Oxford vs MIT: Universitas Unggul di Dunia

University of Oxford dan Massachusetts Institute of Technology (MIT) adalah dua institusi paling bergengsi di Inggris dan Amerika Serikat. Massachusetts Institute of Technology (MIT) adalah universitas terbaik dunia, diikuti oleh University of Cambridge, Stanford University, Oxford, dan Harvard. Klasifikasi ini menurut QS World University Ranking 2023, yang menampilkan 1418 institusi di seluruh dunia. Namun, manakah yang lebih unggul diantara University Oxford vs MIT di mata dunia? Berikut ini Schoters telah merangkum beberapa informasi untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut.

 

Oxford vs MIT

University of Oxford

Skor Collegedunia 8.9 dari 10. Ranking (overall), peringkat pertama menurut Times Higher Education 2023, peringkat keempat berdasarkan QS World University 2023, serta peringkat kelima oleh US News 2023. Kekuatan program studi, peringkat satu untuk Ilmu Sosial oleh Times Higher Education 2023, peringkat satu untuk Psikologi oleh Times Higher Education 2023, dan peringkat satu untuk Ilmu Politik oleh Times Higher Education 2023.

Terdapat 22 program undergraduate, 47 program postgraduate, dan 17 program doctor. Tingkat Penerimaan 17,5%. Persyaratan pendaftaran meliputi sertifikat CBSE/ICSE/Dewan Negara dengan 85-95% (bervariasi tergantung program); 2-3 LOR; pernyataan pribadi; nilai tes standar; wawancara; bukti kemahiran bahasa Inggris; persyaratan tambahan (pengalaman kerja, proposal penelitian, dan lainnya). Fakta lokasi, universitas riset perguruan tinggi di Oxford, Inggris; 39 perguruan tinggi Oxford; terletak di selatan Inggris, 90 menit dari London.

Universitas memiliki lebih dari 100 perpustakaan. Perpustakaan Bodleian termasuk perpustakaan utama universitas dan 30 perpustakaan lainnya di Oxford yang memiliki lebih dari 12 juta buku cetak dan 80.000 jurnal elektronik. Juga, setiap perguruan tinggi memiliki perpustakaan sendiri. Universitas ini memiliki lebih dari 400 perkumpulan mahasiswa termasuk Oxford Union (debating society), Music Society, Dramatic Society, dan lainnya. Dua surat kabar universitas mingguan diterbitkan Cherwell dan The Oxford Student.

Alumni terkenal diantaranya yaitu 30 Perdana Menteri Inggris, 55 pemenang Hadiah Nobel, 120 pemenang medali Olimpiade; Helen Fielding (penulis), Edward de Bono (filsuf), Hugh Grant (aktor), Stephen Hawking (fisikawan), Mansoor Ali Khan Pataudi (pemain kriket). Kota Inggris adalah pusat seni dan budaya yang menawarkan kehidupan malam yang menakjubkan. Lalu memiliki museum dengan artefak Mesir kuno, teater baru yang didedikasikan untuk adegan komedi, dan galeri seni modern. Rive Isis mempercantik seluruh kota. Ada berbagai kafe dan restoran masakan otentik di kota yang menawarkan berbagai pilihan makanan dan minuman ini. Tingkat pengangguran adalah 3,1%.

 

Baca juga: Tips dan strategi untuk lolos seleksi university of Oxford

 

Massachusetts Institute Of Technology (MIT)

Skor Collegedunia 9 dari 10. Ranking (overall), peringkat pertama menurut QS World University 2023, peringkat kedua oleh US News 2023, dan peringkat kelima berdasarkan Times Higher Education 2023. Kekuatan program studi, peringkat satu untuk Teknologi oleh QS World University 2023, peringkat satu untuk Teknik oleh QS World University 2023, dan peringkat satu untuk Ilmu Komputer oleh US News 2023.

Terdapat 48 program undergraduate, 41 program postgraduate, dan 30 program doctor. Tingkat Penerimaan 8,5%. Persyaratan pendaftaran meliputi surat rekomendasi (dua, lebih disukai dari guru mata pelajaran matematika dan sains atau humaniora), profil siswa, portofolio kreatif, wawancara. Fakta lokasi, berada di antara alun-alun pusat dan kendall di seberang Sungai Charles dari teluk Back Boston. Institusi kecil dengan organisasi siswa yang erat diposisikan untuk berkolaborasi dan berkontribusi untuk tetangga.

Universitas memiliki lebih dari 5 juta item, dengan lebih dari 21.000 tesis MIT, 478 basis data daring, 17.000 jurnal, dan 55.000 jurnal elektronik. Universitas ini memiliki lebih dari 450 organisasi ko-kurikuler, Society for Women Engineers, komunitas LGTQ+, serikat mahasiswa kulit hitam, 33 olahraga universitas, The Tech (koran mahasiswa), The Byte (publikasi mahasiswa pascasarjana), organisasi keagamaan, sekitar 43 perkumpulan mahasiswa, persaudaraan dan kelompok hidup mandiri.

Alumni terkenal diantaranya yaitu 85 Pemenang Nobel, 58 Pemenang Medali Sains Nasional, 29 Pemenang Medali Teknologi dan Inovasi Nasional Kofi Annan (Mantan sekretaris jenderal PBB), Buzz Aldrin (mantan astronot & pilot pesawat tempur Apolo 11), Benjamin Netanyahu (Perdana Menteri Iraesli), Amar Gopal Bose (Pemilik Bose), dan lainnyal. Kota Cambridge di Middlesex County, Massachusetts, adalah bagian dari wilayah metropolitan Boston, rumah bagi komunitas mahasiswa yang besar. Gaji rata-rata yang ditawarkan di negara bagian mencapai 97.5000 USD. Tempat wisata terkenal yaitu Sungai Charles, Lapangan Harvard, Pemakaman Gunung Auburn, Museum MIT, CambrdgeSide, Patung John Harvard, Teater Sanders. Tingkat pengangguran sekitar 2,1%.

 

Baca juga: Alumni MIT asal Indonesia yang sudah mendunia

 

Rekomendasi bimbingan kuliah di luar negeri

Ingin bisa kuliah di luar negeri? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar beasiswa lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan daftar beasiswa luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Oxford vs MIT