Menguasai Bahasa Mandarin dengan Cara Belajar Bahasa Mandarin yang Efektif

Tips & Trik, 16 Jan 2023

Menguasai bahasa Mandarin, salah satu bahasa yang paling banyak digunakan di dunia, tentu saja memiliki banyak manfaat baik dalam kehidupan sehari-hari maupun di dunia kerja professional. Meskipun demikian, bahasa Mandarin masih menjadi momok menakutkan bagi sebagian besar orang yang kemudian memilih untuk menyerah sebelum memulai belajar bahasa Mandarin. Tapi menguasai bahasa Mandarin bukanlah hal yang mustahil dilakukan selama kita mengetahui cara belajar bahasa Mandarin yang efektif tapi tetap menyenangkan.

Apa saja cara belajar bahasa Mandarin yang bisa dicoba untuk membantu kita menaklukkan bahasa Mandarin yang konon kabarnya sulit dipelajari ini? Simak ulasannya di bawah ini.

Penyebab Sulitnya Belajar Bahasa Mandarin

Bahasa Mandarin memang terkenal sebagai salah satu bahasa asing di dunia yang sulit untuk dipelajari. Terdapat setidaknya 2 (dua) alasan utama yang membuat proses belajar bahasa Mandarin cukup menantang bagi banyak orang. 

1. Sistem penulisan yang rumit

Alasan pertama yang membuat bahasa Mandarin sulit dipelajari adalah sistem penulisan yang rumit serta menggunakan karakter yang bersifat ideografis, yang berarti alih-alih memakai huruf untuk membangun kata, bahasa Mandarin menggunakan simbol untuk menggambarkan kata. Hal ini menyebabkan jumlah karakter yang harus dihafal untuk menguasai bahasa Mandarin cukup banyak. BBC menyebutkan bahwa bahasa Mandarin memiliki lebih dari 50.000 karakter, meskipun rata-rata kamus bahasa Mandarin modern biasanya hanya memasukkan sekitar 20.000 karakter saja sementara rata-rata penutur bahasa Mandarin biasanya menguasai sekitar 8.000 karakter

2. Nada mempengaruhi makna 

Alasan berikutnya yang membuat bahasa Mandarin sulit dipelajari adalah tonal nature yang dimiliki bahasa Mandarin, yang berarti nada suara mempengaruhi makna kata dalam bahasa Mandarin. Bahasa Mandarin memiliki 4 (empat) nada yang berbeda, sehingga satu kata bisa memiliki 4 (empat) makna yang berbeda, tergantung dari nada yang digunakan.    

Waktu yang Dibutuhkan Untuk Belajar Bahasa Mandarin

Menurut Foreign Service Institute, untuk menguasai Bahasa Mandarin yang merupakan salah satu bahasa tersulit di dunia ini hingga lancar (fluent), dibutuhkan waktu kurang lebih sekitar 2.200 jam active learning atau kira-kira setara dengan periode waktu 88 minggu. Tentu saja, estimasi waktu yang diperlukan untuk menguasai bahasa Mandarin bisa berubah tergantung dari cara belajar individu masing-masing. Komitmen waktu, kualitas materi belajar yang digunakan serta kebiasaan belajar yang dimiliki akan sangat berpengaruh terhadap kemampuan dan kecepatan seseorang dalam menguasai bahasa asing yang baru, termasuk bahasa Mandarin.  

Cara Belajar Bahasa Mandarin Yang Efektif

Meskipun sulit, menguasai bahasa mandarin bukanlah hal yang mustahil. Berikut adalah beberapa cara belajar bahasa Mandarin yang bisa dicoba untuk membantu proses belajar kamu agar lebih efektif namun tetap menyenangkan.

1. Tentukan tujuan jangka pendek dan jangka panjang

Untuk membantu kamu dalam perjalanan menguasai bahasa Mandarin, ada baiknya kamu menentukan terlebih dahulu tujuan jangka pendek dan jangka panjang ketika belajar bahasa. Kalau tujuan jangka panjang adalah lancar bahasa Mandarin dalam waktu 3 (tiga) tahun misalnya, kamu bisa menyesuaikan tujuan jangka pendek sesuai level dan kebutuhan. Beberapa contoh tujuan jangka pendek yang bisa dipakai antara lain menguasai 5 (lima) kata dalam sehari, bisa bercerita soal cuaca atau hobi dalam waktu 2 (dua) menit atau bisa menghafal nama-nama hari. 

2. Fokus membangun kosakata baru

Masih bingung memahami grammar dalam bahasa Mandarin? Kamu bisa memfokuskan diri terlebih dahulu mempelajari kosakata baru setiap harinya sebelum mencoba menguasai tata bahasa dalam bahasa Mandarin. Kamu bisa memilih kosakata dan kalimat umum yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan sesuai dengan minat pribadi, seperti kosakata yang berhubungan dengan traveling atau shopping. Dengan konsisten mempelajari dan berlatih menggunakan kosakata baru, kamu juga bisa sekaligus memahami struktur dan tata bahasa dalam bahasa Mandarin dengan lebih cepat

3. Pahami pinyin dan nada dalam bahasa Mandarin

Langkah paling awal yang harus kamu lakukan ketika belajar bahasa Mandarin adalah dengan memahami apa itu Pinyin dan macam-macam nada dalam bahasa Mandarin. Langkah ini menjadi poin krusial yang akan menentukan kelancaran proses belajar bahasa Mandarin kamu. 

Pinyin adalah ejaan suara Mandarin yang dibuat oleh pemerintah Cina untuk mewakili setiap Hanzi agar orang lebih gampang berkomunikasi sekaligus menyatukan seluruh suku bangsa di Cina.

Hal yang sering kali membuat Pinyin sulit untuk dipelajari adalah karena pelafalannya yang sangat berbeda jika dibandingkan dengan bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Di awal, kamu mungkin akan sulit untuk mengerti karena Pinyin memiliki sistem pengucapan tersendiri. Namun, kalau kamu tekun dan giat dalam mempelajarinya, Pinyin tidak sesusah yang kamu kira, kok

Setelah memahami konsep Pinyin dan bisa menggunakannya, kamu bisa lanjut untuk mempelajari nada dalam bahasa Mandarin. Dalam bahasa Mandarin, perbedaan nada ketika berbicara akan menghasilkan arti yang berbeda. Secara umum, terdapat empat nada  yang harus kamu pahami dalam bahasa Mandarin, yaitu nada meninggi, nada datar, nada melengkung, dan nada menurun.

4. Pelajari struktur kalimat

Setelah mempelajari dasar-dasar bahasa Mandarin dan menguasainya, sekarang kamu bisa meningkatkan level kesulitan belajar dengan memahami konsep struktur kalimat dalam bahasa Mandarin. Tahapan ini memang dikenal sangat sulit dalam proses belajar bahasa Mandarin. Namun, kamu tidak perlu khawatir; kalau kamu belajar dengan mentor yang tepat seperti di Schoters, belajar bahasa Mandarin pasti jadi lebih mudah dan cepat.

Secara umum, struktur kalimat yang terdapat dalam bahasa Mandarin tidak banyak, kok, hanya terdiri dari subjek, objek, predikat, dan kata keterangan di depan maupun tengah kalimat sesuai dengan kebutuhan. Meskipun sulit, ketika kamu berhasil menguasai struktur kalimat, maka kemampuan berbicara bahasa Mandarin akan otomatis menjadi semakin lancar.

5. Hafalkan angka dalam bahasa Mandarin

Setelah mempelajari struktur kalimat, ada satu tahapan lagi yang harus kamu lakukan agar kemampuan bahasa Mandarin semakin meningkat, yaitu dengan mempelajari pelafalan angka dalam bahasa Mandarin. Tidak bisa dimungkiri, hal ini sangat penting untuk dikuasai karena  kamu akan menemukannya dalam kehidupan sehari-hari, entah itu di sekolah, ketika berbelanja, maupun bepergian menggunakan kendaraan umum.

Tidak perlu tinggi-tinggi, sebagai langkah awal, kamu bisa mencoba untuk menguasai pelafalan angka-angka dasar dalam bahasa Mandarin terlebih dahulu, seperti angka 1-10. Setelah kamu menguasai pelafalan angka-angka dasar maka kamu akan lebih mudah untuk mengerti dan menguasai pelafalan angka-angka yang nilainya lebih besar dalam bahasa Mandarin.

          Baca juga: Alasan Pentingnya Belajar Bahasa Mandarin

6. Perbanyak berlatih

Setelah mempelajari cukup banyak dasar-dasar bahasa Mandarin, hal yang perlu kamu lakukan untuk memperlancar kemampuan bahasa Mandarin adalah dengan berlatih. 

Hal ini tidak sulit untuk dilakukan, kamu bisa mencari teman mengobrol, sharing dengan mentor yang berpengalaman, berbicara dengan native speaker, atau kamu juga bisa berbicara sendiri di depan cermin. Oh iya, kamu juga bisa memanfaatkan komunitas di internet yang memiliki minat serupa untuk mengasah kemampuan bahasa Mandarin kamu.

7. Dengarkan percakapan bahasa Mandarin

Selain belajar teori dan berlatih untuk melafalkan, kamu juga bisa memperkaya kosakata dan kemampuan bahasa Mandarin kamu dengan rutin mendengarkan percakapan dalam bahasa Mandarin. Kamu bisa melakukannya melalui berbagai media, seperti mendengarkan lagu-lagu, film, drama, dan juga video berbahasa Mandarin. 

Sambil mendengarkan atau menonton, cobalah untuk memahami kalimat atau kata yang kamu dengar. Kamu juga bisa mulai perlahan-lahan untuk mengikuti pelafalan bahasa Mandarin mereka. Dengan begitu, belajar bahasa Mandarin akan jadi lebih cepat dan efektif.

8. Gunakan berbagai aplikasi belajar yang tersedia

Saat ini, belajar bahasa asing banyak dipermudah dengan keberadaan aplikasi belajar yang tersedia seperti Duolingo, Lingodeer dan masih banyak lagi. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi belajar seperti ini untuk membantu belajar bahasa Mandarin dengan cara yang lebih ringkas, sederhana dan menyenangkan.

9. Gunakan buku cerita bergambar untuk mengasah kemampuan membaca

Buku cerita bergambar atau komik adalah salah satu media yang cukup efektif tapi tidak membosankan untuk membantu kamu mempelajari berbagai karakter dalam bahasa Mandarin dalam waktu singkat. Selain itu, ilustrasi dalam buku bergambar atau komik bisa membantu memberikan representasi visual tentang makna bahasa serta konteks yang tepat ketika menggunakan sebuah kata atau kalimat.   

10. Gunakan Podcast Untuk Mengasah Kemampuan Mendengar

Salah satu media terbaik untuk mengasah kemampuan mendengar adalah podcast, yang kini dapat dengan mudah ditemukan di berbagai streaming platform. Melalui percakapan dalam podcast, kamu bisa membiasakan diri mendengar bahasa Mandarin, mendapatkan berbagai kosakata baru serta mengetahui cara menggunakan kalimat yang tepat sesuai situasi. 

          Baca juga: Mau Kuliah di Cina? Simak beasiswa CGS dari Pemerintah Cina

Rekomendasi Kursus Bahasa Mandarin Terpercaya

Kalau masih kesulitan untuk belajar bahasa Mandarin, kamu bisa mengikuti kursus Bahasa Mandarin di Schoters untuk persiapan kuliah, bekerja, traveling, maupun keperluan lain. Dengan tutor yang berpengalaman, kamu akan lebih mudah untuk menguasai bahasa Mandarin dari mulai tingkatan pemula hingga menengah. Selain itu, materi bimbingan yang akan kamu dapatkan juga sudah sesuai dengan sertifikasi HSK (Hanyu Shuiping Kaoshi). 

Kamu bisa melatih kemampuan berbicara bahasa sehari-hari dan menulis dalam bahasa Mandarin. Bahkan tersedia pula layanan bimbingan secara online buat kamu yang butuh jadwal fleksibel. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, kuasai bahasa Mandarin bersama Schoters!

Informasi lengkap mengenai Mandarin Academy dan kelas persiapan lainnya bisa Hunters dapatkan di sini, ya.

belajar bahasa mandarin