5 Cara Efektif Belajar Bahasa Mandarin

, 15 Sep 2022

Dibandingkan banyak bahasa asing lainnya, bahasa Mandarin memang relatif lebih menantang untuk dipelajari. Bahasa ini memiliki cara pelafalan dan penulisan yang berbeda dari bahasa Indonesia. Biasanya, belajar bahasa Mandarin dilakukan dengan bergabung ekstrakurikuler di sekolah, masuk ke jurusan resmi di perguruan tinggi, atau kursus bahasa Mandarin. Kalau kamu ingin mulai belajar bahasa Mandarin secara efektif, simak beberapa tips berikut ini!

1. Pahami Pinyin dan Nada dalam Bahasa Mandarin

Langkah paling awal yang harus kamu lakukan ketika belajar bahasa Mandarin adalah dengan memahami apa itu Pinyin dan macam-macam nada dalam bahasa Mandarin. Langkah ini menjadi poin krusial yang akan menentukan kelancaran proses belajar bahasa Mandarin kamu. 

Pinyin adalah ejaan suara Mandarin yang dibuat oleh pemerintah Cina untuk mewakili setiap Hanzi agar orang lebih gampang berkomunikasi sekaligus menyatukan seluruh suku bangsa di Cina.

Hal yang sering kali membuat Pinyin sulit untuk dipelajari adalah karena pelafalannya yang sangat berbeda jika dibandingkan dengan bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Di awal, kamu mungkin akan sulit untuk mengerti karena Pinyin memiliki sistem pengucapan tersendiri. Namun, kalau kamu tekun dan giat dalam mempelajarinya, Pinyin tidak sesusah yang kamu kira, kok

Setelah memahami konsep Pinyin dan bisa menggunakannya, kamu bisa lanjut untuk mempelajari nada dalam bahasa Mandarin. Dalam bahasa Mandarin, perbedaan nada ketika berbicara akan menghasilkan arti yang berbeda. Secara umum, terdapat empat nada  yang harus kamu pahami dalam bahasa Mandarin, yaitu nada meninggi, nada datar, nada melengkung, dan nada menurun.

2. Pelajari Struktur Kalimat

Setelah mempelajari dasar-dasar bahasa Mandarin dan menguasainya, sekarang kamu bisa meningkatkan level kesulitan belajar dengan memahami konsep struktur kalimat dalam bahasa Mandarin. Tahapan ini memang dikenal sangat sulit dalam proses belajar bahasa Mandarin. Namun, kamu tidak perlu khawatir; kalau kamu belajar dengan mentor yang tepat seperti di Schoters, belajar bahasa Mandarin pasti jadi lebih mudah dan cepat.

Secara umum, struktur kalimat yang terdapat dalam bahasa Mandarin tidak banyak, kok, hanya terdiri dari subjek, objek, predikat, dan kata keterangan di depan maupun tengah kalimat sesuai dengan kebutuhan. Meskipun sulit, ketika kamu berhasil menguasai struktur kalimat, maka kemampuan berbicara bahasa Mandarin akan otomatis menjadi semakin lancar.

3. Hafalkan Angka dalam Bahasa Mandarin

Setelah mempelajari struktur kalimat, ada satu tahapan lagi yang harus kamu lakukan agar kemampuan bahasa Mandarin semakin meningkat, yaitu dengan mempelajari pelafalan angka dalam bahasa Mandarin. Tidak bisa dimungkiri, hal ini sangat penting untuk dikuasai karena  kamu akan menemukannya dalam kehidupan sehari-hari, entah itu di sekolah, ketika berbelanja, maupun bepergian menggunakan kendaraan umum.

Tidak perlu tinggi-tinggi, sebagai langkah awal, kamu bisa mencoba untuk menguasai pelafalan angka-angka dasar dalam bahasa Mandarin terlebih dahulu, seperti angka 1-10. Setelah kamu menguasai pelafalan angka-angka dasar maka kamu akan lebih mudah untuk mengerti dan menguasai pelafalan angka-angka yang nilainya lebih besar dalam bahasa Mandarin.

          Baca juga: Alasan Pentingnya Belajar Bahasa Mandarin

4. Perbanyak Berlatih

Setelah mempelajari cukup banyak dasar-dasar bahasa Mandarin, hal yang perlu kamu lakukan untuk memperlancar kemampuan bahasa Mandarin adalah dengan berlatih. 

Hal ini tidak sulit untuk dilakukan, kamu bisa mencari teman mengobrol, sharing dengan mentor yang berpengalaman, berbicara dengan native speaker, atau kamu juga bisa berbicara sendiri di depan cermin. Oh iya, kamu juga bisa memanfaatkan komunitas di internet yang memiliki minat serupa untuk mengasah kemampuan bahasa Mandarin kamu.

5. Dengarkan Percakapan Bahasa Mandarin

Selain belajar teori dan berlatih untuk melafalkan, kamu juga bisa memperkaya kosakata dan kemampuan bahasa Mandarin kamu dengan rutin mendengarkan percakapan dalam bahasa Mandarin. Kamu bisa melakukannya melalui berbagai media, seperti mendengarkan lagu-lagu, film, drama, dan juga video berbahasa Mandarin. 

Sambil mendengarkan atau menonton, cobalah untuk memahami kalimat atau kata yang kamu dengar. Kamu juga bisa mulai perlahan-lahan untuk mengikuti pelafalan bahasa Mandarin mereka. Dengan begitu, belajar bahasa Mandarin akan jadi lebih cepat dan efektif.

          Baca juga: Mau Kuliah di Cina? Simak beasiswa CGS dari Pemerintah Cina

Rekomendasi Kursus Bahasa Mandarin Terpercaya

Kalau masih kesulitan untuk belajar bahasa Mandarin, kamu bisa mengikuti kursus Bahasa Mandarin di Schoters untuk persiapan kuliah, bekerja, traveling, maupun keperluan lain. Dengan tutor yang berpengalaman, kamu akan lebih mudah untuk menguasai bahasa Mandarin dari mulai tingkatan pemula hingga menengah. Selain itu, materi bimbingan yang akan kamu dapatkan juga sudah sesuai dengan sertifikasi HSK (Hanyu Shuiping Kaoshi). 

Kamu bisa melatih kemampuan berbicara bahasa sehari-hari dan menulis dalam bahasa Mandarin. Bahkan tersedia pula layanan bimbingan secara online buat kamu yang butuh jadwal fleksibel. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, kuasai bahasa Mandarin bersama Schoters!

Informasi lengkap mengenai Mandarin Academy dan kelas persiapan lainnya bisa Hunters dapatkan di sini, ya.

belajar bahasa mandarin


Artikel Lainnya