Mengenal Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) yang Paling Diminati

Info Beasiswa, 09 Sep 2022

Salah satu program beasiswa yang paling diminati di Indonesia adalah Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI). Program beasiswa ini merupakan hasil kerja sama antara Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudriste) melalui program perluasan program LPDP.

Dilansir dari situs resminya, BPI merupakan program beasiswa yang terdiri dari program beasiswa bergelar (degree) dan program beasiswa nongelar (non-degree). Terdapat beberapa tingkatan pendidikan di program bergelar, yaitu S-1, S-2, dan S-3 yang dikelola langsung oleh Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan. Sedangkan, program nongelar dikelola oleh masing-masing unit dari Direktorat dan Pusat yang ada pada lingkungan Kemendikbudristek. 

Kemendikbudristek menargetkan sekitar 3000 orang sebagai penerima BPI. Tak hanya untuk kampus dalam negeri, tetapi BPI bisa digunakan untuk melanjutkan studi di luar negeri. Salah satu poin pentingnya juga, yakni BPI tak hanya membuka peluang untuk jenjang pendidikan sarjana saja, tetapi beberapa jenjang pendidikan lainnya seperti pendidikan vokasi, magister, doktor, serta beasiswa riset juga menjadi salah satu targetnya. 

Tujuan Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI)

Pemerintah melalui Kemendikbudristek memiliki dua tujuan utama dalam meningkatkan mutu serta kualitas pendidikan bagi para pelajar Indonesia. Mulai dari meningkatkan kemampuan serta kompetensi sumber daya manusia orang-orang Indonesia yang mendukung percepatan pembangunan di negara Indonesia ini.

Tujuan berikutnya adalah dengan mengoptimalkan pemanfaatan Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN) yang ada pada LPDP melalui pemberian beasiswa bergelar atau degree untuk berbagai jenjang pendidikan seperti S-1, S-2, S-3. Pemberian beasiswa nongelar atau non-degree bagi para warga negara Indonesia yang memiliki persyaratan pada perguruan tinggi terbaik di dalam maupun luar negeri dengan berbagai syarat dan kualifikasi yang sesuai dengan peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.

            Baca juga: Beasiswa LPDP Tahap 2 Tahun 2022: Ikuti Info Terbarunya!

Program-Program Beasiswa Pendidikan Indonesia

Untuk meningkatkan penyamarataan kualitas pendidikan bagi masyarakat Indonesia, Beasiswa Pendidikan Indonesia hadir dengan berbagi banyak program pendidikan di berbagai bidang pendidikan. Berikut merupakan daftar lengkapnya yang bisa anda lihat secara mendalam berikut ini.

Degree

Program beasiswa Degree BPI terdiri dari berbagai macam tingkat pendidikan dari berbagai jenjang pendidikan. Berikut merupakan daftar lengkapnya.

  • Beasiswa S-1 atau D4 yang meliputi berbagai program beasiswa diantaranya S-1 atau D4 calon guru SMK di dalam negeri, program beasiswa S-1 pelaku budaya dalam negeri, beasiswa Indonesia Maju dalam dan luar negeri.
  • Beasiswa S-2 yang meliputi berbagai program seperti S-2 dosen perguruan tinggi akademik dari dalam dan luar negeri, program beasiswa S-2 dosen atau calon dosen perguruan perguruan tinggi vokasi dari dalam dan luar negeri, beasiswa S-2 pelaku budaya dari dalam dan luar negeri, beasiswa S-2 guru dalam dan luar negeri, S-2 Joint Degree atau Dual Degree dosen akademik, dosen vokasi, serta beasiswa S-2 prestasi talenta dari dalam maupun luar negeri.
  • Beasiswa S-3 meliputi program beasiswa S-3 dosen perguruan tinggi akademik dari dalam negeri dan luar negeri, beasiswa S-3 dosen atau calon dosen perguruan tinggi vokasi dari dalam negeri dan luar negeri, beasiswa S-3 guru dalam negeri, S-3 joint Degree atau Dual Degree dosen akademik dan dosen vokasi, beasiswa S-3 pelaku budaya dari dalam negeri dan luar negeri, beasiswa S-3 Oxford University, serta beasiswa S-3 dosen pendidikan profesi guru luar negeri.
  • Dan yang terakhir adalah beasiswa LPDP yang sudah disediakan langsung oleh pemerintah.

Non Degree

Untuk program beasiswa non-degree ini merupakan beasiswa untuk jenjang sarjana hingga doktor. Program beasiswa ini merupakan salah satu program bagi anda yang ingin meningkatkan kapabilitas diri. Beberapa program beasiswa dari non-degree ini di antaranya sebagai berikut.

  • Program beasiswa Non-degree Ditjen Dikti
  • Beasiswa Non-degree Ditjen GTK         
            Baca juga: Cara Jitu Lolos Beasiswa dengan Nilai atau IPK Pas-Pasan

Persyaratan Beasiswa Pendidikan Indonesia

Untuk mengikuti Beasiswa Pendidikan Indnesia ini, beberapa langkah pendaftaran harus Hunters lalui. Selain itu, beberapa persyaratan juga harus dilengkapi agar anda bisa mengikuti beasiswa ini. Mulai dari  diterima di perguruan tinggi baik dari dalam maupun luar negeri yang sudah ditetapkan oleh Kemendikbudristek, memiliki bukti LoA Unconditional atau surat tanda terima tanpa syarat sesuai program studi yang anda pilih, tidak mengajukan perpindahan program studi dan perguruan tinggi tujuan tanpa persetujuan kementerian, dan beberapa persyaratan lainnya yang bisa dicek di website resmi Beasiswa Pendidikan Indonesia

Hunters, mungkin kamu belum tahu kalau beasiswa untuk kuliah di luar negeri sebenarnya ada banyak sekali. Mulai dari beasiswa pemerintah, beasiswa dari lembaga swasta, beasiswa dari kampus, dan lain-lain. Mau rekomendasi beasiswa yang cocok dan sesuai profil kamu? -> Dapatkan rekomendasinya dari mentor expert Schoters!

Dapatkan juga bantuan untuk melengkapi berkas pendaftaran beasiswa lewat berbagai layanan dari Schoters.