Bachelor of Science: Ketahui apa itu gelar B.Sc Disini

Sarjana Sains, disingkat S.Si., adalah gelar sarjana untuk bidang ilmu pengetahuan alam. Dalam sejarahnya, gelar akademik ini mulai digunakan pada tahun 1993. Sebelumnya, gelar yang digunakan untuk bidang ilmu pengetahuan alam adalah Doktorandus (Drs.) atau Doktoranda (Dra.). Padahal, gelar Doktorandus atau Doktoranda di luar negeri adalah gelar untuk pendidikan yang setara dengan Magister/Master.

Sebelum memutuskan untuk kuliah di luar negeri, kamu harus mengetahui apa saja gelar yang tersedia di universitas tujuan kamu. Salah satu gelar yang cukup banyak diminati adalah gelar bachelor of science. Gelar yang satu ini biasa disingkat dengan B. Sc. Gelar bachelor of science adalah sebuah gelar yang diberikan oleh universitas di seluruh dunia untuk seseorang yang telah menyelesaikan tingkat sarjana di bidang terkait sains dan teknologi.

 

Apa itu Bachelor of Science

Gelar sarjana Bachelor of Science (disingkat BSc) adalah sebuah gelar yang dianugerahkan oleh universitas – universitas di seluruh dunia untuk penyelesaian studi tingkat sarjana di bidang yang terkait dengan sains dan teknologi. Mendaftar di program sarjana BSc berarti membuat investasi yang signifikan dalam karir profesional seseorang.

Selain dari prospek karir yang meningkat dengan mengambil gelar sarjana BSc, mahasiswa juga mengembangkan keterampilan pribadi yang berharga dan memenuhi persyaratan penting untuk studi pascasarjana. Biologi dan Ilmu Pengetahuan, Bisnis, Teknik dan Teknologi, dan Ilmu Pengetahuan Alam adalah bidang studi akademik utama yang menawarkan program gelar Sarjana BSc.

 

Tentang Bachelor of Science

Ada banyak manfaat yang bisa Hunters dapatkan dengan memilih gelar Bachelor of Science, seperti misalnya:

  1. Langkah awal meniti karir: Sama halnya dengan B.A., mempelajari gelar B.Sc. juga memberikan langkah yang sangat bagus menuju karir pilihan kamu
  2. Pengalaman langsung: Beberapa program B.Sc. menawarkan kursus dengan penempatan kerja. Gelar ini biasanya mewajibkan kamu untuk menjalani 1 tahun penempatan kerja dalam bentuk magang atau pekerja berbayar
  3. Mempelajari kursus lain: Hanya karena kamu mengambil gelar B.Sc. tidak berarti bahwa kamu akan mempelajari mata pelajaran ilmu khusus saja. Ada fleksibilitas untuk mengambil minat dan menjelajahi rute dan opsi lain.

 

Perbedaan Bachelor Of Science dengan Bachelor Of Art

Memutuskan program gelar mana yang terbaik untuk Hunters, bisa menjadi tugas yang menakutkan. Misalnya, di beberapa universitas, siswa dapat memilih gelar Bachelor of Arts (BA) di bidang Psikologi atau Bachelor of Sciences (BS) di bidang Psikologi. Apa perbedaan antara Bachelor of Arts dan Bachelor of Sciences?

Gelar Bachelor of Arts menawarkan pendidikan yang lebih luas kepada Hunter. Kamu diwajibkan untuk mengambil berbagai mata pelajaran seni liberal, misalnya sastra, humaniora, sejarah, komunikasi, ilmu sosial dan bahasa asing. Untuk para pelajar yang kesulitan untuk memahami konsep matematika dan sains akan lebih memilih untuk mengikuti pelajaran seni. Di sini, kamu akan lebih banyak membaca dan menghafal daripada memecahkan berbagai formula ilmiah.

Gelar B.A. memberikan pendidikan yang lebih luas. Karenanya, gelar ini membutuhkan kredit yang lebih sedikit daripada gelar Bachelor of Science. Mata kuliah di Bachelor of Science dirancang untuk mendorong penelitian di bidang humaniora. Program yang satu ini umumnya ditawarkan di sebagian besar perguruan tinggi dan universitas. Berbeda dengan program B.Sc., gelar B.A. umumnya memberikan lebih banyak fleksibilitas dalam memilih kursus dan tidak terspesialisasi.

Bachelor of Science

Bachelor of Arts

Deskripsi

Bachelor of Science adalah gelar akademik sarjana yang diberikan setelah menyelesaikan program akademik sains empat hingga lima tahun. Bachelor of Arts juga merupakan gelar akademik sarjana yang diberikan pada penyelesaian program akademik seni dan sastra empat hingga lima tahun.

Singkatan

B.Sc. Atau BS BA atau AB

Cakupan kursus

Ilmu dasar, juga disebut sebagai ilmu murni. Seni dasar, juga disebut sebagai humaniora atau bahasa asing.

Lamanya

Penuh waktu: 3-4 tahun, Paruh waktu: 6 tahun Penuh waktu: 3-4 tahun, Paruh waktu: 6 tahun

Belajar

Sepanjang tahun-tahun kursus, penekanan pada teori sains diletakkan, dengan fokus pada percobaan, jika diperlukan. Kursus ini tersedia di berbagai bidang sains. Misalnya, B.Sc. (ilmu komputer), B.Sc. (IT), dan penghargaan. Sepanjang tahun kursus, kepentingan utama pada ilmu sosial, geografi, studi militer dan bahasa. Kursus ini tersedia di berbagai bidang seni. Misalnya, BA (matematika), BA (Sastra Inggris).

Pilihan karir

Secara umum, area penelitian dieksplorasi oleh para kandidat. Mereka memiliki pilihan karier yang baik di departemen penelitian dan pengembangan berbagai organisasi. Paling-paling, memberikan peluang untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan sistematis. Mereka memiliki pilihan karier yang baik di bidang terkait komputer, animasi, industri perangkat lunak, dan berbagai perusahaan audit.

Area fokus

Studi umumnya melibatkan teori yang berkaitan dengan sains dan juga penekanan pada eksperimen dan praktik, jika perlu. Studi melibatkan ilmu sosial, humaniora, dan fokus pada seni dan sastra.

Kelayakan

Umumnya, 10 + 2 atau ujian setara dengan aliran sains. Umumnya, 10 + 2 atau ujian setara dengan aliran seni.

Ph.D

Apakah memenuhi syarat untuk Ph.D. Mereka memenuhi syarat untuk PhD.

Gelar Master yang dipilih

Secara umum, M.Sc. MA

 

Tertarik dengan bachelor of science luar negeri dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih universitas, beasiswa, persyaratan dokumen hingga interview.

Silakan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apapun 👇

bachelor of science

 

Universitas terbaik untuk menempuh Bachelor of Science

Program BSc ditawarkan di sejumlah bidang. Ada beberapa universitas terbaik yang juga dapat kamu pilih untuk mendapatkan gelar B.Sc. Jika kamu membutuhkan informasi yang lebih lengkap seputar universitas untuk meraih gelar ini, kamu bisa melakukan konsultasi universitas luar negeri di Schoters. Mentor kami akan memberikan informasi terbaik dan terlengkap sebelum kamu kuliah ke luar negeri.

Berikut adalah beberapa universitas terbaik untuk meraih gelar Bachelor of Science:

  1. LSBF Singapore, Singapura   Bachelor of Science (Honors) in Computer Science
  2. King’s College, Inggris, Bachelor of Science in Computer Science
  3. University of London, Inggris  Online, BSc Accounting and Finance
  4. University of Manchester, Inggris, BSc (Hons) Accounting
  5. University of Denver, Inggris, BS in Accounting
  6. University of Groningen, Belanda, BSc in Psychology
  7. University of Lincoln, Inggris  , BSc (Hons) Business Psychology
  8. Florida Institute of Technology, Amerika, BS in Electrical Engineering
  9. University of Redlands, Amerika, Bachelor of Science in Mathematics

 

Baca juga: Pahami Perbedaan Istiliah Bachelor Degree, Associate Degree, dan Diploma

 

Rekomendasi bimbingan persiapan Bachelor of Science

Ingin persiapan mendapatkan Bachelor of Science? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan beasiswamu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan ke universitas luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

 

Banner CTA K2- Schoters (Feb 27, 2023 11:04 AM)

Sumber:

  1. QS World Ranking. www.topuniversities.com