Tips dan Rekomendasi Beasiswa Luar Negeri Terbaik 2022

Info Beasiswa, 09 Okt 2022

Mau melanjutkan pendidikan S2 luar negeri? Jangan khawatir, sebelum itu perhatikan tips dan rekomendasi pilihan beasiswa luar negeri S2 dibawah ini.

Menempuh pendidikan di universitas ternama merupakan suatu kebanggaan dan keinginan dari sebagai orang, apakah termasuk Anda? Salah satunya universitas di luar negeri yang mempunyai banyak peminat. Apalagi\ mendaftarkan melalui beasiswa luar negeri.

Sayangnya Anda harus ekstra memperjuangkan hal tersebut dengan niat dan tekad yang kuat, karena jumlah beasiswa yang terbatas berbanding terbalik dengan jumlah peminat yang banyak setiap tahunnya.

Tips Lolos Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

Guna mendapatkan beasiswa yang merupakan sebuah tantangan ini, ada baiknya Anda mulai dari sekarang. Karena ada banyak hal yang perlu Anda persiapkan, salah satunya membaca dan memperhatikan tips-tips beasiswa luar negeri.

  • Riset beasiswa luar negeri

Tips pertama yang bisa Anda lakukan sebelum terjun terlalu jauh yaitu melakukan riset beasiswa sebelum apply beasiswa luar negeri. Riset disini artinya mencari informasi secara mendalam mengenai beasiswa tersebut.

Anda bisa memulai dengan banyak cara baik melalui internet ataupun bertanya langsung kepada orang lain yang pernah mendapatkan beasiswa tersebut. Bisa juga melalui lembaga bahasa yang menyediakan informasi tersebut.

  • Meningkatkan kemampuan berbahasa inggris

Tips selanjutnya yang bisa Anda lakukan dari sekarang untuk bisa lolos beasiswa luar negeri yaitu meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Sudah bukan rahasia lagi, jika kemampuan bahasa Inggris menjadi kunci utama dan persyaratan yang harus terpenuhi.

Hal ini ditunjukkan dengan adanya sertifikat TOEFL atau IELTS. Untuk mendapatkan sertifikat kemampuan bahasa Inggris ini membutuhkan waktu yang cukup lama, apalagi persiapannya untuk batas minimal nilai yang bisa digunakan.

  • Pertahankan prestasi

Ada beberapa jenis beasiswa luar negeri yang biasanya prestasi menjadi syarat pendaftaran. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda mempertahankan prestasi yang Anda miliki baik itu akademik atau non-akademik.

Tentunya hal ini akan mempermudah Anda dalam persiapan menuju pendaftaran. Walaupun hanya sekedar nilai IPK, Anda harus tetap mempertahankannya. Karena beberapa beasiswa memperhatikan hal tersebut.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mendapatkan Beasiswa ke Luar Negeri? Simak di sini!

  • Persiapan essay

Tidak semua beasiswa membutuhkan essay beasiswa luar negeri, akan tetapi tidak sedikit pula yang menjadikan hal ini sebagai persyaratan. Salah satunya beasiswa Chevening, di mana para pendaftarannya harus mengumpulkan essay di tahap tertentu.

Jangan salah, beasiswa ini tidak dinilai bukan hanya karena kualitas tulisan saja akan tetapi originalitas yang Anda tawarkan sekaligus kepribadian yang dapat dilihat dari seleksi awal hingga akhir nantinya.

  • Persiapkan motivation letter

Tidak boleh ketinggalan untuk mempersiapkan Motivation Letter dari jauh-jauh hari. Karena dokumen ini sangat penting guna menunjang Anda lolos beasiswa luar negeri. Di sini Anda bisa menuliskan cerita fakta yang nyata yang didukung dengan adanya pembuktian.

  • Segera apply

Tips terakhir yang bisa Anda perhatikan yaitu segera apply, artinya segera masukan lamaran di awal waktu pembukaan. Karena kebiasaan buruk banyak orang yang sering lakukan yaitu menunda-nunda pengiriman akan membuat hal buruk bisa terjadi.

Salah satunya, tidak kurangnya ketelitian saat memasukkan berkas, jaringan buruk karena banyak orang yang mengakses dan lain sebagainya. Walaupun memang tidak ada jaminan mengirim awal akan mendapatkan beasiswa, setidaknya akan membuat hati tenang.

Rekomendasi Pilihan Beasiswa di Luar Negeri S2

Setelah Anda berhasil membaca dan memahami tips di atas dengan baik, langkah selanjutnya realisasikan dengan memilih daftar beasiswa luar negeri yang sesuai dengan kemampuan dan keahlian Anda. Sangat ditekankan untuk mengambil sesuatu yang Anda sukai.

  • Beasiswa LPDP

Siapa yang tidak tahu beasiswa LPDP? Beasiswa yang dikeluarkan oleh negara Indonesia tepatnya hasil kolaborasi antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Keuangan Republik Indonesia ini menjadi salah satu beasiswa favorit banyak orang.

Beasiswa yang diperuntukan untuk jenjang pendidikan S2 dalam negeri atau luar negeri ini menawarkan 11 jenis jalur, diantaranya beasiswa reguler, PTUD, daerah afirmasi, dosen, hingga penyandang disabilitas.

Tentunya setiap jalur mempunyai persyaratan yang berbeda-beda. Apalagi jika mengambil beasiswa luar negeri S2. Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan seperti surat rekomendasi, sertifikat bahasa Inggris, hingga personal statement.

  • Beasiswa Chevening

Rekomendasi terakhir yang tidak kalah menariknya yaitu beasiswa luar negeri Chevening. Siapa yang tidak tahu beasiswa Chevening yang diselenggarakan oleh pemerintah Inggris ini? Beasiswa bergengsi dengan adanya berbagai pilihan universitas terbaik di dunia.

Selain itu, beasiswa ini menunjang banyak hal selama masa perkuliahan mulai dari tunjangan hidup, tanggungan biaya kuliah, biaya bisa, biaya perjalanan, tunjangan kedatangan dan kepulangan dan masih banyak hal lainnya.

Baca Juga: Serba-Serbi Beasiswa Chevening 2022 yang Wajib kamu Ketahui

  • Beasiswa Fulbright

Rekomendasi selanjutnya datang dari Beasiswa Fulbright. Sebuah beasiswa yang dikeluarkan oleh Pemerintah Amerika Serikat ini menawarkan ke 155 negara dengan sekitar 7.500 beasiswa yang dialokasikan setiap tahunnya.

Untuk Indonesia sendiri beasiswa ini dikelola oleh AMINEF, lembaga yang mengurusi kerjasama pertukaran pelajar AS – Indonesia. Sama halnya seperti LPDP, beasiswa ini juga memberikan penawaran ke berbagai jenis.

Berbagai jenis diantaranya Fulbright Presidential Scholarship, Fulbright-Freeport Master’s Degree Program, Fulbright Master of Science & Technology Initiative Degree Program dan masih ada jenis lainnya.

  • Beasiswa Australia Awards

Sudah tidak asing lagi dengan beasiswa ini? Salah satu beasiswa luar negeri yang diminati oleh banyak pelajar Indonesia ini merupakan beasiswa yang berasal dari Australia. Lebih tepatnya dari Departemen Tenaga of Foreign Affairs and Trade Australia.

Departemen ini telah melakukan kerjasama dengan negara-negara lain, salah satunya Indonesia. Oleh sebab itu, beasiswa luar negeri ini bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk anda yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan Magister.

Apalagi beasiswa luar negeri S2 Australia ini mempunyai lokasi yang tidak terlalu jauh dari Indonesia, sehingga peminatnya akan membludak. Ditambah ada banyak tunjangan yang akan Anda dapatkan jika lolos di beasiswa Australia Awards.

  • Beasiswa DAAD-EPOS Scholarship

Daftar kuliah beasiswa luar negeri yang satu ini dikeluarkan atau diselenggarakan oleh pemerintah Jerman untuk untuk mahasiswa mancanegara. Beasiswa yang diperuntukkan untuk Anda yang menginginkan melanjutkan pendidikan ke jenjang studi S2 dan S3.

Alasan lain kenapa Anda perlu mencoba beasiswa ini karena cakupan fasilitas yang diberikan sangat mendukung dan memadai selama proses pembelajaran. Jika ingin mendapatkan semua fasilitas tersebut, Anda harus segera memulainya.

Mulailah untuk mempersiapkan dokumen persyaratan dari beasiswa ini. Terpenting lagi, beberapa dokumen seperti sertifikat resmi IELTS dengan skor minimal 6.0 dan dokumen lainnya.

  • Beasiswa Aichi Scholarship Jepang

Buat Anda yang tertarik melanjutkan pendidikan S2 ke negeri Sakura Jepang, beasiswa luar negeri Aichi menjadi pilihan tepat. Tapi, perlu diperhatikan bahwa beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan di bidang Industri Manufaktur.

Hebatnya beasiswa ini, setelah lulus dari jenjang pendidikan Anda bisa langsung bekerja di kawasan industri yang ditunjuk oleh tim penyelenggara yaitu Toyohashi University of Technology, Nagoya University.

Persiapan Daftar Beasiswa

Mau agar persiapan daftar kuliah di luar negeri lebih terarah? -> Yuk siapin bareng mentor Schoters!

Bingung bagaimana cara mendapatkan dokumen persyaratan seperti CV, motivation letter, dan essay? -> Dapatkan semua kebutuhan pendaftaran kamu disini

kuliah ke luar negeri