4 Bidang Pendidikan Pascasarjana, Sudah Tahu?

Saat ini, banyak lulusan sarjana yang merasa perlu melanjutkan pendidikan lebih tinggi dengan bidang ilmu lebih spesifik. Biasanya, lulusan sarjana membutuhkan title untuk profesi atau promosi jabatan tertentu, sehingga perlu mengambil pendidikan pascasarjana. Pascasarjana adalah jenjang pendidikan yang bisa Hunters ambil untuk mendapatkan pekerjaan dengan kualifikasi yang cukup tinggi baik di dalam atau luar negeri. Tahukah Hunters, bahwa terdapat empat bidang utama berkenaan dengan pendidikan pascasarjana, lho!

1. Pra-master

Program persiapan pra-master dirancang khusus bagi mahasiswa yang ingin meraih gelar master, tetapi merasa perlu untuk menyegarkan kembali kemampuan belajarnya, meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris atau sekadar menyesuaikan diri kembali dengan kehidupan sebagai mahasiswa. Biasanya berlangsung antara enam bulan hingga setahun, dan pada umumnya termasuk modul metode pembelajaran akademik, penelitian, keterampilan menggunakan komputer, analisis data, wawancara, melakukan referensi akademik dan penulisan esai.

2. Sertifikat dan diploma pascasarjana

Tersedia berbagai pilihan program spesialisasi untuk jenjang ini. Sering kali, dianggap sebagai kualifikasi profesional dalam bidangnya. Banyak Postgraduate Diploma setara dengan gelar master, walaupun pada program ini, kemungkinan mahasiswa tidak diwajibkan untuk menulis disertasi. Beberapa mata kuliah dalam program ini memungkinkan Hunters untuk melakukan transfer ke program master seusai penyelesaiannya.

 

Baca Juga : Intip Rekomendasi Beasiswa Pascasarjana 2023!

 

3. Program master

Ada dua cara bagi Hunters untuk mengambil program gelar master, yaitu melalui jalur kuliah atau penelitian.

  1. Program kuliah jalur master (MA, MSc, MBA), pada umumnya melibatkan sejumlah modul yang diajarkan, selain itu ada juga penelitian dan penulisan disertasi dengan bimbingan seorang pembimbing. Pada umumnya, program ini menyita waktu satu tahun kuliah purnawaktu.
  2. Mater jalur penelitian (Mres, MPhil), jika Hunters memilih program master penelitian, alih-alih duduk di kelas atau menghadiri seminar, Hunters diwajibkan untuk melakukan penelitian ilmiah secara purnawaktu. Beberapa program studi memungkinkan Hunters untuk mengambil mata kuliah yang lazimnya diajarkan, akan tetapi nilai akhir kamu akan diperoleh berdasarkan kualitas disertasi.

4. Doktoral (PhD)

Mewajibkan mahasiswa untuk menghasilkan sebuah hasil penelitian yang orisinal dan signifikan, serta menulis disertasi di bawah bimbingan satu atau dua orang pembimbing. Program PhD merupakan cara yang paling umum dilakukan untuk meraih gelar doktor, namun doctoral profesional dan PhD Jalur Baru, dapat menjadi alternatif pilihan yang semakin populer serta melibatkan sebuah mata kuliah yang diajarkan bersamaan dengan penelitian. Kurun waktu penyelesaian kegiatan program doktoral dapat menuntut waktu lima sampai delapan tahun.

Kriteria kelayakan masuk program pascasarjana

Untuk diterima dalam program master, Hunters harus sudah menyelesaikan program sarjana S1 dalam kurun waktu tiga sampai empat tahun. Untuk program doktor, kamu harus memiliki gelar pascasarjana seperti master atau yang sederajat.

Umumnya, pendidikan sebelumnya dan juga aplikasi (mungkin disertai wawancara) merupakan faktor penting apakah Hunters akan diterima atau tidak. Satu – satunya pengecualian adalah mungkin diwajibkan untuk mengambil tes GMAT dan meraih skor tertentu, agar dapat diterima dalam program MBA. Hunters juga wajib membuktikan bahwa kamu memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik dengan cara memperlihatkan skor atau tes kemampuan bahasa Inggris resmi. 

 

Baca Juga : Kenali Lebih Lanjut Australian Awards Scholarship 2023

 

Perbedaan sarjana dengan pascasarjana

Bagi Hunters yang berencana melanjutkan pendidikan ke jenjang pascasarjana, pasti sudah memiliki minat atau konsentrasi yang akan diambil nanti. Pascasarjana adalah tingkatan pendidikan setelah sarjana atau S1 baik tingkatan magister ataupun doktoral. Cocok untuk kamu yang memiliki mimpi menjadi akademisi, peneliti atau dosen, maka pendidikan lanjutan setelah lulus sarjana sangat direkomendasikan.

Orang – orang mengenal Sarjana sebagai S1 atau strata tingkat 1. Namun, bagaimana dengan Pascasarjana? Pascasarjana terdiri dari dua tingkat, yaitu Magister yang merupakan strata tingkat 2, dan Doktoral yang merupakan strata tingkat 3 atau paling tinggi. Selanjutnya tidak ada lagi S4. Kalau ingin ilmunya berkembang lagi, Hunters bisa menempuh jalan menjadi Profesor. Profesor adalah tingkatan paling tinggi gelar akademis yang bisa dicapai.

Siap mendaftar beasiswa impianmu?

Hunters, apa kamu masih ragu atau sudah yakin bisa menaklukkan beasiswa incaranmu? Yuk konsultasi dahulu bersama mentor expert Schoters

australia awards scholarship