Format Lengkap dan Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa

Selain surat motivasi, berkas yang biasa diminta ketika mendaftar beasiswa adalah surat rekomendasi. Beberapa lembaga beasiswa biasanya telah menyediakan template untuk para kandidat, namun tak jarang pelamar harus membuat surat rekomendasi sendiri. Berikut contoh surat rekomendasi beasiswa yang bisa Hunters gunakan saat mendaftar beasiswa dalam dan luar negeri!

Definisi Surat Rekomendasi Beasiswa

Seperti namanya, surat rekomendasi beasiswa adalah tulisan yang memberikan informasi tentang karakter, kualitas, dan prestasi dari seorang kandidat yang diakui oleh seseorang. Seseorang yang mengakui juga tidak bisa sembarangan atau hanya sekadar seorang teman dekat saja. Surat rekomendasi beasiswa yang baik biasanya diakui oleh seorang profesor, pimpinan atau seseorang yang sudah biasa bekerja dengan kandidat tersebut.

Oleh karena itu, sebelum membuat surat rekomendasi beasiswa, Hunters harus tahu terlebih dahulu siapa yang akan menandatangani surat rekomendasi beasiswa kamu nantinya.

 

Guideline Surat Rekomendasi Beasiswa

Orang yang menjadi pemberi rekomendasi (referee) akan mempromosikan Hunters sebagai kandidat terbaik untuk menerima beasiswa. Oleh karena itu, pemberi rekomendasi haruslah orang yang potensi diri Hunters. Beberapa orang yang bisa memberikan Hunters rekomendasi adalah: 

Tujuan SMA luar negeri/S1 : Kepala sekolah, guru/dosen, dan wali kelas

Tujuan S2/S3 : Dosen pembimbing/ mata kuliah, Kepala program studi/Rektor, atasan/supervisor, kepala divisi

Untuk mendapatkan surat rekomendasi, tips-tips yang perlu diperhatikan, yaitu:

1. Resapi dan pahami ketentuan surat rekomendasi dari kampus/beasiswanya.

2. Jangan minta surat rekomendasi dalam waktu dekat. Persiapkan minimal 1 sampai 3 bulan sebelumnya.

3. Sampaikan tujuan Hunters meminta surat rekomendasi secara jelas dan sopan, serta tanyakan ketersediaan waktu untuk menjadi pemberi rekomendasi.

4. Jelaskan ketentuan dan alur surat rekomendasi, serta jalur komunikasi Hunters dengan pemberi beasiswa. Jangan lupa untuk menanyakan hal-hal yang penting, seperti penulisan bahasa asing, kesibukan, atau waktu yang nyaman untuk dihubungi.

 

Format Surat Rekomendasi Beasiswa

Surat rekomendasi beasiswa biasanya ditandatangani dan diakui oleh profesor atau pimpinan pelamar. Namun, yang menulis isi dari surat rekomendasi beasiswa adalah Hunters sendiri. Berikut format surat rekomendasi beasiswa untuk dalam atau luar negeri!

1. Kepala surat rekomendasi beasiswa

Bagian paling awal adalah kepala surat. Kepala surat rekomendasi beasiswa terdiri dari:

  1. Tanggal penulisan
  2. Nama lengkap pemberi rekomendasi 
  3. Jabatan saat ini
  4. Nama sekolah atau kantor
  5. Alamat yang terdiri dari kota, negara, dan kode pos
  6. Kontak yang dapat dihubungi

Beberapa informasi kontak di atas sudah harus disetujui oleh pemberi rekomendasi beasiswa kamu, ya. Jadi, sebelumnya sudah benar-benar dipastikan kalau profesor atau pimpinan Hunters berkenan untuk diminta rekomendasinya.

2. Bagian perkenalan

Paragraf pengantar berisikan secara singkat memperkenalkan kandidat, menyebutkan beasiswa yang direkomendasikan, dan menjelaskan sifat dan lamanya hubungan pemberi rekomendasi dengan Hunters. Bagian perkenalan ini terdiri dari 2 hingga 4 kalimat.

3. Bagian isi 1

Pada bagian ini, pemberi rekomendasi menjelaskan kenapa Hunters sesuai dan memenuhi kriteria dari beasiswa yang dituju. Selain itu, Hunters juga bisa menuliskan prestasi dengan cara penulisan kuantitatif, ya. Sehingga, hasil tulisannya semakin kredibel.

4. Bagian isi 2

Setelah menyatakan bahwa Hunters adalah kandidat yang cocok di paragraf sebelumnya, pemberi rekomendasi selanjutnya harus menggunakan contoh-contoh konkret untuk mendukung penilaian tersebut.

5. Kesimpulan

Surat rekomendasi beasiswa harus diakhiri dengan paragraf penutup dan menekankan sekali lagi dukungan pemberi rekomendasi terhadap aplikasi Hunters di beasiswa tersebut. Setelah itu diikuti dengan undangan untuk menghubungi pemberi rekomendasi jika membutuhkan informasi lebih lengkap tentang profil Hunters. 

Surat rekomendasi beasiswa akan lebih lengkap jika pemberi rekomendasi memberikan tanda tangan di akhir kesimpulan.

 

Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa dalam Bahasa Inggris

Selain memperhatikan format surat rekomendasi beasiswa diatas, hal lain yang harus diperhatikan adalah grammar bahasa Inggris (jika diminta untuk menuliskan dengan bahasa Inggris) dan beberapa ketentuan lain yang diminta oleh lembaga beasiswa, ya.

Agar penjelasan tentang format surat rekomendasi beasiswa di atas menjadi lebih lengkap, berikut contoh surat rekomendasi yang bisa Hunters sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisimu saat ini.

 

Baca Juga: Selain Surat Rekomendasi, Siapkan juga Surat Motivasi. Yuk Simak Tips Membuatnya disini!

 

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Berkas Beasiswa dan Universitas Luar Negeri

1. Bimbingan semua dokumen (surat rekomendasi, CV, esai, motivation letter, dll) semua dari 0

2. Review dokumen kilat (2 – 3 hari)

3. Bimbingan 1-on-1 bersama mentor

4. Rekomendasi beasiswa dan kampus sesuai profil

5. Masih banyak lagi benefit menarik lainnya

Ingin dibimbing dan konsultasi langsung mengenai surat rekomendasi beasiswa tujuan Hunters? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan beasiswamu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan beasiswa dan masuk universitas luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Banner CTA K2- Schoters (Feb 27, 2023 11:04 AM)