Beasiswa SISGP 2023: Kesempatan Studi S2 di Swedia Fully Funded

Apa itu Beasiswa SISGP? Beasiswa SISGP (Swedish Institute Scholarship for Global Professionals) adalah beasiswa yang diberikan oleh Pemerintah Swedia. Dari namanya, kita bisa tahu bahwa beasiswa ini ditujukan untuk para pekerja profesional atau sudah memiliki minimal 2 tahun pengalaman bekerja atau setara dengan 3.000 jam. 

Beasiswa SISGP ini diberikan kepada mahasiwa jenjang S2 untuk menempuh jenjang master di kampus-kampus ternama di Swedia di tahun 2023. Khususnya untuk bidang studi yang berkontribusi pada Agenda for Sustainable Development PBB tahun 2030. Para penerima beasiswa sudah harus memiliki ide yang konkret mengenai bagaimana pengetahuan mereka dapat digunakan untuk menyukseskan Agenda for Sustainable Development di Indonesia.

Baca juga: Beasiswa Erasmus+ untuk Kuliah S2 dan S3 di Berbagai Negara Uni Eropa

Swedia adalah salah satu negara yang terletak di Skandinavia. Oleh karena itu, negara ini memiliki suhu rata-rata pada 21 derajat celcius pada musim panas, dan hingga -1 derajat celcius pada musim dingin. Negara yang memiliki pemandangan bentang alam yang menakjubkan ini menawarkan tempat kuliah yang sangat kondusif dan suportif. 

Universitas-universitas di Swedia juga sangat terkenal akan keunggulannya di berbagai macam riset serta dukungan pemerintah dalam bentuk pendanaan. Kalian pasti tidak asing dengan teknologi Bluetooth bukan? Inovasi ini adalah buah tangan dari Jaap Haartsen, seorang periset di Swedia.

Selain itu, Swedia merupakan rumah bagi perusahaan inovatif seperti Ericsson, IKEA, Volvo, Electrolux, Skype, Spotify, dan lainnya. Sehingga riset dan inovasi pasti akan didukung oleh lingkungan yang sangat sesuai.

Jika kalian kuliah di Swedia dan memiliki waktu lebih, kalian bisa mencari pekerjaan paruh waktu. Sehingga kalian bisa menambah pengalaman sekaligus saat menimba ilmu.

Beasiswa SISGP ini diberikan kepada mahasiwa jenjang S-2 untuk menempuh jenjang master di kampus-kampus ternama di Swedia. Khususnya untuk bidang studi yang berkontribusi pada Agenda for Sustainable Development PBB tahun 2030. Para penerima beasiswa sudah harus memiliki ide yang konkret mengenai bagaimana pengetahuan mereka dapat digunakan untuk menyukseskan Agenda for Sustainable Development di Indonesia.

Kalian bisa mendaftar di 30 universitas berikut menggunakan beasiswa SISGP yang diurutkan sesuai abjad:

  1. Blekinge Institute of Technology 
  2. Chalmers University of Technology
  3. Dalarna University
  4. Halmstad University
  5. Jönköping University
  6. Karlstad University
  7. Karolinska Institutet
  8. Konstfack University of Arts, Crafts and Design
  9. Kristianstad University
  10. KTH Royal Institute of Technology
  11. Linköping university
  12. Linnaeus University
  13. Luleå University of Technology
  14. Lund University
  15. Malmö University
  16. Mid Sweden University
  17. Mälardalens University
  18. Stockholm School of Economics
  19. Stockholm University
  20. Swedish Defence University
  21. Swedish University of Agricultural Sciences
  22. Södertörn University
  23. Umeå University
  24. University of Borås
  25. University of Gothenburg
  26. University of Gävle
  27. University of Skövde
  28. University West
  29. Uppsala University
  30. Örebro University

Jurusan atau program studi yang tersedia bermacam-macam, dari sains murni, sains terapan, ilmu sosial, ekonomi, hingga humaniora. Untuk daftar lengkap jurusan atau program studinya, kalian dapat mengakses laman SISGP.

Sebagai referensi, menurut QS World University Ranking, top 3 universitas di Swedia adalah: KTH Royal Institute of Technology yang menduduki peringkat 89 universitas terbaik dunia. Kemudian ada Lund University yang berada di peringkat 95 universitas terbaik dunia. Ketiga adalah Chalmers University of Technology yang menduduki peringkat 125 universitas terbaik dunia.

Jika kalian berminat untuk melanjutkan studi S2 di KTH Royal Institute of Technology, bidang-bidang yang unggul adalah energy, materials science, ICT, medical and biomedical technology, dan transport. 

Di Lund University, program-program yang unggul adalah economics and management, engineering and technology, medicine, science, dan social sciences.

Di Chalmers University of Technology, fokus studi mereka berada pada riset mengenai teknologi dan ilmu sains.

Cakupan Beasiswa

  1. Biaya pendidikan penuh (full tuition fee) yang dibayarkan langsung ke universitas. 
  2. Biaya hidup sebesar SEK 11.000 selama masa studi, 1 atau 2 tahun tergantung program studi.
  3. Biaya asuransi kesehatan dan kecelakaan.
  4. Tunjangan transportasi untuk ke Swedia sebesar SEK 15.000 yang dibayarkan 1 kali.
  5. Keanggotaan di SI Network for Future Global Professionals (NFGP) dan SI Alumni Network, sebuah jejaring yang dapat membantu perkembangan jaringan antar para professional.

 

Tertarik kuliah di Swedia dan ingin berkonsultasi lebih lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih jurusan, beasiswa,  persiapan dokumen, hingga interview. Silakan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apapun👇

[Schoters] Form Konsultasi Harvester

Persyaratan Beasiswa SISGP

Persyaratan untuk mendaftar beasiswa ini ada dua; persyaratan bekerja dan dokumen. 

1. Persyaratan Bekerja

  1. Bekerja penuh atau paruh waktu setidaknya 3.000 jam sebelum tanggal 10 Februari tiap tahunnya dengan maksimal 3 tempat bekerja yang berbeda.
  2. Surat keterangan bekerja dari organisasi atau perusahaan tempat bekerja. 
  3. Mengisi formulir bukti telah bekerja selama lebih dari 3.000 jam yang disediakan oleh Swedish Institute, termasuk pekerjaan penuh waktu maupun paruh waktu.
  4. Memiliki pengalaman dalam kepemimpinan dalam bekerja atau selama ikut serta dalam jejaring organisasi sosial kemasyarakatan.
  5. Jika ada, lampirkan bukti keikutsertaan dalam jejaring organisasi sosial kemasyarakatan di samping pekerjaan utama. 
  6. Jika diterima menjadi penerima beasiswa, kalian tidak diwajibkan untuk resign dari pekerjaan kalian.

2. Persyaratan Dokumen

Swedish Institute menyediakan template dari dokumen-dokumen dibawah ini. Jadi pastikan kalian mengunduh templatenya dan menuliskan data diri dan lainnya di template berikut ini. 

  1. Curriculum Vitae (maksimal 3 halaman, lebih dari itu tidak akan dipertimbangkan)
  2. Letter of Reference.
    1. Surat rekomendasi ini harus ditandatangani oleh pemberi rekomendasi dan diberi cap basah organisasi tempat pemberi rekomendasi bekerja atau dari notaris.
    2. Dokumen ini harus diketik isinya kemudian dicetak, ditandatangani oleh pemberi rekomendasi, dicap, dan diunggah dalam format PDF.
    3. Kalian harus melampirkan 2 surat rekomendasi dari 2 orang pemberi rekomendasi. Salah satu pemberi rekomendasi harus berasal dari tempat bekerja atau organisasi sosial kemasyarakatan.
  3. Bukti bekerja dan pengalaman kepemimpinan
  4. Salinan paspor atau KTP Harus berisi nama, kewarganegaraan, dan foto dan harus masih dalam masa berlaku.
  5. Motivation letterBaca juga: Ingin Kuliah ke Swedia? Cek Alternatif Beasiswa Lainnya Disini!

     

     

Timeline Estimasi Pendaftaran Beasiswa SISGP 2023

  1. 17 Oktober – 16 Januari: Pendaftaran ke universitas tujuan
  2. 10 – 28 Februari: Pendaftaran beasiswa SISGP
  3. 1 – 29 Maret: Seleksi pendaftaran beasiswa SISGP 
  4. 30 Maret: Pemberitahuan hasil pendaftaran universitas tujuan
  5. 31 – 27 April: Pengumuman penerima beasiswa SISGP

Info Lainnya Seputar Studi di Swedia

Jika kamu ingin melanjutkan studi di Swedia, kamu mungkin bisa mencoba program SISGP (Swedish Institute Scholarship for Global Professional) S2 yang ditawarkan kepada calon mahasiswa yang berminat untuk melanjutkan pendidikan jenjang S2 di Swedia. Tapi sebelum mendaftar SISGP, kamu juga perlu tahu beberapa hal menarik tentang pendidikan di Swedia, mulai dari biaya pendidikan yang harus dikeluarkan, hingga alasan utama yang mendorong banyak orang untuk melanjutkan studi di Swedia.

Biaya pendidikan di Swedia

Untuk melanjutkan pendidikan di Swedia, biaya yang harus kamu keluarkan bisa berbeda-beda tergantung universitas, program studi, dan jenjang pendidikan yang dipilih. 

Untuk program studi di bawah kategori social sciences and humanities, misalnya, pelajar internasional bisa menghabiskan biaya sekitar 80.000 SEK hingga 110.000 SEK setiap tahunnya. Untuk program studi lain di bawah kategori technical and natural sciences, biaya yang dikeluarkan bisa lebih tinggi dan berkisar sekitar 120.000 SEK sampai dengan 145.000 SEK setiap tahun. Terakhir, untuk program-program studi di bawah kategori architecture and design, pelajar internasional bisa membayar sekitar 190.000 SEK hingga 295.000 SEK per tahun akademik. 

Selain biaya pendidikan, seluruh pelajar internasional yang ingin mendaftar di perguruan tinggi di Swedia juga harus membayar biaya pendaftaran (application fee) yang tidak dapat dikembalikan (non-refundable) sebesar 900 SEK saat mendaftar melalui portal Swedish Council for Higher Education. Biaya ini berlaku untuk 1 (satu) semester, sehingga kamu punya kesempatan untuk mendaftar banyak program studi di Swedia dalam 1 (satu) semester pendaftaran dengan hanya membayar 1 (satu) kali biaya pendaftaran. 

Tentu saja selain biaya pendidikan, kamu juga harus mempertimbangkan biaya hidup (living cost) yang harus dikeluarkan saat berkuliah di Swedia. Biaya ini dapat berbeda-beda tergantung lokasi tempat kamu belajar. Secara umum, biaya hidup yang harus dikeluarkan untuk belajar di Swedia berkisar sekitar 9.450 SEK per bulan.

Bahasa yang digunakan di Swedia

Bahasa resmi yang digunakan di Swedia adalah bahasa Swedia (Swedish). Meskipun begitu, kamu tidak perlu khawatir dengan kendala bahasa mengingat sebagian besar orang Swedia mampu menggunakan bahasa Inggris untuk kehidupan sehari-hari. Kamu juga bisa memilih banyak program studi yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar utama.

Sistem pendidikan di Swedia

Sebagai negara yang dianggap memiliki salah satu sistem pendidikan terbaik di dunia, pendidikan tinggi di Swedia dibagi ke dalam 3 (tiga) jenjang yang disebut dengan cycle – first cycle setara dengan jenjang S1 (Bachelor), second cycle setara dengan jenjang S2 (Master), dan third cycle setara dengan jenjang S3 (Doktoral). Selain itu, Swedia juga memiliki sistem kredit perkuliahan (högskolepoäng) yang kompatibel sistem kredit ECTS (The European Credit Transfer and Accumulation System) yang digunakan di Eropa, di mana 40 minggu dalam 1 (satu) tahun akademik setara dengan 60 kredit.

Menariknya lagi, sistem pendidikan tinggi di Swedia tidak memiliki klasifikasi penilaian nasional sehingga Grade Point Average (GPA) atau Indeks Prestasi Kumulatif tidak digunakan di Swedia.

Alasan memilih belajar di Swedia

Terdapat banyak sekali alasan yang mendorong pelajar internasional untuk memilih Swedia sebagai tujuan studi favorit. 

Alasan pertama, tentu saja, adalah kualitas pendidikan yang ditawarkan oleh universitas terbaik dunia yang berlokasi di Swedia. Tidak hanya kualitas pendidikan yang tinggi, berbagai program studi di Swedia juga membuka kesempatan untuk menggabungkan studi dan praktik kerja sehingga mahasiswa dapat langsung memiliki pengalaman kerja setelah lulus.

Selain itu, alam Swedia yang indah, kebudayaannya yang kaya sejarah, kendala bahasa yang nyaris tidak ada, serta berbagai pengalaman unik yang dapat dicoba oleh pelajar internasional di Swedia menjadikan Swedia sebagai negara yang menarik sebagai lokasi belajar.  

Kuliah S2 di Swedia dengan Beasiswa SISGP bersama Schoters!

Masih ada pertanyaan seputar pendaftaran beasiswa SISGP? Yuk konsultasikan langsung bersama konsultan experts Schoters agar persiapan beasiswamu lebih terarah.

Butuh bimbingan penulisan dokumen pendaftaran SISGP seperti CV dan Motivation Letter? Cek program bimbingan terbaik di Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

 

SISGP (swedish institute scholarship for global professional) S2