3 Contoh Cara Menyambungkan Huruf Korea Hangeul

Hai Hunters, apakah ada dari kalian yang mempersiapkan kuliah atau bekerja di Korea Selatan? Jika iya, tentunya kamu harus mempelajari bahasa Korea dari awal untuk memudahkan kehidupan dan proses belajarmu. Huruf Hangeul sendiri berbeda dari bahasa Indonesia, berikut Schoters rangkumkan tata cara menyambungkan huruf Korea untuk pemula!

Apa itu Hangeul?

Hangeul adalah huruf yang digunakan dalam bahasa Korea Selatan. Sedangkan di Korea Utara disebut dengan Choson Muntcha. Hangeul sendiri terdiri dari 24 kata dengan 24 konsonan dan 10 vokal.

Huruf korea atau Hangeul ini diciptakan pada dinasti Choson oleh Raja Sejong pada 1446. Raja Sejong menciptakan huruf Korea ini karena merasa sistem tulis Cina yang biasa digunakan terlalu membingungkan dan ada beberapa kata yang tidak sesuai dengan percakapan di Korea. Mulai pada saat itu, Hangeul terus digunakan hingga sekarang.

 

Mengenal Huruf Hangeul 

Huruf Korea sebenarnya tidak terlalu susah untuk dihafalkan. Karena masing-masing memiliki pengucapan yang khas dengan tulisan yang tidak begitu rumit. Yang penting kamu konsisten dan tekun untuk belajar. Berikut rincian huruf-hurufnya.

 

Baca Juga : Kenali Huruf Vokal dan Konsonan Hangeul!

Huruf Hangeul Vokal (모음 Moeum)

Terdiri dari 10 kata, huruf korea memiliki beberapa tambahan selain huruf vokal yang biasa kita ketahui. Berikut rinciannya.

a

ya

eo

yeo

i

o

yo

u

yu

eu

Selain 10 huruf vokal di atas, ada beberapa huruf Hangeul lanjutan yang harus kamu ketahui. Berikut rinciannya.

ㅏ +

ae

ㅑ + ㅣ

yae

ㅓ + ㅣ

e

ㅕ + ㅣ

ye

ㅗ +

wa

ㅗ +

wae

ㅗ + ㅣ

weo

ㅜ + ㅔ

we

ㅜ +

wo

ㅜ +

wi

ㅡ +

eui/yi

Meski terlihat sedikit membingungkan, sebenarnya cukup simple bukan. Nah, selain huruf vokal Hangeul juga punya konsonan yang mewakili huruf lain seperti g, n, m dan lain sebagainya.

 

Baca Juga : Belajar Huruf Jepang Untuk Pemula

 

Huruf Hangeul Konsonan (자음 Jaeum)

Huruf konsonan di Korea memiliki dua jenis. Konsonan biasa dan konsonan double. Perbedaannya sendiri ada pada aksen dan pengucapannya. Berikut rinciannya.

g / k

t

n

p

d

ch

r / l

h

m

kk

b / p

dd / tt

s

bb / pp

– / Ng

ss

j / c

jj

kh

Huruf konsonan di atas memiliki perbedaan bunyi yang disimbolkan pada tanda “/” (garis miring) pada tabel di atas. Contoh “ㄱ” akan dibaca “g” jika terletak di atas dan dibaca “k” jika di bawah. Seperti:

간 → Gan

 삭 → Sak

Begitu juga dengan huruf konsonan lainnya.

 

Ingin bisa berbicara bahasa Korea dengan lancar? Schoters punya kelas intensif bahasa Korea yang bisa bantu kamu jago membaca, menulis, hingga berbicara bahasa Korea dengan materi yang sudah disesuaikan dengan TOPIK (Test of Proficiency in Korean).

Silakan klik tombol “Konsultasi Kelas Bahasa Korea” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apapun 👇

cara cepat belajar bahasa korea

 

Tata Cara Menyambungkan Huruf Korea Hangeul

Setelah mengetahui macam-macam huruf Korea di atas, saatnya kamu tahu cara menyambungkan huruf korea dengan menggabungkan vokal dan konsonan. Agar kamu mengerti lebih jelas, ikuti beberapa contoh di bawah ini ya!

Gi

Konsonan

Vokal

Nun

Konsonan

Vokal

Konsonan

눈 = Mata

Moja

Konsonan

Vokal

Konsonan

Vokal

모자 = Topi

Nah, melalui beberapa contoh cara menyambungkan huruf Korea di atas. Cara menyambungkan huruf korea sendiri berdasarkan kosa kata. Seperti kara “Moja” yang memiliki dua kosa kata, “Mo” dan “Ja” berarti kamu harus menuliskan dua suku kata dan seterusnya. Bagaimana, cukup simple bukan?

 

Tips untuk mengingat cara menyambungkan huruf Korea

1.Latihan menulis

Metode ini adalah tips yang paling efektif untuk menguasai cara menyambungkan huruf Korea. Hunters perlu latihan secara rutin dan berulang agar bisa lebih terbiasa dan lebih cepat mengingat huruf hangeul.

2. Kenali huruf yang mirip

Ada beberapa huruf yang mirip dalam huruf Korea. Misalnya adalah huruf (a) 아 tinggal tambah garis satu lagi maka jadi (ya) 야, begitu juga dengan huruf vokal yang lain. Dengan mengenali huruf yang mirip dapat mempermudah cara menyambungkan huruf korea.

3. Manfaatkan dinding

Tulis hangeul menggunakan spidol atau pulpen di kertas atau sticky notes. Tulis agak besar agar dapat terbaca dari jarak jauh. Hunters juga dapat menempelnya di dekat tempat tidur agar tulisan tersebut bisa dilihat saat sedang rebahan. Metode ini bisa membantu Hunters mengingat bentuk huruf dan bayangkan cara menyambungkan huruf Korea nya.

 

Bimbingan bahasa Korea terpercaya di Schoters

Masih kesulitan dalam menyambungkan huruf Korea? Hunters bisa loh mengikuti kelas belajar bahasa Korea di Schoters. Yuk kenalan dulu dengan Schoters!

Schoters adalah  platform pendidikan digital terbesar di Asia Tenggara yang menyediakan program persiapan end-to-end bagi pelajar dan profesional untuk belajar di luar negeri, dengan atau tanpa beasiswa. Sejak 2018, Schoters telah berhasil membantu ribuan siswa Indonesia kuliah ke 400+ Kampus top dunia di 43 Negara tersebar di 5 Benua.

Tidak hanya memiliki program bimbingan beasiswa, Schoters juga memiliki program unggulan lainnya yaitu TOPIK Academy.

 

Kenapa harus ikut TOPIK Academy di Schoters?

  1. Kelas terdiri dari teori dan praktik
  2. Sudah termasuk kurikulum, materi, dan e-book sebagai panduan pembelajaran
  3. Materi disesuaikan dengan level yang dipilih
  4. Mendapatkan feedback dan bimbingan dari tutor untuk meningkatkan kemampuanmu
  5. Kelas privat dengan waktu fleksibel sesuai kesepakatan siswa dan tutor

Tertarik bergabung? Sebelum ambil kelas, Hunters bisa konsultasi gratis tentang TOPIK Academy di Schoters agar tahu mana program yang cocok sesuai kebutuhanmu!

Banner CTA K2- Schoters (Feb 27, 2023 11:04 AM)

Sumber:

“Tips Cepat & Simple Hafal Hangeul”. Iluhwangbi. https://www.iluhwangbi.com/2021/08/tips-cepat-simple-hafal-hangeul-by.html

“Tidaklah Sulit Belajar Hangeul Alfabet Korea”. Kurniawan. https://www.superprof.co.id/blog/huruf-korea/