Kumpulan Contoh Writing Test IELTS untuk Task 1 dan Task 2

Pada umumnya tes IELTS diterima oleh institusi di negara Australia, Inggris dan Selandia Baru. IELTS adalah uji coba kemampuan bahasa Inggris yang diselenggarakan bersama oleh Universitas Cambridge, British Council dan IDP Education Australia. Pada tes IELTS, bahasa Inggris yang digunakan adalah bahasa Inggris Britania atau British. Para peserta tes IELTS boleh memilih Modul Akademik (bagi yang ingin mendaftar di universitas dan pendidikan tinggi lainnya) atau Modul Pelatihan Umum (bagi yang berencana mengikuti pelatihan non akademik, untuk memperoleh pengalaman kerja atau untuk tujuan keimigrasian).

Tes IELTS menilai setiap bagian dengan skor 0-9, yang kemudian akan diratakan untuk skor akhir dalam skala 0-9. Terdapat empat bagian, yaitu Speaking, Writing, Listening dan Reading. Tes writing sendiri terbagi menjadi dua soal, yaitu task 1 yang meminta peserta untuk menuliskan laporan berdasarkan grafik, bagan atau diagram yang diberikan, dan task 2 yang meminta peserta untuk menuliskan essai berdasarkan topik yang diberikan.

 

Baca juga: Daftar Biaya Tes IELTS di Indonesia Terlengkap 2023

 

Contoh Soal IELTS Writing Task 1 – Grafik, Bagan, Peta, dan Proses

1. Soal IELTS Writing Task 1: Peta Museum tahun 1990-2010

Diagram menunjukkan museum dan sekitarnya pada tahun 1990 dan 2010. Ringkas informasi dengan memilih dan melaporkan fitur utama, dan buat perbandingan jika relevan.

2. Soal IELTS Writing Task 1: Women in Australia – First Child

Bagan ini memberikan informasi tentang usia wanita di Australia ketika mereka melahirkan anak pertama mereka pada tahun 1966, 1986, dan 2006. Ringkaslah informasi tersebut dengan memilih dan melaporkan ciri-ciri utama dan membuat perbandingan jika relevan.

3. Soal IELTS Writing Task 1: Harga Secangkir Kopi

Ringkas informasi dengan memilih dan melaporkan fitur utama, dan buat perbandingan jika relevan.

4. Soal IELTS Writing Task 1: Proses Pembuatan Wool

Gambar menunjukkan proses pembuatan wol. Ringkas informasi dengan memilih dan melaporkan fitur utama, dan buat perbandingan jika relevan.

5. Soal IELTS Writing Task 1: Peta Sekolah Menengah West Park

Hunters harus menghabiskan sekitar 20 menit untuk tugas ini. Tulis minimal 150 kata.

 

Mau raih skor IELTS maksimal? Schoters jamin kamu bisa capai skor IELTS hingga 7.0. Ikuti kelas persiapan IELTS di Schoters dengan tutor expert lulusan kampus top dunia.

Silakan klik tombol “Konsultasi Kelas Persiapan IELTS” di bawah ini dan bisa tanya apapun sebelum bimbingan 👇

Konsultasi Kelas Persiapan IELTS

 

 

Contoh Soal IELTS Writing Task 2 – Agree or Disagree & Opinion

1. Beberapa orang percaya bahwa kekerasan di media, seperti program televisi dan film, secara langsung menghasilkan perilaku kekerasan. Sejauh mana Anda setuju atau tidak setuju?

2. Di masa depan, semua mobil, bus, dan truk akan tanpa pengemudi. Satu-satunya orang yang bepergian di dalam kendaraan ini adalah penumpang. Menurut Anda, apakah kelebihan kendaraan tanpa pengemudi lebih besar daripada kerugiannya?

3. Beberapa percaya bahwa anggota keluarga yang lebih muda harus bertanggung jawab secara hukum untuk mendukung anggota keluarga yang lebih tua ketika mereka secara fisik, mental dan finansial tidak mampu mengurus diri mereka sendiri. Sejauh mana Anda setuju atau tidak setuju?

4. Pernikahan semakin besar dan lebih mahal. Apa alasannya? Apakah perkembangannya positif atau negatif?

5. Di beberapa tempat, usia tua dihargai, sedangkan di budaya lain masa muda dianggap lebih penting. Diskusikan kedua pandangan tersebut dan berikan pendapat Anda.

Tes writing akan Hunters lalui dengan dua tes lainnya yaitu reading dan listening, mungkin juga bisa dengan tes speaking pada hari yang sama. Sehingga penting untuk menjaga kondisi tubuh sebelum melakukan tes IELTS. Pastikan Hunters memiliki istirahat yang cukup sebelum tes IELTS, karena kelelahan akan secara langsung memengaruhi kemampuan untuk berkonsentrasi.

Baca juga: Kumpulan Pertanyaan Speaking IELTS dan Cara Menjawabnya

 

Rekomendasi Bimbingan Belajar untuk Persiapan Writing Test IELTS

Ingin dapat skor tinggi saat tes IELTS? Yuk, gabung IELTS Academy by Schoters sekarang juga!

Butuh bimbingan untuk persiapan kuliah di luar negeri? Cek program-program terbaik di Schoters sekarang, yuk!

contoh writing test ielts