Contoh Soal TOEFL dan Pembahasan untuk iBT, PBT dan ITP

Jika dibandingkan dengan tes bahasa Inggris yang lain, tes TOEFL memang punya beberapa perbedaan terlebih dari segi jenis soal. Bagi Hunters yang sedang menyiapkan tes TOEFL untuk beasiswa dan kuliah di luar negeri, berikut contoh soal TOEFL dan pembahasannya!

Apa Itu Tes TOEFL?

Test of English as a Foreign Language atau TOEFL adalah salah satu jenis tes bahasa Inggris yang biasanya digunakan untuk kebutuhan akademik dan kebutuhan visa. TOEFL sendiri merupakan sebuah alat untuk melihat kemampuan berbahasa Inggris seseorang, jadi sebenarnya tidak ada keterangan lolos atau gagal dalam tes ini.

Jadi, yang memberikan keterangan lolos atau gagal sebenarnya Hunters sendiri ya. Apakah Hunters sudah mendapatkan target nilai yang diinginkan atau belum.

Perbedaan Tes TOEFL iBT, PBT dan ITP

Tes TOEFL sendiri dibedakan menjadi 3 yaitu Internet Based Test (iBT), Paper Based Test (PBT), dan Institutional Testing Program (ITP). Tes TOEFL iBT dan PBT memiliki struktur yang sama, hanya saja cara mengerjakannya yang berbeda. Sedangkan jenis tes TOEFL ITP merupakan tes yang dibuat langsung oleh universitas atau lembaga pendidikan tertentu yang hanya diterima oleh universitas atau lembaga pendidikan itu sendiri.

Contoh Soal TOEFL dan Pembahasan

Sejatinya, tes TOEFL memiliki 4 bagian utama yaitu listening, reading, writing dan speaking. Sedangkan jika Hunters memilih TOEFL ITP, biasanya tidak ada writing dan speaking, hanya ada structure and written expression. Berikut beberapa contoh soal TOEFL dan pembahasannya.

Contoh soal TOEFL dan pembahasan listening

Di sesi pertama Hunters mendapatkan 60-90 menit untuk menjawab 50 pertanyaan mendengarkan. Item yang diujikan dalam materi struktur audio TOEFL biasanya adalah percakapan antara dua orang, pidato di kelas, atau bahkan cerita atau monolog. Tipe atau contoh soal TOEFL dan pembahasan bagian Listening biasanya berupa:

  1. Gist-Content Questions, sebuah pertanyaan yang mempertanyakan ide pokok dari sebuah narasi.
  2. Gist-Purpose Questions, sebuah pertanyaan yang mempertanyakan tujuan dari sebuah narasi.
  3. Detail Questions, mempertanyakan poin penting dalam sebuah narasi.
  4. Mengulangi apa yang dikatakan oleh narator.
  5. Memahami sikap dari narator dalam narasi.
  6. Memahami pesan utama pada narasi. 
  7. Membuat pertanyaan inferensi.

Pola jenis dan contoh soal di atas akan terus sama setiap waktunya, jadi familiarkan dirimu dengan latihan banyak soal ya.

 

Ingin mendapatkan skor TOEFL maksimal? Persiapkan TOEFL kamu dengan tutor expert lulusan kampus top dunia di Schoters.

Silakan klik tombol “Konsultasi Kelas Persiapan TOEFL” di bawah ini dan bisa tanya apapun sebelum bimbingan 👇

Konsultasi Kelas Persiapan TOEFL

 

 

Contoh soal TOEFL dan pembahasan reading

Selanjutnya adalah pemahaman membaca. Apalagi jika Hunters memutuskan untuk mengikuti tes TOEFL demi belajar di luar negeri, Hunters harus memahami bacaannya dengan benar dan cepat. Dalam 60-100 menit Hunters harus menjawab 50 pertanyaan. Tipe atau contoh soal TOEFL dan pembahasan bagian Reading biasanya berupa:

  1. Pertanyaan Informasi Faktual (3 hingga 6 pertanyaan per set)
  2. Pertanyaan Informasi Faktual Negatif (0 hingga 2 pertanyaan per set)
  3. Pertanyaan inferensi (0 hingga 2 pertanyaan per set)
  4. Pertanyaan Tujuan Retoris (0 hingga 2 pertanyaan per set)
  5. Pertanyaan kosakata (3 hingga 5 pertanyaan per set)
  6. Pertanyaan referensi (0 hingga 2 pertanyaan per set)
  7. Pertanyaan Penyederhanaan Kalimat (0 hingga 1 pertanyaan per set)
  8. Pertanyaan Sisipkan Teks (pertanyaan 0 hingga 1 per set)
  9. Pertanyaan Membaca untuk Mempelajari (1 per set)
  10. Ringkasan Prosa
  11. Mengisi Pertanyaan Kosong di Tabel

Pola jenis dan contoh soal di atas akan terus sama setiap waktunya, jadi familiarkan dirimu dengan latihan banyak soal ya.

Baca Juga: Tips Belajar TOEFL Bagi Pemula

Contoh soal TOEFL dan pembahasan writing

Dalam materi struktur TOEFL ini, Hunters akan diminta untuk menulis esai tentang pernyataan yang disajikan. Tipe atau contoh soal TOEFL dan pembahasan bagian Writing biasanya berupa sebuah pernyataan.

Hunters akan membaca sebuah bagian tentang topik akademis selama tiga menit, dan kemudian Hunters akan mendengarkan narasi singkat yang berkaitan dengan topik tersebut. Kemudian Hunters akan diminta untuk meringkas poin-poin dalam bagian mendengarkan dan menjelaskan bagaimana mereka berhubungan dengan poin-poin tertentu dalam bagian bacaan.

Contoh soal TOEFL dan pembahasan speaking

Materi struktur IELTS TOEFL Speaking berdurasi 20 menit dan terdiri dari 6 tugas. Tipe atau contoh soal TOEFL dan pembahasan bagian Speaking biasanya berupa:

  1. Hunters  akan diminta untuk berbicara tentang seseorang, tempat, objek, atau peristiwa yang Hunters kenal. Hunters akan diberi waktu 45 detik untuk mengucapkan tanggapan Hunters.
  2. Hunters akan disajikan dengan dua kemungkinan tindakan, situasi, atau pendapat. Kemudian Hunters akan diminta untuk mengatakan tindakan atau situasi mana yang menurut Hunters lebih disukai atau pendapat mana yang menurut Hunters lebih masuk akal dan kemudian menjelaskan pilihan Hunters dengan memberikan alasan dan detail.
  3. Hunters akan membaca bacaan singkat di layar komputer Hunters tentang topik minat terkait kampus. Kemudian Hunters akan ditanyai pertanyaan berdasarkan apa yang telah Hunters baca dan apa yang telah Hunters dengar. Hunters akan memiliki 60 detik untuk mengucapkan tanggapan Hunters.
  4. Sama seperti di atas, namun Hunters akan mendengarkan seorang dosen sedang menjelaskan pelajaran tertentu. Kemudian Hunters akan ditanyai pertanyaan berdasarkan apa yang telah Hunters baca dan apa yang telah Hunters dengar. Hunters akan memiliki 60 detik untuk mengucapkan tanggapan Hunters.
  5. Hunters akan membaca bacaan singkat di layar komputer Hunters tentang topik minat terkait kampus. Lalu Hunters diminta untuk memberikan solusi dari masalah yang dibicarakan.
  6. Hunters akan membaca bacaan singkat di layar komputer Hunters tentang profesor di dalam kelas. Lalu Hunters diminta untuk menjelaskan kembali konsep dari kelas professor tersebut.

Pola jenis dan contoh soal di atas akan terus sama setiap waktunya, jadi familiarkan dirimu dengan latihan banyak soal ya.

Baca Juga: Ketahui Materi Structure TOEFL dan Pembahasannya

Rekomendasi Bimbingan Persiapan TOEFL di Schoters 

Butuh bimbingan TOEFL terpercaya? Join TOEFL Preparation by Schoters konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat universitas luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Banner CTA K2- Schoters (Feb 27, 2023 11:04 AM)