Biaya Hidup di Inggris bagi Mahasiswa dan Estimasi Pengeluarannya

Mahasiswa Indonesia memilih Inggris sebagai destinasi favorit untuk melanjutkan studi S2 karena beberapa alasan. Pertama, Inggris memiliki universitas-universitas ternama yang terkenal di dunia, seperti University of Oxford dan University of Cambridge.

Kualitas pendidikan yang diberikan di universitas-universitas tersebut telah terbukti dan diakui di seluruh dunia. Selain itu, Inggris juga memiliki keuntungan dalam hal bahasa. Bahasa Inggris adalah bahasa yang umum dipelajari, sehingga mahasiswa tidak perlu belajar bahasa baru saat melanjutkan pendidikan mereka. Namun, biaya hidup di Inggris cukup tinggi dan menjadi kendala bagi beberapa mahasiswa Indonesia.

Meskipun biaya hidup di Inggris dapat menjadi kendala, masih banyak mahasiswa Indonesia yang tetap memilih Inggris sebagai destinasi kuliah S2. Selain faktor kualitas pendidikan dan bahasa, Inggris juga menawarkan berbagai program beasiswa untuk mahasiswa internasional, seperti Chevening Scholarships dan Commonwealth Scholarships.

Selain itu, beasiswa dari pemerintah Indonesia juga sangat membantu mahasiswa untuk melanjutkan studi ke Inggris. Program-program ini memberikan bantuan finansial yang dapat membantu mengurangi biaya hidup di Inggris dan memudahkan mahasiswa untuk berkuliah di Inggris.

Baca Juga: Intip Beasiswa Fully Funded Jardine untuk Kamu Kuliah di Inggris

Biaya Kuliah di Inggris

Sebagai gambaran biaya kuliah di Inggris, besaran biaya kuliah di University of College London pada tahun akademik 2023-2024 untuk jenjang S2 dengan kelas bagi mahasiswa internasional adalah sebesar GBP 24.000 selama 1 tahun atau sekitar IDR 447.000.000 dengan kurs IDR 18.588 per GBP 1.

Biaya ini belum termasuk berbagai pengeluaran biaya hidup di Inggris selama 1 tahun kuliah. Agar kalian lebih tahu apa saja biaya yang harus dipersiapkan selama 1 tahun kuliah di Inggris, mari kita lihat contoh perincian biaya hidup di Inggris selama 1 tahun di bawah ini.

Biaya Hidup di Inggris

Pengeluaran selama 1 tahun kuliah di Inggris dapat bervariasi tergantung pada beberapa hal, seperti:

  1. Kota kalian tinggal
  2. Gaya hidup yang dianut
  3. Keputusan untuk mengambil pekerjaan sambilan
  4. Jenis tempat tinggal atau akomodasi yang dipilih serta jaraknya dari kampus

Secara umum, berikut adalah hal-hal yang harus kalian perhitungkan sebagai biaya pengeluaran selama 1 tahun kuliah di Inggris.

  1. Akomodasi: Biaya sewa kamar di kampus atau di luar kampus bervariasi tergantung pada lokasi, fasilitas, dan ukuran kamar. Secara umum, biaya akomodasi berkisar antara GBP  5.000-10.000 per tahun.
  2. Makanan: Biaya makanan akan tergantung pada apakah kalian gemar makan di kantin kampus atau memasak sendiri. Rata-rata biaya makanan sekitar GBP  2.000-3.000 per tahun.
  3. Transportasi: Biaya transportasi tergantung pada lokasi kampus dan jarak dari tempat tinggal kalian. Biaya transportasi tahunan berkisar antara GBP 300-500.

Jika kalian ingin berlibur keliling Eropa secara backpacker selama liburan, ada beberapa biaya tambahan yang harus dipertimbangkan. Biaya transportasi seperti tiket pesawat, kereta, dan bus dapat cukup tinggi tergantung pada destinasi dan waktu perjalanan. Selain itu, biaya akomodasi dan makan selama berada di luar Inggris juga perlu dipertimbangkan.

Baca Juga: Cek Beberapa Beasiswa S1 Inggris untuk Diketahui Disini !

Untuk transportasi, tiket pesawat dari Inggris ke negara-negara Eropa dapat berkisar antara GBP 20-200 tergantung pada destinasi, maskapai, dan waktu pembelian. Kereta api atau bus bisa menjadi alternatif yang lebih murah, dengan biaya berkisar antara GBP 10-50 tergantung pada jarak dan jenis transportasi. Untuk akomodasi, hostel atau penginapan sederhana bisa menjadi pilihan yang lebih ekonomis, dengan harga bervariasi antara GBP 10-30 per malam. Sedangkan untuk makan, harga makanan di negara-negara Eropa juga dapat bervariasi tergantung pada negara dan tempat, namun sekitar GBP 20-30 per hari mungkin cukup untuk anggaran makanan.

  1. Asuransi: Kalian wajib memiliki asuransi kesehatan dan asuransi perjalanan yang cukup selama tinggal di Inggris. Biaya asuransi berkisar antara GBP 200-400 per tahun.
  2. Peralatan dan kebutuhan studi: Sebagai mahasiswa, kalian perlu membeli buku, peralatan tulis, dan perangkat elektronik seperti laptop. Biaya untuk ini berkisar antara GBP 500-1.000 per tahun.
  3. Kegiatan sosial: Kalian mungkin ingin bergabung dengan klub atau organisasi kampus, atau pergi ke acara sosial. Biaya untuk kegiatan sosial berkisar antara GBP 500-1.000 per tahun.

Jumlah total biaya hidup atau pengeluaran sebagai mahasiswa selama satu tahun di Inggris berkisar antara GBP 8.500-15.000. Jumlah ini belum termasuk jika kalian ingin pergi berlibur di Inggris atau negara Eropa lainnya. Selain itu jumlah ini juga dapat bervariasi. Oleh karena itu, sangat penting bagi kalian untuk dapat membuat anggaran dan merencanakan pengeluaran dengan bijak agar dapat mengatur keuangan dengan baik selama kuliah di Inggris

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Lolos Universitas di Inggris

Ingin lolos Universitas di Inggris? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat Universitas di Inggris? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Banner CTA K2- Schoters (Feb 27, 2023 11:04 AM)