Cara Sukses Daftar Kuliah di Korea Selatan

Fakta Menarik, 11 Okt 2022

Korea Selatan tidak hanya terkenal dengan drama dan musiknya saja, tetapi juga populer karena menjadi tujuan para mahasiswa untuk menempuh studi internasional di jenjang sarjana hingga doktor. Faktanya, Korea Selatan mengalami peningkatan penerimaan mahasiswa asing dengan lebih dari 160.000 mahasiswa internasional. Jika kamu berminat untuk belajar di Korea, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu kamu ketahui.

Bidang Studi Unggulan di Korea

Umumnya, Korea Selatan terkenal dengan bidang studi berikut ini:

1. Teknik
Beberapa dekade terakhir, Korea Selatan membuat perubahan yang signifikan di bidang Teknik. Pembangunan dan kemajuan teknologi di Korea Selatan pun sangat cepat berkembang. Bahkan, salah satu jurusan Teknik di KAIST dan Seoul National University berhasil menempati 100 kampus top dunia.

2. Ilmu Alam
Lulusan ilmu alam di universitas-universitas Korea sangat dihargai di pasar kerja dunia. Ada beberapa universitas yang menawarkan program berkualitas dunia, seperti Seoul National University, KAIST, dan POSTECH.

3. Bahasa dan Sastra
Bahasa dan kesusastraan Korea Selatan belakangan ini menjamur khususnya di kalangan anak muda. Dengan merebaknya kepopuleran budaya Korea Selatan, seperti K-pop dan K-drama maka bahasa Korea semakin diminati juga di kalangan murid internasional.

  


Daftar Kampus Top 3 di Korea Selatan

Seoul National University (SNU), Peringkat 36 Dunia

Seoul National University (SNU) adalah universitas nasional pertama di Korea Selatan. SNU saat ini terdiri dari 16 perguruan tinggi, 1 fakultas pascasarjana, dan 12 fakultas profesi. SNU menawarkan dukungan karir, bimbingan konseling, bantuan keuangan, dan dukungan bahasa untuk siswa internasional.

Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST), Peringkat 41 Dunia

Universitas ini fokus pada bidang pengembangan Sains dan Teknologi. KAIST bahkan bekerja sama dengan beberapa istitut teknik top dunia dan juga memiliki cabang kampus di Eropa. Universitas ini juga menyediakan kelas internasional berbahasa Inggris dan beasiswa fully funded.

Korea University, Peringkat 74 Dunia

Universitas Korea didirikan pada tahun 1905 dan sekarang diakui sebagai salah satu universitas tertua di Korea Selatan yang masih beroperasi. Universitas ini juga menawarkan sejumlah kursus dalam bahasa Inggris, misalnya untuk jurusan Sains, Matematika, dan Seni. Beasiswa, perumahan dan layanan konseling juga tersedia untuk mahasiswa internasional di Universitas Korea.

Beasiswa

Selain memiliki kampus-kampus top dunia di bidang Teknologi, Sains, hingga Sosial, Korea Selatan juga memiliki opsi beasiswa dari pemerintah lokalnya, antara lain:

1. Global Korean Scholarship (GKS)

Beasiswa ini merupakan beasiswa fully funded yang ditawarkan oleh pemerintan Korea Selatan untuk mahasiswa internasional, termasuk untuk Indonesia.

2. Art Major Asian+ (AMA+) Scholarship

Bagi kamu yang memiliki bakat seni, beasiswa ini sangat cocok untuk dicoba. Beasiswa ini juga merupakan skema beasiswa dengan pembiayaan penuh dari Korea National University of Arts.

3. KOICA Scholarship Program, Seoul National University

Beasiswa ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa di negara-negara perkembang, khususnya di bidang studi pembangunan. Beasiswa ini khusus untuk pendaftar program master.

      Baca juga: Kuliah di Korea Fully Funded dan Banyak Benefit dengan Beasiswa GKS

Cara Pendaftaran

Pada dasarnya, pendaftaran universitas dan beasiswa di Korea Selatan memiliki kesamaan pola. Berikut ini adalah rangkuman secara general terkait Langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk mendaftar beasiswa dan kampus di Korea.

Tahap Awal Pendaftaran

1. Information form (cek website: www.studyinkorea.go.kr)

Pilih jenjang
Pilih universitas dan jurusan
Isi formulir pendaftaran
Unggah dokumen pendaftaran
Verifikasi akhir

2. Personal statement

Personal statement adalah faktor terpenting yang menjadi penentu diterima atau tidaknya di universitas maupun beasiswa, termasuk di Korea Selatan. Jadi, kamu perlu mempersiapkan dan menulis personal statement terbaikmu ya!

3. Kemampuan Bahasa

Umumnya, beasiswa di Korea Selatan tidak mewajibkan skor minimal tertentu untuk persyaratan Bahasa seperti IELTS dan TOEFL, namun, semakin tinggi skormu, maka semakin baik untuk mendukung aplikasi kamu.

4. Referensi

Sebagaimana aplikasi beasiswa di luar negeri lainnya, kamu juga perlu mempersiapkan minimal 2-3 surat rekomendasi dari dosen, atasan, atau supervisor yang berkaitan dengan profesi atau riwayat pendidikanmu.

Persyaratan Khusus

Untuk S-1, mayoritas kampus tidak menyediakan international program, jadi harus belajar dengan Bahasa Korea. Namun, jika kamu ingin mendaftar program master, banyak universitas di Korea Selatan yang menyediakan international program dan menggunakan bahasa Inggris. Namun, jika kamu memiliki sertifikat bahasa Korea, itu akan menjadi nilai plus.

            Baca juga: 5 Beasiswa Korea Selatan Andalan Semua Kalangan

Siapkan Pendaftaran Bersama Schoters

Mau berangkat ke luar negeri dan lolos beasiswa impian? Scholarship Hunters bisa mulai persiapan dari sekarang, loh. Schoters menawarkan layanan bimbingan untuk membantu Scholarship Hunters meraih beasiswa impian ---> Yuk, konsultasi dengan mentor berpengalaman.

Program bimbingan lainnya juga bisa diakses melalui halaman website Schoters.

cara daftar kuliah di korea selatan