5 Tips Mendapatkan Letter of Acceptance (LoA) Universitas

Tips & Trik, 02 Sep 2022

Letter of Acceptance atau LoA adalah salah satu dokumen yang penting untuk dimiliki para pemburu beasiswa. Beberapa beasiswa bergengsi seperti beasiswa LPDP dan Chevening diketahui memasukkan LoA  sebagai salah satu persyaratannya. Tapi sebenarnya apa sih Letter of Acceptance itu? Dan bagaimana pula cara mendapatkannya? Simak penjelasan dan tips mendapatkan LoA universitas di bawah ini!

Apa itu Letter of Acceptance?

Sesuai namanya, secara sederhana Letter of Acceptance dapat diartikan sebagai surat penerimaan.  LoA merupakan surat dari suatu universitas yang menyatakan bahwa seorang pelamar berhasil diterima di universitas tersebut. Surat ini biasanya dikirimkan kepada calon mahasiswa melalui email. Pendaftar yang berhasil diterima umumnya akan memperoleh Letter of Acceptance dalam rentang waktu 1-5 bulan setelah masa pendaftaran berakhir.

Pada beasiswa tertentu, Letter of Acceptance bersifat opsional atau tidak wajib dilampirkan. Meski demikian, peluang untuk lolos seleksi beasiswa akan lebih besar jika kamu sudah memiliki LoA. Karena hal tersebut menunjukkan bahwa kamu sudah siap untuk menempuh studi sehingga beasiswa yang diberikan dapat digunakan secara tepat.

Jenis Letter of Acceptance

  1. Letter of Acceptance Unconditional

Merupakan surat yang menyatakan bahwa calon mahasiswa sudah resmi diterima di suatu universitas tanpa perlu melengkapi syarat-syarat tertentu. Informasi-informasi yang terdapat pada LoA jenis ini antara lain sebagai berikut:

  • Program studi yang menerima calon mahasiswa
  • Periode studi
  • Informasi registrasi ulang
  1. Letter of Acceptance Conditional

Merupakan surat yang menyatakan bahwa calon mahasiswa sudah lolos seleksi pendaftaran suatu universitas namun masih perlu melengkapi syarat-syarat tertentu agar bisa resmi diterima. Jika calon mahasiswa tidak mampu memenuhi syarat-syarat tersebut, maka penerimaan akan dibatalkan. Syarat-syarat tambahan ini dapat berupa nilai selama mengikuti program matrikulasi, sertifikat pelatihan bahasa, pernyataan kemampuan finansial, dan lain sebagainya.

tips mendapatkan loa universitas

5 Tips Cara Mendapat Letter of Acceptance

1. Menentukkan universitas tujuan

Hal pertama yang harus dilakukan pastinya adalah menentukkan universitas yang ingin didaftar. Walaupun terdengar mudah, namun menentukkan universitas tujuan sebenarnya bukan perkara sederhana. Perlu riset mendalam agar universitas tersebut sesuai dengan tujuan studi dan kapasitas diri kamu.

Sebagai tips, buatlah list berisi data universitas yang unggul di bidang yang ingin kamu tuju terlebih dahulu. Kemudian kamu bisa berkunjung ke website resmi masing-masing kampus untuk memperoleh informasi lebih lanjut terkait kampus tersebut. Misalnya tentang kurikulum, daftar professor, penelitian, dan lain sebagainya. Pastikan kamu menemukan alasan akademis yang kuat untuk mendaftar ke sana.

2. Cari tahu prosedur pendaftaran

Setelah mengetahui universitas mana saja yang cocok, langkah selanjutnya adalah mencari tahu prosedur pendaftaran. Informasi ini bisa kamu temukan di website resmi masing-masing universitas. Beberapa hal penting yang perlu kamu catat adalah sebagai berikut:

  • Persyaratan yang dibutuhkan
  • Periode pendaftaran
  • Cara mendaftar
  • Tahap-tahap seleksi beserta tanggal-tanggal penting

3. Lengkapi berkas pendaftaran

Berkas-berkas yang diperlukan untuk mendaftar ke suatu universitas umumnya adalah KTP/paspor, ijazah, transkrip nilai, CV, motivation letter, surat rekomendasi, dan sertifikat kemampuan bahasa seperti IELTS/TOEFL. Proses untuk melengkapi berkas-berkas tersebut memang memakan waktu yang cukup lama. Terutama selama menulis motivation letter atau mempelajari bahasa asing. Selain itu, berkas yang dikeluarkan oleh institusi tertentu seperti ijazah dan transkrip juga harus diterjemahkan dalam bahasa Inggris atau bahasa negara tujuan oleh penerjeman tersumpah.

Sebaiknya mulai tentukkan kampus tujuan dan cari tahu prosedur pendaftarannya sejak jauh-jauh hari sehingga kamu memiliki waktu yang cukup untuk menyiapkan semuanya secara matang.

4. Lakukan pendaftaran sesuai prosedur

Setelah semua persyaratan lengkap, lakukan pendaftaran sesuai prosedur masing-masing universitas. Selain pendaftaran online, beberapa universitas juga meminta agar berkas-berkas tertentu dikirimkan secara offline ke kampus mereka. Oleh karena itu, kamu perlu mengirimkan berkas tersebut melalui ekspedisi ke luar negeri. Pastikan berkas sampai di lokasi dengan aman dan tidak melebihi batas waktu yang ditentukkan.

Setelah melakukan pendaftaran, kamu tinggal menunggu kabar mengenai tahap seleksi berikutnya. Ikuti setiap tahapan seleksi dengan maksimal agar kamu bisa lolos dan mendapatkan LoA!

                     Baca Juga: Tips Menulis Esai untuk Apply Beasiswa

Kejar LoA Kampus Impian Bersama Schoters

Setelah menyimak tips mendapatkan LoA dari universitas, apakah kamu masih merasa kesulitan untuk menyiapkan pendaftaran seorang diri? -> Yuk, ikuti bimbingan bersama mentor expert Schoters dan dapatkan LoA dari kampus impian mu.

Persiapan berkas pendaftaran seperti jasa penerjemah tersumpah serta pelatihan dan tes bahasa asing juga bisa kamu temukan di Schoters!

tips mendapatkan loa universitas