Cara Belajar Grammar, Menarik dan Mudah Dipelajari

Kebanyakan orang menganggap bahwa grammar menjadi tantangan tersendiri saat sedang mempelajari bahasa baru, termasuk pula bahasa Inggris. Grammar memang merupakan hal yang sulit karena setiap bahasa pasti memiliki strukturnya tersendiri. Grammar ini menjadi sangat penting saat Hunters harus menulis sesuatu untuk kebutuhan akademik, bisnis, atau bahkan media sosial.

Salah satu grammar yang paling penting untuk dipelajari adalah tenses. Agar kamu merasa grammar adalah hal yang mudah dan tidak membosankan, coba ikuti tips belajar grammar bahasa Inggris secara lengkap berikut ini:

1. Belajar Memperluas Kosakata

Ketika belajar grammar, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan memperluas kosakata. Gunakan kamus atau hal lain yang dapat membantu kamu untuk belajar kata baru sebanyak – banyaknya. Ketika Hunters memiliki banyak kosakata, maka akan mudah untuk menguasai grammar secara cepat. Yuk mulai perbanyak kosakata bahasa Inggrismu!

Baca juga: Pentingnya Mengikuti Kursus Bahasa Inggris

2. Bicara Langsung dengan Teman

Saat mempraktekan secara langsung apa yang telah dipelajari, akan membuat ilmu menjadi semakin menempel di kepalamu. Ajaklah teman atau saudara untuk berlatih berbicara bahasa Inggris. Kamu akan belajar grammar disaat mendengarkan bagaimana orang lain berbicara dan menggunakan kata. Apalagi jika lawan bicaramu adalah native speaker. Pasti banyak ilmu yang akan kamu dapatkan.

3. Perbanyak Membaca

Perbanyak membaca juga menjadi salah satu cara mudah untuk belajar grammar. Kamu bisa mulai dari bacaan yang ringan hingga berat seperti berita, artikel, dan novel. Saat membaca kamu akan lebih fokus untuk melihat struktur kalimat yang digunakan. Buat kamu yang tidak suka membaca, mungkin menonton dengan menggunakan subtitle bisa jadi alternatif yang patut untuk dicoba.

4. Jangan Malu untuk Minta Dikoreksi

Kebanyakan orang tidak terlalu suka dikoreksi ketika mereka salah menggunakan grammar. Padahal, dengan dikoreksi akan membuat kita tahu mana yang benar dan mana yang salah. Sehingga tidak akan mengulangi kesalahan yang sama. Jika kamu ingin cepat menguasai grammar, maka mintalah koreksi jika ada penggunaan kata yang salah. Catat semua yang sudah dikoreksi oleh orang lain dan terus belajar dengan giat!

5. Belajar Part of Speech

Setelah mengetahui banyak kosakata, kamu juga perlu tahu cara menggunakannya di dalam sebuah kalimat. Untuk membuat kalimat, yang dibutuhkan adalah part of speech. Apa saja sih part of speech? Part of speech terdiri atas noun, pronoun, adjective, article, verb, adverb, conjunction, preposition, dan interjection. Saat kamu bisa mengidentifikasi setiap kata berdasarkan part of speech, maka kamu akan lebih paham bagaimana penyusunan kata di dalam kalimat. Memang terlihat rumit, tapi ketika kamu sudah memahaminya, grammar menjadi hal yang mudah bagimu.

6. Gunakan Aplikasi

Pada era yang serba canggih ini, belajar bahasa Inggris bukanlah perkara yang susah. Banyak cara yang bisa dilakukan, jika kamu memiliki niat dan usaha yang besar. Banyak sekali aplikasi yang bisa membantu Hunters untuk belajar grammar dengan mudah. Mulai dari yang berbayar hingga gratis dapat ditemukan dengan gampang. Mudah bukan? Asal ada niat dan keinginan yang besar tentunya semua menjadi bisa.

7. Tanyakan Pada Guru

Jika kamu merasa sudah belajar sendiri dan masih banyak yang tidak dimengerti, coba tanyakan pada guru yang ada di sekolah ataupun guru les bahasa Inggris. Jangan malu ataupun ragu, karena mereka pasti akan dengan senang hati untuk membantu. Minta juga saran dari mereka, kira – kira materi apa saja yang perlu untuk kamu pelajari lebih jauh lagi dan yang wajib untuk ditingkatkan.

 

8. Ubah Kebiasaan

Apa yang kamu lakukan berulang kali, maka akan menjadi sebuah kebiasaan. Apa yang menjadi kebiasaanmu sedikit banyak dipengaruhi oleh mindset atau cara berpikirmu. Oleh karenanya, ubah kebiasaan menjadi tips jitu belajar grammar bahasa Inggris selanjutnya. Jika biasanya kamu hanya menonton film dan mendengarkan lagu bahasa Indonesia saja, mulai sekarang biasakanlah dirimu untuk menonton film dan mendengarkan lagu dalam bahasa Inggris. Amati dialog dan lirik lagunya, serta jangan lupa juga untuk membiasakan diri untuk menerjemahkannya sendiri. Apabila kamu sudah memiliki kebiasan yang ada hubungannya dengan bahasa Inggris, kamu bisa meningkatkan effort dari kebiasaan itu menjadi sesuatu yang menyempurnakan usahamu dalam belajar grammar bahasa Inggris.

Baca juga: Pengertian Hingga Tips Mempelajari Grammar Bahasa Inggris

 

9. Praktikan

Praktikkan secara langsung ilmu yang sudah kamu pelajari melalui sebuah percakapan atau bisa juga dituangkan dalam sebuah tulisan. Bagian ini akan menjadi penyempurna langkahmu dalam belajar grammar bahasa Inggris karena apabila yang kamu pelajari tidak kamu praktikkan maka semuanya bisa saja sia – sia atau hilang begitu saja. Ada tiga praktik yang bisa kamu jalani:

  1.  Think: ingatlah teori tentang grammar yang sudah kamu pelajari, keep dan simpan baik – baik di memorimu. 
  2. Write down: cobalah untuk menulis kalimat dengan grammar yang benar, menulis akan membantu ingatanmu mencari teori apa yang sudah ada diingatan. 
  3. Talk: ucapkan kalimat yang ada dalam ingatanmu dan kalimat yang sudah kamu tulis tadi. Nah, karena suara bisa hilang setelah diucapkan, kamu bisa mengabadikannya melalui sebuah rekaman. Jadi, ketika kamu ingin mendengarkan apa yang sudah kamu ucapkan, kamu juga bisa mengoreksi apabila ada kesalahan.

Yuk Belajar Bahasa Inggris bersama Schoters

Bagaimana nih, Hunters? 9 tips ini dapat kamu terapkan untuk belajar grammar bahasa Inggris menjadi lebih mudah. Jika kamu merasa kesulitan untuk mempelajarinya, yuk bergabung dalam kelas bahasa di Schoters! 

Banner CTA K2- Schoters (Feb 27, 2023 11:04 AM)