Kuliah Gratis di Singapura dengan ASEAN Undergraduate Scholarship

Minters ingin study abroad tapi tidak bisa jauh dari rumah? Mungkin negara Singapura bisa menjadi pilihan untuk teman-teman yang bingung ingin melanjutkan studi dimana. Selain itu, ada pilihan beasiswa yang bisa Minters coba apply lho, namanya beasiswa ASEAN Undergraduate Scholarship. Beasiswa ini diperuntukan untuk pelajar yang baru lulus dari SMA sederajat di seluruh negara Asia Tenggara termasuk Indonesia, kecuali Singapura.

Beasiswa ini dibuka oleh National University of Singapore (NUS), yang merupakan universitas peringkat ketiga di Asia tahun 2022. Jadi, Minters harus mendaftar dan memilih jurusan di NUS terlebih dahulu, untuk mendaftar beasiswa ASEAN Undergraduate Scholarship. batas akhir pendaftaran beasiswa ini sekitar bulan Februari setiap tahunnya.

Selain itu, kamu masih ada kesempatan juga untuk daftar beasiswa ASEAN Undergraduate Scholarship yang ditawarkan oleh Nanyang Technological University (NTU). Beasiswa ini dibuka mulai dari 31 Oktober 2022 sampai dengan 15 Januari 2023. Sebelum itu, mari kita simak apa saja sih persyaratan sampai dokumen yang dibutuhkan dalam beasiswa ini.

 

Persyaratan ASEAN Undergraduate Scholarship

  1. Penduduk tetap Singapura atau warga negara dari negara-negara ASEAN (kecuali Singapura).
  2. Lulus bagus di SMA UN dan nilai bagus di rapor. Ijazah (depan dan belakang) dan Sertifikat Hasil Ujian Nasional (SHUN) SMA (jika ada) harus diserahkan saat melamar.
  3. Siswa yang belajar di kelas 12 dapat mendaftar dengan hasil rapor Kelas 10 dan 11 (halaman dengan tanda tangan guru atau kepala sekolah dan stempel sekolah harus disertakan). Nilai tidak kurang dari 8,5 di sebagian besar mata pelajaran (tidak termasuk Pendidikan Moral, Seni, Bahasa Indonesia) diperlukan. Jika diterima, kamu harus menunjukkan Ijazah SMA untuk melengkapi aplikasi. Jika tidak, keputusan penerimaan akan dicabut.

Peraih medali (emas, perak atau perunggu) Kompetisi Olimpiade Sains Internasional dalam Biologi (IBO), Kimia (IChO), Fisika (IPhO), Matematika (IMO), Informatika (IOI), Astronomi (IAO), serta Astronomi dan Astrofisika (IOAA) akan dipertimbangkan untuk masuk ke program yang terkait dengan bidang prestasi siswa. Masuk ke program yang tidak terkait erat dengan bidang pencapaian akan dipertimbangkan berdasarkan kasus per kasus. Wawancara dapat dilakukan sebelum keputusan penerimaan dibuat.

  1. Pengajuan Indikator IELTS/IELTS (minimum Overall 6, Writing 6) atau TOEFL/TOEFL iBT ® Special Home Edition (minimal 90 – iBT) atau SAT (minimal 1250 untuk SAT yang didesain ulang) atau Pearson Test of English Academic ( PTE Academic) (minimal 55) atau ACT with Writing (minimal skor komposit 30 di ACT dengan Writing dalam sekali duduk) atau C1 Advanced (sebelumnya dikenal sebagai Cambridge English Advanced (CAE)) sangat dianjurkan.

 

Persyaratan dokumen ASEAN Undergraduate Scholarship

  1. Dokumen kewarganegaraan (KTP/KK/Akta)
  2. Paspor
  3. Esai
  4. Bukti kemampuan bahasa Inggris
  5. Transkrip akademik
  6. Ijazah

 

Baca juga: Lanjut Sekolah di Singapura dengan Beasiswa MoE Singapura

 

Cakupan ASEAN Undergraduate Scholarship

Beasiswa ASEAN Undergraduate Scholarship termasuk dalam jenis beasiswa fully funded, dengan syarat bahwa pemegang beasiswa harus mempertahankan catatan kinerja akademik yang baik dan perilaku teladan.

  1. Cakupan penuh dari biaya kuliah bersubsidi (setelah Hibah Pendidikan).
  2. Tunjangan hidup sebesar S$5,800 per tahun akademik.
  3. Tunjangan akomodasi sebesar S$3,000 per tahun akademik.
  4. Tunjangan komputer satu kali S$1.750.

Tidak ada ikatan yang melekat pada beasiswa ini, selain dari ikatan tiga tahun yang berlaku untuk semua Singapore PRs dan siswa internasional di bawah Skema Hibah MOE.

 

Persyaratan dan Ketentuan ASEAN Undergraduate Scholarship

  1. Pemegang beasiswa tidak boleh, tanpa persetujuan universitas, secara bersamaan memegang beasiswa atau pinjaman universitas lainnya.
  2. Pemegang beasiswa diwajibkan untuk berpartisipasi dalam Program Keterlibatan Masyarakat yang diselenggarakan oleh Kantor Kemahasiswaan sebagai bagian dari kewajiban ikatan beasiswa.
  3. Pemegang beasiswa diharuskan mempertahankan Cumulative Grade Point Average (CGPA) minimum 3,5 dari 5,0. Prestasi akademik akan ditinjau setiap semester.
  4. Beasiswa dapat ditarik sewaktu-waktu jika, menurut pendapat universitas, kemajuan atau perilaku pemegang beasiswa dianggap tidak memuaskan.
  5. Jika pemegang beasiswa memutuskan untuk mengakhiri beasiswa sebelum waktunya, pembayaran akan dikenakan.

 

Tertarik dengan ASEAN Undergraduate Scholarship dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih universitas, beasiswa, persyaratan dokumen hingga interview.

Silakan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apapun 👇

asean undergraduate scholarship

 

Proses pendaftaran ASEAN Undergraduate Scholarship

Formulir pendaftaran mungkin membutuhkan waktu 20 menit atau lebih untuk diisi secara online, serta harus dalam bahasa Inggris. Adapun tahapannya sebagai berikut:

  1. Pelamar diminta untuk login dengan nomor aplikasi yang telah diberikan, serta mengisi dokumen yang diperlukan. Salah satu dokumen yang harus diisi yaitu esai pribadi, esai harus dibuat tidak lebih dari 300 kata dengan tiga topik yang ditampilkan dalam formulir aplikasi beasiswa.
  2. Mengunggah foto ukuran paspor terbaru (gambar digital).
  3. Mengunggah penilaian rekomendasi dari guru sekolah. Guru sekolah harus melengkapi formulir penilaian online dan dikirimkan dalam tujuh hari sejak aplikasi beasiswa diisi. Jika guru tidak dapat mengirimkannya secara online dalam tujuh hari dan membutuhkan lebih banyak waktu, harap beri tahu untuk mengirimkannya sesegera mungkin (sebaiknya tidak lebih dari dua minggu dari tanggal aplikasi beasiswa pelamar). Perhatikan bahwa hanya satu penilaian yang dapat diajukan secara online untuk mendukung aplikasi pelamar.
  4. Setelah itu, silahkan membayar biaya aplikasi dan menyerahkan dokumen pendukung yang diperlukan setelah aplikasi online berhasil diajukan. Pendaftaran tidak dapat diproses sampai biaya aplikasi dan dokumen pendukung diterima.

 

Program studi yang ditawarkan melalui ASEAN Undergraduate Scholarship

Beberapa program studi yang bisa didaftarkan:

  1. Natural Science: Mathematics, Physics
  2. Life Sciences and Technology: Biological Sciences
  3. Health and Medical Sciences: Biomedical Sciences
  4. Engineering: Electrical Engineering, Mechanical, Robotic Engineering, Computer Engineering, Civil Engineering, Chemical Engineering, Aerospace Engineering, Material Science and Engineering, Environmental Engineering, Biomedical Engineering Humanities and Social Sciences: Psychology, Language and Literature, Anthropology, Communication Studies, Philosophy
  5. Arts: Product Design, Fine Arts, Visual Arts
  6. Finance and Economics: Economics, Accounting
  7. ICT: Computer Science
  8. Business: Business Administration
  9. Environmental Studies: General Environmental Studies
  10. Education: Language Education, General Education
  11. Political Science: International Relations, Public Policy
  12. Sports: Sports Science

 

Baca juga: 10 Negara Terbaik Buat Kuliah di Luar Negeri

 

Rekomendasi bimbingan persiapan ASEAN Undergraduate Scholarship

Ingin lolos ASEAN Undergraduate Scholarship? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan beasiswamu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan ASEAN Undergraduate Scholarship? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

asean undergraduate scholarship

Sumber:

  1. Website resmi ASEAN Undergraduate Scholarship NUS. www.nus.edu.sg