3 Beasiswa S1 Inggris yang Wajib Kamu Tahu

Sudah bukan rahasia lagi kalau Inggris adalah salah satu negara yang terus menjadi tujuan studi favorit bagi banyak pelajar internasional dari seluruh jenjang pendidikan, termasuk jenjang S1 atau undergraduate. Masalah biaya juga tidak perlu lagi menjadi kendala. Sebab, ada banyak sekali kesempatan beasiswa bagi pelajar yang ingin belajar di berbagai universitas di Inggris. Ingin tahu beasiswa S1 Inggris mana saja yang menarik untuk dicoba?

Untuk itu simak daftar beasiswa S1 Inggris pada ulasan di bawah ini.    

 

1. Beasiswa S1 Inggris: Jardine Scholarship

Beasiswa S1 Inggris pertama yang bisa Hunters coba adalah Jardine Scholarship. Jardine Scholarshipo sendiri merupakan program beasiswa yang ditawarkan oleh Jardine Foundation, sebuah yayasan non-profit milik Jardine Matheson Group, kepada pelajar internasional yang berminat untuk melanjutkan pendidikan tinggi pada jenjang S1 dan S2 di Oxford dan Cambridge University.

Untuk jenjang S1, beasiswa ini dibuka untuk berbagai program studi dengan durasi 3-4 tahun yang berada di bawah kampus atau colleges berikut:

  1. University of Cambridge: Downing, Magdalene, Peterhouse dan Trinity College;
  2. University of Oxford: Exeter, Oriel, The Queen’s dan Trinity College.  

 

Pendaftaran untuk program Jardine Scholarship biasanya dibuka pada bulan Agustus setiap tahunnya.

Cakupan beasiswa

Penerima beasiswa ini akan mendapatkan beberapa keuntungan sebagai berikut:

  1. Biaya kuliah yang akan dibayarkan langsung ke universitas tujuan;
  2. Biaya kampus di luar biaya akomodasi yang dibayarkan langsung kepada kampus/college tujuan;
  3. Tunjangan tahunan dengan jumlah yang ditentukan oleh Jardine Foundation untuk membayar pengeluaran akomodasi dan pengeluaran lainnya;
  4. Biaya UK Immigration Health Surcharge;
  5. Biaya penerbangan kelas ekonomi dari negara asal menuju Inggris di awal masa studi dan biaya penerbangan dari Inggris kembali ke negara asal di akhir studi.

Persyaratan beasiswa

Untuk mendapatkan beasiswa ini, beberapa persyaratan yang harus dipenuhi antara lain:

  1. Pendaftar beasiswa sudah menyelesaikan pendidikan SMA dalam jangka waktu 7 (tujuh) tahun pada saat mendaftar di salah satu kampus di University of Cambridge atau University of Oxford;
  2. Memenuhi standar akademik untuk mendaftar di salah satu kampus di University of Cambridge atau University of Oxford. Selain pencapaian akademik, penyedia beasiswa juga akan menilai pendaftar dari segi karakteristik pribadi, pencapaian di bidang non-akademik seperti olahraga, keterlibatan dalam komunitas dan potensi pendaftar untuk berkontribusi kepada komunitasnya pasca studi;  
  3. Berasal dari negara tempat Jardine Matheson Holdings Limited dan anak perusahaannya beroperasi, termasuk Indonesia;
  4. Sehat jasmani dan rohani;
  5. Belum pernah mendapatkan gelar Sarjana sebelumnya;
  6. Tidak sedang menerima beasiswa penuh lainnya untuk belajar di luar negeri pada saat pendaftaran.

 

  Baca Juga: Kenali Lebih Lanjut Beasiswa Jardine 2023 di Inggris

 

2. Beasiswa S1 Inggris: External Progression Scholarship

Beasiswa S1 Inggris selanjutnya yang bisa Hunters coba adalah External Progression Scholarship. External Progression Scholarship merupakan beasiswa partial yang ditawarkan oleh University of Stirling di Inggris kepada pelajar internasional yang melanjutkan pendidikan jenjang Sarjana di University of Stirling setelah lulus dari INTO, sebuah program persiapan S1 (pathway) yang diselenggarakan oleh University of Stirling atau program pathway lainnya di Inggris yang diakui.

Cakupan beasiswa

Penerima beasiswa ini akan mendapatkan pembebasan biaya kuliah dengan rincian sebagai berikut:

  1. Pelajar yang lulus dari program pathway dengan skor rata-rata 70% ke atas akan mendapatkan pembebasan biaya kuliah sebesar £4,000;
  2. Pelajar yang lulus dari program pathway dengan skor rata-rata 60%-69% akan mendapatkan pembebasan biaya kuliah sebesar £3,000;
  3. Pelajar yang lulus dari program pathway dengan skor rata-rata 50%-59% akan mendapatkan pembebasan biaya kuliah sebesar £2,000. 

Pembebasan biaya kuliah ini hanya berlaku pada tahun pertama studi di University of Stirling.

Persyaratan beasiswa

Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendaftar beasiswa ini antara lain:

  1. Sudah menerima conditional atau unconditional offer of admission untuk salah satu program studi penuh waktu jenjang S1 di University of Stirling;
  2. Merupakan pelajar internasional yang sudah menyelesaikan program pathway yang relevan di salah satu INTO Centre di University of Stirling atau program pathway lainnya yang diakui di Inggris;
  3. Program beasiswa ini hanya berlaku untuk mahasiswa yang belajar di kampus Stirling.

 

  Baca Juga: Rekomendasi Beasiswa S2 di Inggris

 

Tertarik berkuliah di Inggris dengan program beasiswa dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih universitas, beasiswa, persyaratan dokumen hingga interview.

Silahkan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apa pun.👇

 

[Schoters] Form Konsultasi Harvester

 

3. Beasiswa S1 Inggris: University of Bristol’s International Scholarship Programs

Beasiswa S1 Inggris terakhir yang bisa Hunters coba adalah International Scholarship Programs di University of Bristol. Beasiswa ini merupakan kumpulan berbagai program beasiswa yang tersedia bagi pelajar internasional yang berminat melanjutkan pendidikan tinggi di University of Bristol.

Pelajar internasional dapat memilih salah satu dari program beasiswa yang ditawarkan, seperti Think Big Scholarship, Global Accounting and Finance Undergraduate Scholarship atau School of Policy Studies International Undergraduate Scholarships, sesuai dengan program studi tujuan masing-masing.

Cakupan beasiswa

Cakupan beasiswa ini dapat berbeda-beda tergantung dari jenis beasiswa yang dipilih. Meskipun demikian, secara umum program internasional scholarship yang dibuka di University of Bristol ini mencakup beberapa hal sebagai berikut:

  1. Pemberian diskon untuk biaya kuliah selama periode studi di universitas. Apabila nilai beasiswa yang diberikan lebih besar dibandingkan biaya kuliah, maka biaya kuliah akan dibayarkan secara penuh.
  2. Bantuan keuangan berupa tunjangan biaya hidup yang dibayarkan di awal tahun akademik. Untuk jenjang S1, bantuan ini hanya diberikan pada tahun pertama studi.  

Persyaratan beasiswa

Secara umum, berikut adalah beberapa persyaratan yang diminta untuk mendaftar salah satu program beasiswa di University of Bristol:

  1. Pelajar internasional yang sudah mendaftar di salah satu program studi jenjang S1 di University of Bristol, kecuali program studi medicine, dentistry and veterinary science;
  2. Tidak sedang menerima beasiswa lainnya yang bernilai lebih dari biaya kuliah penuh di University of Bristol.

 

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Beasiswa S1 Inggris

Ingin lolos bimbingan persiapan beasiswa S1 Inggris? Yuk, konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat universitas luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

beasiswa s1 inggris

Sumber artikel:

  1. Website resmi Jardine Scholarship. www.jardines.com
  2. Website resmi University of Stirling. www.stir.ac.uk
  3. Website resmi University of Bristol. www.bristol.ac.uk