13 Cara Belajar Bahasa Korea Otodidak untuk Pemula

Seiring perkembangan musik, pop culture, ekonomi dan budayanya, Korea Selatan juga juga membawa pengaruh lainnya, yaitu bahasa. Oleh karena itu, Hunters akan sering menemukan lebih banyak orang yang belajar bahasa Korea. Belajar berbahasa Korea sendiri bukanlah hal yang mudah, tapi bukan berarti tidak bisa menjadi menyenangkan.

Yuk, ketahui lebih lanjut tentang informasi cara belajar bahasa Korea! Mulai dari sejarah, manfaat, dan beberapa tips dan trik yang bisa terapkan sebagai cara berbahasa Korea.

 

Selayang pandang belajar Bahasa Korea

Sebelum kamu mulai belajar bahasa Korea, kamu harus tahu bahwa bahasa Korea merupakan bagian dari bahasa Asia Utara. Bahasa Asia Utara lebih sering dikenal sebagai Altaic. Beberapa bahasa lain yang masuk kategori tersebut adalah bahasa Turki, Mongol, dan Jepang. Bahasa Korea juga mendapatkan banyak pengaruh dari Cina dan mengadaptasi sistem penulisannya pada abad ke-16.

Tata cara belajar bahasa Korea modern atau Hangeul pada 1443 di masa dinasti Yi atas kepemimpinan Raja Sejong. Hangul sendiri muncul setelah adanya kesulitan pada sistem penulisan Cina pada saat itu yang tidak sesuai dengan pengucapan bahasa Korea sehari-hari.

Mulai pada saat itu, huruf Hangeul terdiri dari 14 konsonan, 5 konsonan double, 10 vowels dan 11 diphthongs. Seiring perkembangan budaya dan ekonomi Korea Selatan, banyak orang yang penasaran dan ingin belajar bahasa Korea. Namun, sebenarnya apa aja sih manfaat saat kamu belajar bahasa Korea?

 

Baca juga: Informasi Beasiswa Korea Selatan untuk Semua Kalangan

Manfaat belajar bahasa Korea

1. Memahami budaya Korea Selatan

Bagi kamu yang tertarik dengan drama Korea, musik, dan budaya Korea Selatan, belajar berbahasa Korea bisa menjadi salah satu cara kamu untuk mencapai tujuan tersebut. Terlebih dengan menonton drama dan mendengarkan lagu K-Pop bisa menjadi cara belajar bahasa Korea, lho.

2. Berguna untuk hubungan bisnismu

Pertumbuhan ekonomi Korea Selatan yang berkembang pesat dengan stabil, menjadikan negara ini menjadi salah satu tujuan bisnis dari semua orang di dunia. Negaranya yang aman dan nyaman juga menjadi salah satu alasan banyak bisnis dan orang dari penjuru dunia datang ke sini.

Bagi kamu yang ingin menanamkan bisnismu di Korea Selatan, belajar bahasa Korea bisa menjadi salah satu hal yang bisa menunjang bisnis nantinya. Selain itu, dengan bertemu dengan native speaker secara langsung, kamu bisa menjadikannya sebagai cara belajar berbahasa Korea versi kamu.

3. Meningkatkan karier di perusahaan Korea 

Nama Korea Selatan yang semakin dikenal dan pertumbuhan ekonominya yang stabil, Korea Selatan mulai membuka dirinya terhadap karyawan internasional. Tentunya, hal yang pasti bisa meningkatkan karir di perusahaan Korea adalah dengan belajar menggunakan bahasa Korea.

4. Persiapan belajar di Korea Selatan

Alasan selanjutnya kenapa kamu harus belajar menggunakan bahasa Korea adalah untuk mempersiapkan studi di Negeri Gingseng ini. Meskipun beberapa universitas menyediakan kelas dengan pengantar bahasa Inggris, dengan belajar berbahasa Korea akan mempermudah kehidupan sehari-harimu.

Oleh karena itu, ada beasiswa yang menawarkan kelas cara belajar berbahasa Korea selama 1 tahun. Bagi Hunters tertarik dengan beasiswa Korea Selatan yang menyediakan kelas cara belajar berbahasa Korea, yuk, cek info programnya di link ini! 

5. Menantang diri sendiri

Salah satu hal lain adalah untuk upgrade skills yang kamu punya. Di era globalisasi yang menipiskan serat masing-masing negara dan kehidupan yang lebih kompetitif, belajar bahasa Korea bisa menjadi tiketmu untuk mendapatkan pekerjaan atau kesempatan belajar yang lebih baik.

Nah cukup menggiurkan, ya, manfaat yang menantimu jika kamu belajar bahasa Korea! Berikut informasi 13 cara cepat belajar berbahasa Korea yang bisa Hunters lakukan secara otodidak.

 

Ingin bisa berbicara bahasa Korea dengan lancar? Schoters punya kelas intensif bahasa Korea yang bisa bantu kamu jago membaca, menulis, hingga berbicara bahasa Korea dengan materi yang sudah disesuaikan dengan TOPIK (Test of Proficiency in Korean).

Silakan klik tombol “Konsultasi Kelas Bahasa Korea” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apa pun. 👇

cara cepat belajar bahasa korea

 

Baca juga: Kampus dan Beasiswa Terbaik Korea Selatan 

 

13 Cara cepat dan mudah belajar bahasa Korea

Bahasa Korea sebenarnya memiliki alfabet yang lebih mudah dipelajari daripada Jepang atau Cina. Namun, untuk belajar bahasa Korea dengan serius, tidak cukup dengan hanya menghafal. Berikut beberapa cara belajar berbahasa Korea yang efektif versi Schoters!

1. Latihan menulis dan membaca Hangeul

Satu hal yang pastinya tidak bisa ditawar lagi adalah latihan menulis dan membaca Hangul. Cara belajar bahasa Korea untuk menulis dan membaca alfabet sebenarnya tidaklah susah, namun kamu harus banyak latihan agar semakin lancar untuk menulis dan membaca kalimat panjang.

2. Belajar bahasa Korea dengan website berikut

Tahukah kamu, ada beberapa website belajar bahasa Korea yang bisa kamu akses secara gratis. Beberapa diantaranya adalah Go! Billy Korea, Talking2Koreans, Sejong Korean, KoreanClass101, Dom and Hyo, atau Cyber University of Korea: Quick Korea.

3. Menghafalkan kosa kata

Salah satu hal lain yang tidak bisa tawarkan saat belajar berbahasa Korea adalah menghafalkan kosa kata. Kamu bisa memilih cara menghafal yang paling sesuai untukmu. Mulai dari menggunakan flash card, mengulangi kata berkali-kali, dan lain sebagainya.

4. Belajar bahasa Korea melalui drama dan K-Pop

Salah satu cara belajar berbahasa Korea yang paling murah dan mudah adalah dengan mengamati drama dan lagi K-POP. Selain melatih kemampuan listening, kamu juga bisa belajar tentang perumpamaan baru yang tidak ada dalam buku.

5. Cari teman belajar dari Korea Selatan

Cara belajar bahasa Korea yang tidak kalah menyenangkan ada mencari teman belajar dari dalam atau luar Korea Selatan. Bahkan jika memungkinkan, kamu bisa menjadi sahabat pena melalui sosial media loh.

6. Buat Proses Belajar Bahasa Korea sebagai Rutinitas

Dalam proses belajar bahasa baru, penting bagimu untuk menemukan rutinitas. Hal ini bisa meminimalisir kamu merasa bosan dan gagal dalam proses belajar berbahasa Korea. 

7. Belajar bahasa Korea melalui aplikasi 

Selain beberapa website di atas, kamu juga bisa belajar berbahasa Korea melalui aplikasi yang bisa kamu unduh secara gratis. Terlebih untuk aplikasi kamus bahasa Korea.

8. Membaca komik dengan bahasa Korea

Siapa yang tidak asing dengan webtoon atau manhwa. Jika sehari-harinya kamu membaca dengan bahasa Indonesia atau Inggris, coba sekarang kamu mengubah bahasanya ke Hangul. Meski kamu belum bisa mengerti artinya, kamu sudah melatih kemampuan membaca.

9. Bawa dalam kehidupan sehari-hari

Satu tips yang bisa melatih bahasa Koreamu dengan cepat adalah membawanya dalam kehidupan sehari-hari. Maksudnya, kamu bisa mengaitkan benda atau kata yang kamu temui dalam kehidupan sehari-hari dan mencari arti bahasa Koreanya.

10. Siap sedia dengan notes 

Cara belajar berbahasa Korea yang tidak kalah penting adalah jangan malas untuk mencatat. Persiapkan buku catatan saku atau notes di ponselmu untuk menuliskan informasi baru yang berguna bagimu nantinya.

11. Belajar dari buku belajar bahasa Korea yang berkualitas

Internet telah memberikan banyak buku panduan bahasa Korea secara gratis, namun penting bagimu untuk tetap menemukan buku belajar bahasa Korea yang berkualitas. Terlebih buku-buku yang memberikan working sheet untuk latihan menulis.

12. Jangan mudah menyerah

Satu hal yang terlihat sepele tapi penting ketika belajar bahasa baru adalah jangan mudah menyerah. Oleh karena itu, pastikan kualitas belajarmu lebih baik daripada hanya mengedepankan kuantitas belajar berbahasa Korea.

13. Ikut kelas privat 

Cara lain yang bisa kamu coba saat belajar berbahasa Korea adalah mengikuti kelas privat. Terlebih bagi kamu yang kesulitan belajar sendiri dan kesulitan menemukan jadwal atau rutinitas di sela-sela kesibukanmu.

Bagi Hunters yang ingin belajar bahasa Korea dengan lebih seru dan terarah, berikut program privat bahasa Korea bersama Lingua Academy. Dapatkan promo terbaiknya melalui link ini! 

 

Rekomendasi buku belajar bahasa Korea

1. Funtastic Korean

Jika Hunters adalah seorang remaja, maka buku “Funtastic Korean” karya Borassaem Gwyn adalah pilihan yang tepat. Buku ini dilengkapi dengan ilustrasi berwarna yang memukau sehingga proses belajar menjadi lebih menarik dan menghibur.

2. Mahir bahasa Korea dari nol

Buku “Mahir Bahasa Korea dari Nol” adalah karya dari Setiawan Agung Pamungkas. Buku ini juga bagus untuk pelajar pemula karena buku ini dilengkapi dengan rumus bahasa Korea-Indonesia yang mempermudah pembelajaran menjadi lebih efektif.

3. Swiun Hangugeo: Bahasa Korea itu mudah!

Buku “Swiun Hangugeo: Bahasa Korea Itu Mudah!” adalah salah satu pilihan terbaik untuk belajar bahasa Korea terutama bagi pemula. Buku ini membahas materi lengkap dan latihan TOPIK yang lengkap, serta menghadirkan pembelajaran yang unik, yaitu mulai dari pengenalan huruf hangeul sampai tata bahasa yang digunakan dalam percakapan sehari-hari.

4. Panduan terlengkap belajar bahasa Korea

Buku “Panduan Terlengkap Belajar Bahasa Korea” adalah karya dari M. Hasan Hwang, seorang pakar bahasa lulusan Dankook University, Korea, dan mantan Direktur di International Language Education (ILE). Jika Hunters adalah seorang pejuang TOPIK, maka buku ini paling pas karena memenuhi Standar Kompetensi dan Kelulusan EPS TOPIK.

 

Bimbingan bahasa Korea terpercaya di Schoters

Masih kesulitan dalam belajar bahasa Korea? Hunters bisa loh mengikuti kelas belajar bahasa Korea di Schoters. Yuk kenalan dulu dengan Schoters!

Schoters adalah  platform pendidikan digital terbesar di Asia Tenggara yang menyediakan program persiapan end-to-end bagi pelajar dan profesional untuk belajar di luar negeri, dengan atau tanpa beasiswa. Sejak 2018, Schoters telah berhasil membantu ribuan siswa Indonesia kuliah ke 400+ Kampus top dunia di 43 Negara tersebar di 5 Benua.

Tidak hanya memiliki program bimbingan beasiswa, Schoters juga memiliki program unggulan lainnya yaitu TOPIK Academy.

 

Kenapa harus ikut TOPIK Academy di Schoters?

  1. Kelas terdiri dari teori dan praktik;
  2. Sudah termasuk kurikulum, materi, dan e-book sebagai panduan pembelajaran;
  3. Materi disesuaikan dengan level yang dipilih;
  4. Mendapatkan feedback dan bimbingan dari tutor untuk meningkatkan kemampuanmu;
  5. Kelas privat dengan waktu fleksibel sesuai kesepakatan siswa dan tutor.

 

Tertarik bergabung? Sebelum ambil kelas, Hunters bisa konsultasi gratis tentang TOPIK Academy di Schoters agar tahu mana program yang cocok sesuai kebutuhanmu!

belajar bahasa Korea