7 Manfaat Penting Kursus Bahasa Inggris

Tips & Trik, 13 Sep 2022

Memiliki kemampuan berbahasa asing terutama bahasa Inggris memang bukan hal istimewa lagi zaman sekarang. Sejak perkembangan teknologi semakin pesat dan akses internet semakin tidak terbatas, banyak yang memiliki keterampilan berbahasa Inggris karena belajar secara otodidak melalui lagu-lagu di YouTube, streaming film, atau bermain game. Oleh karena itu banyak kalangan tertarik untuk ikut kursus bahasa Inggris.

Dengan kursus bahasa Inggris, bukan hanya kemampuan memahami saja yang bisa kita peroleh, tetapi juga kemampuan berbicara, mendengar, membaca, menulis, dan menyusun kata berbahasa Inggris secara baik. Keterampilan tersebut sangat penting dan banyak dibutuhkan. Terutama jika kita tertarik bekerja atau melanjutkan studi ke luar negeri. Selain yang telah disebutkan, ada banyak manfaat kursus Bahasa Inggris yang bisa kita jadikan motivasi.

7 Manfaat Kursus Bahasa Inggris

1. Menambah Pengetahuan

Banyak sekali buku atau media berbahasa asing memuat pengetahuan yang sebelumnya tidak pernah kita ketahui. Dengan mengikuti kursus, membaca buku atau media asing bukan lagi hal sulit. Kita akan memiliki kesempatan membaca banyak hal menarik yang mungkin tidak pernah kita baca dari media dan buku lokal.

2. Memudahkan Berkomunikasi dengan Orang Lain

Seperti yang kita tahu, Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional. Dengan memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik, kita bisa berkomunikasi dengan orang lain terutama mereka yang ada di luar negeri dengan mudah. Jika pekerjaan kita menyangkut orang asing, kemampuan komunikasi dalam bahasa asing tentu akan memudahkan segala urusan.

3. Memiliki Kesempatan Bekerja dan Belajar di Negara Lain

Salah satu syarat untuk bisa memiliki karir atau melanjutkan studi di luar negeri adalah lolos tes kemampuan Bahasa Inggris seperti TOEFL, TOEIC, atau IELTS. Jika kita ikut kursus Bahasa Inggris, hal ini tidaklah sulit. Semua tahapan tes bisa kita lalui dengan mudah sehingga kesempatan untuk bekerja dan belajar di negara lain pun terbuka lebar.

          Baca juga: 9 Cara Belajar Bahasa Inggris dari Nol untuk Pemula, Mudah!

4. Kesempatan Berkarier yang Luas

Bagi beberapa orang, kemampuan Bahasa Inggris bisa jadi peluang rezeki dan mendapat penghasilan tambahan. Dengan memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang mumpuni, kita memiliki kesempatan berkarier yang luas. Profesi yang bisa dicoba dengan kemampuan bahasa Inggris yang baik adalah sebagai penerjemah atau pemandu wisata. Gaji dua profesi ini termasuk tinggi, apalagi jika kita sudah punya “nama” dan memiliki banyak klien.

5. Komunikasi di Luar Negeri Semakin Lancar

Sebagai bahasa internasional, bahasa Inggris banyak digunakan untuk berkomunikasi di luar negeri. Jadi, ketika liburan di negara asing, kita tidak perlu khawatir tersesat atau kesusahan. Kemampuan komunikasi dalam bahasa Inggris akan memudahkan kita bertanya atau melakukan penawaran dalam jual beli. Beberapa penduduk lokal di beberapa negara yang bahasa ibunya bahasa Inggris juga akan lebih menghormati mereka yang bisa berbahasa Inggris.

6. Kemudahan Memanfaatkan Teknologi

Diakui atau tidak, kemampuan berbahasa Inggris ada hubungannya dengan kemudahan dalam memanfaatkan teknologi. Bagaimana tidak, dengan kemampuan bahasa Inggris yang baik, kita dapat mengoperasikan komputer, smartphone, atau software yang biasanya memiliki bahasa pengantar bahasa Inggris.

7. Meningkatkan Percaya Diri

Memiliki kemampuan bahasa Inggris terkadang membuat kita lebih dihormati karena dianggap berpendidikan. Hal serupa juga masih menjadi mindset bagi sebagian orang Indonesia, loh. 

Jadi, tidak perlu kaget apabila percakapan yang dilatih saat kursus Bahasa Inggris akan memupuk rasa percaya diri kita. Semakin lancar kita berbahasa Inggris maka tingkat kepercayaan diri kita saat berinteraksi dengan bahasa tersebut akan semakin tinggi.

Banner L _ Mau Lolos Beasiswa LN_-1

3 Jenis Kursus Bahasa Inggris yang Bisa Diikuti

Setelah mengetahui manfaat kursus, apa Hunters tertarik untuk mengikuti kursus bahasa asing terutama bahasa Inggris? Jika iya, kita perlu tahu bahwa di negara ini ada 3 jenis kursus yang bisa diikuti. Pada akhir kursus kita akan mengikuti tes dan memperoleh sertifikat.

Sertifikat tersebut bisa dipakai sebagai bukti bahwa kita memiliki keterampilan bahasa Inggris yang baik. Lalu, apa saja jenis kursus yang bisa kita ikuti?

1. TOEFL

Kursus TOEFL atau Test of English Foreign Language merupakan salah satu jenis kursus yang banyak dipilih untuk melatih kemampuan Bahasa Inggris. Pada kursus TOEFL, kita akan diajak untuk melakukan simulasi tes berdasarkan tiga aspek kemampuan, yaitu listening, structure, dan reading.

Untuk bisa mengikuti kursus ini, sebaiknya kita punya dasar yang cukup supaya bisa mengikuti karena kebanyakan sesinya adalah pembahasan soal-soal tes TOEFL dan bagaimana cara penyelesaiannya. Sertifikat yang diperoleh setelah mengikuti kursus dan tes TOEFL bisa dipakai untuk syarat mendaftar kuliah di luar negeri atau melamar kerja di perusahaan asing.

2. IELTS

Merupakan singkatan dari International English Language Testing System, IELTS adalah tes pengujian kemampuan bahasa Inggris yang berbasis British English. Semua peserta kelas ini akan memperoleh sertifikat IELTS setelah mereka mengikuti tes dan sertifikatnya berlaku di semua negara terutama di Inggris, Skotlandia, Irlandia, atau Australia.

Seperti halnya TOEFL, untuk ikut kursus Bahasa Inggris ini kita juga harus memiliki dasar yang mumpuni. Kelas IELTS lebih menekankan pada preparation agar peserta bisa menyelesaikan tes IELTS dengan baik dan mendapatkan skor sesuai yang diharapkan.

3. TOEIC

Kursus bahasa asing terutama Bahasa Inggris yang paling banyak diikuti orang selanjutnya adalah TOEIC. Seperti halnya kelas TOEFL dan IELTS, kelas Test of English for International Communication ini dibentuk sebagai kelas persiapan agar peserta kursus mampu menyelesaikan soal-soal yang keluar di ujian TOEIC.

Sertifikat TOEIC biasanya dipakai untuk melamar kerja di perusahaan asing yang berlokasi di luar negeri. Jadi, tidak heran apabila bahasa yang dipakai adalah bahasa bisnis.

          Baca juga: Penjelasan Lengkap Perbedaan TOEFL, IELTS, dan TOEIC

Persiapan Kursus Bahasa Inggris

Jadi, apa Hunters tertarik mengikuti salah satu kelas kursus Bahasa Inggris di atas? Jika iya, sebaiknya pilih lembaga tepercaya, seperti Schoters untuk mengikuti kursus dan memperoleh sertifikat legal yang diakui di mana saja. Selain TOEFL, IELTS, dan TOEIC, Schoters juga menawarkan kursus bahasa asing lain yang tidak kalah seru.

Jika Hunters tertarik dengan kursus bahasa asing dan kelas persiapan di Schoters, silakan klik di sini. Nah, itulah 7 manfaat kursus bahasa asing terutama Bahasa Inggris. Semoga bermanfaat.