Serba-Serbi Template CV Beasiswa

Template CV beasiswa sangat direkomendasikan untuk digunakan untuk melamar beasiswa menggunakan CV, salah satu dokumen persyaratan yang sering diminta saat mendaftar beasiswa adalah curriculum vitae atau CV beasiswa. Seperti apa template CV beasiswa yang biasa dipakai dan bagaimana cara menulis CV beasiswa yang baik? Simak ulasan singkatnya di bawah ini.

Pengertian dan format CV beasiswa

Secara sederhana, CV beasiswa dapat diartikan sebagai daftar riwayat hidup individu yang digunakan untuk mendaftar beasiswa. Mirip dengan CV yang biasa digunakan untuk melamar pekerjaan, isi CV beasiswa juga mencakup beberapa informasi pribadi termasuk data diri, riwayat pendidikan dan pelatihan, prestasi akademik atau non akademik yang pernah diterima, pengalaman kerja, pengalaman organisasi hingga keterampilan yang dimiliki saat ini

Meskipun demikian, berbeda dengan CV untuk pekerjaan, CV beasiswa biasanya disusun dalam format yang lebih sederhana, singkat namun tetap jelas. Informasi yang dimasukkan juga tidak bertele-tele dan fokus pada informasi yang relevan untuk keperluan seleksi beasiswa.

Template CV Beasiswa

1. Template cv beasiswa personal details

Di bagian ini, kamu perlu menuliskan informasi alamat (contact information) kamu saat ini seperti nama lengkap, alamat jelas, nomor telepon yang bisa dihubungi, alamat email yang masih aktif dan juga profil Linkedin, apabila ada.

2. Profile

Bagian penting selanjutnya dalam CV beasiswa adalah profile, dimana kamu bisa menuliskan ringkasan CV beasiswa yang bisa mencakup latar belakang pendidikan, rencana karier serta minat akademik saat ini.

3. Pendidikan

Bagian ini juga menjadi bagian penting dalam CV beasiswa dimana kamu bisa menuliskan latar belakang pendidikan dan pencapaian akademik yang pernah didapat sebelumnya, seperti IPK, pengalaman magang atau beasiswa yang pernah diterima. Kamu juga bisa menyebutkan pengalaman ekstrakurikuler yang pernah diikuti saat masih sekolah atau kuliah.

 

Baca Juga: Ingin Kuliah di Universitas Harvard? Simak Cara Bikin CVnya!

 

4. Pengalaman kerja

Di bagian ini, kamu bisa memasukkan pengalaman kerja yang kamu miliki. Jelaskan tanggung jawab yang kamu pegang saat bekerja serta highlight keahlian yang didapatkan dan akan berguna di pekerjaan berikutnya (transferable skills).   

5. Daftar penghargaan

Di bagian ini, kamu bisa memasukkan berbagai penghargaan yang pernah kamu terima, baik secara akademik maupun professional. Selain daftar penghargaan, kamu juga bisa membuat daftar publikasi berisi jurnal atau artikel yang pernah diterbitkan.

6. Keterampilan yang dimiliki

Di bagian ini, kamu bisa menuliskan berbagai keahlian yang pernah didapatkan saat masih sekolah, kuliah atau bekerja.

 

Tips menulis CV beasiswa

Agar bisa lolos mendapatkan beasiswa, berikut adalah beberapa tips menulis CV beasiswa dengan baik :

  1. Memperhatikan format penulisan CV beasiswa yang diminta oleh penyedia beasiswa.
  2. Memperhatikan ketentuan penggunaan bahasa. Umumnya beasiswa luar negeri akan meminta CV beasiswa ditulis dalam bahasa Inggris dan beasiswa dalam negeri meminta CV beasiswa ditulis dalam bahasa Indonesia.
  3. Tulislah informasi secara terstruktur, dengan informasi terbaru dituliskan terlebih dahulu.
  4. Perhatikan desain template CV beasiswa yang dipakai.
  5. Perhatikan ketentuan penggunaan foto dalam CV beasiswa.

 

Baca Juga: Sudah Mempersiapkan CV? Saatnya Mempersiapkan Wawancara!

 

Rekomendasi bimbingan penulisan template CV beasiswa

Ingin tahu lebih banyak soal template CV beasiswa? Yuk, konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar penulisan CV beasiswa dan persiapan daftar beasiswamu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan menembus beasiswa? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

template cv beasiswa