universitas yang sudah berdiri sejak tahun 1854 ini awalnya memiliki fokus utama di bidang STEM (science, technology, engineering and mathematics) dan dibangun berdasarkan universitas teknis lainnya di Paris bernama Ecole Polytechnique. Sebagai universitas, ETH Zurich juga secara konsisten terus berada dalam jajaran perguruan tinggi terbaik di dunia, termasuk dengan menduduki peringkat 9 dalam daftar perguruan tinggi terbaik dunia versi QS Tahun 2023. 

Saat ini, ETH Zurich menawarkan berbagai jurusan di banyak bidang studi yang tersebar di 16 Fakultas yang berbeda, termasuk arsitektur, yang secara konsisten terus menjadi salah satu program studi arsitektur terbaik di dunia.

Untuk jurusan arsitektur, ETH Zurich menawarkan berbagai program studi di seluruh jenjang pendidikan, mulai S1, S2 hingga S3. 

Jurusan arsitektur di jenjang sarjana

Untuk jenjang sarjana (undergraduate), ETH Zurich membuka program Bachelor in Architecure yang berdurasi selama kurang lebih 3 (tiga) tahun. Selama periode studi, mahasiswa diharuskan untuk menyelesaikan 180 kredit perkuliahan (berdasarkan European Credit Transfer System) dan 6 bulan waktu internship tambahan. Sebagai catatan, bahasa pengantar utama yang digunakan untuk jenjang ini adalah bahasa Jerman, sehingga mahasiswa yang berminat untuk melanjutkan pendidikan di ETH Zurich jurusan arsitektur harus memenuhi persyaratan minimal bahasa Jerman terlebih dahulu.

Setelah lulus, mahasiswa akan mendapatkan gelar Bachelor of Science ETH in Architecture (BSc ETH Arch).  

Jurusan arsitektur di jenjang pasca sarjana

Untuk jenjang pasca sarjana, ETH Zurich menawarkan program studi di bidang Master yang berdurasi kurang lebih 2 (dua) tahun dan Doktoral yang berdurasi kurang lebih 6 (enam) tahun.

Secara lengkap untuk jenjang pasca sarjana, program yang ditawarkan di ETH Zurich adalah sebagai berikut :

  1. Master in Architecture

  2. Master in Integrated Building Systems

  3. Master in Landscape Architecture

  4. Doctor in Architecture

Untuk jenjang Master, mahasiswa diharuskan menyelesaikan 120 kredit perkuliahan dengan tambahan 6 bulan internship. Sama seperti jenjang sarjana, bahasa pengantar utama yang digunakan di jenjang Master adalah bahasa Jerman.

 

Baca Juga: Raih Beasiswa LPDP Agar Bisa Kuliah Jurusan Arsitektur di Luar Negeri

 

Rekomendasi Bimbingan Lolos Universitas Jurusan Arsitektur Terbaik di Dunia

Ingin lolos masuk ke berbagai universitas jurusan arsitektur terbaik di dunia? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat universitas jurusan arsitektur terbaik di dunia? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Banner CTA K2- Schoters (Feb 27, 2023 11:04 AM)