Contoh Motivation Letter Beasiswa Bahasa Inggris yang Benar!

Sedang mencari contoh motivation letter beasiswa dan memiliki keinginan kuliah di luar negeri yang menjadi impian banyak pelajar Indonesia. Akan tetapi, sebelum sampai di sana, banyak hal yang perlu dipersiapkan, salah satunya biaya.

Ke luar negeri dengan biaya sendiri bukanlah tidak mungkin.  Namun, pilihan lainnya yang tidak boleh dilewatkan adalah beasiswa.  Selain sertifikat IELTS/TOEFL, dokumen yang cukup penting dalam pengajuan beasiswa adalah motivation letter.

Motivation letter merupakan essay atau tulisan bebas yang dibuat seseorang yang menceritakan bagaimana latar belakangnya, tujuan hidup yang ingin dicapai, potensi diri, serta motivasi apa yang membuat seseorang tersebut melamar pekerjaan, magang, atau mendaftar beasiswa.

Nama lain dari motivation letter antara lain personal statement, letter of intent, statement of purpose, motivation statement, dan lainnya. Apabila nama tersebut muncul dalam salah satu syarat pendaftaran, artinya kamu diminta untuk membuat motivation letter.

Fungsi motivation letter bukan hanya sekadar formalitas saja, lho Hunters! Diperlukan ketelitian dalam menulis motivation letter karena hal tersebut bisa menentukan keberhasilan pengajuan beasiswa.

Tidak jarang seseorang gagal meraih beasiswa karena menulis motivation letter yang asal – asalan dan kurang maksimal. Umumnya, motivation letter ditulis dengan singkat, sekitar 500 – 2000 kata. Struktur isinya kurang lebih seperti ini:

1. Diawali dengan penjelasan singkat tentang diri penulis. Setidaknya sebutkan identitas singkat kamu.

2. Selanjutnya cantumkan latar belakang pendidikan secara singkat namun jelas.

3. Jika pernah meraih prestasi seperti menang lomba atau punya pengalaman magang dan kerja, jelaskan setalah menceritakan latar belakang pendidikan.

4. Highlight kompetensi atau skill yang kamu miliki, baik hard maupun soft skill. Jangan berlebihan, sampaikan saja dengan jujur.

5. Masuk ke bagian inti, sampaikan motivasi terbesar yang membuat kamu mendaftar program (beasiswa, magang, atau melamar kerja).

6. Khusus untuk motivation letter pendaftaran beasiswa, sampaikan dan jelaskan juga mengenai bidang keilmuan atau mata kuliah yang paling menarik bagimu.

7. Berikan alasan yang kuat kepada perekrut atau pelaksana program kenapa kamu layak untuk dipilih.

8. Sebagai penutup, berikan penjelasan mengenai planing kamu di masa mendatang jika berhasil lolos di program ini.

 

Contoh motivation letter beasiswa

Kamu bisa tuliskan dalam bahasa Inggris atau bahasa Indonesia, disesuaikan dengan instansi / program tempat kamu mendaftar dan persyaratan yang diberikan. Berikut ini contoh penulisan motivation letter beasiswa yang dapat kamu pelajari:

Dear Sir/ Madam,

I am a motivated holder of a MA in Economics (specializing in Econometrics and Monetary Economics) from the University of Malawi. With my educational background and working experience in Econometrics, I firmly believe that I am a suitable candidate for the program.

Since my high school days, I have developed vital interests in Mathematics, and this interest led me to study Pure Mathematics as an extra subject and then to pursue a degree in economics. I enrolled myself at the University of Malawi, where I kept excelling in Mathematics for Economists and quantitative Economics to the extent that my performance in these courses earned me a Continental Discount House Award as the best student in Economics in my final year. In 2010, I graduated with a second-upper class with very high grades (3.88 out of 4.00) in Econometrics and Quantitative Economics courses. My good performance earned me a scholarship by the African Economic Research Consortium (AERC) to pursue a Master of Arts (Economics) at the University of Malawi. I graduated in 2013 with first-class and very high grades in Econometrics and Quantitative Economics, which motivated me to pursue further studies based on my potential amidst encouragement from my Econometrics lecturers Dr. Angellica Njuguna (at the Joint Facility for Electives-JFE in Nairobi, Kenya) and Dr. Richard Mussa. Thus, I would like to apply for a place at the University of Cape Town for a Ph.D. in Economics and at the same time for a scholarship at the university’s fund. I believe that my competencies and academic records recommend me for the University’s limited number of placements.

Being very good at Econometrics, I find myself a suitable candidate for the doctorate in economics due to my strong passion and desire for modeling. I have spent so much time searching on the internet for a program that would suit me, based on my love for Econometrics, and I find that the University of Cape Town (UCT) is the perfect place to be. I must confess that it will be pleasant and beneficial for me to study at the Number One of the universities in Africa and rose to 141 in World ranking according to QS World Ranking 2014/15. A Ph.D. in Economics presents an opportunity for me to enhance my skills in this field of Economics, which I am keenly rooted in. As a student of UCT, I shall contribute positively to the institution’s research department and offer my services whenever needed, be it in research or assistant tutoring.

I am motivated to undertake this program because it will deepen my understanding and knowledge of Econometrics. Having completed this program, I want to add value to Malawi’s policy planning as a policy maker in the Ministry of Bureaucracy. With the new and advanced analytical skills that I shall acquire through this program, I shall be instrumental in carrying out various research in our country that will be of high relevance in informing policy. I shall contribute new techniques that will analyze data to offer new dimensions that have not been yet explored. This will add value to research in Malawi and render credibility to the findings.

Furthermore, I shall research with new techniques, which will, in the end, make my research work publishable and recognized internationally. In the job industry, the Ph.D. will make me internationally competitive since this is a field that is all-encompassing and applicable in all the branches of Economics, be it Microeconomics or Macroeconomics. In the end, as researchers and members of academia trace the roots of a well-known researcher, they shall end their search at the University of Cape Town.

Sincerely,

(Name)

 

Baca Juga: Persiapkan CV untuk Melamar Beasiswa

 

Saya adalah pemegang gelar MA di bidang Ekonomi (spesialisasi dalam Ekonometrika dan Ekonomi Moneter) dari University of Malawi. Dengan latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja saya di Ekonometrika, saya sangat yakin bahwa saya adalah kandidat yang cocok untuk program ini.

Sejak masa sekolah menengah saya, saya telah mengembangkan minat vital dalam Matematika, dan minat ini membuat saya belajar Matematika Murni sebagai mata pelajaran tambahan dan kemudian mengejar gelar di bidang ekonomi. Saya mendaftarkan diri di Universitas Malawi, di mana saya terus unggul dalam Matematika untuk Ekonom dan Ekonomi kuantitatif sejauh kinerja saya dalam kursus ini memberi saya Penghargaan Rumah Diskon Kontinental sebagai siswa terbaik di bidang Ekonomi di tahun terakhir saya. Pada tahun 2010, saya lulus dengan kelas dua atas dengan nilai sangat tinggi (3,88 dari 4,00) dalam mata kuliah Ekonometrika dan Ekonomi Kuantitatif. Kinerja saya yang baik membuat saya mendapatkan beasiswa dari Konsorsium Riset Ekonomi Afrika (AERC) untuk mengejar gelar Master of Arts (Ekonomi) di Universitas Malawi. Saya lulus pada tahun 2013 dengan nilai kelas satu dan sangat tinggi di bidang Ekonometrika dan Ekonomi Kuantitatif, yang memotivasi saya untuk melanjutkan studi lebih lanjut berdasarkan potensi saya di tengah dorongan dari dosen Ekonometrika saya Dr. Angellica Njuguna (di Joint Facility for Electives-JFE di Nairobi , Kenya) dan Dr. Richard Mussa. Karena itu, saya ingin melamar tempat di University of Cape Town untuk gelar Ph.D. di bidang Ekonomi dan sekaligus untuk beasiswa di dana universitas. Saya percaya bahwa kompetensi dan catatan akademik saya merekomendasikan saya untuk jumlah penempatan yang terbatas di Universitas.

Menjadi sangat ahli dalam Ekonometrika, saya menemukan diri saya kandidat yang cocok untuk gelar doktor di bidang ekonomi karena hasrat dan keinginan saya yang kuat untuk menjadi model. Saya telah menghabiskan begitu banyak waktu mencari di internet untuk program yang cocok untuk saya, berdasarkan kecintaan saya pada Ekonometrika, dan saya menemukan bahwa University of Cape Town (UCT) adalah tempat yang tepat. Saya harus mengakui bahwa akan menyenangkan dan bermanfaat bagi saya untuk belajar di Universitas Nomor Satu di Afrika dan naik ke peringkat 141 Dunia menurut QS World Ranking 2014/15. Ph.D. di bidang Ekonomi memberikan kesempatan bagi saya untuk meningkatkan keterampilan saya di bidang Ekonomi ini, yang sangat saya kuasai. Sebagai mahasiswa UCT, saya akan berkontribusi secara positif kepada departemen penelitian lembaga dan menawarkan layanan saya kapan pun dibutuhkan, baik itu dalam penelitian atau asisten tutor.

Saya termotivasi untuk mengikuti program ini karena akan memperdalam pemahaman dan pengetahuan saya tentang Ekonometrika. Setelah menyelesaikan program ini, saya ingin memberi nilai tambah pada perencanaan kebijakan Malawi sebagai pembuat kebijakan di Kementerian Birokrasi. Dengan keterampilan analitis baru dan lanjutan yang akan saya peroleh melalui program ini, saya akan berperan penting dalam melakukan berbagai penelitian di negara kita yang akan sangat relevan dalam menginformasikan kebijakan. Saya akan menyumbangkan teknik baru yang akan menganalisis data untuk menawarkan dimensi baru yang belum dieksplorasi. Ini akan menambah nilai penelitian di Malawi dan memberikan kredibilitas pada temuan.

Selanjutnya, saya akan meneliti dengan teknik-teknik baru, yang pada akhirnya akan membuat karya penelitian saya dapat dipublikasikan dan diakui secara internasional. Dalam industri pekerjaan, Ph.D. akan membuat saya kompetitif secara internasional karena ini adalah bidang yang mencakup semua dan berlaku di semua cabang Ekonomi, baik itu Ekonomi Mikro atau Ekonomi Makro. Pada akhirnya, saat para peneliti dan anggota akademisi melacak akar dari seorang peneliti terkenal, mereka akan mengakhiri pencarian mereka di Universitas Cape Town.

 

Baca Juga: Informasi Lengkap Tentang Beasiswa LPDP Disini!

 

Rekomendasi Bimbingan Menulis Contoh Motivation Letter Beasiswa

Ingin lolos ke beasiswa? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar kamu lebih tahu informasi selengkapnya bersama Schoters!

Butuh program lain untuk persiapan menembus beasiswa? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Contoh Motivation Letter Beasiswa