Menuntut Ilmu dengan Beasiswa Universita Degli Studi di Padova Italia

Info Beasiswa, 10 Nov 2022

Universita Degli Studi di Padova atau yang biasa disebut juga sebagai Universitas Padua, adalah salah satu universitas terbaik di Italia yang senantiasa menjadi destinasi studi favorit bagi pelajar internasional yang berminat untuk melanjutkan studi di Italia. Universitas yang sudah berdiri sejak tahun 1222 ini membuka program untuk berbagai bidang studi seperti social sciences, arts and humanities, life sciences, psychology, business and economics, engineering and technology, law, physical sciences, clinical, pre-clinical and health, education dan computer science.

Untuk mendukung pelajar internasional dari segi pembiayaan, universitas yang berlokasi di Kota Padua, sebuah kota di bagian utara Italia ini juga membuka program beasiswa Universita Degli Studi di Padova Italia setiap tahunnya. Terdapat 2 (dua) jenis beasiswa berbeda yang termasuk dalam program beasiswa ini antara lain:

  • Padua International Excellence Scholarship
  • Program beasiswa lainnya yang dibuka oleh beberapa fakultas khusus di Universitas Padua.

Padua International Excellence Scholarship

Padua International Excellence Scholarship adalah program beasiswa yang diberikan kepada pelajar internasional yang memiliki pencapaian akademik terbaik di program studi masing-masing. Beasiswa ini hanya diberikan kepada pelajar internasional yang ingin melanjutkan studi di program studi berbahasa Inggris baik di jenjang S-1 maupun S-2 di Universitas Padua. Penerima beasiswa juga mungkin akan diminta menjadi duta atau perwakilan universitas pada berbagai acara.

Cakupan Beasiswa

Program beasiswa ini mencakup beberapa hal sebagai berikut:

  1. Biaya hidup sebesar 8.000 Euro
  2. Pembebasan biaya kuliah setiap tahun akademik (penerima beasiswa tetap harus membayar biaya administrasi)

Sebagai catatan, beasiswa ini hanya diberikan untuk periode waktu maksimal 2 (dua) tahun untuk program studi Master dan 3 (tiga) tahun untuk program studi Sarjana. 

Persyaratan Beasiswa

  1. Memiliki ijazah sekolah menengah atas untuk pelamar program studi S-1 dan ijazah sarjana untuk pelamar program studi S-2
  2. Bukan warga negara Italia dan tidak sedang tinggal di Italia
  3. Sudah mendaftar ke program berbahasa Inggris di Universitas Padua sesuai dengan ketentuan dan sebelum waktu pendaftaran ditutup. Calon penerima beasiswa dapat mendaftar paling banyak di 3 (tiga) program studi yang berbeda
  4. Membayar biaya pendaftaran sebesar 30 Euro

           Baca juga: Berburu Gelar Doktor dengan 5 Beasiswa S-3 di Italia

Prosedur Pendaftaran dan Dokumen yang Diperlukan

Tidak ada aplikasi beasiswa khusus untuk program beasiswa yang satu ini. Seluruh pelajar internasional yang memenuhi syarat dan sudah mendaftar ke program berbahasa Inggris di Universitas Padua akan secara otomatis diseleksi sebagai calon penerima beasiswa.

Beberapa dokumen yang diperlukan untuk pendaftaran program bahasa Inggris di Universitas Padua antara lain:

Untuk pendaftar jenjang S-1

  • CV atau resume dalam bahasa Inggris
  • Motivational letter dalam bahasa Inggris
  • Transkrip nilai
  • Ijazah sekolah menengah atas yang didapat setelah mengikuti studi setidaknya selama 12 tahun.
  • Paspor
  • Surat bukti kemampuan berbahasa Inggris (apabila diperlukan oleh program studi yang dituju)
  • Dokumen lain yang dibutuhkan sesuai ketentuan program studi yang dituju

Untuk pendaftar jenjang S-2

  • CV atau resume dalam bahasa Inggris
  • Motivational letter dalam bahasa Inggris
  • Transkrip   
  • Ijazah jenjang pendidikan S-1
  • Paspor
  • Surat bukti kemampuan berbahasa Inggris (apabila diperlukan oleh program studi yang dituju)
  • Dokumen lain yang dibutuhkan sesuai ketentuan program studi yang dituju

Program Beasiswa Lainnya

Selain Padua International Excellence Scholarship, Universitas Padua juga menawarkan berbagai program beasiswa lainnya untuk pelajar internasional yang berminat melanjutkan studi di program studi berbahasa Inggris di beberapa fakultas yang berbeda. Fakultas atau departemen yang menawarkan beasiswa tersebut antara lain:

  1. Department of Comparative Biomedicine and Food Science, untuk program studi Animal Care di tingkat S-1 dan Biotechnologies for Food Science di tingkat S-2 dengan nilai beasiswa mencapai 2.400 Euro untuk periode studi 1 (satu) tahun.
  2. Department of Biology, untuk program studi Marine Biology di tingkat S-2 dengan nilai beasiswa mencapai 7.372 Euro untuk periode studi 1 (satu) tahun.
  3. Department of Philosophy, Sociology, Education and Applied Psychology untuk program studi Clinical, Social and Intercultural Psychology di tingkat S2 dengan nilai beasiswa mencapai 5.500 Euro untuk periode studi 1 (satu) tahun.
  4. Department of Physics and Astronomy untuk program studi Astrophysics and Cosmology serta Physics of Data di tingkat S-2 dengan nilai beasiswa mencapai 8.000 Euro untuk periode studi 2 (dua) tahun.
  5. Department of Information Engineering untuk program studi Information Engineering di tingkat S-1 dan program studi ICT for Internet and Multimedia, Computer Engineering, Control System Engineering dan Electronic Engineering di tingkat S2 dengan nilai beasiswa mencapai 5.500 Euro untuk periode studi 1 (satu) tahun.
  6. Department of Industrial Engineering untuk program studi Chemical and Process Engineering, Energy Engineering dan Material Engineering di tingkat S-2 dengan nilai beasiswa mencapai 7.500 Euro untuk periode studi 1 (satu) tahun.
  7. Department of Mathematics untuk program studi Cybersecurity, Data Science, Computer Science dan Mathematics di tingkat S-2 dengan nilai beasiswa mencapai 5.530 Euro untuk periode studi 2 (dua) tahun.
  8. Department of Medicine untuk program studi Medicine and Surgery di tingkat S-1 dan Food and Health di tingkat S-2 dengan nilai beasiswa mencapai 5.500 Euro untuk periode studi 1 (satu) tahun
  9. Department of Developmental Psychology and Socialization untuk program studi Development and Educational Psychology di tingkat S-2 dengan nilai beasiswa mencapai 5.500 Euro untuk periode studi 1 (satu) tahun  
  10. Department of Political Science, Law and International Studies (SPGI) untuk program studi Human Rights and Multi Level Governance dan European and Global Studies di tingkat S-2 dengan nilai beasiswa mencapai 5.760,37 Euro untuk periode studi 1 (satu) tahun
  11. Department of Land, Environment, Agriculture and Forestry (TeSAF) untuk periode studi 1 (satu) tahun

                   Baca juga: Italian Government Scholarship (MAECI) untuk Kuliah S-2 dan S-3 di Italia

Siap Mendaftar Beasiswa Impianmu?

Masih ragu atau sudah yakin bisa menaklukkan beasiswa incaran kamu? Konsultasikan keraguan kamu kepada konsultan experts Schoters.

Ingin mendapatkan program bimbingan persiapan beasiswa yang paling tepat untuk kamu? Dapatkan program terbaik di sini.

beasiswa universita degli studi di padova italia