Tips, Cara Masuk Fakultas Kedokteran, dan Gaji Lulusannya!

Kuliah di jurusan kedokteran menjadi impian bagi banyak pelajar yang ingin berkarier di bidang kesehatan. Tingginya peminat dan persaingan yang ketat di fakultas ini, menjadi hal yang perlu dipertimbangkan ketika memutuskan untuk memilih dan masuk fakultas ini. Simak cara masuk fakultas kedokteran yang dapat membantu Hunters meraihnya!

 

Gaji lulusan kedokteran

Dilansir dari Sindonews, gaji dokter berbeda-beda tergantung dengan jabatan, dokter umum, dokter PNS, sampai dokter spesialis. Namun, umumnya adalah sebagai berikut:

  1. Gaji pokok dokter umum : Rp3.594.889
  2. Gaji pokok dokter gigi : Rp4.000.000 – Rp7.000.000
  3. Gaji pokok dokter spesialis : Rp23.000.000 – Rp25.000.000
  4. Tunjangan:
  1. Tunjangan insentif pegawai tidak tetap dokter atau dokter gigi spesialis kriteria di daerah terpencil mendapat Rp11.208.000. Tunjangan ini dipotong PPh sebesar 7,5% sehingga mendapat insentif bersih sebesar Rp10.367.400.
  2. Tunjangan insentif pegawai tidak tetap dokter atau dokter gigi spesialis kriteria, di daerah sangat terpencil mendapatkan insentif Rp14.110.000. Sedangkan potongan PPh sebesar 7,5% sehingga mendapat insentif bersih sebesar Rp13.051.750
  3. Tunjangan pegawai tidak tetap dokter atau dokter gigi kriteria di daerah terpencil mendapat Rp5.695.000. Tunjangan tersebut mendapat PPh sebesar 7,5% sehingga mendapat insentif bersih Rp5.267.900
  4. Tunjangan dokter atau dokter gigi kriteri, di daerah yang sangat terpencil sebesar Rp8.281.000. Dipotong PPh sebesar 7,5% sehingga mendapat insentif bersih sebesar Rp7.659.950.

 

Cara masuk fakultas kedokteran

1. Persyaratan fisik

Persyaratan fisik yang harus dipenuhi oleh calon mahasiswa yang ingin masuk ke fakultas kedokteran salah satunya adalah tidak boleh buta warna. Calon mahasiswa yang akan mendaftar jurusan kedokteran diwajibkan membawa surat keterangan tidak buta warna. Namun, terdapat pula beberapa perguruan tinggi mengadakan tes buta warna saat pendaftaran berlangsung.

2. Persyaratan akademik

Beberapa persyaratan akademik yang harus dipenuhi ketika akan masuk ke fakultas kedokteran adalah seperti mengetahui ilmu sains, seperti biologi, fisika, dan kimia serta memiliki nilai rapor yang baik. Memiliki nilai rapor yang bagus juga menunjang calon mahasiswa untuk sedikit mempermudah mahasiswa dalam pembelajaran nanti. Nilai utama yang dilihat adalah nilai sains seperti biologi, fisika dan kimia, tetapi akan lebih bagus jika semua nilai mata pelajaran baik.

3. Bahasa Inggris

Bahasa Inggris menjadi salah satu hal penting dan sering menjadi syarat untuk jadi mahasiswa kedokteran karena hampir seluruh materi, referensi, hingga rumus banyak yang menggunakan bahasa Inggris. Di jurusan kedokteran, juga ada banyak istilah-istilah yang memang menggunakan bahasa Inggris. Di samping itu, jika Hunters mengejar fakultas kedokteran di universitas luar negeri, bahasa Inggris menjadi hal yang paling wajib untuk dikuasai karena calon mahasiswa jurusan kedokteran harus memiliki sertifikat TOEFL dengan nilai TOEFL di atas 500.

4. Siapkan dokumen pendukung

Biasanya persyaratan ini ada saat Hunters mendaftar kuliah ke luar negeri. Beberapa dokumen pendukung yang perlu disiapkan adalah seperti sertifikat IELTS atau TOEFL, sertifikat magang di bidang kesehatan untuk jenjang S2, hasil ujian MCAT, dan lain-lain.

5. Lolos seleksi universitas

Setelah memenuhi persyaratan di atas, tahap selanjutnya adalah mendaftar ke universitas yang dituju. Setelah memenuhi syarat, perguruan tinggi akan melakukan seleksi kepada calon mahasiswa.

 

Tertarik kuliah ke luar negeri dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih universitas, beasiswa, persyaratan dokumen hingga interview.

Silahkan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apapun 👇

cara masuk fakultas kedokteran

 

Tips persiapan untuk masuk ke fakultas kedokteran

1. Pilih universitas yang tepat

Tips pertama adalah dimulai dari memilih universitas yang ingin dituju. Pastikan untuk melakukan riset universitas yang menawarkan program yang Hunters minati dan memiliki reputasi yang baik. Selain itu, juga pertimbangkan kemampuan Hunters untuk bersaing dalam proses seleksi sehingga Hunters punya peluang tinggi untuk lolos di fakultas kedokteran universitas tersebut.

2. Perhatikan persyaratannya

Setiap universitas punya persyaratan yang berbeda-beda. Jika Hunters ingin mendaftar ke universitas luar negeri, Hunters akan diminta untuk melampirkan transkrip akademik, nilai tes standar seperti SAT atau ACT, surat rekomendasi, dan surat motivasi. Pastikan untuk mempersiapkan persyaratannya dengan baik.

3. Riset biaya dan beasiswa

Ada beberapa universitas yang biaya kuliahnya cukup mahal. Namun, Hunters bisa mencari tahu beasiswa yang ditawarkan oleh universitas atau negara tujuan yang hendak dituju. Hunters bisa melakukan riset info beasiswa melalui website resmi universitas yang dituju atau website pemerintah negara tujuan.

4. Perhatikan timeline

Tips selanjutnya adalah memperhatikan timeline pendaftaran masuk universitas, timeline proses seleksi, dan timeline beasiswa jika Hunters akan mendaftar beasiswa. Hal ini menjadi penting agar Hunters bisa mempersiapkan diri di setiap tahap seleksi dan memenuhi persyaratan dokumen tepat waktu.

5. Konsultasi dengan mentor

Konsultasi dengan mentor Schoters adalah salah satu cara terbaik untuk memastikan bahwa Hunters mendapatkan informasi yang akurat dan terpercaya mengenai beasiswa dan universitas terbaik jurusan kedokteran di luar negeri. Mentor Schoters juga dapat membantu Hunters dalam mempersiapkan dokumen persyaratan, seperti review essay, motivation letter, hingga persiapan tahap interview.

 

Baca Juga : Simak Rekomendasi Universitas Kedokteran Terbaik di Dunia!

 

Rekomendasi bimbingan persiapan masuk ke fakultas kedokteran

Ingin lolos kuliah ke fakultas kedokteran luar negeri? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan daftar beasiswa ke luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

cara masuk fakultas kedokteran

Sumber:

Wahyono. Segini Gaji Dokter di Indonesia dan Tunjangannya, Sepadan dengan Biaya Kuliah Kedokteran yang Mahal?. https://edukasi.sindonews.com/read/1216129/211/segini-gaji-dokter-di-indonesia-dan-tunjangannya-sepadan-dengan-biaya-kuliah-kedokteran-yang-mahal-1696302645