Mengenal International College of Management Sydney

ICMS atau International College of Management, Sydney ini adalah sebuah sekolah tinggi swasta yang terletak di Sydney, New South Wales Australia. Berdiri sejak tahun 1996, sekolah tinggi ini berfokus pada program management and hospitality management. 

ICMS berfokus pada pendidikan yang mengedepankan daya kerja lulusan yang dicari oleh industri. Dengan kata lain, lulusan ICMS dibekali dengan ilmu, keterampilan, dan kecakapan yang sangat dibutuhkan di dunia kerja. Dengan begitu, lulusan ICMS akan cepat mendapatkan pekerjaan dibandingkan lulusan dari sekolah tinggi manajemen lainnya. 

 

Peringkat

Menurut laporan dari The Daily Telegraph Australia pada tahun 2021, ICMS menduduki peringkat pertama dalam daya kerja lulusan di Australia pada bidang management and hospitality management. Selain itu, ICMS juga menjadi penyumbang sumber daya manusia (SDM) yang telah membantu meningkatkan perekonomian di daerah Northern Beaches di Sydney. Karena alasan inilah sebagian besar mahasiswa ICMS adalah mahasiswa internasional yang berasal lebih dari 50 negara di dunia.

 

Lokasi

Kampus utama mereka yang terletak di Sydney juga menjadi salah satu faktor mengapa lulusan ICMS dapat menjadi yang terdepan. Sydney sebagai kota dengan pariwisata terbaik di Australia, menjadi laboratorium raksasa bagi mahasiswa ICMS. Dengan begitu, mereka dapat berlatih sekaligus melihat langsung bagaimana penerapan ilmu mereka. 

Kampus ICMS juga menjadi rumah bagi St. Patrick’s Seminary. Sebuah gedung yang dibangun pada tahun 1889 yang digunakan sebagai kediaman Uskup Agung Sydney dan Seminari bagi pemeluk agama Katolik. Meski telah beralih fungsi menjadi kampus, namun bangunan bersejarah ini tetap menjadi ikon bagi ICMS. Bahkan, pada tahun 2013, bangunan ini menjadi latar belakang di film The Great Gatsby yang dibintangi oleh Leonardo DiCaprio. 

 

Program yang ditawarkan

ICMS menawarkan 10 program studi pada jenjang S1, 8 program studi jenjang S2 dan S3, serta beberapa program non-gelar. Berikut adalah daftarnya:

1. Jenjang S1

  1. Bachelor of Business
  2. Bachelor of Business (Entrepreneurship)
  3. Bachelor of Business (Marketing)
  4. Bachelor of Business (Sports Management)
  5. Bachelor of Business (Fashion and Global Brand Management)
  6. Bachelor of Business (International Tourism)
  7. Bachelor of Event Management
  8. Bachelor of Hospitality Management
  9. Bachelor of Property (Development, Investment & Valuation)
  10. Bachelor of Business (Accounting)

 

Baca juga: Mahasiswa Indonesia Dapat Berkesempatan Berkuliah S1 di Australia Melalui Jalur Ini

2. Jenjang S2 dan S3

  1. Master of Event Management
  2. Master of International Business
  3. Master of Management
  4. Master of Management (Tourism and Hospitality)
  5. Graduate Certificate of Business
  6. Graduate Certificate in Event Management
  7. Graduate Certificate of Business (Media and Marketing)
  8. Graduate Certificate of Business (Tourism and Hospitality Marketing)

 

Program non-gelar

1. Diplomas (Aspire Institute)

Program persiapan kuliah ini dibuka untuk umum pada semua program studi di ICMS. Kerennya, setelah kalian menyelesaikan program ini, kalian bisa langsung lanjut menjadi mahasiswa tahun kedua jenjang sarjana di ICMS atau beberapa universitas di Australia seperti:

  1. Macquarie University (MQU)
  2. University of Technology, Sydney (UTS)
  3. Western Sydney University (WSU)
  4. University of Wollongong (UOW)

2. Diploma (International Sport College of Australia)

Program yang berfokus pada penggabungan antara bisnis, manajemen olahraga, dan pengembangan keilmuan atletik ini ditujukan untuk para pegiat olahraga dan atlet.

3. Australian Foundation Program

Program ini dirancang bagi siswa yang karena kondisi tertentu tidak dapat menyelesaikan pendidikan tingkat SMA mereka. Setelah menyelesaikan program ini, kalian dapat melanjutkan kuliah pada jenjang S1 di ICMS.

4. English Programs

Program ini diperuntukkan bagi siapa saja yang ingin belajar bahasa Inggris langsung di negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa Ibu. Kalian tidak perlu takut jika kemampuan bahasa Inggris kalian masih sangat terbatas, karena program ini dimulai dari level yang umum hingga level Cambridge English Program.

5. Postgraduate Qualifying Program

Program ini dibuka untuk umum sebagai persiapan memasuki jenjang S2 atau S3 selama 22 minggu atau 11 minggu. Jika kalian mengambil program ini, kalian dapat melanjutkan studi di ICMS.

6. Exchange Programs

Program yang diperuntukkan bagi mahasiswa ICMS tahun kedua dan ketiga ini memberi kesempatan bagi kalian untuk kuliah di San Francisco State University (SFSU) atau Johnson & Wales University (JWU) selama 1 semester.

7. Study Abroad in Australia

Program ini dibuka untuk siapa saja yang ingin merasakan kuliah di Australia selama hingga 1 tahun. Dalam program ini, kalian bisa memilih program studi yang kalian inginkan, termasuk kegiatan work integrated learning yang mana kalian bisa belajar sekaligus bekerja di Sydney! Kalian tidak perlu memikirkan tentang visa, karena tim dari ICMS akan mengaturnya untuk kalian.

8. Study Tours and Short Courses

Program yang banyak mengundang partisipan dari berbagai negara di dunia ini berisi berbagai program seperti bahasa Inggris, hospitality, hingga cross cultural management program yang memungkinkan kalian untuk belajar sekaligus berwisata selama 2 minggu di Australia.

9. Gap Year Programs

Mirip seperti program Study Tours and Short Courses, namun program ini memiliki durasi yang lebih lama yakni 10 hingga 26 minggu pada beberapa program yang ditawarkan di ICMS. Kelebihan lainnya pada program ini adalah kalian dapat mengikuti program ini saat kalian sedang menjadi siswa di sekolah atau universitas! Kalian dapat mengambil cuti kemudian mengikuti program ini. 

 

Mendaftar di ICMS

Proses pendaftaran di ICMS tergolong sama mudahnya dengan mendaftar universitas lain. Periode pembukaannya pun juga terbilang lama. Setiap tahunnya, terdapat 7 periode pembukaan pendaftaran yang terbagi pada 2 periode yakni periode utama pada tiap awal semester dan periode tengah semester. 

A. Periode awal semester dibuka pada bulan:

    1. Februari
    2. Mei
    3. Agustus
  1. B. Periode tengah semester dibuka pada bulan:

    1. Maret
    2. Juli 
    3. Oktober
    4. Desember

Proses pendaftarannya dapat kalian lihat pada langkah-langkah di bawah ini:

1. Mendaftar pada sistem penerimaan mahasiswa baru ICMS

Langkah paling awal yang harus kalian lakukan adalah membuat akun pada sistem penerimaan mahasiswa baru ICMS pada alamat apply.icms.edu.au

Gunakan alamat email yang paling sering kalian pakai untuk mendaftar sehingga kalian tidak akan melewatkan email dari ICMS. Jangan lupa gunakan kata sandi yang rumit namun dapat kalian ingat dengan baik. Bila perlu, tulis di tempat aman agar jika kalian lupa sandinya, kalian dapat menemukannya dengan cepat. 

2. Pilih jurusan yang kalian inginkan

Pilih jurusan yang tersedia dan yang sesuai dengan beberapa hal dibawah ini:

a. Minat

b. Rencana karir di masa depan

c. Gelar dan ilmu yang ingin kalian dapatkan

3. Lihat syarat masuk tiap jurusan

Meski berada di bawah payung ICMS, namun tiap jurusan yang tersedia memiliki persyaratan akademik dan kecakapan berbahasa Inggris yang berbeda-beda.

Untuk itu, pastikan kalian telah membaca dengan baik syarat-syarat khusus apa saja yang ada di jurusan yang kalian inginkan. Kalian dapat mengunjungi laman ICMS tentang Application Information untuk mengetahui syarat khusus tiap jurusan di ICMS.

4. Masukkan formulir pendaftaran

Setelah menentukan jurusan yang kalian inginkan, segera unggah formulir pendaftaran yang telah kalian isi. Semakin cepat kalian memasukkan formulir pendaftaran, semakin banyak waktu yang kalian sisihkan untuk mengurus dokumen yang tak kalah penting lainnya seperti visa mahasiswa.

5. Unggah dokumen syarat pendaftaran

Beberapa dokumen dasar yang wajib kalian penuhi untuk mendaftar di ICMS adalah:

a. Transkrip akademik

b. Sertifikat kecakapan berbahasa Inggris

    1. IELTS 6.0

    2. TOEFL i-BT 69

    3. Pearson (Academic) 46

c. Salinan paspor atau akta lahir

Dokumen-dokumen diatas wajib dilegalisir dan jika ada dokumen yang tidak ditulis dalam bahasa Inggris, wajib diterjemahkan ke bahasa Inggris terlebih dahulu. Selain dokumen-dokumen diatas juga ada beberapa dokumen yang akan diminta dari jurusan maupun Advanced Standing.

6. Tunggu keputusan dari ICMS

Setelah dokumen pendaftaran kalian telah diterima, kalian akan diundang untuk melakukan wawancara dengan pihak ICMS. Namun, hal ini akan direviu tergantung kebutuhan dari ICMS.

Kalian akan mendapatkan salah satu dari dokumen dibawah ini dari ICMS:

a. Letter of Offer
b. Conditional Letter of Offer yang juga mencakup syarat atau kondisi khusus yang wajib kalian penuhi sebelum ICMS memberikan Letter of Offer
c. Surat pemberitahuan lain yang mencakup syarat lain yang wajib kalian penuhi sebelum ICMS memberikan keputusan selanjutnya
d. Surat penolakan

7. Terima keputusan dari ICMS

Jika kalian menerima Letter of Offer, segera berikan jawaban kepada ICMS. Hal ini dikarenakan kalian akan dibuatkan surat pengantar yang disebut Confirmation of Enrolment (CoE) untuk keperluan pembuatan visa mahasiswa. 

8. Membuat visa

Untuk membuat visa mahasiswa di Australia, kalian harus membuatnya secara individual dengan mengunjungi situs Department of Home Affairs (DHA) Australia untuk mendaftar pengajuan visa.

Setelah mendapatkan visa, kalian akan mendapatkan Unique Student Identifier (USI) dari pemerintah Australia. Nomor ini diperlukan juga agar kalian mendapatkan gelar saat kelulusan nanti. Nomor unik ini akan kalian miliki seumur hidup. Untuk membuatnya, kunjungi laman USI Pemerintah Australia.

9. Pesan asrama yang akan kalian tempati

Setelah selesai mendapatkan visa dan USI, kalian bisa memesan kamar asrama yang dapat dibantu oleh ICMS. ICMS menyediakan kamar asrama baik di dalam maupun di luar kampus. Kunjungi laman Student Accommodation ICMS.

10. Mengikuti orientasi mahasiswa baru

Setelah semua beres, selamat! Kalian telah resmi menjadi mahasiswa ICMS dan dapat mengikuti orientasi mahasiswa baru di ICMS. Dalam kegiatan orientasi ini, kalian dapat mengeksplorasi kelas yang akan kalian gunakan, berbagai sudut kampus yang akan menunjang proses belajar kalian, dan tentunya mendapat teman baru! Kunjungi laman O-Week ICMS untuk mengetahui jadwal dan check list yang wajib kalian tahu sebagai mahasiswa baru ICMS!

Baca Juga: 5 Pilihan Kuliah Gratis Jenjang S2 di Australia Untuk Kamu Seperti LDPD 

 

Beasiswa di ICMS

Terdapat banyak beasiswa yang ditawarkan oleh ICMS maupun pihak swasta bagi mahasiswa ICMS maupun calon mahasiswa ICMS. Bentuk beasiswanya berupa beasiswa biaya pendidikan, biaya akomodasi, bahkan posisi magang di beberapa perusahaan terkenal di Australia. 

Berikut beasiswa yang ditawarkan di ICMS:

A. Jenjang S1

  1. Black & White Waiters Scholarship Black

    Beasiswa ini mencakup:

    a. potongan biaya pendidikan hingga AUD 7.500

    b. Magang selama 200 jam di Black & White Waiters

  2. Academic Excellence Scholarship

    Beasiswa ini mencakup potongan biaya pendidikan penuh 2 hingga 4 subjects atau setara dengan setengah hingga 1 semester

  3. Courtney O’Connor Scholarship

    Beasiswa ini mencakup potongan biaya pendidikan penuh hingga 4 subjects atau setara dengan setengah hingga 1 semester. Namun beasiswa ini dapat dikurangi jika jumlah pendaftar melebihi kuota yang ada.

  4. ICMS International Scholarship

    Beasiswa hingga AUD 15.000.

  5. Motti+Smith Events Scholarship

    Beasiswa hingga AUD 10.000 termasuk magang di Motti+Smith Events dengan gaji AUD 500 per minggu selama masa magang.

  6. Surf Life Saving Sydney Northern Beaches Scholarship

    Beasiswa hingga AUD 10.000 termasuk magang di Surf Life Saving Sydney Northern Beaches dengan gaji AUD 300 per minggu selama masa magang.

B. Jenjang S2 dan S3

  1. Postgraduate Innovation Scholarship for current students

    Beasiswa ini mencakup potongan biaya pendidikan penuh hingga 4 subjects atau setara dengan hingga 1 semester. Namun beasiswa ini dapat dikurangi jika jumlah pendaftar melebihi kuota yang ada.

  2. Postgraduate Innovation Scholarship for new student

    Beasiswa ini mencakup potongan biaya pendidikan penuh hingga 4 subjects atau setara dengan hingga 1 semester. Namun beasiswa ini dapat dikurangi jika jumlah pendaftar melebihi kuota yang ada.

 

Rekomendasi bimbingan persiapan lolos (ICMS) International College of Management Sydney

Ingin lolos universitas luar negeri? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat universitas luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

 

International College of Management Sydney