TOEIC: Pengertian, Jenis Tes, dan Biaya

TOEIC adalah salah satu tes untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris seseorang, terutama dalam ranah profesional atau bisnis.

Berikut artikel ini akan membahas pengertian TOEIC, apa saja jenis tesnya, dan biaya tes TOEIC.

 

A. Apa itu tes TOEIC?

TOEIC, atau Test of English for International Communication, adalah tes yang untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris dalam konteks internasional, terutama dalam situasi bisnis. 

Tes ini mencakup berbagai aspek keterampilan berbahasa Inggris, termasuk pemahaman mendengarkan, pemahaman membaca, berbicara, dan menulis. 

TOEIC dikembangkan oleh Educational Testing Service (ETS), TOEIC digunakan oleh perusahaan dan organisasi hampir di seluruh dunia untuk menilai tingkat kemampuan berbahasa Inggris calon karyawan mereka. 

 

Baca juga: Wajib Tahu! 18 Tips Mendapat Skor TOEIC Tinggi

 

B. Jenis tes TOEIC

TOEIC terdiri dari dua jenis, yaitu:

1. TOEIC listening & reading 

Ini adalah jenis tes untuk mengukur kemampuan pemahaman mendengarkan dan membaca dalam bahasa Inggris. 

Tes ini terdiri dari dua bagian yaitu listening comprehension dan reading comprehension.

Listening comprehension menguji kemampuan mendengarkan peserta dalam memahami percakapan berbahasa Inggris yang berkaitan dengan situasi bisnis.

Di sisi lain, reading comprehension menguji kemampuan membaca dan memahami teks berbahasa Inggris yang berkaitan dengan berbagai topik bisnis dan profesional.

2. TOEIC speaking & writing 

Tes ini mengukur kemampuan peserta dalam berbicara dan menulis dalam bahasa Inggris. Terdiri dari dua bagian yaitu speaking dan writing.

Bagian speaking menguji kemampuan peserta dalam berbicara dalam bahasa Inggris. 

Tahapan selanjutnya, adalah writing. Bagian ini menguji kemampuan peserta dalam menulis dalam bahasa Inggris.

 

Ingin mendapatkan skor TOEFL maksimal? Persiapkan TOEFL kamu dengan tutor expert lulusan kampus top dunia di Schoters. Silakan klik tombol “Konsultasi Kelas Persiapan TOEFL” di bawah ini dan bisa tanya apapun sebelum bimbingan 👇

biaya tes toeic

 

C. Biaya tes TOEIC

Untuk tes TOEIC listening & reading dibanderol harga 600 sampai 700 ribu rupiah.

Di sisi lain, untuk tes TOEIC speaking & writing dibanderol harga 1,5 juta rupiah.

 

Rekomendasi bimbingan agar tidak ada kesalahan dalam persiapan TOEFL

Butuh bimbingan TOEFL terpercaya? Ikuti kelas persiapan TOEFL by Schoters. Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat universitas luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.