8 Jenis Sertifikat Bahasa Inggris yang Perlu Kamu Ketahui

Bukti kemampuan berbahasa Inggris seringkali menjadi persyaratan utama ketika mendaftar perguruan tinggi atau mencari pekerjaan di luar negeri. Tapi, tahukah kamu kalau terdapat banyak sekali jenis sertifikat bahasa Inggris yang resmi, diakui internasional dan bisa kamu pilih sesuai keperluan?

Cari tahu lebih banyak tentang berbagai jenis sertifikat bahasa Inggris, karakteristik masing-masing sertifikat serta rekomendasi sertifikat yang bisa kamu gunakan di bawah ini.

Test Of English as a Foreign Language (TOEFL)

Test of English as a Foreign Language atau yang biasa disingkat menjadi TOEFL adalah salah satu jenis sertifikat bahasa Inggris yang paling sering digunakan untuk berbagai keperluan, termasuk keperluan akademik atau professional.

Untuk keperluan akademik, TOEFL paling banyak digunakan oleh pelajar internasional yang berminat melanjutkan studi di berbagai instansi perguruan tinggi di Amerika Serikat atau Kanada, mengingat bahasa yang digunakan dalam tes TOEFL pun menggunakan bahasa Inggris–Amerika (American English).

TOEFL memiliki beberapa jenis tes yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan sebagai berikut:

TOEFL iBT (Internet Based Test)

TOEFL iBT (Internet Based Test) adalah jenis tes TOEFL yang digunakan mengukur kemampuan berbahasa Inggris dari segi kemampuan mendengarkan (listening), membaca (reading), menulis (writing), dan berbicara (speaking) dalam konteks akademis. Durasi waktu yang diperlukan untuk TOEFL iBT berkisar kurang lebih 4.5 jam dengan skor berkisar dari 0-120. Hasil TOEFL biasanya diberikan dalam waktu 10 hari setelah tes berlangsung.

Persyaratan untuk skor TOEFL iBT minimal yang diterima dapat berbeda-beda tergantung universitas yang dituju oleh mahasiswa. Namun, rata-rata pelajar internasional biasanya membutuhkan skor minimal 80-100 untuk dapat diterima masuk ke universitas di luar negeri. Hasil skor TOEFL iBT ini diakui secara internasional oleh banyak universitas, perusahaan, dan lembaga di dunia.

TOEFL ITP (Institutional Testing Program)

TOEFL ITP adalah salah satu jenis tes TOEFL yang digunakan untuk mengevaluasi kemampuan berbahasa Inggris seseorang, khususnya pelajar, dari segi kemampuan mendengarkan, membaca, dan menulis. (TOEFL ITP juga mengukur kemampuan berbicara. Namun, hanya versi Digital TOEFL ITP saja).

Meskipun sama-sama digunakan untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris dalam konteks akademis, berbeda dengan TOEFL iBT, hasil dari TOEFL ITP hanya bisa dipakai untuk keperluan institusi pendidikan tertentu sehingga tidak dapat dipakai secara global.

 

Baca Juga: Tips Belajar TOEFL Untuk Pemula

International English Language Testing System (IELTS)

Selain TOEFL, sertifikat bahasa Inggris lainnya yang juga diakui secara internasional adalah International English Language Testing System (IELTS). Meskipun sama-sama mengukur kemampuan berbahasa Inggris dari 4 (empat) komponen bahasa seperti TOEFL, IELTS sendiri menggunakan British English dalam konten yang diujikan sehingga IELTS lebih banyak dipilih oleh pelajar yang berminat melanjutkan pendidikan di negara-negara seperti Australia, Inggris, Selandia Baru, atau negara-negara Eropa lainnya.

IELTS dibedakan menjadi dua jenis, yakni IELTS General Training dan IELTS Academic.

IELTS general training

IELTS General Training adalah jenis tes IELTS yang mengukur kemampuan berbahasa Inggris sehari-hari yang diperlukan untuk kehidupan sosial dan dunia kerja sehingga jenis tes ini cocok dipakai oleh pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan tanpa gelar, mencari pekerjaan atau migrasi ke negara-negara seperti Australia, Kanada, Selandia Baru dan Inggris.

IELTS academic

IELTS Academic adalah jenis tes IELTS yang menguji kemampuan berbahasa Inggris menggunakan kosakata dan struktur kalimat yang lebih umum digunakan dalam konteks akademik. Oleh karena itu, jenis tes ini lebih banyak dipilih untuk keperluan registrasi ke universitas atau perusahaan.

Persyaratan skor minimal IELTS yang harus dimiliki pelajar internasional dapat berbeda-beda tergantung universitas dan lokasi yang dituju. Namun, rata-rata pelajar internasional membutuhkan skor IELTS minimal 6.0 (competent user) untuk mendaftar ke berbagai universitas di luar negeri. Hasil IELTS biasanya diberikan dalam waktu 13 hari setelah tes berlangsung.

 

Baca Juga: Contoh Soal IELTS dan Pembahasannya

Test of English for International Communication (TOEIC)

Sertifikat bahasa Inggris lain yang juga cukup populer adalah Test of English for International Communication atau TOEIC yang mengukur kemampuan seseorang untuk bekerja dan berkomunikasi secara efektif dengan menggunakan bahasa Inggris yang secara spesifik dipakai di tempat kerja (Business English). Hasil TOEIC diakui di lebih dari 14.000 perusahaan dan institusi di seluruh dunia, khususnya di negara seperti Perancis, Jepang, dan Korea Selatan di mana TOEIC cukup banyak digunakan untuk berbagai keperluan professional.

Berapa skor TOEIC yang dianggap baik? Tentu saja, persyaratan skor minimal TOEIC dapat berbeda-beda tergantung perusahaan yang dituju. Namun, secara garis besar, untuk pekerjaan yang tidak memerlukan banyak penggunaan bahasa Inggris, rata-rata pelamar hanya membutuhkan skor TOEIC minimal 785. Sementara, untuk pekerjaan yang banyak menggunakan Bahasa Inggris biasanya membutuhkan skor TOEIC minimal 900.

 

Baca Juga: Penjelasan Lengkap Mengenai TOEIC 

PTE Academic

PTE Academic merupakan jenis sertifikat bahasa Inggris yang masih tergolong baru. Namun, menarik untuk dicoba bagi mereka yang ingin belajar atau bekerja di luar negeri adalah PTE Academic. Sama seperti TOEFL dan IELTS, PTE Academic juga mengukur kemampuan berbahasa Inggris dari empat komponen kemampuan berbahasa.

Namun, PTE hanya membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam menggunakan komputer dengan hasil yang tersedia kurang lebih 5 hari setelah tes berlangsung. PTE sering kali dianggap sebagai ujian kemampuan berbahasa Inggris yang paling transparan mengingat pelaksanaan dan penilaian PTE dilakukan secara online, tanpa interaksi manusia selama tes berlangsung.

Skor PTE Academic minimal yang dibutuhkan untuk mendaftar ke suatu universitas juga berbeda-beda tergantung universitas yang dituju. Namun, biasanya, pelajar internasional membutuhkan skor minimal berkisar dari 59-75 untuk dapat diterima belajar di luar negeri.

Nah, itu dia beberapa jenis sertifikat bahasa Inggris yang biasa digunakan untuk berbagai macam keperluan. Dimulai dari untu melamar kerja, lanjut studi, dan lain sebagainya.

Rekomendasi memilih sertifikat bahasa Inggris

Butuh bimbingan mendapatkan sertifikat bahasa Inggris? Yuk, konsultasi dengan konsultan expert Schoters untuk memilih sertifikat bahasa Inggris sesuai kebutuhan kamu!

JSertifikat Bahasa Inggris