Beasiswa SISGP: Kuliah S-2 di Swedia dengan Beasiswa Fully Funded

Info Beasiswa, 02 Des 2022

Apa itu Beasiswa SISGP? Beasiswa SISGP (Swedish Institute Scholarship for Global Professionals) adalah beasiswa yang diberikan oleh Pemerintah Swedia. Dari namanya, kita bisa tahu bahwa beasiswa ini ditujukan untuk para pekerja profesional atau sudah memiliki minimal 2 tahun pengalaman bekerja atau setara dengan 3.000 jam. 

Beasiswa SISGP ini diberikan kepada mahasiwa jenjang S-2 untuk menempuh jenjang master di kampus-kampus ternama di Swedia. Khususnya untuk bidang studi yang berkontribusi pada Agenda for Sustainable Development PBB tahun 2030. Para penerima beasiswa sudah harus memiliki ide yang konkret mengenai bagaimana pengetahuan mereka dapat digunakan untuk menyukseskan Agenda for Sustainable Development di Indonesia.

          Baca juga: Beasiswa Erasmus+ untuk Kuliah S2 dan S3 di Berbagai Negara Uni Eropa

Cakupan Beasiswa

  1. Biaya pendidikan penuh (full tuition fee) yang dibayarkan langsung ke universitas. 
  2. Biaya hidup sebesar SEK 11.000 selama masa studi, 1 atau 2 tahun tergantung program studi.
  3. Biaya asuransi kesehatan dan kecelakaan.
  4. Tunjangan transportasi untuk ke Swedia sebesar SEK 15.000 yang dibayarkan 1 kali.
  5. Keanggotaan di SI Network for Future Global Professionals (NFGP) dan SI Alumni Network, sebuah jejaring yang dapat membantu perkembangan jaringan antar para professional.

kuliah ke luar negeri

Persyaratan Beasiswa SISGP

Persyaratan untuk mendaftar beasiswa ini ada dua; persyaratan bekerja dan dokumen. 

Persyaratan Bekerja

  1. Bekerja penuh atau paruh waktu setidaknya 3.000 jam sebelum tanggal 10 Februari tiap tahunnya dengan maksimal 3 tempat bekerja yang berbeda.
  2. Surat keterangan bekerja dari organisasi atau perusahaan tempat bekerja. 
  3. Mengisi formulir bukti telah bekerja selama lebih dari 3.000 jam yang disediakan oleh Swedish Institute, termasuk pekerjaan penuh waktu maupun paruh waktu.
  4. Memiliki pengalaman dalam kepemimpinan dalam bekerja atau selama ikut serta dalam jejaring organisasi sosial kemasyarakatan.
  5. Jika ada, lampirkan bukti keikutsertaan dalam jejaring organisasi sosial kemasyarakatan di samping pekerjaan utama. 
  6. Jika diterima menjadi penerima beasiswa, kalian tidak diwajibkan untuk resign dari pekerjaan kalian.

Persyaratan Dokumen

Swedish Institute menyediakan template dari dokumen-dokumen dibawah ini. Jadi pastikan kalian mengunduh templatenya dan menuliskan data diri dan lainnya di template berikut ini. 

  1. Curriculum Vitae (maksimal 3 halaman, lebih dari itu tidak akan dipertimbangkan)
  2. Letter of Reference.
    1. Surat rekomendasi ini harus ditandatangani oleh pemberi rekomendasi dan diberi cap basah organisasi tempat pemberi rekomendasi bekerja atau dari notaris.
    2. Dokumen ini harus diketik isinya kemudian dicetak, ditandatangani oleh pemberi rekomendasi, dicap, dan diunggah dalam format PDF.
    3. Kalian harus melampirkan 2 surat rekomendasi dari 2 orang pemberi rekomendasi. Salah satu pemberi rekomendasi harus berasal dari tempat bekerja atau organisasi sosial kemasyarakatan.
  3. Bukti bekerja dan pengalaman kepemimpinan
  4. Salinan paspor atau KTP Harus berisi nama, kewarganegaraan, dan foto dan harus masih dalam masa berlaku.
  5. Motivation letter

          Baca juga: Ingin Kuliah ke Swedia? Cek Alternatif Beasiswa Lainnya Disini!

Timeline Pendaftaran Beasiswa

  1. 17 Oktober - 16 Januari: Pendaftaran ke universitas tujuan
  2. 10 - 28 Februari: Pendaftaran beasiswa SISGP
  3. 1 - 29 Maret: Seleksi pendaftaran beasiswa SISGP 
  4. 30 Maret: Pemberitahuan hasil pendaftaran universitas tujuan
  5. 31 - 27 April: Pengumuman penerima beasiswa SISGP

Melanjutkan kuliah jenjang S3 sudah menjadi keharusan bagi para dosen Indonesia. Dengan beasiswa S3 luar negeri, para dosen dapat lebih terfasilitasi. Jika kalian adalah salah satu dari dosen yang sedang mencari beasiswa S3 luar negeri yang cocok, artikel ini sangat cocok bagi kalian. Berikut 10 rekomendasi beasiswa S3 luar negeri terbaru yang bisa jadi akan kalian dapatkan tahun depan. Yuk simak apa saja!


1. Stipendium Hungaricum di Hungaria

Beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Hungaria ini mempersilakan kalian untuk memilih lebih dari 600 program studi di 28 universitas di Hungaria. Cakupan dari beasiswa ini adalah biaya pendidikan, biaya hidup, akomodasi, dan asuransi. Pendaftaran untuk beasiswa ini dibuka pada bulan November hingga Januari.


2. DAAD EPOS di Jerman

Bagi kalian yang sudah memiliki pengalaman setidaknya 2 tahun, kalian dapat mendaftar pada beasiswa ini. Diberikan oleh pemerintah Jerman khusus untuk pendaftar pada program studi economics, engineering, urban planning, agriculture, natural and environmental sciences, medicine, social science, dan media studies.

Beasiswa ini mencakup biaya hidup, asuransi, transportasi, dan subsidi tempat tinggal. Biaya kuliah tidak ditanggung karena memang pendidikan tinggi di Jerman itu gratis. 


3. Government of Ireland - International Education Scholarship (GOI-IES) di Irlandia

Jika mendapat beasiswa ini, kalian dibebaskan untuk memilih berbagai program studi yang ditawarkan di 28 universitas di Irlandia. Namun, kalian wajib diterima di universitas tujuan terlebih dahulu untuk kemudian direkomendasikan untuk mendapatkan beasiswa ini. Beasiswa ini mencakup biaya biaya kuliah dan biaya hidup sebesar GBP 10.000 selama 1 tahun. 


4. Malaysian International Scholarship di Malaysia

Beasiswa ini membebaskan kalian untuk mendaftar pada universitas manapun di Malaysia. Namun, beasiswa ini diprioritaskan untuk pendaftar pada program studi science and engineering, agriculture and fisheries, economics, ICT, biotechnology, biosecurity, infrastructure, environmental studies, dan kesehatan.

Cakupan beasiswa ini adalah biaya kuliah, biaya hidup, tiket pergi pulang, asuransi kesehatan, dan biaya penelitian serta konferensi. Jika kalian berminat, pendaftaran untuk beasiswa ini dibuka pada tanggal 15 Mei hingga 15 Juni setiap tahunnya.

 

5. Chulalongkorn International Graduate Scholarship di Thailand

Universitas terbaik di negeri gajah putih ini memberikan beasiswa yang mencakup biaya pendidikan, biaya hidup, biaya penelitian, dan biaya konferensi. Selain itu, kesempatan untuk mendapatkan beasiswa lebih melalui program Teaching Assistant dan Research Assistant juga terbuka. Periode pendaftaran beasiswa ini dibuka sepanjang tahun karena kalian dapat memilih untuk masuk pada semester ganjil maupun genap.


6. Chinese Government Scholarship di Tiongkok

Beasiswa ini memungkinkan kalian untuk mendaftar pada lebih dari 207 universitas di Tiongkok. Ada 3 jalur pendaftaran beasiswa ini, yakni melalui rekomendasi dari universitas kalian, langsung mendaftar pada universitas tujuan, dan melalui Kedutaan Besar Tiongkok yang ada di Jakarta. Pendaftaran dibuka pada bulan Desember hingga April.


7. Ministry of Education Taiwan Scholarship di Taiwan

Beasiswa ini terbuka untuk seluruh program studi di Taiwan. Cakupan dari beasiswa ini adalah biaya kuliah dan biaya hidup. Untuk mendaftar, kalian harus mengirimkan seluruh berkas pendaftaran pada kantor perwakilan pemerintah Taiwan yakni Taipei Economic and Trade Office yang ada di Jakarta atau Surabaya.


8. Monbukagakusho (MEXT) Scholarship di Jepang

Beasiswa ini mencakup biaya kuliah, biaya hidup, biaya perjalanan pergi pulang, serta biaya kursus bahasa Jepang selama 1 tahun. Untuk mendaftar, kalian bisa memilih 1 dari 2 jalur yang dibuka: melalui universitas tujuan dan melalui kedutaan besar dan konsulat Jepang yang ada di beberapa kota besar.


9. Global Korea Scholarship (GKS) di Korea Selatan

Kuota beasiswa ini untuk Indonesia sebanyak 69 orang per tahun. Jika diterima, kalian akan mendapat biaya pendidikan, biaya hidup, asuransi kesehatan, kursus bahasa Korea selama 1 tahun, biaya penelitian, hingga dana kelulusan. Pendaftaran dibuka pada bulan Februari setiap tahunnya.


10. Australia Awards Scholarship di Australia

Beasiswa ini memberikan kesempatan kepada kalian untuk memilih program studi di universitas manapun di Australia. Dengan cakupan biaya kuliah, biaya perjalanan pergi pulang, biaya kepindahan, biaya hidup, asuransi, hingga biaya kuliah lapangan. Untuk mendaftar beasiswa ini kalian dapat mengisi formulir pendaftaran secara online pada sistem OASIS dari tanggal 1 Februari hingga 29 April setiap tahunnya.

Kuliah S-2 di Swedia dengan Beasiswa SISGP bersama Schoters!

Masih ada pertanyaan seputar pendaftaran beasiswa SISGP? -> Tanya jawab langsung bersama konsultan experts Schoters

Butuh bimbingan penulisan dokumen pendaftaran SISGP seperti CV dan Motivation Letter? -> Dapatkan program bimbingan terbaik di Schoters!

kuliah ke luar negeri