13 Tips Belajar Bahasa Jepang untuk Pemula dan Persiapan Kuliah

Tips & Trik, 17 Des 2022

Jepang merupakan salah satu negara tujuan kuliah di luar negeri yang diidamkan banyak orang. Negeri Sakura adalah negara yang gemar memadukan teknologi tinggi ke dalam tatanan masyarakatnya sambil tetap setia pada budayanya yang unik. Oleh karena hal itu, Jepang menjadi salah satu tujuan studi yang semakin populer di kalangan masyarakat Indonesia. Mengejar gelar sarjana di Jepang juga lebih terjangkau dibandingkan banyak negara G7 lainnya dan ada banyak peluang beasiswa yang tersedia. Nah, sebagai persiapan kuliah di Negeri Sakura, kamu perlu belajar bahasa Jepang. Berikut enam tips belajar bahasa Jepang untuk pemula!

1. Kumpulkan Niat dan Alasan Belajar

Belajar bahasa baru memang menantang dan terkadang bisa membuat frustasi. Karenanya, kamu perlu mengumpulkan niat dan alasan belajar yang kuat untuk menghadapi batu rintangan tersebut. Oleh karena itu kamu bisa memulai tahap belajar bahasa Jepang pemula terlebih dahulu. 

Kemudian kamu bisa melanjutkan tujuan belajar bahasa Jepang untuk persiapan kuliah. Jadikan itu sebagai alasan utama untuk terus belajar meskipun menemui rintangan. Selama ada niat dan semangatnya terus membara, cuma soal waktu kamu akan bisa menguasai bahasa Jepang.

2. Mulailah dari Hiragana dan Katakana

Sebagai pemula yang baru belajar bahasa Jepang, sebaiknya mulailah belajar dari Hiragana dan Katakana karena keduanya adalah huruf yang wajib dipelajari agar kamu bisa menguasai skill dasar bahasa Jepang.

Jumlah huruf keduanya masing-masing adalah 46. Cobalah berlatih tulis dan baca sesering mungkin agar cepat hafal. Tipsnya, cobalah beli kertas tabel berisi huruf  katakana dan hiragana, kemudian tempel di tempat yang mudah kamu lihat, seperti pintu kamar dan meja belajar.

            Baca juga: Beasiswa MEXT-Undergraduate (Gakubu) untuk Kuliah di Jepang

3. Biasakan Mendengar Bahasa Jepang

Cara paling murah yang bisa kamu jadikan sarana belajar bahasa Jepang untuk pemula adalah membiasakan diri mendengarkan native. Kamu bisa membiasakan diri mendengar bahasa Jepang dengan menonton anime atau film jepang, serta mendengarkan lagu berbahasa Jepang. 

Sekarang juga ada podcast bahasa yang bisa dengan mudah didengarkan kapan saja. Kamu dapat menemukan banyak podcast bahasa Jepang yang tersedia secara online. Untuk hasil terbaik, jadikan mendengarkan podcast sebagai bagian dari rutinitas kamu. Misalnya, dengarkan podcast bahasa Jepang selama perjalanan menuju sekolah atau saat kamu membuat tugas.

4. Latih Penulisan dan Percakapan dalam Bahasa Jepang

Berhubung tujuanmu belajar bahasa Jepang adalah untuk persiapan kuliah, kamu tidak hanya harus mampu bercakap dalam bahasa Jepang, namun juga menulis dalam bahasa Jepang. Karenanya, latihan menjadi satu-satunya jalan. 

Kamu bisa berlatih dengan mengambil les khusus untuk belajar cara menulis dan percakapan dalam bahasa Jepang, atau mencari teman orang Jepang yang bisa menjadi partnermu mengobrol. Sebagai alternatif, kamu juga bisa nonton drama Jepang dan meniru dialog drama untuk latihan berbicara.

5. Perdalam Tata Bahasa Jepang

Jika kamu sudah menguasai huruf Hiragana dan Katakana, mulailah menghafal kata dasar bahasa Jepang satu per satu. Caranya bisa dengan mengumpulkan semua kata dasar bahasa Jepang yang sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari, cari artinya, dan hafalkan. Baru setelah kamu menguasai kata-kata dasar ini, pelajari tata bahasanya. 

Memperdalam tata bahasa Jepang sangat penting agar kamu mengetahui kaidah-kaidah yang mengatur penggunaan bahasa. Kamu bisa melakukannya dengan latihan membuat kalimat pendek menggunakan kata-kata dasar bahasa Jepang yang sudah kamu pelajari. Cara belajar bahasa Jepang ini mungkin sedikit repot, tapi tetap harus dilakukan ya.

6. Perkaya Kosakata Bahasa Jepang

Semakin banyak kosakata yang kamu hafal, maka akan semakin mudah kamu dapat menulis dan melafalkan bahasa Jepang. Cara-cara yang disebutkan sebelumnya, seperti menonton film atau mendengar podcast, bisa membantumu memperkaya kosa kata. Jika ingin menantang diri, kamu bisa menjadikan bahasa Jepang sebagai bahasa bawaan aplikasi di smartphone. Lama-kelamaan, kamu akan menjadi terbiasa dan jumlah kosa katamu pun akan bertambah banyak.

7. Fokus pada Pola bukan Grammar 

Kalimat Jepang cenderung memiliki sistem kata S-O-K. Bagi kamu yang belajar bahasa Jepang untuk pemula, fokuslah pada pola alih-alih terjebak dalam aturan tata bahasa Jepang yang rumit. Dengan memperhatikan pola, kamu juga akan lebih paham pada akhirnya.

8. Gunakan Flashcards

Salah satu teknik belajar bahasa Jepang untuk pemula lainnya adalah menggunakan flashcards. Flashcards sendiri adalah kartu belajar yang bisa digunakan untuk menghafal kosa kata. Dengan menggunakan kartu belajar ini, kamu bahkan bisa membuat kamus mini-mu sendiri!

9. Gunakan Kamus Jepang - Indonesia yang Berkualitas

Nah salah satu hal yang sederhana tapi penting adalah menggunakan kamus bahasa Jepang - Indonesia yang berkualitas. Karena sistem penulisan Jepang dan Indonesia yang berbeda, terkadang ada beberapa kosa kata dan pengertian yang susah diartikan ke bahasa Indonesia. Oleh karena itu, bagi kamu yang sedang belajar bahasa Jepang untuk pemula, kamus yang bagus sangat penting.

10. Ikut Komunitas Bahasa Jepang di Sosial Media

Salah satu cara belajar bahasa Jepang pemula yang sederhana dan terjangkau adalah ikut komunitas bahasa Jepang di sosial media. Bisa melalui Instagram, WhatsApp, Telegram, Discord bahkan Podcast. Selain belajarmu akan semakin menyenangkan, kamu juga ada tempat untuk tanya jawab bersama teman komunitas yang lain. 

11. Buat Jadwal Belajar

Bagi kamu yang sedang belajar bahasa Jepang tapi kesulitan untuk konsisten, ada baiknya kamu membuat jadwal belajar sendiri. Jadwal belajar juga berguna bagi kamu untuk tracking hasil belajar dan progress belajar kamu. 

12. Perhatikan Kualitas Belajarmu

Selain membuat jadwal belajar bahasa Jepang di atas, perhatikan kualitas belajar daripada kuantitasnya. Karena dengan belajar berkualitas 30 menit sehari akan lebih efektif daripada kamu harus belajar berjam-jam tapi kesulitan untuk menerima informasi. 

13. Ikut Kursus Privat Bahasa Jepang

Bagi kamu yang masih merasa 12 tips di atas tidak cocok dengan kondisimu sekarang. Kamu bisa mencoba untuk ikut kursus privat belajar bahasa Jepang. Kursus ini tentunya akan sangat membantu kamu sebagai pemula yang mempersiapkan studinya ke Jepang. 

           Baca juga: Mau Kuliah di Jepang? Intip 5 Kampus Terbaik di Jepang

Rekomendasi Kursus Bahasa Jepang Terpercaya

Nah, itu tadi beberapa tips belajar bahasa Jepang untuk persiapan kuliah di Negeri Sakura. Buat kamu yang ingin belajar bahasa Jepang dengan cepat, kamu bisa bergabung dengan Schoters! Dipandu oleh tutor profesional dan ahli di bidangnya, kursus di Schoters membuat belajar bahasa asing semakin mudah. Selain melayani kursus bahasa Jepang, Schoters juga melayani kursus bahasa Inggris dan bahasa asing lainnya.

Informasi lengkap mengenai Japanese Academy dan kelas persiapan lainnya bisa Hunters konsultasikan -> di sini, ya.

beasiswa tokyo international university