fbpx

5 Cara Ampuh Dapat Beasiswa ke Luar Negeri

Tips & Trik

Scholarship Hunters, berminat untuk lanjut kuliah di luar negeri? Tidak usah khawatir karena banyak sekali beasiswa yang sedang buka maupun akan segera buka periode pendaftaran di akhir tahun 2021 ini terutama untuk tahun ajaran 2022 nanti. Kalau Hunters ingin melanjutkan studi dengan cuma-cuma, simak cara ampuh dapat beasiswa ke luar negeri berikut ini!

1. Gali Informasi Sebanyak-banyaknya

Sebagai langkah awal, kamu bisa buat list informasi apa saja yang ingin dicari. Hal-hal penting yang mesti kamu kenali sebelum mendaftar beasiswa, misalnya jurusan incaran, silabus, mata kuliah, atau kelas yang diajarkan, kurikulum yang dipakai, ada beasiswa atau potongan, syarat penerimaan beserta dokumen,  periode pendaftaran hingga deadline penutupan.

Info-info tadi bisa didapat di website resmi kampus incaran atau website jurusan masing-masing. Hunters juga bisa cek akun sosial media resmi setiap kampus agar semakin update dengan informasi terbaru. Informasi kampus memiliki sumber yang berbeda-beda tergantung pada jurusan yang Hunters minati. Beberapa kampus menyediakan informasi yang lebih lengkap di website fakultas sendiri secara terpisah dan ada pula yang menjabarkan  informasi detail di website utama pada bagian admission/courses/undergraduate atau graduate programs lainnya.

Baca juga: 3 Alasan Kenapa Kamu Harus Kuliah di Luar Negeri 

2. Persiapan Kursus Bahasa Asing

Saat kuliah di luar negeri, kamu butuh persiapan belajar bahasa asing. Di mana pun negaranya, dengan bekal bahasa yang baik maka kehidupanmu saat kuliah nantinya di luar negeri akan semakin mudah. Manfaat lain belajar bahasa asing lainnya:
1. Memudahkan bersosialisasi dengan orang lokal
2. Memperluas kemampuan berbahasa asing
3. Memudahkan saat mengurus administrasi kuliah
4. Membuat Hunters lebih aktif di kelas

 

Mau tau lebih lanjut beasiswa di negara non-English speaking?

Untuk persiapan belajar bahasa asing, kamu bisa mulai dengan  cari informasi kursus persiapan bahasa lokal negara tujuan, lalu buat set of goals beserta target waktu,  ikuti kursus bahasa lokal tersebut dan ambil sertifikat resmi bahasa lokal negara tujuan.

3. Buat Dokumen Persyaratan Beasiswa

Saat mendaftar beasiswa luar negeri, biasanya kita akan diminta berbagai macam dokumen. Schoters merangkum ada 3 dokumen penting yang sering diminta oleh pemberi beasiswa, yaitu CV, motivation letter, dan recommendation letter. 

Curriculum Vitae (CV) adalah ringkasan dari latar belakang pendidikan dan akademik kamu serta pengalaman mengajar dan penelitian, publikasi scientific journals atau papers, penghargaan, presentasi, penghargaan, dan detail tambahan tentang skill kamu lainnya. CV memiliki jumlah halaman yang bervariasi, biasanya terdiri  dari dua hingga beberapa halaman. Untuk mendaftar beasiswa di luar negeri, CV akademis biasanya lebih menekankan pad a:

  • Kualifikasi Profesional dan Akademis
  • Latar belakang endidikan
  • Pengalaman
  • Prestasi
  • Kegiatan/Aktivitas sosial
  • Kualifikasi Khusus

Motivation letter sering disebut sebagai statement of purpose atau letter of purpose. Bisa juga disebut sebagai personal statement. Singkatnya, motivation letter adalah suatu dokumen yang diperlukan untuk mendaftar beasiswa. Dokumen ini berisi tentang pernyataan ketertarikan beserta alasan-alasan untuk mendapatkan beasiswa. Tujuan dari dokumen ini untuk meyakinkan pemberi beasiswa bahwa kamu memang sangat berminat dan layak untuk memeroleh beasiswa tersebut.

Surat rekomendasi atau recommendation letter berisi deskripsi mengenai kualitas, karakteristik, dan kapabilitas kamu. Singkatnya, surat rekomendasi berisi pujian atas keunggulan-keunggulan yang kamu punya yang bisa dijadikan pertimbangan dari reviewer. Pada bidang akademik, untuk tingkat SMA, surat rekomendasi harus diberikan oleh guru/kepala sekolah sedangkan untuk lulusan sarjana/magister surat rekomendasi diberikan oleh pembimbing atau dosen.

Untuk bidang professional, surat rekomendasi diberikan oleh atasan dan/atau supervisor tempat kamu bekerja. Tidak ada format tetap dalam menyusun surat rekomendasi. Tetapi perlu diperhatikan bahwa untuk pengecualian beberapa beasiswa biasanya memiliki format tertentu.

beasiswa united arab emirates university

 

4. Perbanyak Ikut Kegiatan/Lomba 

Jika kamu masih kuliah atau sekolah akan lebih baik untuk menambah kegiatan-kegiatan yang bisa menambah nilai plus untuk profil kamu saat mendaftar beasiswa. Dengan berbagai macam pengalaman kegiatan akan menambah peluang untuk dapat beasiswa ke luar negeri loh! Contoh kegiatan yang bisa kamu lakukan:

  • Ikut short courses, workshop, webinar, atau conference bersertifikat.
  • Partisipasi lomba-lomba akademis maupun non-akademis, baik online atau offline
  • Kursus bahasa asing dan ikut tes resminya.
  • Gabung dengan klub atau komunitas sosial dan ikut volunteer acara-acara sosial di sekitar rumah atau lingkunganmu.
  • Belajar hal baru seperti aplikasi-aplikasi di komputer yang menunjang hobi atau keterampilan kamu.
  • Browsing dan cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai kesempatan webinar, lomba, atau kursus lainnya.

Baca juga: 5  Langkah Persiapan Mengambil Beasiswa s2 Luar Negeri

5. Buat Timeline Persiapan Beasiswa

Penting untuk membuat timeline persiapan Study Abroad agar tidak menumpuk di satu waktu untuk mengumpulkan dokumen yang diperlukan. Salah satu contoh timeline persiapan beasiswa untuk jenjang S1 bisa melihat contoh di bawah ini:

Kelas 10

  1. Tentukan jurusan & opsi kampus tujuan
  2. Cari tahu secara detail jurusan, prospek jurusan yang dipilih untuk kedepannya serta persyaratan mendaftar kampus tujuan

Kelas 11

Pertimbangkan mengambil persiapan tes akademik. Perlu diketahui, setiap negara biasanya memiliki persyaratan tes akademik yang berbeda-beda. Berikut adalah beberapa contoh tes akademik yang perlu diikuti jika ingin kuliah ke luar negeri:

  1. A Level/SAT. Tes ini biasanya menjadi persyaratan pendaftaran di berbagai negara
  2. EJU. Jika kamu ingin kuliah ke Jepang, biasanya ini merupakan salah satu tes yang perlu kamu ikuti. 
  3. YOS. Tes ini merupakan salah satu persyaratan untuk kamu yang ingin kuliah ke Turki
  4. Dan berbagai tes-tes lainnya

Baca juga: Mengenal Tes SAT, A-Level, dan EJU

Kelas 12 

Setelah mempelajari bahasa asing ketika kelas 10 – kelas 11, sudah saatnya untuk mengambil tes sertifikat bahasa. Sertifikat bahasa adalah salah satu dokumen persyaratan yang dibutuhkan untuk mendaftar beasiswa luar negeri. Berikut merupakan beberapa tes yang dapat kamu ambil :

  • Ambil tes official bahasa asing  seperti tes IELTS, TOEFL IBT/ TOPIK/ JLPT/ dsb
  • Ambil tes Akademik  seperti tes A Level/SAT/EJU/dsb.

 

Ingin tau cara dapat beasiswa di luar negeri? Konsultasikan pilihan studimu dengan ahlinya di sini dan cek kalender beasiswa Schoters.

Kalau kamu bingung mau mulai pendaftaran beasiswa luar negeri dari mana, kamu bisa  konsultasi ke expert beasiswa di Schoters untuk persiapan dokumen, esai, dan informasi beasiswa dengan lengkap dalam bimbingan yang jam-nya fleksibel!

Pin It on Pinterest

Share This