Bedah Kampus Charles Darwin University: Ranking, Jurusan & Beasiswa

Australia adalah negara yang populer menjadi destinasi mahasiswa internasional untuk melanjutkan pendidikan. Salah satu universitas terdepan di Australia adalah Charles Darwin University. Dalam artikel ini, Schoters akan membedah kampus Charles Darwin University secara lengkap, mulai dari profil universitas, ranking, lokasi dan jenjang pendidikan yang ditawarkan, jurusan, persyaratan, hingga beasiswa yang tersedia untuk bisa kuliah disana.

 

Tentang Charles Darwin University

Charles Darwin University adalah institusi tersier terbesar di Northern Territory (Wilayah Utara Australia). Sebanyak lebih dari 22,000 mahasiswa menempuh pendidikan di kampus ini. Charles Darwin University memfasilitasi beragam beasiswa sehingga mahasiswa tidak perlu takut mengalami kesulitan dalam membayar biaya kuliah. Dengan belajar di Charles Darwin University, Hunters akan terhubung dengan orang orang dari seluruh dunia.

 

Ranking  Charles Darwin University

Berdasarkan QS World University Rankings 2024, Charles Darwin University berhasil menempatkan diri di jajaran universitas terbaik dunia. Dimana berdasarkan QS World University Rankings, Charles Darwin University menempati posisi di rentang 601-610 dari universitas terbaik di dunia.

 

Lokasi dan jenjang pendidikan

​​Charles Darwin University berlokasi di ibu kota Northern Territories yakni Kota Darwin yang merupakan daerah tropis dengan iklim hangat sepanjang tahun. Selain iklimnya yang hangat, Kota Darwin memiliki komunitas yang hangat dan ramah seperti klub sosial, olahraga, dan komunitas lainnya. Program yang ditawarkan juga beragam, mulai dari pendidikan teknis dan lanjutan (TAFE), jenjang sarjana, pascasarjana, program internasional, gelar master melalui riset, dan program pertukaran pelajaran.

 

Tertarik kuliah ke luar negeri dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih universitas, beasiswa, persyaratan dokumen hingga interview.

Silahkan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apapun 👇

charles darwin university

 

Jurusan di  Charles Darwin University

Terdapat 3 fakultas yang ditawarkan ​​Universitas Charles Darwin, yaitu fakultas seni dan kemasyarakatan, fakultas kesehatan, serta fakultas sains dan teknologi. Beberapa jurusan yang dapat menjadi pilihan diantaranya:

  1. Akuntansi dan Keuangan
  2. Desain Arsitektur
  3. Seni
  4. Bisnis
  5. Pendidikan
  6. Ilmu Klinis
  7. Pelatihan dan Ilmu Olahraga
  8. Ilmu Kesehatan
  9. Keperawatan
  10. Kebidanan
  11. Farmasi
  12. Engineering
  13. Ilmu Lingkungan
  14. dan masih banyak lagi

Saat ini jurusan dengan peminat terbanyak adalah ilmu lingkungan, bisnis, dan seni visual.

 

Persyaratan pendaftaran

  1. Nilai rata rata kelas minimal 75 selama menempuh SMA atau berhasil menyelesaikan setidaknya setengah tahun gelar sarjana satu tahun maupun diploma III dari lembaga yang diakui (undergraduate)
  2. Skor IELTS minimal 6,0 – 6,5 
  3. Menyelesaikan Northern Territory Certificate of Education and Training (atau yang setara) dan memperoleh Australian Tertiary Admissions Rank (ATAR) minimal 60 (tergantung jurusan yang diambil)
  4. Jika belum menerima ATAR (atau yang setara) atau kualifikasi lain, dapat mengirimkan pernyataan kompetensi pribadi atau pengalaman kerja
  5. IPK minimum adalah 2,24 untuk sebagian besar jurusan

 

Beasiswa yang dapat dicoba

1. Vice-Chancellor’s International High Achievers Scholarships (VCIHAS): Beasiswa untuk mahasiswa internasional yang berprestasi dan memiliki catatan keunggulan akademik.

2. Australia Awards Scholarship: Beasiswa dari pemerintah australia untuk pelajar internasional

3. CDU Global Merit Scholarship: Beasiswa untuk mahasiswa internasional yang berprestasi dan memiliki catatan keunggulan akademik.

 

Baca juga: Simak Bedah Kampus Edith Cowan University!

 

Rekomendasi bimbingan persiapan masuk  Charles Darwin University

Ingin lolos ke  Universitas Charles Darwin? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan daftar beasiswa ke luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

charles darwin university

Sumber:

QS World University Rankings 2024: Top global universities. https://www.topuniversities.com/world-university-rankings?countries=my