Mau Kuliah di Luar Negeri? Cek Cara Dapat Beasiswa Luar Negeri Ini!

Info Beasiswa, 09 Okt 2022

Kuliah di luar negeri adalah impian setiap pelajar dan ini adalah Cara Dapat Beasiswa Luar Negeri yang dapat Anda lakukan

Dewasa ini, tidak sedikit pelajar yang memiliki minat untuk menempuh pendidikan tingkat lanjut di luar negeri. Tak heran jika berbagai cara dapat beasiswa luar negeri dilakukan untuk mencapai impian belajar tersebut.

Menggapai mimpi ini bukanlah hal mudah. Pasalnya peminat yang menjadi pesaing dalam memperoleh beasiswa tidaklah sedikit. Berikut ini adalah bahasan tentang apa saja yang harus Anda persiapkan sebagai cara mendapat beasiswa luar negeri. 

Persiapan Sebelum Mendaftar Beasiswa ke Luar Negeri

Persiapan adalah awal dari segalanya, tanpa hal ini Anda mungkin akan menemukan banyak kendala. Baik itu dalam hal administrasi maupun persiapan diri. Berikut ini adalah hal yang harus Anda persiapkan sebelum memulai perjalanan pendidikan Anda.

  • Pertimbangan Nilai

Meski tidak semua penyelenggara beasiswa menjadikan nilai akademis sebagai tolak ukur kelayakan seorang pelajar dalam menerima beasiswa, namun sebagai cara memperoleh beasiswa luar negeri hal ini tetap harus Anda pertimbangkan.

Pasalnya, nilai akademis ini terkadang menjadi tolak ukur penyelenggara beasiswa dalam melihat keseriusan Anda dalam mengejar beasiswa ke luar negeri. Terkecuali, Anda memiliki keunggulan lain di bidang non akademis.

  • Asah Kemampuan Berbahasa Anda

Penting bagi Anda untuk mengasah kemampuan berbahasa Anda, hal ini karena biasanya kemampuan berbahasa menjadi salah satu syarat mendapatkan beasiswa. Bahkan  Tidak sedikit yang mencantumkan nilai minimum kemampuan bahasa.

Anda bisa memulai dengan menghafal kata-kata dalam bahasa asing, mengikuti kursus atau memanfaatkan aplikasi belajar bahasa asing gratis yang juga bisa Anda jadikan alternatif dalam mengasah kemampuan berbahasa Anda.

    Baca Juga: Bisa Lolos Beasiswa Luar Negeri dengan Bimbingan Schoters!

  • Persiapkan Motivation Letter Terbaik

Tindakan selanjutnya yang bisa Anda lakukan dalam cara dapat beasiswa luar negeri adalah mempersiapkan motivation letter. Motivation Letter adalah sebuah essay yang biasanya menjadi syarat wajib dalam penyelenggaraan beasiswa.

Motivation Letter berisi alasan mengapa Anda berhak mendapatkan beasiswa tersebut. Saking pentingnya hal ini, tidak sedikit influencer yang membeberkan tips dan trik dalam membuat motivation letter yang baik.

Sebagai cara dapat beasiswa luar negeri, hindari kalimat “saya sangat berminat atau tertarik untuk belajar budaya lokal di sana atau bahasa disana”. Hal ini akan membuat motivation letter  terlihat sangat biasa dan tidak menarik.

  • Surat Rekomendasi

Surat ini dinilai memiliki peranan penting dalam proses pemilihan peserta penerima beasiswa. Pasalnya surat ini berisi informasi yang dapat menjadi penguat mengapa Anda layak mendapatkan beasiswa tersebut.

  • Merapikan CV dan Portofolio

Hal yang tidak kalah penting dari motivation letter adalah CV dan portofolio. Pastikan Anda membuat CV yang bukan hanya informatif namun juga menarik untuk dipertimbangkan oleh penyelenggara.

Selain itu, menyiapkan portofolio terbaik juga menjadi salah satu cara dapat beasiswa keluar negeri yang paling ampuh. Hal ini karena penyelenggara akan mengutamakan pelajar yang paling kompeten.

Khususnya pelajar yang memiliki pengalaman kerja atau organisasi dalam pendidikan sebelumnya. Kedua hal ini akan membuat  semakin terlihat kompeten dan layak untuk mendapatkan beasiswa.

Bagaimana Cara Memperoleh Beasiswa Gratis ke Luar Negeri?

Setelah persiapan  cukup matang, kini saatnya kita bahas bagaimana cara memperoleh beasiswanya. Selain diselenggarakan langsung oleh perguruan tinggi di luar negeri, ada pula beberapa penyelenggara di Indonesia, diantaranya adalah :

  • Beasiswa LPDP

Merupakan beasiswa yang diselenggarakan oleh pemerintah Indonesia. Dilakukan oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan di bawah pengawasan langsung oleh Kementerian Keuangan.

Selain memfasilitasi beasiswa untuk universitas dalam negeri, program ini juga memfasilitasi pelajar indonesia yang ingin menempuh pendidikan di luar negeri. Program ini bisa menjadi salah satu cara dapat beasiswa luar negeri.

  • Sampoerna Foundation

Beasiswa satu ini diselenggarakan oleh kerjasama pihak swasta. Beasiswa ini menjadi cara mendapatkan beasiswa ke luar negeri setelah lulus SMA dengan patokan nilai rata-rata 70.

Sama seperti beasiswa LPDP, Beasiswa ini juga menyediakan beasiswa pendidikan di dalam maupun di luar negeri. Anda yang mendaftar pada program ini akan mendapat tunjangan biaya pendidikan dan pengembangan pendidikan karakter.

Beasiswa yang Diselenggarakan Langsung Oleh Universitas Luar Negeri

Selain membahas beasiswa yang bisa didapatkan dari penyelenggara dalam negeri, tak lengkap rasanya jika tidak kita bahas beasiswa yang disediakan oleh beberapa universitas besar di dunia, diantaranya adalah :

  • Global Korea Scholarship

Merupakan cara dapat beasiswa kuliah di luar negeri yang disediakan untuk pelajar dari luar korea yang akan melanjutkan pendidikan sarjana dan pascasarjana. Pada program ini, peserta dapat memilih sendiri universitas mana yang diinginkan.

Sebelum memulai proses belajar, peserta beasiswa akan diberikan bekal pelatihan bahasa korea selama 1 tahun. Peserta juga akan diberi berbagai tunjangan seperti biaya hidup, asuransi kesehatan hingga biaya penelitian.

Jika Anda berminat pada cara dapat beasiswa luar negeri S1 ini, Anda dapat memperoleh informasi di www.studyinkorea.go.kr. Pendaftaran akan di buka pada September - Oktober tiap tahunnya untuk pendidikan S1 dan pada Februari untuk S2.

          Baca Juga:Korea Menantimu! Intip Info Lengkap tentang Global Korea Scholarship di sini!

  • Turkiye Burslari Scholarship

Beasiswa satu ini menjadi cara dapat beasiswa luar negeri favorit bagi para pelajar, karena pada persyaratan pendaftarannya peserta tidak diharuskan memiliki sertifikat bahasa seperti IELTS dan TOEFL.

Pada penyelenggaraan beasiswa ini, peserta akan mendapat tunjangan mulai dari tiket pesawat hingga asrama. Anda akan diberi tunjangan penuh selama menempuh pendidikan di Turki. 

  • Beasiswa Dari Pemerintah Rusia

Sama seperti beasiswa di Turki, beasiswa negara ini juga tidak mewajibkan pesertanya memiliki kemampuan bahasa asing yang mumpuni. Pasalnya, pemerintah rusia memberi pendidikan bahasa Rusia secara gratis selama 1 tahun.

Program ini tentu bisa dijadikan cara dapat beasiswa luar negeri, hal ini karena terhitung di tahun 2019, sebanyak 161 pelajar indonesia berhasil melanjutkan pendidikannya di negara Rusia.

Tips Dalam Mengikuti Program Beasiswa Ke Luar Negeri

Memang tidak mudah bersaing dengan ratusan orang yang sama-sama ingin mendapat kesempatan untuk belajar di luar negeri. Untuk itu, berikut ini adalah tips mendapatkan beasiswa luar negeri yang bisa Anda lakukan.

  • Tekad Adalah Kekuatan

Keinginan hanya akan terwujud jika Anda memiliki pondasi tekad yang kuat apapun cara dapat beasiswa luar negeri yang akan dilakukan akan percuma jika tekad yang ada dalam diri Anda tidak kuat. Setiap tes yang Anda lalui hanya akan terasa berat.

  • Pilih Beasiswa Di Negara yang Tidak Terlalu Banyak Peminat

Hal ini dilakukan untuk memperbesar peluang untuk mendapatkan beasiswa. Kemampuan analisis  sangat dibutuhkan disini.  harus bisa melihat di negara mana saja peserta tidak banyak mendaftar.

  • Kirim Lamaran Anda Sesegera Mungkin

Semakin lama kita menunda pekerjaan maka akan semakin besar pula kendala yang akan kita hadapi. Lebih cepat data Anda diterima, lebih cepat pula pihak penyelenggara dapat melihat kompetensi Anda untuk mendapat beasiswa.

Persiapan Daftar Beasiswa

Mau agar persiapan daftar kuliah di luar negeri lebih terarah? -> Yuk siapin bareng mentor Schoters!

Bingung bagaimana cara mendapatkan dokumen persyaratan seperti CV, motivation letter, dan essay? -> Dapatkan semua kebutuhan pendaftaran kamu disini

kuliah ke luar negeri