18 Tips Lulus TOEIC dengan Mudah dan Dapat Skor Tinggi

TOEIC atau Test of English for International Communication adalah tes kecakapan berbahasa Inggris dengan standar internasional. Tes ini digunakan untuk mengukur kemampuan kalian dalam berkomunikasi dalam bahasa Inggris di lingkungan kerja. Meski khusus untuk bekerja, pada artikel ini kita akan membahas 18 tips lulus TOEIC untuk kalian. 

Tes ini mengukur kemampuan kalian dalam empat keterampilan bahasa Inggris, yaitu listening, reading, writing, dan speaking. TOEIC terdiri dari dua bagian, yaitu tes listening dan tes reading.

Tes ini diterima oleh banyak perusahaan dan institusi pendidikan di seluruh dunia sebagai alat untuk mengevaluasi kemampuan bahasa Inggris calon karyawan atau siswa. TOEIC juga digunakan sebagai salah satu persyaratan untuk mendapatkan visa studi atau kerja di negara-negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi.

TOEIC pertama kali diperkenalkan pada tahun 1979 oleh ETS (Educational Testing Service) dan telah diadopsi oleh lebih dari 14.000 perusahaan, organisasi, dan lembaga pendidikan di lebih dari 160 negara di seluruh dunia.

 

Baca Juga: Lihat Struktur dan Standar Score TOEIC Untuk Setiap Tipe

 

Berikut adalah 18 tips lulus TOEIC yang dibagi pada tiap section atau skill yang diujikan:

Section Listening:

  1. Perbanyak mendengarkan audio berbahasa Inggris seperti lagu, podcast, atau film agar terbiasa dengan berbagai aksen dan intonasi.
  2. Praktikkan kemampuan memahami kata-kata dalam konteks dengan memperhatikan hubungan antar kata dalam kalimat atau percakapan.
  3. Gunakan strategi prediksi dengan membaca soal sebelum mendengarkan audio untuk membantu fokus pada informasi yang relevan.
  4. Tanyakan ulang instruksi kepada pengawas jika ada yang tidak dipahami sebelum tes dimulai.
  5. Biasakan membaca dan mendengarkan berbagai jenis teks dan audio dengan berbagai topik untuk memperluas kosakata dan konteks.

Section Reading:

  1. Tingkatkan kemampuan membaca dengan membaca buku, artikel, atau blog berbahasa Inggris secara rutin.
  2. Praktikkan kemampuan mencari informasi dengan membaca judul, sub-judul, dan gambar pada teks.
  3. Perhatikan format soal yang sering muncul, seperti multiple choice, fill-in-the-blanks, atau matching, dan pelajari strategi menjawab yang tepat.
  4. Gunakan waktu dengan efektif, hindari terlalu lama mengerjakan satu soal dan segera pindah ke soal berikutnya jika merasa kesulitan.
  5. Gunakan kamus Inggris-Indonesia untuk memperkaya kosa kata dan memahami makna kata yang belum dipahami.
  6. Fokus pada memahami arti kata dan frasa secara keseluruhan, jangan hanya terpaku pada satu kata atau frasa saja.

 

Baca Juga: Ayo Cek Materi dan Website Untuk Kamu yang Ingin Latihan Tes TOEIC

 

Tips Mengerjakan tes TOEIC secara Umum

Selain tips spesifik pada section Reading dan Listening di atas, kalian juga harus memperhatikan beberapa hal dalam mengerjakan tes TOEIC di bawah ini:

  1. Perbanyak berlatih dan mencoba soal-soal latihan sebelum tes sesuai dengan waktu yang diberikan pada tes asli.

  2. Jangan panik jika menemukan soal yang sulit, tetap tenang dan cobalah mengerjakan soal lain yang lebih mudah terlebih dahulu.

  3. Perhatikan waktu saat mengerjakan tes, jangan terlalu lama pada satu bagian dan pastikan mengerjakan semua soal yang ada.

  4. Ketika menjawab soal, pastikan mengerti apa yang diminta dalam soal dan apa jawaban yang diharapkan.

  5. Perbanyak berlatih listening dan reading secara bersamaan untuk meningkatkan kemampuan memahami teks dan audio secara bersamaan.

  6. Biasakan menggunakan bahasa Inggris sehari-hari dalam aktivitas sehari-hari untuk meningkatkan kemampuan komunikasi.

  7. Jangan lupa untuk beristirahat yang cukup dan mengurangi stres sebelum tes untuk meningkatkan konsentrasi dan fokus.

 

Rekomendasi Bimbingan Persiapan TOEIC di Schoters

Butuh bimbingan TOEIC terpercaya? Join TOEIC Preparation by Schoters. Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat universitas luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Banner CTA K2- Schoters (Feb 27, 2023 11:04 AM)