Informasi Lengkap Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah di Korea

Kuliah di Luar Negeri, 01 Nov 2022

Sebagai salah satu negara maju di Asia yang memiliki banyak universitas berkualitas tinggi, Korea Selatan menjadi salah satu tujuan pelajar dari seluruh dunia untuk melanjutkan pendidikannya. Hal ini juga mendorong pemerintah untuk memberikan beasiswa pada mahasiswa internasional melalui beasiswa Global Korea Scholarship atau yang lebih umum dikenal sebagai GKS. Tiap tahunnya, lebih dari 1.000 orang mendapatkan beasiswa ini. Apakah kamu wakil Indonesia selanjutnya? Yuk simak cara mendapatkan beasiswa kuliah di Korea berikut ini!

Beasiswa GKS terbuka untuk program S-1, S-2, S-3, maupun riset. Menariknya, kamu akan mendapatkan pelatihan bahasa Korea secara gratis selama 1 tahun di universitas yang ditunjuk. Pendaftarannya dibuka tiap tahun dan ada 2 jalur yang dapat kamu pilih: Jalur Kedutaan Korea (Embassy Track) dan Jalur Universitas (University Track)

Perbedaan yang mendasar pada keduanya adalah tempat pertama kali kamu mendaftar. Jika Jalur Kedutaan mewajibkan kamu untuk mendaftar dan mengumpulkan berkas ke kedutaan terlebih dahulu sebelum selanjutnya diseleksi oleh National Institute for International Education (NIIED) di Korea, jalur universitas mewajibkan kamu untuk langsung mendaftar di universitas yang kamu tuju.

Selain itu, jika kamu memilih untuk mendaftar melalui jalur kedutaan, kamu bisa memilih maksimal 3 program studi di 3 universitas yang berbeda, sedangkan jalur universitas, kamu hanya bisa memilih program-program yang tersedia di universitas yang kamu tuju. 

             Baca juga: Berminat Kuliah di Korea Selatan? Cari Tahu Kampus Terbaik dan Info Beasiswanya

Cara Pendaftaran Beserta Tanggalnya

Berikut adalah cara pendaftaran dan tanggalnya untuk pendaftar jenjang S-1 dengan kode U, dan jenjang S-2, S-3, dan Riset dengan tanda G

  1. Pengumuman pembukaan pendaftaran: (U: September) (G:September-Februari). Tiap tahunnya terdapat sedikit perbedaan pada beasiswa GKS. Untuk itu, kamu wajib baca secara teliti pengumuman terbarunya ya.
  2. Pembukaan pendaftaran: Jalur kedutaan (U: Oktober-November) (G:Februari-Maret) dan jalur universitas (U: Oktober-November) (G:Februari-April).
  3. Rekomendasi ke NIIED: Jalur kedutaan (U: November) (G: awal April) dan jalur universitas (U: November) (G: akhir April).
  4. Pengumuman hasil seleksi oleh NIIED: Jika kalian lolos seleksi yang diadakan NIIED, nama kalian akan diumumkan pada: Jalur kedutaan (U: Desember) (G: awal Mei) dan jalur universitas (U: Desember) (G: akhir Mei)
  5. Mengumpulkan sertifikat kesehatan (paling lambat 15 Juni). Jika kalian lolos seleksi dari NIIED, kalian diwajibkan untuk mengambil tes kesehatan di Rumah Sakit untuk kemudian mengirimkan sertifikat medis yang berbahasa Inggris tersebut ke NIIED. 
  6. Seleksi di Universitas tujuan (U: Desember) (G: 10 Juni). Seleksi ini khusus untuk mahasiswa yang mendaftar di jalur kedutaan. Berkas kalian akan direviu oleh 3 universitas tujuan kalian. Selanjutnya, universitas akan mengirimkan hasil seleksi ke NIIED dan ke kalian.
  7. Memberitahukan pilihan universitas (U: Desember) (15 Juni). Langkah ini khusus untuk mahasiswa yang mengambil jalur kedutaan dan diterima di lebih dari 1 universitas pilihannya. Kalian akan diminta untuk memilih program studi mana yang akan kalian tuju ke NIIED.
  8. Pengumuman akhir penerima beasiswa GKS (U: Januari) (G: akhir Juni). Selamat bagi kalian yang telah lolos seleksi beasiswa GKS! Bagi pendaftar jalur universitas, kalian tidak perlu melalui seleksi pada nomor 6 dan 7. Sekarang kalian hanya perlu menyiapkan keberangkatan ke Korea. 
  9. Ketibaan di Korea (U: Februari) (G: akhir Agustus). Saat tiba di Korea, kalian yang diwajibkan mengikuti sekolah bahasa Korea selama 1 tahun akan diberangkatkan ke universitas tujuan (dipilihkan oleh pemerintah Korea). Bagi kalian yang sudah memiliki sertifikat kompetensi bahasa Korea, kalian tidak perlu mengikuti sekolah bahasa ini. 

          Baca juga: Beasiswa Fully Funded dari Pemerintah Korea Selatan, Global Korea Scholarship

Siapkan Pendaftaran Bersama Schoters

Mau berangkat ke luar negeri dan lolos beasiswa impian? Scholarship Hunters bisa mulai persiapan dari sekarang, loh. Schoters menawarkan layanan bimbingan untuk membantu Scholarship Hunters meraih beasiswa impian yuk, konsultasi dengan mentor berpengalaman.

Program bimbingan lainnya juga bisa diakses melalui halaman website Schoters.

cara mendapatkan beasiswa kuliah di korea