5 Rekomendasi Beasiswa Kanada Lengkap dengan Manfaatnya

Selain melalui kualitas dan fasilitas pendidikan yang bagus dan diakui secara internasional, Kanada juga menyediakan banyak tempat wisata dan lingkungan yang ramah dengan para pelajar Internasional. Nah, bagi Hunters yang tertarik dengan negara ini dan ingin melanjutkan studi kuliah di sini, berikut lima beasiswa Kanada yang bisa Hunters gunakan sebagai mahasiswa Indonesia!

 

Kenapa belajar di Kanada?

Bagi Hunters yang masih mencari negara mana yang cocok untuk rencana kuliah di luar negeri, Kanada bisa kamu perimbangkan, lho. Berikut beberapa alasan kenapa Hunters harus mempertimbangan Kanada sebagai negara tujuan!

1. Lingkungan yang beragam dan inklusif

Kanada memang dikenal dengan keamanan dan kedamaiannya. Sebagai negara teraman ke-6 di dunia, Kanada menawarkan pengalam hidup yang menyenangkan. Terlebih masyarakat Kanada sendiri terbuka dengan berbagai budaya dan warga negara asing yang tinggal di negaranya.

2. Program kuliah yang fleksibel

Mulai dari pendidikan dasar hingga universitas, Kanada dikenal dengan kualitas pendidikan dan perkembangan penelitiannya yang maju. Hunters juga akan disediakan dengan banyak pilihan tipe studi dan bidang kuliah yang bisa dipilih.

3. Work hard, play hard

Selain bisa merasakan fasilitas dan kualitas pendidikan dunia dengan para ahli di bidangnya, Kanada juga menawarkan banyak destinasi wisata. Mulai dari museum, taman bermain, hingga banyak destinasi wisata alam.

 

Baca Juga: Lulus SMA Ingin Studi di Kanada? Cek Beasiswa UBC untuk Jenjang Sarjana

Beasiswa Kanada untuk mahasiswa Indonesia

Nah, bagi Hunters yang merasa bahwa Kanada adalah tempat yang sesuai untuk rencana belajar, tapi masih bingung dengan biaya, berikut beberapa pilihan beasiswa Kanada yang bisa Hunters gunakan!

1. Canada – ASEAN Scholarships and Educational Exchanges for Development – Universitas Alberta

Beasiswa Kanada yang pertama berasal dari Alberta University. Universitas Alberta merupakan salah satu dari 5 kampus terbaik di Kanada. Program beasiswa Canada ASEAN Scholarships and Educational Exchanges for Development merupakan program bantuan dana pendidikan dari pemerintah Kanada untuk para pelajar dari negara ASEAN.

Program beasiswa ini memiliki beberapa skema yang bisa Hunters pilih sesuai dengan kebutuhan. Adapun untuk skemanya adalah sebagai berikut:

Jenjang

Manfaat

Durasi

Keterangan

S1

$10,200

4 bulan

Studi atau penelitian di tingkat perguruan tinggi atau sarjana. Diperlukan perjanjian pertukaran pelajar yang valid yang membebaskan biaya kuliah.

S1

$15,900

8 bulan

Studi atau penelitian di tingkat perguruan tinggi atau sarjana. Diperlukan perjanjian pertukaran pelajar yang valid yang membebaskan biaya kuliah.

S2

$10,200

4 bulan

Studi atau penelitian di tingkat pascasarjana (Master dan PhD). Perjanjian pertukaran pelajar tidak diperlukan.

S2

$12,700

8 bulan

Studi atau penelitian di tingkat pascasarjana (Master dan PhD). Perjanjian pertukaran pelajar tidak diperlukan.

Untuk biaya atau manfaat beasiswa di atas diharapkan digunakan untuk keperluan mahasiswa, seperti:

  1. Biaya visa atau izin belajar/kerja;
  2. Tiket pesawat melalui rute paling langsung dan ekonomis; 
  3. Asuransi kesehatan;
  4. Biaya hidup, seperti akomodasi, utilitas, dan makanan; 
  5. Transportasi darat, termasuk tiket angkutan umum;
  6. Buku dan perlengkapan yang diperlukan untuk studi atau penelitian, tidak termasuk komputer dan peralatan lainnya.

 

Tertarik dengan beasiswa Kanada dan ingin berkonsultasi lebih lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih jurusan, universitas, persiapan dokumen, hingga interview. Silakan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apa pun.👇

 

beasiswa kanada

 

2. Global Award Scholarship – Universitas Teknik Ontario

Beasiswa Kanada yang selanjutnya berasal dari Ontario Tech University. Universitas Teknik Ontario memfokuskan diri di bidang teknologi dan dampaknya pada lingkungan sosial. Program Global Award Scholarship merupakan program bantuan dana dari universitas untuk mahasiswa internasional.

Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa internasional di jenjang Sarjana dan akan mendapatkan manfaat beasiswa sebesar $72.000 CAD ($18.000 per tahun untuk 4 tahun). Beasiswa Global Award Scholarship sendiri diberikan kepada mahasiswa yang yang memiliki prestasi akademik dan kemampuan kepemimpinan yang dapat dibuktikan.

3. Beasiswa UNB – Universitas New Brunswick

Telah berdiri sejak 1785, Universitas New Brunswick merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik di Kanada dengan lebih dari 200 tahun sejarah. Universitas New Brunswick juga sudah menerima banyak mahasiswa internasional dengan beberapa beasiswa Kanada yang diberikan.

Beasiswa Kanada yang diberikan oleh Universitas New Brunswick untuk mahasiswa internasional adalah UNB Scholarship. Beasiswa ini selalu ada di setiap tahunnya dan memberikan manfaat sebesar $500 hingga $40.000 bagi setiap awardee. Proses pendaftaran beasiswa Kanada ini bisa dilakukan melalui online mulai dari 1 Maret dan ditutup pada 30 April setiap tahunnya.

4. Beasiswa Mount Allison – Universitas Mount Allison

Beasiswa Kanada selanjutnya diberikan oleh Mount Allison University yang dikenal dengan fasilitas dan kualitas di jenjang Undergraduate atau Sarjana. Universitas Mount Allison terkenal dengan jurusan Liberal Arts dan Science. Adapun beasiswa yang ditawarkan oleh kampus ini dibagi menjadi dua, yaitu Entrance Scholarship dan Major Scholarship.

Entrance Scholarship sendiri berkisar antara $4,000 hingga $20,000. Semua mahasiswa baru yang memiliki rata-rata penerimaan terhidtung sebesar 80% ke atas akan secara otomatis dipertimbangkan untuk Entrance Scholarship.

Sementara itu, Major Scholarship menawarkan beasiswa Kanada sebesar $56,000 dan diberikan kepada mahasiswa dengan prestasi di bidang akademik, ekstrakulikuler, kemampuan kepemimpinan, bergerak di bidang komunitas, dan lain sebagainya. Untuk tipe dan skema Major Scholarship yang ditawarkan bisa Hunters lihat di sini.

5. Beasiswa Presiden – Universitas Winnipeg

Salah satu universitas yang menyediakan beasiswa Kanada untuk mahasiswa internasional lainnya adalah Universitas Winnipeg. Kampus ini menawarkan program sarjana dan pascasarjana berkualitas tinggi termasuk beberapa yang unik di Kanada Barat, misalnya, Bachelor of Arts in Human Rights dan a Master’s degree in Development Practice with a focus on Indigenous Development.

Beasiswa Kanada yang bisa Hunters gunakan jika ingin kuliah di Universitas Winnipeg adalah President’s Scholarship for World Leaders. Untuk mendapat kesempatan beasiswa ini, Hunters harus mendapatkan rata-rata penerimaan yang dihitung 80% ke atas dan akan baru masuk di tahun pertama. Beasiswa ini memberikan manfaat berupa biaya hidup sebesar $5.000.

Pada beasiswa Kanada ini, Hunters harus menyiapkan beberapa berkas seperti:

  1. Form pendaftaran;
  2. Esai personal statement dengan 250 – 500 kata;
  3. CV beasiswa;
  4. 2 Surat Referensi.

 

Kemudian mengirimkan semua berkas di atas ke Awards Office yang bisa diakses di sini. Beasiswa Kanada ini dibuka setiap tahunnya dan terbuka untuk semua mahasiswa internasional dengan warga negara manapun. Beasiswa Kanada ini akan ditutup pada tanggal 1 Juni setiap tahunnya. Namun, tetap Hunters harus kembali mengecek berita terbarunya, ya.

 

Baca Juga: Pahami Berbagai Macam Sertifikasi Bahasa Inggris untuk Daftar Beasiswa Kanada

 

Rekomendasi bimbingan persiapan lolos beasiswa Kanada

Ingin lulus di beasiswa Kanada? Yuk, konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat universitas luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

beasiswa kanada