5 List Beasiswa New Zealand untuk Mahasiswa Indonesia

Info Beasiswa, 21 Sep 2022

Dengan 8 universitas yang menempati urutan 500 Universitas Top Dunia menurut QS World University Rankings 2020, New Zealand menjadi salah satu pusat pendidikan di Dunia. Bagi kamu yang tertarik melanjutkan studi, beasiswa New Zealand membuka peluang bagi mahasiswa internasional untuk ikut bergabung bersama mereka. Tapi, kenapa harus New Zealand?

Kenapa Harus Beasiswa New Zealand?

Sistem pendidikan Selandia Baru terkenal dengan kualitas pendidikannya yang khas dengan menyediakan kelas-kelas kecil untuk memberikan fokus perhatian maksimal kepada guru dan murid, biaya yang cukup terjangkau dibandingkan dengan negara lain, dan kesempatan travelling yang menyenangkan untuk mengeksplor budaya dan alam yang ada.

Selain itu, dengan dikelilingi universitas terbaik di dunia Selandia baru merupakan tempat yang tepat bagi kamu yang ingin mengembangkan bakat dan minatmu secara maksimal. Terlebih fasilitas beasiswa New Zealand yang bisa kamu nikmati. Berikut 5 list beasiswa New Zealand yang bisa kamu coba!

          Baca Juga: Kuasai TOEFL iBT, Sebagai Syarat Pendaftaran Kuliah di New Zealand

New Zealand Government Scholarship

Beasiswa Pemerintah Selandia Baru akan diberikan kepada mahasiswa berprestasi. Beasiswa New Zealand ini juga dapat diberikan oleh calon mahasiswa Sarjana dan Pascasarjana. 

Beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan adalah bebas biaya kuliah, biaya hidup, akomodasi, asuransi kesehatan dan biaya travel. Bukan itu saja, bagi para awardee, kampus yang kamu tuju akan membantu untuk merencanakan akomodasi selama belajar. Biaya kebutuhan sehari-hari akan diberikan sebesar Z$ 491 atau berkisar Rp 4,5 juta per minggunya. 

Namun bagi kamu yang ingin melanjutkan studi dengan beasiswa New Zealand ini di program Magister, kamu harus memiliki pengalaman kerja yang berhubungan dengan bidang studi yang kamu tuju dengan jumlah waktu:

  1. Satu tahun dalam full-time job (minimal 30 jam per minggu), ATAU
  2. Dua tahun dalam part-time job (minimal 29 jam per minggu.).

Sedangkan untuk pendaftaran dan pengumpulan berkasnya bisa diakses melalui sistem aplikasi online dalam website resmi New Zealand  Government Scholarship (MFAT). 

Beasiswa New Zealand dari University of Canterbury

Bagi kamu yang ingin melanjutkan bakat dan minatmu di bidang Ilmu alam dan Teknis, Universitas Canterbury merupakan pilihan yang bagus untukmu. Memegang ranking ke-9 di bidang Teknik Sipil dunia berdasarkan World of Universities Ranking 2021, Universitas Canterbury memberikan dua jenis beasiswa untuk mahasiswa dari Indonesia, yaitu UC International First Year Scholarship dan UC College of Engineering International Scholarship. 

UC International First Year Scholarship diberikan kepada pelajar berprestasi dari seluruh dunia untuk program Sarjana di seluruh bidang studi dengan beasiswa penuh. Beasiswa ini diberikan kepada 7 hingga 25 kandidat selama satu tahun dengan total beasiswa sebesar NZD15.000 atau kurang lebih Rp 135 juta. 

Sedangkan untuk UC College Engineering International Scholarship, diperuntukkan untuk kandidat yang akan melanjutkan studi di bidang teknik. Beasiswa ini diberikan selama satu tahun dengan total NZD15.000 atau sekitar Rp 135 juta. Bahan pertimbangan dari beasiswa New Zealand ini antara lain:

  1. Prestasi akademik.
  2. Bakat, minat dan komitmen di bidang teknik.
  3. Kepribadian yang baik.
  4. Budaya dan social service. 
  5. Keselarasan tujuan dan universitas.

Bagi kamu yang tertarik dengan beasiswa New Zealand UC College ENgineering International Scholarship, kamu dilarang untuk mendapatkan beasiswa dari tempat lain selama masa beasiswa berlangsung.

lolos beasiswa new zealand

Beasiswa New Zealand dari Victoria University of Wellington

Beasiswa New Zealand yang terbuka untuk program Sarjana dan Pascasarjana adalah Tonegrewa Scholarship dari Victoria University of Wellington. Beasiswa New Zealand ini merupakan partial-funded untuk tahun pertama masa studi saja, baik itu S1 ataupun S2. Selama satu tahun, kamu akan mendapatkan total beasiswa sebesar NZD 10.000 atau sekitar Rp 90 juta rupiah. 

Victoria University of Wellington sendiri dikenal dengan fokus studinya di bidang hukum dan ilmu sosial. Universitas ini juga menjadi salah satu 500 Universitas TOP dunia menurut QS World Universities Ranking di tahun 2020.

          Baca Juga: Contoh Motivation Letter untuk Kampus di New Zealand

Beasiswa New Zealand dari University of Otago

Universitas Otago memberikan dua beasiswa yang bisa kamu coba yaitu Vice-Chancellor's Scholarship for International Students (Undergraduate) dan University of Otago Master’s Coursework Scholarship. Masing-masing beasiswa tersebut memberikan total beasiswa sebesar NZD 10.000 atau berkisar Rp 90 juta rupiah.

Pada beasiswa New Zealand ini, kamu hanya bisa mendapatkan beasiswa ini satu kali seumur hidup dan akan dibayarkan untuk satu tahun pertama masa studi. Sedangkan untuk program Pascasarjana, beasiswa hanya berlaku untuk program full-time saja.

Beasiswa New Zealand dari University of Waikato

University of Waikato menawarkan International Excellence Scholarship untuk program S1 dan S2. Durasi beasiswa ini juga menyesuaikan dengan bidang studi yang akan kamu ambil nantinya. Manfaat yang bisa kamu dapat nantinya adalah:

  1. Biaya pendidikan sebesar NZD 20.000 atau Rp 180 juta untuk program sarjana.
  2. Biaya pendidikan untuk program magister sebesar NZD 15.000 atau Rp 135 juta.
  3. Diskon biaya pendidikan sebesar 20% untuk program online.
  4. Biaya bepergian (akan diberikan jika perbatasan sudah dibuka).

Konsultasikan Persiapan Kuliah di New Zealand Sekarang!

Kriteria yang dicari untuk beasiswa ini selain syarat administrasi adalah prestasi akademik dan potensi untuk menjadi ambassador bagi universitas. Berbeda dari yang lain, beasiswa New Zealand ini tidak memiliki deadline tertentu.

Tapi bagi kamu yang masih kesulitan untuk mempersiapkan rencana belajar keluar negeri, Schotres memberikan konseling persiapan kuliah luar negeri dengan awardee beasiswa ternama di dunia melalui program dibawah ini!

konsultasi beasiswa new zealand