5 Beasiswa Korea Selatan Andalan Semua Kalangan

Info Beasiswa, 19 Sep 2022

Beasiswa Korea Selatan telah banyak dilirik oleh para pemburu beasiswa, terlebih karena popularitas korean wave dan pengaruh education influencer yang bertebaran di media sosia. Tapi tahukah kamu kalau pemerintah Korea Selatan telah memberikan bantuan studi pada 148 negara dan enam ribu lebih mahasiswi sejak 1967.Banyaknya beasiswa yang diberikan menjadikan Korea Selatan jadi salah satu negara favorit untuk lanjut studi. Apa saja alasannya? Simak selengkapnya berikut ini. 

Kenapa Mencari Beasiswa Korea Selatan?

Ada beberapa pertimbangan yang menjadikan beasiswa Korea Selatan menjadi lebih unggul daripada belajar di negara lain. Salah satunya adalah perbandingan biaya kuliah untuk mahasiswa internasional di negara Inggris, Amerika Serikat dan beberapa negara pengantar bahasa Inggris lainnya. 

Namun, bukan itu saja keuntungan yang bisa kamu ambil. Pemerintah Korea Selatan telah mendukung pendidikan untuk pelajar internasional secara sistematis sehingga kehidupanmu selama belajar akan semakin terjamin. Kemudian dengan sistem pendidikan yang unggul, prospek perkembangan teknologi global yang baik, budaya yang kaya, dan program pengembangan karir bagi mahasiswa dunia setelah bersekolah di Korea Selatan adalah sedikit dari beberapa hal yang bisa kamu nikmati.

Bagi kamu yang tertarik untuk melanjutkan studimu di Negeri Ginseng, berikut Schoters rangkumkan untukmu 5 Beasiswa Korea Selatan di daftar di bawah ini!

1. Beasiswa Pemerintah Korea (Global Korea Scholarship)

Beasiswa Korea Selatan yang paling dicari oleh banyak orang salah satunya adalah KGSP/GKS. Hal ini wajar, karena beasiswa korea selatan GKS mencakup untuk program Sarjana, Pascasarjana dan Penelitian. Beasiswa Korea Selatan GKS menerima 220 mahasiswa S-1 dan 1.080 mahasiswa S-2 setiap tahunnya (angka dapat berubah sewaktu-waktu).

Manfaat yang diberikan juga cukup lengkap mulai dari tiket pesawat, akomodasi, biaya hidup, asuransi kesehatan, sekolah biaya, SPP, tunjangan bahasa, biaya penelitian, biaya cetak tesis atau disertasi dan tunjangan persiapan kembali ke negara asal. Namun memang, beasiswa Korea Selatan ini cukup kompetitif. Jadi persiapkan dirimu sebaik mungkin jauh-jauh hari ya.

         Baca juga: Info Terbaru Beasiswa GKS (Global Korea Scholarship)

2. Beasiswa POSCO

Beasiswa Korea Selatan ini dibiayai oleh POSCO TJ Park Foundation dan menerima mahasiswa ASEAN untuk melanjutkan studi Pascasarjana (Magister dan Doktor). Satu tahun sekali, beasiswa POSCO membuka kuota untuk 50 orang dan mengutamakan dia yang ingin melanjutkan studi di bidang ilmu alam teknik.

Beasiswa Korea Selatan ini juga merupakan beasiswa penuh yang akan menunjang kamu dengan biaya hidup sehari-hari, biaya kuliah, kelas bahasa Korea, settlement fee, dan networking activity. Kamu bisa lihat lebih jelas tentang beasiswa POSCO di link ini.

3. Beasiswa Korea Selatan Art Major Asian (AMA)

Pemerintah Korea Selatan memang dikenal sangat peduli dengan kemajuan budaya dan seninya, oleh karena itu Korea National University of Art membuka program AMA untuk menunjang para seniman Asia dari 19 negara. Program yang diberikan kepada pelajar Sarjana dan Pascasarjana yang berfokus pada bidang seni musik, tari, video, teater dan tradisional.

Melalui beasiswa Korea AMA, kamu akan didukung dengan biaya kuliah, biaya hidup sebesar 800.000 KRW atau Rp 8.608.955 per bulan, biaya transportasi negara asal ke Korea Selatan, asuransi kesehatan dan sekolah bahasa. Periode pendaftaran AMA biasa dilaksanakan di bulan Maret. 

4. Beasiswa Korea KAIST (Korea Advanced Institute Science and Technology)

Menjadi salah satu tujuan utama pelajar Korea Selatan dan universitas terbaik di Asia, KAIST membuka pintunya di musim gugur 2022 ini untuk mahasiswa internasional yang ingin melanjutkan studi di program Magister dan Doktor. Beasiswa ini cukup kompetitif dan memerlukan beberapa berkas yang cukup banyak. Jadi pastikan kamu sudah mencicil dari awal ya.

Namun hal itu sebanding dengan manfaat yang akan didapatkan. Penerima beasiswa Korea KAIST akan dibebaskan biaya kuliah penuh selama 4 semester (S-2) dan 8 semester (S-3), tunjungan hidup perbulan sebesar 350.000 - 400.000 KRW atau (Rp 3.766.417 - Rp 4.304.477), asuransi kesehatan, dan tunjangan penelitian.

5. Beasiswa Korea Selatan Graduate Studies Fellowship Programs (Korea Foundation)

Bagi kamu sedang melanjutkan fokus studi tentang Negeri Ginseng, beasiswa Korea Selatan Graduate Studies Fellowship bisa menjadi salah satu tiketmu untuk melanjutkan studimu dengan gratis. Korea Foundation memberikan bantuan kepada 150 mahasiswa 6 grup negara (salah satunya Indonesia di grup ke-6) yang sedang menempuh pendidikan di Magister dan Doktor tentang ilmu Korea.

Beasiswa Korea Foundation memberikan jatah beasiswa berupa uang SPP (biaya menyesuaikan daerah dan SPP masing-masing negara) selama satu tahun penuh. Namun karena ini beasiswa korea khusus untuk mahasiswa yang belajar tentang Korea Selatan, mereka tidak menerima kandidat dari luar bidang tersebut.

          Baca juga: 10 Beasiswa Ini Bisa Bantu Kamu S-2 di Luar Negeri 

Matangkan Persiapan Beasiswa Korea

Pastinya kamu mau menjadi salah satu dari penerima beasiswa di atas bukan? -> Dapatkan informasi dan konsultasi persiapan beasiswa Korea lebih lanjut bersama mentor experts Schoters alumni kampus Korea Selatan.

Persiapan kamu pasti lebih mantap karena mendapatkan bimbingan yang tepat dan intensif dari ahlinya!

beasiswa korea