11 Alasan Pentingnya Belajar Bahasa Mandarin

Tips & Trik, 17 Des 2022

Mandarin adalah bentuk bahasa Cina yang umumnya dituturkan di daratan Cina dan Taiwan. Banyaknya jumlah penduduk di Cina membuat Bahasa ini akan semakin bermanfaat untuk dipelajari. Saat ini, bahasa Mandarin adalah salah satu bahasa asing yang paling banyak digunakan di dunia setelah bahasa Inggris. Setidaknya terdapat 1/5 populasi dunia atau sekitar 1.3 milyar penduduk dunia menggunakan bahasa Mandarin untuk berkomunikasi dengan satu sama lain.

Banyaknya jumlah pengguna bahasa Mandarin membuat bahasa yang sejarahnya dapat ditelusur sejak 800 tahun yang lalu ini menjadi semakin menarik untuk dipelajari. Belajar bahasa Mandarin dapat memberikan banyak keuntungan, mulai dari kemudahan membangun jaringan, memperluas kesempatan kerja hingga membuka wawasan budaya.

Belajar bahasa Mandarin memiliki banyak keuntungan, mulai dari memperoleh peluang bisnis, memperluas wawasan budaya, traveling, hingga melanjutkan studi. Untuk informasi lebih lengkapnya tentang kenapa kamu perlu belajar bahasa Mandarin, yuk simak informasi berikut ini!

Sejarah Bahasa Mandarin

Bahasa Mandarin adalah salah satu bahasa tertua di dunia, yang konon kabarnya sudah mulai digunakan sebagai bahasa di bagian utara CIna pada saat dinasti Jin dan Yuan pada tahun 1115. Bahasa Mandarin kemudian mulai digunakan oleh para penguasa pada periode akhir Dinasti Ming (1368-1644), sebelum kemudian berubah menjadi bahasa resmi pengadilan selama periode Dinasti Qing (1644-1912).

Bahasa Mandarin kemudian resmi menjadi bahasa nasional Cina pada tahun 1909 dengan sebutan 普通(pǔ tōng huà) yang berarti common language. Untuk tulisan, bahasa Mandarin menggunakan karakter tulisan Cina yang terkenal rumit dan merupakan salah satu bagian tersulit saat belajar bahasa Mandarin. Terdapat ribuan karakter tulisan Cina yang harus diketahui dan dihafal agar seseorang dapat menulis Mandarin dengan baik.

Untuk membantu meningkatkan tingkat literasi dalam bahasa Mandarin, Pemerintah Cina kemudian mencoba untuk menyederhanakan karakter Cina yang digunakan dalam tulisan pada tahun 1950. Versi yang sudah disederhanakan ini kemudian banyak digunakan di Cina, Singapura dan Malaysia, sementara Taiwan dan Hongkong masih menggunakan karakter tulisan Cina sebelum disederhanakan.

Menariknya, meskipun memiliki sistem penulisan yang rumit, tata bahasa dalam Mandarin sesungguhnya cukup sederhana dan mudah dipelajari sehingga seseorang bisa memulai berbicara menggunakan bahasa Mandarin dalam waktu yang lumayan cepat. 

Keuntungan Belajar Bahasa Mandarin

Banyak orang percaya bahwa belajar bahasa Mandarin adalah salah satu bahasa asing yang paling penting untuk dipelajari, mengingat banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan ketika anda menguasai bahasa Mandarin.

1. Memperluas Kesempatan Kerja

Kemampuan menggunakan bahasa asing yang digunakan 1.3 milyar orang di dunia tentu saja menjadi salah satu keunggulan yang menarik perusahaan global yang sedang menjajaki kemungkinan usaha di Cina, salah satu negara adidaya dunia dengan pertumbuhan ekonomi yang cukup pesat. Tentu saja, kesempatan untuk bekerja di perusahaan Cina atau negara lain yang menggunakan bahasa Cina sebagai bahasa pengantar utama juga terbuka lebar. 

2. Kesempatan Membangun Relasi Dengan Banyak Orang Di Seluruh Penjuru Dunia

Bahasa Mandarin juga dapat memberikan banyak kesempatan untuk membangun hubungan personal atau professional dengan banyak orang yang menggunakan bahasa Cina sebagai bahasa utama di seluruh penjuru dunia.

3. Membuka Wawasan Tentang Kebudayaan Cina

Mempelajari berbagai aspek kebudayaan Cina yang berusia lebih dari ribuan tahun menjadi lebih mudah ketika kita menguasai bahasa Mandarin. Akses terhadap berbagai hiburan, bacaan dan musik yang menggunakan bahasa Mandarin juga semakin terbuka lebar setelah belajar bahasa Mandarin.

4. Mempermudah Saat Berwisata dan Belajar di Luar Negeri

Karena bahasa Mandarin tidak hanya digunakan di Cina namun juga di berbagai negara lain di dunia, menguasai bahasa Mandarin dapat memudahkan proses adaptasi saat berwisata atau belajar di luar negeri. Mencari lokasi-lokasi menarik yang jarang diketahui wisatawan lainnya pun menjadi lebih mudah dengan bekal bahasa Mandarin yang dikuasai.  

5. Belajar Bahasa Mandarin Mengasah Otak dan Kreativitas

Sebuah studi menunjukkan bahwa belajar bahasa Mandarin ternyata mendorong otak bekerja lebih banyak dibandingkan bahasa asing lainnya, seperti bahasa Inggris. Saat berbicara, pengguna bahasa Inggris hanya menggunakan lobus temporal sebelah kiri, sementara penutur bahasa Mandarin menggunakan kedua lobus temporal. Tidak hanya itu, menguasai karakter Cina yang digunakan dalam tulisan juga mampu meningkatkan keterampilan motorik dan kemampuan visual recognition, yang mendorong meningkatkan kreativitas

6. Jumlah Penuturnya Banyak

Jika menjumlahkan penutur asli dan non-asli, bahasa Mandarin adalah bahasa kedua yang paling banyak digunakan di dunia (1,3 miliar penutur asli). Banyaknya jumlah penutur bahasa Mandarin membuat kamu yang menguasainya bisa masuk ke negara mana pun yang menggunakan bahasa ini. Kamu bisa gunakan kemampuanmu berbahasa Mandarin untuk menjalin pertemanan dan relasi. 

7. Peluang Kerja Luas

Belajar bahasa Mandarin membuka peluang kerja yang luas karena pada awal tahun 2019 saja, Cina menjadi negara kedua terbesar yang menanamkan modal di tanah air. Dari total investasi ke Indonesia, modal yang ditanamkan oleh Cina mengambil porsi 16,8%, menyentuh angka 4,7 miliar dolar AS. Itu artinya, SDM yang memiliki kemampuan bahasa Mandarin di tanah air akan sangat dibutuhkan. 

Peluang emas ini bisa kamu manfaatkan dengan belajar bahasa Mandarin, sehingga kamu akan lebih unggul dibanding kandidat lain jika nanti kamu mencari pekerjaan. Perusahaan asing biasanya lebih tertarik mempekerjakan WNI yang memiliki kemampuan bahasa asing, tidak terkecuali Cina. Jadi, cobalah rajin belajar bahasa Mandarin agar peluang kerjamu semakin luas, ya.

8. Paham Budaya dan sejarah

Sejarah dan budaya Cina yang luas sangat terkenal dan diapresiasi secara global. Kemampuan bahasa Mandarin akan memungkinkan kamu untuk menggali lebih dalam tentang kekayaan budaya Cina. Misalnya dengan membaca novel terkenal Cina, cerita pendek, puisi, film, TV, dan musik.

          Baca juga: Mau Kuliah di Cina? Simak beasiswa CGS dari Pemerintah Cina

9. Melatih Kinerja Otak

Studi menunjukkan bahwa belajar bahasa Mandarin menggunakan lebih banyak bagian otak daripada yang dibutuhkan untuk bahasa lain. Berhubung ada sejumlah perbedaan antara belajar bahasa Mandarin dan bahasa Inggris, termasuk karakter dan nada, diyakini bahwa belajar bahasa Mandarin butuh lebih banyak kekuatan otak.

Penutur bahasa Inggris diketahui hanya memakai lobus temporal kiri, sedangkan penutur bahasa Mandarin menggunakan keduanya. Selain itu, belajar menulis karakter bahasa Mandarin juga dapat membantu keterampilan motorik dan pengenalan visual akan menjaga pikiran tetap tajam.

10. Menambah Relasi

Belajar bahasa Mandarin memberimu akses untuk berkomunikasi dengan lebih banyak orang dan terhubung pada tingkat yang lebih dalam, tidak hanya di Asia tapi juga di seluruh dunia. Dengan menguasai bahasa Mandarin, kamu bisa memperluas lingkaran bisnis, mendapat lebih banyak teman,, dan mampu berbicara dengan orang Cina di jejaring sosial dan acara sosial lainnya. Dengan kemampuan bahasa Mandarin, kamu bisa belajar banyak langsung dari bahasa asli penutur dan membangun hubungan yang lebih dekat.

11. Mempermudah saat Traveling atau Kuliah

Manfaat lain dari belajar bahasa Mandarin adalah kamu dapat traveling sendiri dengan mudah di Cina atau jika kamu melanjutkan studi di Cina, kamu tidak akan kewalahan. Jika kamu berencana tinggal atau jalan-jalan ke Cina, kamu bisa ambil kesempatan belajar bahasa Mandarin untuk mendapatkan pengalaman maksimal pada saat masa studi kamu atau saat traveling. Bahkan dengan keterampilan berbicara yang terbatas, penduduk setempat akan menghargai upaya yang kamu lakukan dan akan akan lebih hangat menyambutmu.

          Baca juga: Beasiswa S1, S2 dan S3 di Jiangsu University China

Rekomendasi Kursus Bahasa Mandarin Terpercaya

Sekarang kamu tahu, kan, kenapa kamu perlu belajar bahasa Mandarin? Untuk membantumu menguasai bahasa Mandarin secara lebih cepat, gabung saja dengan kursus bahasa Mandarin di Schoters! Baik untuk persiapan kuliah, pindah kerja, traveling, maupun keperluan lain, kelas bahasa Mandarin di Schoters dapat memenuhi kebutuhanmu.

Kamu bisa melatih kemampuan berbicara bahasa sehari-hari dan menulis dalam bahasa Mandarin. Bahkan tersedia pula layanan bimbingan secara online buat kamu yang butuh jadwal fleksibel. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, kuasai bahasa Mandarin bersama Schoters!

Informasi lengkap mengenai Mandarin Academy dan kelas persiapan lainnya bisa Hunters dapatkan di sini, ya.

bahasa mandarin