3 Informasi Beasiswa Hungaria untuk Pelajar Indonesia

Info Beasiswa, 15 Des 2022

Dikenal sebagai negara berkerajaan ganda, Hungaria ternyata merupakan destinasi belajar para mahasiswa dunia. Melalui perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang ada di Hungaria, negara ini menawarkan bidang studi yang beragam dan beasiswa Hungaria untuk para pelajar dunia.

Bagi Hunters yang menjadikan Hungaria sebagai salah negara tujuan lanjut studi, yuk kenali pilihan beasiswa Hungaria dan universitas terbaiknya versi Schoters!

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Belajar di Hungaria?

Sebelum kamu tahu lebih lanjut tentang beasiswa Hungaria dan universitas unggulannya, ada baiknya untuk tahu manfaat apa saja yang akan kamu dapat selama belajar di Hungaria. Berikut beberapa alasannya untuk bahan pertimbanganmu. 

1. Sistem Pendidikan yang Berkualitas

Reputasi kualitas sistem pendidikan di Hungaria telah lama dikenal dan menjadikan negara ini menjadi salah satu destinasi pelajar di sekitar Eropa. Melalui sistem pendidikannya yang berkualitas dan sangat menunjang proses belajar, Hungaria juga menawarkan bidang studi yang beragam. Baik dari jenjang S1, S2 dan S3. Sistem pendidikan yang berkualitas ini juga ditunjang oleh program beasiswa Hungaria untuk pelajar nasional dan internasional.

2. Bidang Studi Diajarkan dengan Bahasa Inggris

Mayoritas pembelajaran di universitas Hungaria akan dilakukan menggunakan bahasa Inggris. Meskipun untuk beberapa beasiswa Hungaria, kamu akan tetap diminta untuk mempelajari bahasa Hungaria untuk menunjang kegiatan diluar kelas. Namun dengan sistem pembelajaran menggunakan bahasa Inggris, 50% kesempatan belajar sudah kamu pegang. 

3. Biaya Pendidikan yang Terjangkau

Hungaria memang memiliki biaya pendidikan yang cukup terjangkau daripada negara Eropa lainnya. Rata-rata biaya pendidikan di universitas Hungaria berkisar EUR 1.000 per tahun untuk S1 dan EUR 1.500 per semester untuk S2. Angka tersebut juga bisa berkurang jika mengikuti program beasiswa Hungaria.  

4. Negara yang Aman dan Biaya Hidup yang Rendah

Salah satu keunggulan Hungaria adalah keamanan dan kestabilan negaranya. Umumnya, Hungaria memiliki tingkat kekerasan yang tergolong rendah. Terlebih untuk kriminalitas seperti jambret, copet dan sejenisnya.

5. Hungaria adalah Negara Multi-Budaya

Sebagai salah satu destinasi pelajar dunia, Hungaria sudah ramah dan terbiasa dengan perbedaan budaya. Bahkan sebagai mahasiswa internasional, kamu bisa bekerja sekaligus kuliah loh. Dan tentunya jika itu diperbolehkan oleh program beasiswa Hungaria yang kamu jalani ya! 

          Baca juga: Kuliah di Eropa dengan Beasiswa Erasmus+

5 Universitas Terbaik dengan Beasiswa Hungaria

Jika kamu mulai tertarik dengan Hungaria dari tulisan di atas, berikut beberapa pilihan universitas terbaik dari Hungaria versi QS World Rankings Universities 2023!

1. University of Szeged

Terletak di Tenggara Hungaria, universitas ini merupakan universitas paling prestigious yang ada di Hungaria. Universitas ini memiliki 22.000 mahasiswa dengan 20% pelajar internasional. Bidang studi yang banyak ditawarkan antara lain humaniora, ilmu bisnis, kedokteran dan kesehatan dan juga program beasiswa Hungaria..

2. University of Debrecen

Terletak di “Great Forest”, kampus ini menawarkan lebih dari 80 bidang studi dengan lebih dari 28.500 mahasiswa dan beragam beasiswa Hungaria. Debrecen sendiri menawarkan pengalaman budaya, parade dan konser yang banyak setiap tahunnya. 

3. Eötvös Loránd University

Terletak di kota paling iconic di Hungaria, kampus ini didirikan pada 1635 dan menjadi pusat dari Teknologi dan Filosofi. Selain belajar kamu juga bisa menikmati keindahan Hungaria dari kampus ini loh. 

4. University of Pecs

Menjadi bagian dari UNESCO, kampus ini dibangun pada 1367 dna menjadi salah satu universitas tertua di Indonesia. Terdiri dari lebih 20.000 mahasiswa dan 10 fakultas, University Pecs menawarkan berbagai jurusan dan beasiswa Hungaria. 

5. Budapest University of Technology and Economics

Seperti namanya, kampus ini merupakan pusat dari ilmu teknologi, ekonomi, manajemen bisnis dan ilmu pengetahuan yang ada di Hungaria. Kampus ini juga mencetak berbagai ilmuwan dan penerima Nobel Prize. Selain itu, universitas ini juga memberikan program beasiswa Hungaria untuk pada mahasiswa internasional.

Melalui 5 daftar universitas di atas, apakah ada universitas yang menjadi pilihanmu? Sebelum lebih lanjut mendaftar, yuk cek beberapa pilihan beasiswa Hungaria di bawah ini!

          Baca juga: Beasiswa di Jepang untuk Pelajar Indonesia 

Beasiswa Hungaria untuk Pelajar Indonesia

Beasiswa Hungaria memang tidak “se-ramai” program yang sering kamu dengar. Namun fasilitas yang ditawarkan 3 beasiswa Hungaria di bawah ini tidak kalah bagusnya loh. Yuk ketahui program beasiswa Hungaria mana yang sesuai denganmu!

1. Beasiswa Stipendium Hungaricum

Beasiswa Hungaria yang paling bergengsi adalah Stipendium Hungaricum Scholarship yang diberikan langsung oleh Pemerintah Hungaria. Pengelolanya beasiswa Hungaria ini sendiri adalah Tempus Public Foundation. Beasiswa Hungaria ini sudah ada sejak 2013 sebagai bentuk kerja sama bilateral antara 80 negara sending partners. Beberapa program studi tujuan beasiswa Hungaria ini antara lain:

  1. Pertanian
  2. Ilmu Pengetahuan alam
  3. Ekonomi
  4. Teknologi Informasi
  5. Ilmu Teknik
  6. Ilmu Seni dan Keolahragaan

Meski bidang studi yang ditawarkan terbatas, fasilitas yang kamu dapatkan cukup komplit loh. Manfaat yang berhak diterima oleh awardee beasiswa Hungaria ini adalah:

  1. Biaya pendidikan
  2. Tunjangan sehari-hari sebesar HUF 140.000 di 4 semester pertama dan HUF 180.000 di 4 semester setelahnya
  3. Akomodasi asrama
  4. Asuransi kesehatan

Sedangkan beberapa persyaratannya kandidat beasiswa Hungaria ini antara lain:

  1. Mendapat rekomendasi dari Kementerian Pendidikan Indonesia
  2. Mengisi formulir pendaftaran
  3. Sertifikat bahasa Inggris (IELTS/TOEFL)
  4. Ijazah terakhir dalam bahasa Inggris
  5. Transkrip nilai dalam bahasa Inggris
  6. Sertifikat prestasi akademik dalam bahasa Inggris
  7. Surat keterangan sehat
  8. Salinan KTP
  9. Salinan Paspor
  10. Portfolio (untuk jurusan seni)
  11. Rencana penelitian
  12. 2 Surat rekomendasi
  13. Statement of Supervisor
  14. Letter of Permission

Apakah kamu sudah menyiapkan beberapa dokumen di atas? Kalau belum, jangan lupa persiapkan dirimu ya!

2. Hungarian State Scholarships

Beasiswa Hungaria ini memiliki 3 tipe program yang diberikan berdasarkan negara asal. Bagi para pelajar Indonesia, kamu bisa mengikuti program beasiswa Hungaria untuk Study Visits dan Summer University Courses. Namun beasiswa Hungaria ini hanya berlaku bagi kamu yang tidak berkewarganegaraan ganda Hungaria - Indonesia ya. 

Kedua program beasiswa Hungaria di atas bisa kamu akses melalui website online Tempus Public Foundation di sini ya. Sedangkan untuk persyaratannya yang harus kamu persiapkan antara lain:

  1. Mengisi form pendaftaran
  2. Letter of Motivation
  3. Transkrip nilai dengan bahasa Hungaria atau Inggris
  4. Sertifikat bahasa Hungaria atau Inggris
  5. Letter of Recommendation

Untuk informasi lebih lanjut tentang kedua program di atas, kamu bisa cek langsung website resmi Hungarian State Scholarship di link berikut ini

3. LPDP

Salah satu beasiswa Hungaria yang bisa kamu coba adalah program dari Indonesia, LPDP. Meski pilihan di Hungaria tidak sebanyak di negara lain, LPDP menawarkan beasiswa penuh di Central European University pada bidang studi Politik. Beasiswa Hungaria ini memiliki berbagai tipe program, namun persyaratan untuk beasiswa regulernya antara lain:

  1. Maksimal 35 tahun (S2) dan 40 tahun (S3).
  2. Surat Rekomendasi
  3. IPK minimum 3.00 (S2) dan 3.25 (S3).
  4. Sertifikat Bahasa (IELTS/TOEFL iBT/PTE Academic)
  5. Esai LPDP

Nah bagi Hunters yang ingin mempersiapkan diri untuk kuliah dengan beasiswa Hungaria di atas, yuk persiapkan dirimu dengan konsultasi bersama mentor expert Schoters! 

Banner-K-_-Mau-StudyAbroad-Tanpa-Ribet_-1